Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Student-Society dimana saja berada. Pada kesempatan yang baik ini admin ingin membuatkan 35 Soal UAS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA, soal ini sudah admin lengkapi dengan kunci jawabannya, jadi adik adik bisa menjadikan soal ini sebagai latihan. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis teks bertujuan semoga sanggup membawa penerima didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menuntaskan problem kehidupan positif dengan berpikir kritis. Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai prinsip, yaitu sebagai berikut.

  1. Bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan.
  2. Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna.
  3. Bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan bahasa yang tidak pernah sanggup dipisahkan dari konteks, alasannya yakni bentuk bahasa yang dipakai mmencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi pemakai/penggunanya.
  4. Bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia.


 Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas    Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Dengan prinsip di atas, maka pembelajaran bahasa berbasis teks membawa implikasi metodologis pada pembelajaran yang bertahap. Hal ini diawali dari kegiatan guru membangun konteks, dilanjutkan dengan kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, hingga pada membangun teks secara mandiri. Kegiatan ini dilakukan alasannya yakni teks merupakan satuan bahasa yang mengandung pikiran dengan struktur yang lengkap. Guru harus benar-benar meyakini bahwa pada kesudahannya penerima didik bisa menyajikan teks secara mandiri. Secara rinci tahapan tersebut sebagai berikut.


a. Membangun konteks

Membangun kontek, yaitu melalui kegiatan mengamati teks dalam konteksnya dan menanya perihal aneka macam hal yang berkaitan dengan teks yang diamatinya. Pada langkah membangun konteks penerima didik sanggup didorong untuk memahami  nilai spiritual, nilai budaya, tujuan yang melatari bangkit teks. Dalam proses ini penerima didik mengeksplorasi kandungan teks serta nilai-nilai yang tersirat di dalamnya. Di samping itu, penerima didik sanggup mengungkap laporan hasil pengamatan untuk materi tindak lanjut dalam kegiatan belajar.


b. Membentuk model (Pemodelan)

Pemeodelan, yaitu melalui kegiatan mencoba dan menalar merumuskan model strukur fonologi, gramatikal, leksikal, dan makna teks dibacanya. Dalam langkah ini penerima didik didorong untuk meningkatkan rasa ingin tahu dengan memperhatikan (1)  simbol, (2) bunyi (3) tata bahasa dan (4) makna. Melalui analisis fakta dan data pada teks yang dipelajarinya penerima didik memperoleh model imbuhan, struktur imkata, frase, klausa, kalimat, maupun paragraf. Semua kegiatan tersebut penerima didik pelajari pada konteks pemakaiannya. Pada tahapan ini penerima didik sanggup mengeksplorasi jenis teks yang dipelajarinya serta mengenali ciri-cirinya. Proses acara pengenalan bukan sebagai tujuan simpulan pembelajaran, melainkan sebagai awal kegiatan untuk mengembangkan daya cipta.


c. Membangun teks bersama-sama

Membangun teks bersama/berkelompok, yaitu menyusun teks bersama masih dalam kegiatan mencoba, menalar, dan mencipta secara kolaboratif yang dilanjutkan dengan menyaji. Peserta memakai hasil mengeksplorasi model-model teks  untuk membangun teks dengan cara berkolaborasi dalam kelompok. Melalui kegiatan ini diperlukan semua penerima didik   dapat memperoleh pengalaman mencipta teks sebagai dasar untuk mengembangkan kompetensi individu.


d. Mengembangkan teks secara mandiri

Mengembangkan teks secara mandiri, yaitu dengan titik tekan pada penerima didik sanggup memperlihatkan kompetensinya secara individual dalam mencipta. Oleh alasannya yakni itu, dimensi kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia wajib memenuhi empat langkah dasar, enam langkah mengembangkan keterampilan beraktivitas secara saintifik, dua model  kegiatan koloboratif dan individual, dan berdimesi beraktivitas dan berkarya.

Untuk implemetasi dalam pembelajaran, guru sanggup memakai model pembelajaran, antara lain model inkuiri based learning, discovery based learning, problem based learning, dan project based learning. Model-model tersebut masing-masing mempunyai langkah kerja yang sistematis dalam penerapannya. Dalam penerapan model tidak ada satu model yang unggul dari model lain, namun guru perlu mencocokkan dengan lingkup materi dan seni administrasi pembelajaran yang digunakan.


Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan jawaban yang benar !


Untuk soal nomor 1 dan 2, perhatikan paragraf berikut!

  Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini alasannya yakni komponen tersebut ternyata sangat besar lengan berkuasa pada kedua pilar lainnya. Seseorang yang berperilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan sikap sehat, seseorang akan memanfaatkan kemudahan pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

1. Ide pokok paragraf di atas yakni ....
a. Memanfaatkan kemudahan kesehatan yang ada.
b. Menjaga lingkungannya semoga tetap sehat.
c. Perilaku sehat akan besar lengan berkuasa pada pilar-pilar lainnya.
d. Berperilaku sehat akan menjaga kebersihan.
e. Perilaku sehat merupakan pilar utama.
Jawaban: e

2. Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf tersebut yakni ....
a. Mengapa sikap sehat merupakan pilar paling utama?
b. Bagaimana cara menjaga lingkungan tetap sehat?
c. Apakah fungsi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat?
d. Mengapa masyarakat harus memelihara kesehatan lingkungan?
e. Kapan pemerintah harus memberi pelayanan kesehatan?
Jawaban: a

Untuk soal nomor 3 dan 4, perhatikan tajuk rencana berikut!

 Beberapa waktu yang kemudian banjir melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 miliyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut beriisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak ibarat kota metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron.
 Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang menciptakan kerusakan yakni orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan menciptakan vila dan hotel di Puncak.

3. Masalah yang diungkap dalam tajuk rencana tersebut yakni ....
a. Banjir melanda Jakarta sehingga mengakibatkan banyak kerugian.
b. Jakarta selama ini terlihat megah dalam sinetron.
c. Banjir melanda Jakarta yakni kiriman dari Bogor.
d. Masyarakat Jakartalah yang menciptakan kerusakan
e. Orang Jakarta menggusur petani, menciptakan vila dan hotel di Puncak.
Jawaban: a

4. Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ....
a. sepuluh orang meninggal dalam banjir tersebut.
b. Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar.
c. Orang Jakarta menyampaikan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor.
d. Kerugian mencapai 39,5 miliyar dan sepuluh orang meninggal.
e. Beberapa waktu yang kemudian banjir besar melanda Jakarta.
Jawaban: c

5. Cermati topik dan penggunaan kalimat dalam paragraf berikut!
Topik: Pantai Natsepa
Kalimat penjelas
(1) Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari sentra kota.
(2) Pantai ini terlihat terang alasannya yakni letaknya hanya seratus meter dari jalan utama.
(3) Di Pantai Natsepa ini terdapat dua daerah yang telah dilengkapi kemudahan penginapan.
(4) Di beberapa daerah yang agak condong ke maritim mengalami kerusakan.
(5) Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.
(6) Bahkan biasanya pengunjung hingga Pantai Liang.
kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut ditandai dengan nomor ....
a. (1), (2), (3), dan (5)
b. (1), (2), (3), dan (4)
c. (1), (3), (5), dan (6)
d. (2), (3), (5), dan (6)
e. (3), (4), (5), dan (6)
Jawaban: a

6. Bacalah paragraf persuasi berikut dengan saksama!
 Pasien yang berobat dan dirawat inap di Rumah Sakit Darma, tidak dilayani dengan ramah, dokter yang seharusnya rutin menyidik kondisi pasien sering tidak sempurna waktu. Para perawat yang merawat pasien tidak berwajah ramah. Fasilitas dan peralatan yang dimiliki tidak lengkah sehingga banyak pasien yang berpidah ke rumah sakit lain.
Kalimat seruan yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ....
a. Pasien yang akan masuk ke Rumah Sakit Darma hendaknya berpikir dulu
b. Rumah Sakit Darma harus menambah kemudahan dan peralatan medis.
c. Para dokter dan suster di Rumah Sakit Darma perlu segera diganti.
d. Tambahkan kemudahan dan tingkatkan pelayanan di Rumah Sakit Darma
e. Turunkan biaya perawatan semoga pasien tidak pindah ke rumah sakit lain.
Jawaban: d

7. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, alasannya yakni tanah yang terlalu lembap (menggenang) sanggup menimbulkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui susukan pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui susukan pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembapan tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut sanggup dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
a. (1), (3), (2), (5), dan (4)
b. (2), (1), (5), (4), dan (3)
c. (3), (1), (5), (2), dan (4)
d. (4), (5), (1), (2), dan (3)
e. (4), (1), (5), (2), dan (3)
Jawaban: b

8.  Kami meninggalkan kompleks candi pukul 12.00, selanjutnya menuju museum kereta api. Siang itu udara terasa panas sehingga tubuh kami cepat merasa lelah alasannya yakni ....
Untuk melengkapi paragraf tersebut, pernyataan yang sempurna yakni ....
a. sebelumnya kami beristirahat di tepi pantai
b. perjalanan kami memang cukup jauh
c. rekreasi kami cukup menyenangkan
d. setiap tahun kami melakukan karya wisata
e. karya wisata selalu diprogramkan di sekolah kami
Jawaban: b

9. (1) Baik secara kelompok atau organisasi maupun individual, masyarakat secara impulsif mengumpulan sumbangan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang kena musibah. (2) Hal ini terlihat semenjak tsunami di Aceh dan serangkaian petaka lainnya di Indonesia. (3) Bahkan membantu korban banjir lumpur panas Lapindo Brantas di Porong Sidoarjo, Jawa Timur. (4) Walaupun banjir lumpur itu jawaban ulang manusia, tetapi mengundang rasa kemanusiaan. (5) Kepedualian masyarakat secara impulsif itu merupakan perwujudkan rasa simpati dan tenggang rasa terhadap sesamanya.
Kalimat simpulan pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
a. (1)
b (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e

10.  Musim kompetisi 2013/2014 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia demam isu kemudian itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 Tahun itu bergabung dengan Nice dua demam isu lalu. Saat itu, Inter Milan bahwasanya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.
Kalimat utama paragraf tersebut yakni ....
a. Musim kompetisi 2013/2014 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru.
b. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil didatangkan juara Liga Italia.
c. Ederson Honorato yang berusia 21 Tahun itu bergabung dengan Nice dua demam isu lalu.
d. Inter Milan bahwasanya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.
e. Inter Milan bahwasanya sudah berniat merekrut Ederson Honorato, tetapi gres tahun ini tercapai.
Jawaban: a

11. Dalam diskusi kelas, kau ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan problem “Bahaya narkotika”.
Kalimat yang sempurna untuk dipakai membuka diskusi yakni ...
a. Teman-teman yang berbahagia, pada ketika ini kita akan mendiskusikan “Bahaya narkotika”.
b. Teman-teman, sebaiknya diskusi ini kita buka saja meskipun yang hadir belum lengkap.
c. “Bahaya narkotika” merupakan tema diskusi kita hari ini.
d. Marilah kita mulai mendiskusikan problem “Bahaya narkotika” ini.
e. Sebaiknya diskusi ini kita buka sehabis semua penerima lengkap.
Jawaban: a

12. Kalimat yang santun untuk mendukung pendapat seorang penyaji yakni ....
a. Pendapat saudara penyaji patutu didukung walaupun kurang bukti yang akurat.
b. Saya mendukung pendapat mitra karib kita ini demi persahabatan.
c. Saya baiklah pendapat saudara penyaji diterima alasannya yakni ia cukup dikenal.
d. Saya mendapatkan dan mendukung saudara penyaji alasannya yakni data yang duajukan akurat.
e. Saya bisa mendapatkan pandapat mendukung saudara penyaji alasannya yakni ia berpengalaman.
Jawaban: d

13. Kalimat yang sempurna untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah yakni ....
a. Kepada saudara penyaji dipersilahkan membaca makalah.
b. Saudara penyaji silahkan segera membaca makalah.
c. Saudara penyaji, 30 menit waktu yang saya sediakan.
d. Saudara penyaji silahkan membacakan makalah.
e. Saudara penyaji, kami persilahkan membacakan makalah.
Jawaban: a

14. Cara pengarang menampilkan perwatakan setiap tokoh dalam karyanya sanggup dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. melukiskan bentuk lahir dari tokoh
b. melukiskan pikiran dan perasaan para tokoh
c. menggambarkan reaksi tokoh lain terhadap tokoh utama
d. membawa pembaca pada alur dongeng yang terang kan logis
e. melukiskan keadaan di sekeliling kehidupan tokoh utama
Jawaban: d

15.  Harsono : (marah) Apa kau tidak bisa lihat, kah? Matamu di mana, ditaruh dalam saku?
 Pekerja : Maaf Tuan, saya tidak melihat Tuan.
 Harsono : (makin murka dan memegang baju pekerja itu) Apa kau buta?
 Citra : (yang selama ini membisu saja) Mas Hr, lepaskan orang itu. Dia gres saja saya marahi. Sudah cukup.
 Harsono : (terkejut dengan bunyi Citra) Apa?
Berdasarkan penggalan drama di atas, tabiat Harsono yakni ....
a. pemarah
b. pemaaf
c. tidak berperasaan
d. tidak peduli
e. acuh
Jawaban: a

16. Amanat yang bisa kita petik dari obrolan di atas yakni sebagai berikut, kecuali ....
a. pandai-pandailah bersopan santun
b. belajarlah mengendalikan emosi
c. hargailah orang lain
d. pedulilah dengan sesama
e. jangan terbiasa bersikap kasar
Jawaban: a

17. Kualitas anak-anal pemilik masa depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka ketika ini. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, sosial, maupun intelektual generasi yang ketika ini masih berada dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian di atas merupakan potongan ....
a. tujuan penulisan
b. latar belakang
c. permasalahan
d. kata pengantar
e. penutup
Jawaban: b

18. 1) Pendahuluan
 2) Kata pengantar
 3) Daftar pustaka
 4) Halaman judul
 5) Penutup
 6) Daftar isi
 7) Bagian isi
Urutan yang sempurna dalam penulisan karya tulis yakni ....
a. 4-2-6-1-7-5-3
b. 4-2-5-1-7-6-3
c. 4-6-2-7-1-5-3
d. 4-2-6-1-5-7-3
e. 4-3-5-6-1-2-7
Jawaban: a

19. Topik karya tulis: Pengangguran intelektual disinyalir terus meningkat.
Kesimpulan yang sempurna untuk karya tulis di atas berisi perihal ....
a. Penjelasan pengangguran selalu bertambah dan saran solusi.
b. Penyebab semakin bertambahnya pengangguran intelek dan pelukisan nasib para pengangguran.
c. Penyebab intelektual semakin banyak yang menganggur dan imbauan untuk menyediakan lapangan kerja.
d. Penjelasan pengangguran intelektual semakin bertambah dan imbauan membuka lapangan simpanse baru.
e. Penyebab pengangguran intelektual semakin banyak dan saran, serta solusi penanganan pengangguran.
Jawaban: e

20. Pada tahun 1950 A.A. Navis mulau mengikuti perkembangan kesusastraan secara aktif, sebagai pegarang cerpen dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia, Siasat, Kisah, Sastra, dan lain-lainnya. Ia sebagai pemenang hadiah majalah Kisah pada tahun 1955.
Penggalan biografi A.A. Navis di atas menggambarkan ....
a. riwayat kelahiran
b. riwayat kepengarangan
c. riwayat pendidikan
d. riwayat keluarga
e. kisah usia remaja
Jawaban: b

21. (1) Perjalanan bisnis Anda akan menyenangkan jikalau Anda memakai jasa kami.
 (2) Prinsip kelestarian habitat dan populasi satwa harus dijadikan dasar pengelolaannya.
 (3) Akhirnya, kami berhasil menemukan anak yang tersesat tersebut.
 (4) Habitat terumbu karang di perairan Indonesia timur semakin mengkhawatirkan.
Kalimat yang sempurna dalam sebuah laporan ilmiah yakni nomor ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1 dan 4
e. 2 dan 3
Jawaban: c

22. Berikut ini hal-hal yang sanggup kita temukan dalam cerpen, kecuali ....
a. dongeng yang berisifat imajinatif
b. satu fragmen kehidupan yang berdiri sendiri
c. singkat dan padat, tetapi tuntas dengan dirinya sendiri
d. mengandung kesatuan cerita, setting, plot, dan penokohan
e. pelaku dongeng mengalami perubahan nasib
Jawaban: e

23. Perhatikan unsur laporan pengamatan berikut!
1) Tujuan
2) ....
3) Waktu dan tempat
4) ....
5) Hasil
6) Penutup
Berikut yang sempurna untuk melengkapi unsur laporan di atas yakni ....
a. objek yang diamati dan uraian kegiatan
b. uraian kegiatan dan kesimpulan
c. uraian kegiatan dan objek yang diamati
d. latar belakang pengamatan dan uraian kegiatan
e. latar belakang pengamatan dan objek yang diamati
Jawaban: e

24. Dalam periodisasi sastra Indonesia dikenal periode dengan istilah sastra Melayu klasik/kuno. Adapun ciri-cirinya yakni ....
a. statis, istana sentris, anonim, berbahasa klise, tertulis
b. statis, istana sentris, anonim, berbahasa klise, lisan
c. statis, istana sentris, berbahasa klise, tertulis
d. statis, istana sentris, tertulis, anonim, khayal
e. statis, istana sentris, tertulis, anonim, khayal, klise
Jawaban: b

25. Di bawah ini yakni faktor oenentu keberhasilan dalam penulisan notulen, yaitu ....
a. mempunyai keterampilan berbicara yang baik
b. mempunyai keterampilan menyimak yang tinggi
c. harus bisa mengapresiasi
d. harus bisa menulis indah
e. harus banyak membaca buku referensi
Jawaban: b

26. Di Jawa Barat banyak dikembangkan pemijahan ikan air tawar. Di Malang dan Plered telah dikembangkan pembuatan keramik. Ini semua besar lengan berkuasa terhadap kehidupan perekonomian, baik lokal, regional, maupun secara nasional.
Pernyataan di atas yakni penggalan laporan ....
a. perjalanan
b. hasil percobaan
c. hasil pengamatan
d. hasil seminar
e. hasil studi pustaka
Jawaban: c

27. Sumi : Biarlah semua tahu, keadaan yang memojokkan saya untuk bercerita. Kebenaran harus dibela, risiko apa pun kuhadapi.
 Ibu : Jadi! Biang keladinya justru, Mama. Pantas!
Dialog di atas memperlihatkan drama telah hingga pada potongan ....
a. pengenalan
b. komplikasi
c. klimaks
d. antiklimaks
e. ending
Jawaban: c

28. Dari sebuah kantung di dalam keranjang, Wak Katok mengeluarkan daun ramu-ramuan. Mereka membersihkan luka-luka Pak Balam dengan air panas dan Wak Katok menutup luka besar di betis dengan sobekan kain sarung Pak Balam.
Nilai yang diungkapkan melalui kutipan di atas yakni ....
a. kebersamaan
b. pengobatan tradisional
c. saling menolong
d. kesetiakawanan
e. ramuan daun-daunan
Jawaban: d

29. Pengarang sebagai orang berada di luar dongeng dan tidak terlibat dalam cerita, dengan memakai pelaku utama ia/dia.
Kedudukan pengarang dalam bercerita tersebut sebagai ....
a. tokoh utama
b. tokoh bawahan
c. tokoh figuran
d. tokoh protagonis
e. pengamat
Jawaban: e

30. Satu luapan rasa simpati yang muncul secara tiba-tiba menciptakan air mata berlinang di kedua belah mata Lucy. Kasihan, ibuku sayang,  pikirnya. Betapa sering ibu kelaparan asalkan anak-anaknya tidak. Aku dilarang mementingkan diriku sendiri. Demikianlah, ia kemudian mendekatinya dan meletakkan kepalanya ke pangkuan ibunya.
Nilai moral yang terdapat dalam penggalan dongeng terjemahan di atas yakni ....
a. tidak mementingkan diri sendiri
b. pengorbanan seorang anak untuk ibunya
c. keluarga yang bersahabat dengan lingkungan
d. kesedihan yang mendalam sehingga timbul rasa iba
e. anak yang manja biasa mementingkan diri sendiri
Jawaban: a

31. Jelaskan cara menawarkan komentar terhadap pendapat seorang pembicara dalam diskusi!
Jawaban:
- Komentar tersusun dalam urutan yang sistematis, kalimatnya jelas, padat, dan kata-katanya gampang dipahami.
- Komentar eksklusif diarahkan pada sasaran yang diinginkan, tidak berbelit-belit.
- Komentar menjelaskan sesuatu yang ingin dijelaskan dan meyakikan
- Komentar hendaknya ditunjang oleh kebenaran fakta, kemukakan bukti, contoh, gambar, dan lain-lain.

32. Buatlah obrolan enam kalimat yang berisi deskripsi sikap jujur kepada orang lain!
Jawaban:
Kirana: “Bang, beli bakso Satu Mangkok, berapa harganya?”
Tukang Bakso: “Iya de, satu mangkoknya 12.000 rupiah”.
Kirana: “ini uangnya bang! (sambil menawarkan uang sebesar 20.000 rupiah)
Tukang Bakso: “Ini baksonya de, dan ini uang kembaliannya!”
Kirana:”Ini uangnya kembalinya kelebihan 5.000 rupiah bang! (kirana mendapatkan uang kembalian sebesar 13.000 rupiah)
Tukang bakso: “Terima kasih ya de, telah mau mengembalikan kelebihan uangnya”.

33. Sebutkan dan jelaskan tiga komponen laporan penelitian!
Jawaban: komponen laporan penelitian adalah:
- Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, kajian pustaka/teori yang menjadi dasar penelitian, dan rumusan tujuan
- Isi/inti, penyajian uraian inti/isi laporan
- Penutup, berisi kesimpulan dan saran

34. Jelaskan perbedaan antara sudut pandang orang pertama dengan sudut pandang orang ketiga!
Jawaban:
- Perbedaan sebagai tokoh utama. Pengarang menuturkan dongeng dirinya sendiri, pelaku utamanya: aku/saya/kita (kata ganti orang pertama tunggal/jamak)
- Pengarang sebagai pengamat. Pengarang sebagai orang yang beradsa di luar cerita, ia menuturkan tokoh dari luar, tidak terlibat dalam cerita. Pelaku utamanya ia/dia/mereka (kata ganti orang ketiga tunggal/jamak).

35. Sebut dan jelaskan unsur-unsur ekstrinsik hikayat!
Jawaban:
- Biografi pengarang: agama, paham/aliran, dan psikologi.
- Lingkungan budaya: latar belakang budaya yagn mendasari cerita.
- Lingkungan sosial: berkaitan dengan tempat/masyarakat sekitar di mana dongeng itu disusun.
- Keadaan zaman: berkaitan dengan waktu/sejarah penyusunan cerita.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas    Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser