Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Student Society yang baik hati, kali ini admin ingin membuatkan kepada adik adik Soal yang siap diajadikan sebagai materi latihan UAS, Soal ini sudah admin sediakan dalam bentuk word dan tersedia juga di artikel ini, sehingga adik adik bisa memperlajarinya. Soal yang admin bagikan ini untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan yang mendasr, yaitu berbasis teks. Tujuannya yakni semoga sanggup membawa penerima didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menuntaskan duduk kasus kehidupan konkret dengan berpikir kritis. Prinsip penerapannya yaitu, bahasa dipandang sebagai teks, Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna pembelajaran, bahasa bersifat fungsional, dan bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia. Tahapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, diawali dengan membangun konteks, kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, dan membangun teks secara mandiri. Dalam pemeblajarannya menggunakan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru.

 Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas    Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya yakni membelajarkan penerima didik wacana keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Menurut Atmazaki (2013), mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan semoga penerima didik mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara mulut maupun tulis, menghargai dan gembira menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna dan kreatif untuk banyak sekali tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual insan Indonesia.

Untuk mengimplementasikan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut, maka pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 disajikan dengan menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks sanggup berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran insan yang lengkap yang di dalamnya mempunyai situasi dan konteks. Dengan kata lain, mencar ilmu Bahasa Indonesia tidak sekadar menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, tetapi perlu juga mengetahui makna atau bagaimana menentukan kata yang sempurna yang sesuai tatanan budaya dan masyarakat pemakainya.

Mahsun (2014: 39) menyatakan, dalam pembelajaran Bahasa ada dua komponen yang harus dipelajarai, yaitu duduk kasus makna dan bentuk. Kedua unsur tersebut harus hadir secara stimulant dan keduanya harus ada. Namun pemakai bahasa harus menyadari bahwa komponen makna menjadi unsur utama dalam pembentuk bahasa, dan lantaran itu bahasa menjadi sarana pembentukan pikiran manusia. Untuk itu guru perlu menyadari, bahwa kemampuan berpikir yang harusnya dibuat dalam bahasa yakni kemampuan berpikir sistematis, terkontrol, empiris, dan kritis. Secara stipulatif kemampuan berpikir tersebut disebut dengan berpikir metodologis yang hanya sanggup dicapai melalui pembelajaran teks berdasarkan pendekatan ilmiah/saintifik.

Pada kesempatan lain Mahsun (2013) menyatakan , kehadiran konteks budaya, selain konteks situasi yang melatarbelakangi lahirnya suatu teks memperlihatkan adanya kesejajaran antara pembelajaran berbasis teks (konsep bahasa) dengan filosofi pengembangan Kurikulum 2013. Khusus yang terkait dengan rumusan kebutuhan kompetensi penerima didik dalam bentuk kompetensi inti (KI) atas domein sikap, pengetahuan, dan keterampilan (sebagai penguatan sanggup dilihat dalam Standar Isi Permen dikbud Tahun 2014). Kompetensi inti yang menyangkut sikap, baik perilaku spiritual (KI: 1 ) maupun perilaku sosial (KI: 2) terkait dengan konsep kebahasaan wacana nilai, norma kultural, serta konteks sosial yang menjadi dasar terbentuknya register (bahasa sebagai teks); kompetensi inti yang menyangkut pengetahuan (KI: 3) dan keterampilan (KI: 4) terkait pribadi dengan konsep kebahasaan yang berafiliasi dengan proses sosial (genre) dan register (bahasa sebagai teks). Selain itu, antarkompetensi dasar (KD) yang dikelompokkan berdasarkan KI tersebut mempunyai hubungan pendasaran satu sama lain. Ketercapaian KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 ditentukan oleh ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4. KD dalam kelompok KI: 1 dan 2 bukan untuk diajarkan melainkan implikasi dari ketercapaian KD dalam kelompok KI: 3 dan 4.

Hal lain yang perlu dicermati oleh guru, bahwa karakteristik pembelajaran terkait erat dengan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan memperlihatkan kerangka konseptual wacana sasaran pembelajaran yang harus dicapai, dan Standar Isi memperlihatkan kerangka konseptual wacana kegiatan mencar ilmu dan pembelajaran yang dikembangkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran meliputi pengembangan domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mempunyai karakteristik berbeda untuk masing-masing mata pelajaran.

Domain Sikap diperoleh melalui acara menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Domain pengetahuan diperoleh melalui acara mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Domain keterampilan diperoleh melalui acara mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Pencapain kompetensi tersebut berkaitan erat dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Untuk itu, guru harus merencanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang mendorong kemampuan penerima didik untuk melaksanakan penyingkapan/penelitian, serta sanggup menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok..

Dengan memahami keterkaitan masing-masing kompetensi dalam pembelajaran, khusunya pembelajaran bahasa Indonesia dengan pembelajaran berbasis teks akan bisa mengembangkan kemampuan berpikir penerima didik secara kreatif dan kritis. Di samping itu, pembelajaran Bahasa Indonesia sanggup berperan sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain.


Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA



Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan balasan yang benar !


1. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Makin bernas bulir padi, makin merunduk tangkainya.
(2) Makin ia berwawasan, makin ia merendahkan hati ibarat merunduknya setangkai padi yang berbulir bernas.
(3) Seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi akan ibarat padi.
(4) Begitu pula insan yang berakal dan berpendidikan tinggi.
(5) Setangkai padi yang mulai berisi akan merunduk.
Susunan kalimat-kalimat di atas yang sempurna sehingga membentuk sebuah paragraf argumentatif adalah....
a. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)
b. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
c. (3)-(5)-(1)-(4)-(2)
d. (4)-(2)-(1)-(5)-(3)
e. (5)-(1)-(2)-(4)-(3)
Jawaban: c

2. Tujuan seorang penulis menggunakan tabel dalam tulisannya yakni untuk ....
a. menerangkan bahwa insiden benar-benar ada
b. menunjukan bahwa insiden benar-benar terjadi
c. meyakini pendapatnya secara lebih terang dan terperinci
d. menggambarkan suatu keadaan sebagaimana yang benar-benar terjadi
e. memengaruhi pembaca semoga menyetujui pendapat yang dikemukakannya
Jawaban: d

3.  Mendengarkan kata-kata anak penggembala itu, Landorundum kemudian mengaku dan berkata, “Akulah yang sebetulnya mengambil buah menggamu dan terserah kepadamu eksekusi apa yang harus kujalani.”
Berdarkan penggalan kutipan di atas, sanggup disimpulkan bahwa tabiat Landorundum yakni ....
a. jantan
b. sombong
c. pengecut
d. terus terang
e. tanggung jawab
Jawaban: a

4. Bentuk ringkasan masih mempertahankan adanya ....
a. urutan potongan dan subbab
b. daftar isi dan sudut pandang
c. sudut pandang dan bahasa
d. perbandingan isi dan kerangka
e. urutan isi, sudut pandang, dan perbandingan
Jawaban: e

5.Sebuah karangan dibagi atas paragraf-paragraf. Dalam membentuk suatu paragraf dibutuhkan suatu syarat. Syarat-syarat paragraf yang baik yakni sebagai berikut, kecuali ....
a. kalimat disusun secara logis
b. dihentikan ada kalimat sumbang
c. bahasa yang dipakai harus efektif dan formal
d. menggunakan kata-kata yang bermakna denotatif
e. kalimat-kalimatnya dibuat panjang sehingga melelahkan pembaca
Jawaban: e

6. Berikut ini yang bukan merupakan penggambaran tokoh secara tidak pribadi yakni ....
a. cara berdandan
b. cara berpakaian
c. pelukisan bentuk lahir
d. pelukisan agresi tokoh lain
e. pelukisan jalan pikiran dan perasaan
Jawaban: c

7. Kopi debu olahan pabrik memang lebih memikat. Pengemasannya lebih rapi dan sangat tertutup. Adapun kopi debu hasil olahan tangan dikemas dalam plastik yang tidak didesain dan hanya “disegel” dengan klip staples. Dengan tampilan yang  berbeda itu, kecenderungan banyak orang lebih menentukan kopi debu dalam kemasan yang rapi dan menarik. Padahal dari segi rasa, banyak orang beropini justru hasil pengolahan secara tradisional itulah yang lebih nikmat.
Pernyataan yang berupa fakta terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima
Jawaban: a

8. Berikut kalimat yang merupakan sebuah opini yakni ....
a. Pemilik rumah produksi lebih suka menggunakan tenaga lulusan SLTA.
b. Soal kreativitas hanya dipermasalahkan oleh sekelompok individu.
c. Pemirsa pada umumnya mendapatkan apa pun yang disajikan oleh stasiun televisi.
d. Dalam kultur dan semangat gotong royong, sinema televisi Indonesia terus tumbuh.
e. Jika kecenderungan ini berlangsung terus, sinetron nasional sulit memperoleh apresiasi dari masyarakat.
Jawaban: e

9. Seruling di pasir ipis merdu
    Antara gundukan pohon pina
    Tembaga menggema di dua kaki
Citraan indera pendengaran pada penggalan puisi di atas terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. pertama dan kedua
e. kedua dan ketiga
Jawaban: c

10. Berikut merupakan kriteria puisi yang baik, kecuali ....
a. menggunakan ragam bahasa sastra
b. menggunakan kata-kata konotatif
c. penggunaan gaya bahasa parelelisme
d. banyak menggunakan perulangan bunyi
e. menggunakan jumlah kata yang berbeda dalam baris-barisnya
Jawaban: e

11. Latar tempat dongeng di atas yakni ....
a. awan
b. bumi
c. bulan
d. planet
e. angkasa
Jawaban: b

12. Cerita di atas merupakan dongeng rakyat berjenis ....
a. mite
b. sage
c. fabel
d. legenda
e. hikayat
Jawaban: c

13. Berdasarkan penggalan dongeng di atas, sanggup disimpulkan bahwa sifat tokoh Naga Merah adalah....
a. suka memerhatikan nasib kawan-kawannya
b. ceroboh dan tidak bertanggung jawab terhadap tindakannya
c. senang melihat kawannya menderta lantaran perbuatannya
d. sombong dan suka memamerkan kekuatannya di hadapan kawan-kawannya
e. merasa senang jikalau mengetahui kawan-kawanya mendapat kecelakaan
Jawaban: b

14.  Masuknya globalisasi dalam semua segi, baik media, ekonomi, politik, maupun sistem pemikiran, membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Hubungan antarmanusia mulai teralienasi, ada keterasingan. Ayah dan ibu mulai bekerja, sementara masyarakat pun sibuk dengan urusannya sendiri. Tanggung jawab pendidikan bagi bawah umur tidak lagi bertumpu pada keluarga, masyarakat, dan sekolah. Anak-anak pun luar biasa perkembangannya. Sekolah bukan lagi sekedar tempat mencar ilmu sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi yang diperoleh dengan kurikulum lain.
Berikut merupakan informasi yang terdapat dalam paragraf di atas, kecuali ....
a. Globalisasi membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.
b. Globalisasi mengakibatkan hubungan antarmanusia mulai teralienasi.
c. Globalisasi tidak mengakibatkan keterasingan insan dalam keluarga maupun masyarakat.
d. Tanggung jawab pendidikan bawah umur bertumpu pada diri mereka masing-masing.
e. Sekolah bukan lagi sekedar menjadi tempat mencar ilmu sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi.
Jawaban: c

15. Gunung tinggi diliputi awan
 Berteduh langit malam hari
Terdengar kampung memanggil
 Rasakan hancur tulang berulang
Penggalan puisi di atas menggambarkan ....
a. kerinduan yang mendalam pada kampung halaman
b. keindahan gunung yang puncaknya selalu berawan
c. perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
d. keindahan gunung yang menjulang tinggi
e. seakan kampung halaman memanggilnya
Jawaban: a

16.  Jalan Surabaya sudah dikenal turis mancanegara. Simaklah buku-buku panduan mengenai pariwisata Indonesia terbitan luar negeri, niscaya nama jalan Surabaya di dalamnya. Tak heran jikalau banyak wisman menjadikannya sebagai salah satu kawasan tujuan wisata selama di Jakarta.
Informasi berikut terdapat pada paragraf di atas, kecuali ....
a. Jalan Surabaya merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata selama di Jakarta.
b. Turis mancanegara telah mengenal Jalan Surabaya.
c. Jalan Surabaya tercantum dalam buku panduan wisata terbitan luar negeri.
d. Jalan Surabaya merupakan kawasan tujuan wisata yang ada di Jakarta.
e. Jalan Surabaya populer hingga ke luar negeri.
Jawaban: a

17. Seorang pakar mendapat kiprah untuk berceramah di depan para mahasiswa di bidang ilmu yang dimiliki. Ia berusaha semoga ceramahnya nanti sanggup sistematis dan tidak terpancang pada teks.
Metode pidato yang paling sempurna dipakai oleh pakar tersebut yakni ....
a. impromptu
b. menghafal
c. naskah
d. ekstemporan
e. serta-merta
Jawaban: d

18. Berikut ini merupakan ciri-ciri karya sastra Melayu klasik, kecuali ....
a. anonim
b. istana sentris
c. bersifat pralogis
d. masyarakat sentris
e. berkembang secara statis
Jawaban: d

19. Pertanyaan mengenai sastra Melayu klasik di bawah ini yang tidak sempurna yakni ....
a. Aspek kebahasaan dalam sastra Melayu klasik tidak banyak dicampuri oleh kosakata Eropa.
b. Semua sastra Melayu klasik sudah terang terikh dan pengarangnya.
c. Karya sastra Melayu klasik berupa hasil terjemahan.
d. Karya sastra Melayu klasik dipengaruhi oleh sastra Hindu.
e. Sastra Melayu klasik bersifat pralogis.
Jawaban: b

20. Kurangnya kesadaran para remaja dalam mengasihi lingkungan sanggup dilihat dari perilaku apatis dalam diri mereka. Di mana-mana kita lihat coret-coretan yang mereka torehkan di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan potongan papan penunjuk arah bus kota. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam membuat lingkungan bebas dari sampah. Padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka.
Wacana di atas termasuk jenis karangan ....
a. persuasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. eskposisi
e. narasi
Jawaban: c

21. Kalimat epilog pidato yang sempurna yakni ....
a. Terima kasih atas perhatian Anda, jangan hingga lupa jasa-jasa para pahlawan.
b. Akhirnya saya tutup dengan cita-cita semua pidato saya ini bermanfaat bagi kita semua.
c. Saya mengajak Saudara untuk mengikuti jejak para pendekar kita terdahulu.
d. Demikian pidato saya, semoga kita sanggup meneladani dan meneruskan usaha para pahlawan.
e. Akhirnya saya menghimbau Saudara semoga terus mengenang jasa-jasa para pahlawan.
Jawaban: d

22. Kali pertama saya menangani bedah epilepsi pada 19 Juli 1999. Waktu itu saya masih mendampingi, sementara yang mengoperasi yakni guru saya dari Jepang, Profesor Arita.
Pernyataan yang sempurna untuk balasan hasil wawancara di atas yakni ....
a. Apa planning Anda selanjutnya?
b. Kapan Anda mulai mengoperasi penyandang epilepsi?
c. Kapan Anda mulai menangani bidang bedah epilepsi?
d. Bagaimana Anda mensosialisasikan bedah epilepsi?
e. Bagaimana kesannya Anda bisa diterima dan diakui?
Jawaban: c

23. Berikut merupakan tujuan dalam wawancara, kecuali ....
a. mendapatkan data
b. mendapatkan informasi
c. memperoleh dukungan
d. mendapatkan konfirmasi
e. memperoleh imajinasi
Jawaban: e

24. Ketika anak perempuannya yang berjulukan Nining sudah sanggup berbicara sedikit-sedikit, Mbok Sutiya menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan kesempatan itu untuk menggunakan sedikit pengetahuannya di bidang bahasa dan kesopanan. “Nduk, kalau lewat di hadapan para ndoro atau orang tua, kita harus membungkukkan tubuh. Ibu jari ajun menunjuk ke muka,” katanya mengajarkan anaknya begitu.
....
Petikan dongeng di atas mengandung nilai moral bahwa ....
a. seorang anak harus mempunyai nama
b. pemberian nama pada anak sesudah sanggup berbicara
c. berdasarkan adab Jawa, kalau lewat di depan orang yang dituakan harus membungkukan badan
d. anak wanita lahir harus mempunyai nama
e. ibu jari ajun menunjuk ke muka tanda kedewasaan
Jawaban: c

25.   Emas untuk Indonesia
Semua kekuatan dikerahkan
Semangat berkobar-kobar
Usaha pun tak pernah padam
Untuk menjadi seorang pahlawan
Bangga rasanya ....
Medali emas terkalung di dada
Lagu Indonesia Raya pun membahana
Mengiringi kibaran bendera
Merah putih berjaya
Kupersembahkan untukmu Indonesiaku
Kuingin buktikan pada dunia
Indonesia bukan negara biasa
     Karya: Rochmawati
Puisi di atas menceritakan wacana seorang ....
a. guru
b. dokter
c. pahlawan
d. olahragawan
e. onspektur upacara
Jawaban: d

26. Baik Tammy maupun Widodo mulai menyadari bahwa kedua amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar, mereka hanya bisa menangis dan selamat tinggal kemelaratan. Kedatangan Tuan Wahyono membangunkan mereka dengan kata-kata yang sedemikian datar dan dingin, sehingga Widodo merasa beku seketika.
Unsur intrinsik yang mennjol dalam penggalan cerpen di atas yakni ....
a. plot
b. latar
c. tema
d. amanat
e. penokohan
Jawaban: e

27. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Paragraf persuasif bertujuan untuk menjelaskan gagasan penulis wacana suatu objek.
(2) Paragraf narasi bertujuan untuk menggambarkan wacana suatu objek.
(3) Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan pembaca.
(4) Paragraf eksposisi bertujuan untuk mendorong dan memengaruhi pembaca.
(5) Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan wacana suatu subjek.
Pernyataan yang sempurna terdapat pada kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e

28. Ketika memperingati Hari Kesehatan dan Gizi di sekolah, pidato mengenai “Manfaat Mutu Makanan yang Bergizi” disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan.
Kalimat pembuka pidato yang sempurna berdasarkan gambaran di atas yakni ....
a. Para siswa yang saya cintai, yang sempurna menjaga masakan semoga kita selalu sehat.
b. Para siswa yang berbahagia, dalam rangka memperingati mutu masakan yang bergizi, kita perlu mengadakan serasehan.
c. Anak-anak sekolah, marilah kita menjaga makanan. Kita sebaiknya makan masakan yang bergizi semoga selalu sehat dan pintar.
d. Agar tubuh kita menjadi sehat, maka akan saya sampaikan pidato mengenai manfaat mutu masakan bergizi pada hari ini.
e. Para hadirin sekalian, di hari yang berbahagia ini, perkenalkanlah saya menjelaskan kepada hadirin mengenai mutu masakan yang bergizi
Jawaban: e

29. (1) Menentukan pokok-pokok yang akan ditanyakan.
(2) Melaksanakan wawancara dengan narasumber.
(3) Membuat daftar wawancara.
(4) Membuat laporan wawancara.
(5) Menuliskan hasil wawancara.
Urutan yang sempurna dalam melaksanakan wawancara yakni ....
a. (1), (2), (3), (4), dan (5)
b. (1), (3), (2), (5), dan (4)
c. (1), (3), (4), (2), dan (5)
d. (1), (5), (4), (3), dan (2)
e. (3), (1), (2), (4), dan (5)
Jawaban: b

30. Perhatikan tahapan alur berikut!
(1) Penyelesaian
(2) antiklimaks
(3) klimaks
(4) pengenalan
(5) konflik
Urutan tahap alur dalam cerpen yang sempurna yakni ....
a. (1), (2), (3), (4), dan (5)
b. (2), (3), (4), (5), dan (1)
c. (3), (4), (2), (5), dan (1)
d. (4), (5), (3), (2), dan (1)
e. (5), (3), (2), (4), dan (1)
Jawaban: d

31. Karangan yang bertujuan menjelaskan suatu duduk kasus secara mendalam sehingga pembaca memperoleh pengertian yang terang disebut ....
Jawaban: eksposisi

32. Teknik yang dipakai dalam membaca tabel atau grafik yakni ....
Jawaban: memindai

33. Daftar ringkasan fakta atau informasi berupa nama atau bilangan yang disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sehingga gampang disimak disebut ....
Jawaban: tabel

34. Karya sastra usang biasanya bersifat pralogis. Pralogis artinya ....
Jawaban: diluar akal

35. Kampanye tertulis merupakan salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif

36. Metode pidato dengan penerapan naskah tetapi hanya berupa catatan garis besarnya disebut ....
Jawaban: ekstemporan

37.  Berdesik-desik daun buluh
 Dibuai angin dengan sayang
 Ayam berkokok sayap suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran

38. Unsur dari luar dongeng yang membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik

39. Orang yang pandai berpidato disebut ....
Jawaban: orator

40. Paragraf yang berisikan imbauan atau seruan kepada orang lain untuk melaksanakan sesuatu ibarat diharapkan penulisnya disebut ....
Jawaban: persuasif

41. Sebutkan ciri-ciri sastra Melayu klasik!
Jawaban:
a. Statis, artinya tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yang dibuat untuk kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, artinya pengarang tidak disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema usaha baik-buruk, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. khayal dan fantastis

42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Pendahuluan
Pendahuluan dimulai dengan kalimat pembukan yang sanggup menarik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas potongan atau planning butir-butir yang hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau kesimpulan sebaiknya tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yang berisi kesimpulan, dan selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih

43. Apa sajakah metode yang sanggup dipakai dalam berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa menggunakan teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan membuat outline atau kerangka pidato terlebih dahulu

44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa

45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
Jawaban:
Kenakalan remaja ibarat perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, sebetulnya bukan hal baru. Kenakalan itu intinya disebabkan oleh kelebihan energi pada remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai kiprah yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melaksanakan kegiatan yang lebih berguna, ibarat olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh lantaran itu, untuk memecahkan duduk kasus kenakalan remaja di sekolah, sanggup disusun jadwal kegiatan penyaluran energi siswa selain kegiatan belajar-mengajar.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas    Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas x kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas x semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 10 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 10 semester 1 beserta balasan 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser