Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru - Halo sobat Student-Society yang baik hati. Pada kesempatan kali ini admin ingin membuatkan Soal PG PKN sebanyak 40 soal, Kemaren admin gres saja mempersiapkan soal PG PKN, namun untuk kali ini hanya soal Essay saja. Soal yang admin bagikan ini sudah termasuk rangkuman dari kumpulan materi soal kelas 11 SMA/MA sehingga bisa dijadikan contoh untuk pembuatan soal. Adik adik juga bisa mempelajarinya untuk dijadikan refrensi. Oiya Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 wacana Sistim Pendidikan Nasional yang menggariskan adanya muatan kurikulum Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan, sebagai materi kajian wajib kurikulum semua jalur, jenis dan jenjang pendidikan (Pasal 39), Kurikulum Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah tahun 1994 mengakomodasikan misi gres pendidikan tersebut dengan memperkenalkan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PPKn. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, Kurikulum PPKn 1994 mengorganisasikan materi pembelajarannya bukan atas dasar rumusan butir-butir nilai P4, tetapi atas dasar konsep nilai yang disaripatikan dari P4 dan sumber resmi lainnya yang ditata dengan memakai pendekatan spiral meluas atau spiral of concept development (Taba,1967). Pendekatan ini mengartikulasikan sila-sila Pancasila dengan jabaran nilainya untuk setiap jenjang pendidikan dan kelas serta catur wulan dalam setiap kelas.
Pendidikan nilai yakni pendidikan yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai dalam diri siswa. PKn SD merupakan mata pelajaran yang berfungsi sebagai pendidikan nilai, yaitu mata pelajaran yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nila-nilai pancasila/ budaya bangsa menyerupai yang terdapat pada kurikulum PKn SD. Pelaksanaan pendidikan nilai selain sanggup melalui taksonomi Bloom dkk, sanggup juga memakai jenjang afektif (Kratzwoh, 1967), berupa penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
Contoh : Nilai benda kayu jati dianggap tinggi, sehingga kayu jati mempunyai nilai jual lebih mahal daripada kayu kamper atau kayu lainnya. Secara instrinsik kayu jati yakni kayu yang mempunyai kualitas yang baik, tangguh, tidak gampang kropos, dan lebih berpengaruh daripada jenis kayu yang lain menyerupai kamper. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya jikalau kayu jati, berdasarkan pandangan masyarakat khususnya pemborong, nilainya mahal.
Dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara, nilai pancasila merupakan standar hidup bangsa yang berideologi pancasila. Nilai ini sudah pernah dikemas dan disosialisasikan melalui P4 (Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila), dan dianjurkan disekolah-sekolah sebagaimana telah dibahas di muka. Anda hendaknya sadar bahwa secara historis, nilai pancasila digali dari puncak-puncak kebudayaan, nilai agama, dan moral istiadat bangsa Indonesia sendiri, bukan dikulak dari negara lain. Nilai ini sudah ada semenjak bangsa Indonesia lahir. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya jikalau pancasila mendapat predikat sebagai jiwa bangsa.
Nilai Pancasila yang digali dari bumi Indonesia sendiri merupakan pandangan hidup/panutan hidaup bangsa Indonesia. Kemudian, ditingkatkan kembali menjadi Dasar Negara yang secara yuridis formal ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945, yaitu sehari sesudah Indonesia merdeka. Secara spesifik, nilai Pancasila telah tercermin dalam norma seprti norma agama, kesusilaan, kesopanan, kebiasaan, serta norma hukum. Dengan demikian, nilai Pancasila secara individu hendaknya dimaknai sebagai cermin sikap hidup sehari-hari yang terwujud dalam cara bersikap dan dalam cara bertindak.
Berdasarkan uraian di muka sanggup disimpulkan bahwa pengertian dan makna nilai yakni suatu bobot/kualitas perbuatan kebaikan yang mendapat dalam banyak sekali hal yang dianggap sebagai sesesuatu yang berharga, berguna, dan mempunyai manfaat. Dalam pembelajaran PKn SD, nilai sangat penting untuk ditanamkan semenjak dini sebab nilai bermanfaat sebagai standar pegangan hidup.
Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA .. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society menunjukkan Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru
A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!
1. Berikut ini bukan merupakan tindakan pencegahan yang sanggup dilakukan untuk pengatasi banyak sekali perkara pelanggaran HAM, yaitu ….
a. menjatuhkan eksekusi bagi orang yang melaksanakan pelanggaran terhadap HAM
b. penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat
c. peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah
d. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya banyak sekali bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah
e. penegakan supremasi aturan dan demokrasi
Jawaban: a. menjatuhkan eksekusi bagi orang yang melaksanakan pelanggaran terhadap HAM
Pembahasan:
Berikut tindakan pencegahan yang sanggup dilakukan untuk mengatasi banyak sekali perkara pelanggaran HAM.
1. penegakan supermasi aturan dan demokrasi.
2. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya banyak sekali bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah.
3. peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah.
4. penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat melalui forum pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) maupun nonformal (kegiatan-kegiatan keagamaandan kursus-kursus).
2. Salah satu bentuk pelanggaran HAM ringan yakni ….
a. membunuh anggota kelompok
b. memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa
c. memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain
d. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok
e. kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan
Jawaban: e. kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan
Pembahasan:
Contoh pelanggaran HAM ringan ialah kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan, pencemaran lingkungan yang disengaja dan sebagainya.
3. Dalam perkara Tanjung Priok terjadi pelanggaran ham berat berupa ….
a. pengiriman tenaga kerja perempuan secara paksa
b. perbudakan ke negeri asing
c. penangkapan dan penahanan sewenang-wenang
d. kelalaian pemberian layanan kesehatan
e. pencemaran tanah dan udara
Jawaban: c. penangkapan dan penahanan sewenang-wenang
Pembahasan:
Dalam perkara Tanjung Priok terjadi pelanggaran HAM berat berupa pembunuhan secara kilat, penangkapan dan penahanan sewenang-wenang, penyiksaan dan penghilangan orang secara paksa.
4. Pada dasarnya, hak asasi insan harus ….
a. dilalaikan
b. dilupakan
c. dihindari
d. dihormati
e. diabaikan
Jawaban: d. dihormati
5. Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, kecuali ….
a. terjadinya penyalahgunaan kekuasaan
b. kurang tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
c. terjadinya penyalahgunaan teknologi
d. kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi
e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Pembahasan:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM.
1. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
2. Kurang tegasnya pegawapemerintah penegak hukum.
3. TErjadinya penyalahgunaan teknologi.
4. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.
6. Faktor-faktor yang berasal dari diri pelaku pelanggar HAM disebut sebagai faktor ….
a. eksternal
b. internal
c. langsung
d. tak langsung
e. sumber
Jawaban: b. internal
7. Berikut yang bukan merupakan faktor internal penyebab pelanggaran HAM yakni ….
a. mementingkan kepentingan diri sendiri
b. sikap egois yang tinggi
c. kurangnya sikap toleran
d. rendahnya kesadaran HAM
e. aturan tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: e. aturan tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Pembahasan:
Berikut faktor internal penyebab pelanggaran HAM.
1. Sikap egois yang tinggi
2. Rendahnya kesadaran HAM
3. Kurangnya sikap toleran.
8. Faktor-faktor yang berasal dari luar diri insan yang mendorong seseorang atau sekelompok yang melaksanakan pelanggaran HAM disebut faktor ….
a. eksternal
b. internal
c. langsung
d. tidak langsung
e. sumber
Jawaban: a. eksternal
Pembahasan:
Faktor eksternal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar diri insan yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melaksanakan pelanggaran HAM.
9. Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM yakni ….
a. sikap egois yang tinggi
b. penyalahgunaan teknologi
c. minimnya kesenjangan sosial dan teknologi
d. pembagian kekuasaan yang tegas dan jelas
e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: b. penyalahgunaan teknologi
Pembahasan:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM.
1. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
2. Kurang tegasnya pegawapemerintah penegak hukum.
3. Terjadinya penyalahgunaan teknologi
4. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.
10. Memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain termasuk jenis pelanggaran ….
a. kejahatan terhadap kemanusiaan
b. kejahatan genosida
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi
Jawaban: b. kejahatan genosida
Pembahasan:
Kejahatan genosida, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara membunuh anggota kelompok, menjadikan penderitaan fisik dan mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok, membuat kondisi kehidupan kelompok yang akan menjadikan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya, memaksakan tindakan – tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok, atau memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain.
11. Contoh pelanggaran HAM ringan, yaitu ….
a. pembunuhan
b. penganiayaan
c. pencemaran lingkungan
d. pemerkosaan
e. perampokan
Jawaban: c. pencemaran lingkungan
Pembahasan:
Contoh pelanggaran HAM ringan ialah kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan, pencemaran lingkungan yang disengaja, dan sebagainya.
12. Hak asasi insan mempunyai ciri-ciri khusus jikalau dibandingkan dengan hak-hak yang lain, kecuali….
a. hakiki
b. universal
c. tidak sanggup dicabut
d. tidak sanggup dibagi
e. fleksibel
Jawaban: e. fleksibel
Pembahasan:
Hak asasi insan mempunyai ciri-ciri khusus jikalau dibandingkan dengan hak-hak yang lain, yaitu sebagai berikut.
1. tidak sanggup dicabut
2. tidak sanggup dibagi
3. bersifat hakiki
4. bersifat universal
13. Berikut yang bukan merupakan hak asasi insan yakni ….
a. buy rights
b. property rights
c. personal rights
d. procedural rights
e. political rights
Jawaban: a. buy rights
Pembahasan:
Secara umum, hak asasi insan terdiri atas lima macam, yaitu sebagai berikut.
1. procedural rights
2. political rights
3. personal rights
4. rights of legal equality
5. property rights
14. Salah satu hak alamiah insan berdasarkan John Locke yakni hak untuk ….
a. mendapat tunjangan dari pemerintah
b. mendapat daerah tinggal yang layak
c. mendapat pekerjaan yang layak
d. hidup
e. mendapat pendidikan
Jawaban: d. hidup
Pembahasan:
John Locke merumuskan adanya hak alamiah (natural rights) yang menempel pada setiap diri manusia, yaitu ha katas hidup, hak kebebasan, dan hak milik.
15. Personal rights artinya hak asasi ….
a. politik
b. pribadi
c. ekonomi
d. budaya
e. agama
Jawaban: b. pribadi
16. Berikut yang bukan merupakan jenis hak asasi insan yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara yakni ….
a. hak untuk meneruskan keturunan
b. hak untuk mendapat pendidikan
c. hak untuk mendapat kesehatan
d. hak untuk mendapat pekerjaan
e. melindungi hak asasi orang lain
Jawaban: e. melindungi hak asasi orang lain
Pembahasan:
Terdapat banyak jenis hak asasi insan yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara, menyerupai hak untuk mendapat pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan sebagainya.
17. Menghormati, menjamin dan melindungi hak asasi insan lainnya disebut ….
a. kewajiban asasi
b. hak asasi
c. hak pilih
d. hak opsi
e. hak repudasi
Jawaban: a. kewajiban asasi
Pembahasan:
Kewajiban asasi, yaitu menghormati, menjamin, dan melindungi hak asasi insan lainnya.
18. Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga mengakibatkan rasa sakit atau penderitaan, baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh akreditasi atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga disebut ….
a. kejahatan genosida
b. kejahatan terhadap kemanusiaan
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi
Jawaban: d. penyiksaan
Pembahasan:
Penyiksaan, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga mengakibatkan rasa sakit atau penderitaan baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh akreditasi atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga.
19. Salah satu faktor internal penyebab pelanggaran HAM yakni ….
a. sikap mementingkan kepentingan umum
b. sikap egois yang tinggi
c. tingginya sikap toleran
d. tingginya kesadaran HAM
e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: b. sikap egois yang tinggi
Pembahasan:
Berikut faktor internal penyebab pelanggaran HAM.
1. Sikap egois yang tinggi
2. Rendahnya kesadaran HAM
3. Kurangnya sikap toleran
20. Hak asasi insan tidak sanggup dibagi, artinya ….
a. tidak sanggup dihalangkan atau diserahkan
b. selalu bertambah sesuai tuntutan zaman
c. semua orang berhak mendapat semua hak, mencakup hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
d. berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa, gender, atau perbedaan lainnya
e. sudah ada semenjak lahir
Jawaban: c. semua orang berhak mendapat semua hak, mencakup hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
Pembahasan:
Tidak sanggup dibagi, artinya semua orang berhak mendapat semua hak, mencakup hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya.
21. Dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, semua konstitusi yang pernah berlaku menganut prinsip….
a. sentralisasi
b. pemaksaan
c. demokrasi
d. diktator
e. monopoli
Jawaban: c. demokrasi
22. Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai moral yang bersumber dari ….
a. Pancasila
b. masyarakat
c. pemerintah
d. Undang-Undang Dasar 195
e. Bhinneka Tunggal Ika
Jawaban: a. Pancasila
23. Pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat merupakan salah satu nilai moral demokrasi Pancasila yang bersumber dari ….
a. Tuhan
b. Pancasila
c. Rakyat
d. Pimpinan
e. Pemerintah
Jawaban: b. Pancasila
24. Gerakan massa yang dimotori oleh mahasiswa turun ke jalan menuntut Presiden Soeharto lengser dari jabatan nya terjadi pada periode ….
a. sebelum 1945
b. 1945-1949
c. 199-1959
d. 1959-1965
e. Orde Baru
Jawaban: e. Orde Baru
25. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar merupakan suara dari ….
a. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 1
b. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 2
c. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 3
d. Wapres No. X
e. Undang-Undang No. 7 Tahun 1953
Jawaban: b. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 2
26. Keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan merupakan harapan ….
a. ketuhanan
b. kerakyatan
c. permusyawaratan
d. hikmat kebijaksanaan
e. keadilan
Jawaban: d. hikmat kebijaksanaan
Pembahasan:
Cita-cita hikmat kebijaksanaan, yaitu keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, peri kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan.
27. Dilaksanakannya kebebasan yang dipertanggung-jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain merupakan salah satu ciri demokrasi ….
a. Pancasila
b. Liberal
c. Terpimpin
d. Komunis
e. Otoriter
Jawaban: a. Pancasila
28. Pada tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republic diganti oleh ….
a. Habibie
b. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Walikota
e. Gubernur
Jawaban: c. Sutan Syahrir
29. Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak sanggup dicabut kembali kepada RIS selambat-lambatnyapada tanggal 30 Desember 1949 merupakan salah satu keputusan pokok ….
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. KMB
d. Perjanjian Roem Royen
e. Proklamasi Kemerdekaan
Jawaban: c. KMB
30. Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965 yakni ….
a. Konstitusi RIS memilih bentuk negara serikat yang terbagi dalam 16 negara bagian, yaitu 7 negara belahan dan 9 buah satuan kenegaraan
b. kekuasaan direktur yang semula dijalankan oleh presiden beralih ke tangan menteri sebagai konsekuensi dari dibentuknya sistem pemerintah parlementer.
c. perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer
d. Mukadimah Konstitusi RIS telah menghapuskan sama sekali jiwa atau semangat Pembukaan Undang-Undang Dasar proklamasi sebagai klarifikasi resmi Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.
e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
Jawaban: e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
Pembahasan: Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
31. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat disebut ….
a. oligarki
b. otokrasi
c. tirani
d. liberal
e. demokrasi
Jawaban: e. demokrasi
Pembahasan: Demokrasi ialah pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
32. Salah satu nilai dari demokrasi berdasarkan Hendry B. Mayo, yaitu ….
a. menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
b. menuntaskan perselisihan dengan cepat
c. menjamin terselenggaranya perubahan secara rusuh
d. menolong dan mencegah tumbuhnya pemerintah oleh kaum otokrat yang kejam dan licik
e. menjamin kebebasan pribadi yang lebih luas bagi warga negaranya daripada alternatif lain yang memungkinkan.
Jawaban: a. menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
Pembahasan: Hendry B. Mayo mengemukan nilai-nilai dalam demokrasi, antara lain sebagai berikut:
1. Menyelesaikan perselisihan dengan tenang dan secara melembaga
2. Menjamin terselenggaranya perubahan secara tenang dalam suatu masyarakat yang sedang berubah
3. Menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
33. Suatu pemerintahan dikatakan demokratis apabila dalam prosedur pemerintahannya diwujudkan …. Demokrasi
a. asas-asas
b. bentuk-bentuk
c. kendala-kendala
d. tujuan-tujuan
e. prinsip-prinsip
Jawaban: e. prinsip-prinsip
Pembahasan: suatu pemerintah dikatakan demokratis apabila dalam prosedur pemerintahannya diwujudkan prinsip-prinsip demokrasi.
34. Dasar pengembangan dan pelaksanaan demokrasi yang berjalan di Indonesia, yaitu ….
a. Pancasila
b. Tap MPR
c. Keputusan Presiden
d. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
e. Batang Tubuh Undang-Undang Dasar 1945
Jawaban: a. Pancasila
Pembahasan: Pancasila merupakan dasar pengembangan dari pelaksanaan demokrasi yang berjalan di Indonesia
35. Sistem politik yang sesuai dengan situasi dan kondisi negara Indonesia yakni sistem politik demokrasi ….
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
b. menjunjung tinggi persamaan
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. membudayakan sikap baik dan adil
e. mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional
Jawaban:
36. Yang bukan termasuk sikap demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari yakni ….
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
b. menjunjung tinggi persamaan
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. membudayakan sikap baik dan adil
e. mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional
Jawaban: a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
37. Sebuah negara sanggup disebut sebagai negara yang demokratis apabila di dalam pemerintahan terjadi hal-hal berikut, kecuali ….
a. tidak terjadi distribusi pendapatan yang adil
b. rakyat mempunyai persamaan di depan hukum
c. rakyat berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan
d. rakyat memperoleh pendapatan yang layak
e. rakyat mempunyai kebebasan yang bertanggung jawab
Jawaban: a. tidak terjadi distribusi pendapatan yang adil
Pembahasan: sebuah negara sanggup disebut sebagai negara yang demokratis apabila didalam pemerintahan tersebut rakyat mempunyai persamaan di depan hukum, mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan dan memperoleh pendapatan yang layak sebab terjadi distribusi pendapatan yang adil, serta mempunyai kebebasan yang bertanggung jawab.
38. Dalam negara demokrasi, ada empat kebebasan yang sangat penting, yaitu kebebasan …
a. mengeluarkan pendapat, bertindak, beribadah dan berkumpul
b. berperang, pers, mengeluarkan pendapat dan berkumpul
c. berperang, pers, beribadah dan berkumpul
d. beragama. Pers, mengeluarkan pendapat dan berperang
e. beragama, pers, mengeluarkan pendapat, dan berkumpul
Jawaban: e. beragama, pers, mengeluarkan pendapat, dan berkumpul
Pembahasan: Dalam negara demokrasi, ada empat kebebasan yang sangat penting, yaitu kebebasan beragama, kebebasan pers, kebebasan mengeluarkan pendapat, dan kebebasan berkumpul.
39. Kemampuan insan yang berupa sikap dan aktivitas menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan merupakan pengertian dari ….
a. keragaman budaya
b. budaya politik
c. budaya demokrasi
d. sengketa politik
e. problem politik
Jawaban: c. budaya demokrasi
Pembahasan: pengertian budaya demokrasi yakni kemampuan insan yang berupa sikap dan aktivitas menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan
40. Berikut yang bukan merupakan upaya untuk menjalankan kehidupan yang demokratis yakni ….
a. mengadakan perubahan secara damai
b. menunjukkan kritik yang bersifat membangun
c. menuntaskan segala permasalahan dengan musyawarah
d. bertindak sesuai aturan yang berlaku
e. memaksakan kehendak kepada orang lain
Jawaban: e. memaksakan kehendak kepada orang lain
Pembahasan:
Berikut beberapa upaya untuk menjalankan kehidupan yang demokratis
1. Bertindak sesuai aturan yang berlaku
2. Memberikan kritik yang bersifat membangun
3. Menyesuaikan segala permasalahan dengan musyawarah
4. Mengadakan perubahan secara damai
Demikianlah isu yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Pengertian Nilai dan Moral dalam Materi PKn
Pengertian nilai (value), berdasarkan Djahiri (1999), yakni harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional. Disini, nilai difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan, dan memilih kelakuan seseorang, sebab nilai dijadikan standar perilaku. Sedangkan berdasarkan Dictionary dalam Winataputra (1989), nilai yakni harga atau kualitas sesuatu. Artinya, sesuatu dianggap mempunyai nilai apabila sesuatu tersebut secara instrinsik memang berharga.Pendidikan nilai yakni pendidikan yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai dalam diri siswa. PKn SD merupakan mata pelajaran yang berfungsi sebagai pendidikan nilai, yaitu mata pelajaran yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nila-nilai pancasila/ budaya bangsa menyerupai yang terdapat pada kurikulum PKn SD. Pelaksanaan pendidikan nilai selain sanggup melalui taksonomi Bloom dkk, sanggup juga memakai jenjang afektif (Kratzwoh, 1967), berupa penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
Contoh : Nilai benda kayu jati dianggap tinggi, sehingga kayu jati mempunyai nilai jual lebih mahal daripada kayu kamper atau kayu lainnya. Secara instrinsik kayu jati yakni kayu yang mempunyai kualitas yang baik, tangguh, tidak gampang kropos, dan lebih berpengaruh daripada jenis kayu yang lain menyerupai kamper. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya jikalau kayu jati, berdasarkan pandangan masyarakat khususnya pemborong, nilainya mahal.
Dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara, nilai pancasila merupakan standar hidup bangsa yang berideologi pancasila. Nilai ini sudah pernah dikemas dan disosialisasikan melalui P4 (Pedoman, Penghayatan, dan Pengamalan Pancasila), dan dianjurkan disekolah-sekolah sebagaimana telah dibahas di muka. Anda hendaknya sadar bahwa secara historis, nilai pancasila digali dari puncak-puncak kebudayaan, nilai agama, dan moral istiadat bangsa Indonesia sendiri, bukan dikulak dari negara lain. Nilai ini sudah ada semenjak bangsa Indonesia lahir. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya jikalau pancasila mendapat predikat sebagai jiwa bangsa.
Nilai Pancasila yang digali dari bumi Indonesia sendiri merupakan pandangan hidup/panutan hidaup bangsa Indonesia. Kemudian, ditingkatkan kembali menjadi Dasar Negara yang secara yuridis formal ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945, yaitu sehari sesudah Indonesia merdeka. Secara spesifik, nilai Pancasila telah tercermin dalam norma seprti norma agama, kesusilaan, kesopanan, kebiasaan, serta norma hukum. Dengan demikian, nilai Pancasila secara individu hendaknya dimaknai sebagai cermin sikap hidup sehari-hari yang terwujud dalam cara bersikap dan dalam cara bertindak.
Berdasarkan uraian di muka sanggup disimpulkan bahwa pengertian dan makna nilai yakni suatu bobot/kualitas perbuatan kebaikan yang mendapat dalam banyak sekali hal yang dianggap sebagai sesesuatu yang berharga, berguna, dan mempunyai manfaat. Dalam pembelajaran PKn SD, nilai sangat penting untuk ditanamkan semenjak dini sebab nilai bermanfaat sebagai standar pegangan hidup.
Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA
Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA .. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society menunjukkan Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru
A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!
1. Berikut ini bukan merupakan tindakan pencegahan yang sanggup dilakukan untuk pengatasi banyak sekali perkara pelanggaran HAM, yaitu ….
a. menjatuhkan eksekusi bagi orang yang melaksanakan pelanggaran terhadap HAM
b. penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat
c. peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah
d. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya banyak sekali bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah
e. penegakan supremasi aturan dan demokrasi
Jawaban: a. menjatuhkan eksekusi bagi orang yang melaksanakan pelanggaran terhadap HAM
Pembahasan:
Berikut tindakan pencegahan yang sanggup dilakukan untuk mengatasi banyak sekali perkara pelanggaran HAM.
1. penegakan supermasi aturan dan demokrasi.
2. peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya banyak sekali bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah.
3. peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah.
4. penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat melalui forum pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) maupun nonformal (kegiatan-kegiatan keagamaandan kursus-kursus).
2. Salah satu bentuk pelanggaran HAM ringan yakni ….
a. membunuh anggota kelompok
b. memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa
c. memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain
d. memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok
e. kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan
Jawaban: e. kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan
Pembahasan:
Contoh pelanggaran HAM ringan ialah kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan, pencemaran lingkungan yang disengaja dan sebagainya.
3. Dalam perkara Tanjung Priok terjadi pelanggaran ham berat berupa ….
a. pengiriman tenaga kerja perempuan secara paksa
b. perbudakan ke negeri asing
c. penangkapan dan penahanan sewenang-wenang
d. kelalaian pemberian layanan kesehatan
e. pencemaran tanah dan udara
Jawaban: c. penangkapan dan penahanan sewenang-wenang
Pembahasan:
Dalam perkara Tanjung Priok terjadi pelanggaran HAM berat berupa pembunuhan secara kilat, penangkapan dan penahanan sewenang-wenang, penyiksaan dan penghilangan orang secara paksa.
4. Pada dasarnya, hak asasi insan harus ….
a. dilalaikan
b. dilupakan
c. dihindari
d. dihormati
e. diabaikan
Jawaban: d. dihormati
5. Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM, kecuali ….
a. terjadinya penyalahgunaan kekuasaan
b. kurang tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
c. terjadinya penyalahgunaan teknologi
d. kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi
e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Pembahasan:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM.
1. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
2. Kurang tegasnya pegawapemerintah penegak hukum.
3. TErjadinya penyalahgunaan teknologi.
4. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.
6. Faktor-faktor yang berasal dari diri pelaku pelanggar HAM disebut sebagai faktor ….
a. eksternal
b. internal
c. langsung
d. tak langsung
e. sumber
Jawaban: b. internal
7. Berikut yang bukan merupakan faktor internal penyebab pelanggaran HAM yakni ….
a. mementingkan kepentingan diri sendiri
b. sikap egois yang tinggi
c. kurangnya sikap toleran
d. rendahnya kesadaran HAM
e. aturan tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: e. aturan tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Pembahasan:
Berikut faktor internal penyebab pelanggaran HAM.
1. Sikap egois yang tinggi
2. Rendahnya kesadaran HAM
3. Kurangnya sikap toleran.
8. Faktor-faktor yang berasal dari luar diri insan yang mendorong seseorang atau sekelompok yang melaksanakan pelanggaran HAM disebut faktor ….
a. eksternal
b. internal
c. langsung
d. tidak langsung
e. sumber
Jawaban: a. eksternal
Pembahasan:
Faktor eksternal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar diri insan yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melaksanakan pelanggaran HAM.
9. Salah satu faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM yakni ….
a. sikap egois yang tinggi
b. penyalahgunaan teknologi
c. minimnya kesenjangan sosial dan teknologi
d. pembagian kekuasaan yang tegas dan jelas
e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: b. penyalahgunaan teknologi
Pembahasan:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM.
1. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
2. Kurang tegasnya pegawapemerintah penegak hukum.
3. Terjadinya penyalahgunaan teknologi
4. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.
10. Memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain termasuk jenis pelanggaran ….
a. kejahatan terhadap kemanusiaan
b. kejahatan genosida
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi
Jawaban: b. kejahatan genosida
Pembahasan:
Kejahatan genosida, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara membunuh anggota kelompok, menjadikan penderitaan fisik dan mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok, membuat kondisi kehidupan kelompok yang akan menjadikan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya, memaksakan tindakan – tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok, atau memindahkan secara paksa bawah umur dari kelompok tertentu ke kelompok lain.
11. Contoh pelanggaran HAM ringan, yaitu ….
a. pembunuhan
b. penganiayaan
c. pencemaran lingkungan
d. pemerkosaan
e. perampokan
Jawaban: c. pencemaran lingkungan
Pembahasan:
Contoh pelanggaran HAM ringan ialah kelalaian dalam pemberian pelayanan kesehatan, pencemaran lingkungan yang disengaja, dan sebagainya.
12. Hak asasi insan mempunyai ciri-ciri khusus jikalau dibandingkan dengan hak-hak yang lain, kecuali….
a. hakiki
b. universal
c. tidak sanggup dicabut
d. tidak sanggup dibagi
e. fleksibel
Jawaban: e. fleksibel
Pembahasan:
Hak asasi insan mempunyai ciri-ciri khusus jikalau dibandingkan dengan hak-hak yang lain, yaitu sebagai berikut.
1. tidak sanggup dicabut
2. tidak sanggup dibagi
3. bersifat hakiki
4. bersifat universal
13. Berikut yang bukan merupakan hak asasi insan yakni ….
a. buy rights
b. property rights
c. personal rights
d. procedural rights
e. political rights
Jawaban: a. buy rights
Pembahasan:
Secara umum, hak asasi insan terdiri atas lima macam, yaitu sebagai berikut.
1. procedural rights
2. political rights
3. personal rights
4. rights of legal equality
5. property rights
14. Salah satu hak alamiah insan berdasarkan John Locke yakni hak untuk ….
a. mendapat tunjangan dari pemerintah
b. mendapat daerah tinggal yang layak
c. mendapat pekerjaan yang layak
d. hidup
e. mendapat pendidikan
Jawaban: d. hidup
Pembahasan:
John Locke merumuskan adanya hak alamiah (natural rights) yang menempel pada setiap diri manusia, yaitu ha katas hidup, hak kebebasan, dan hak milik.
15. Personal rights artinya hak asasi ….
a. politik
b. pribadi
c. ekonomi
d. budaya
e. agama
Jawaban: b. pribadi
16. Berikut yang bukan merupakan jenis hak asasi insan yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara yakni ….
a. hak untuk meneruskan keturunan
b. hak untuk mendapat pendidikan
c. hak untuk mendapat kesehatan
d. hak untuk mendapat pekerjaan
e. melindungi hak asasi orang lain
Jawaban: e. melindungi hak asasi orang lain
Pembahasan:
Terdapat banyak jenis hak asasi insan yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya, baik oleh negara atau setiap warga negara, menyerupai hak untuk mendapat pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan sebagainya.
17. Menghormati, menjamin dan melindungi hak asasi insan lainnya disebut ….
a. kewajiban asasi
b. hak asasi
c. hak pilih
d. hak opsi
e. hak repudasi
Jawaban: a. kewajiban asasi
Pembahasan:
Kewajiban asasi, yaitu menghormati, menjamin, dan melindungi hak asasi insan lainnya.
18. Perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga mengakibatkan rasa sakit atau penderitaan, baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh akreditasi atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga disebut ….
a. kejahatan genosida
b. kejahatan terhadap kemanusiaan
c. penganiayaan
d. penyiksaan
e. diskriminasi
Jawaban: d. penyiksaan
Pembahasan:
Penyiksaan, yaitu perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, sehingga mengakibatkan rasa sakit atau penderitaan baik jasmani maupun rohani pada seseorang untuk memperoleh akreditasi atau keterangan dari seseorang atau orang ketiga.
19. Salah satu faktor internal penyebab pelanggaran HAM yakni ….
a. sikap mementingkan kepentingan umum
b. sikap egois yang tinggi
c. tingginya sikap toleran
d. tingginya kesadaran HAM
e. tegasnya pegawapemerintah penegak hukum
Jawaban: b. sikap egois yang tinggi
Pembahasan:
Berikut faktor internal penyebab pelanggaran HAM.
1. Sikap egois yang tinggi
2. Rendahnya kesadaran HAM
3. Kurangnya sikap toleran
20. Hak asasi insan tidak sanggup dibagi, artinya ….
a. tidak sanggup dihalangkan atau diserahkan
b. selalu bertambah sesuai tuntutan zaman
c. semua orang berhak mendapat semua hak, mencakup hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
d. berlaku untuk semua orang tanpa memandang status, suku bangsa, gender, atau perbedaan lainnya
e. sudah ada semenjak lahir
Jawaban: c. semua orang berhak mendapat semua hak, mencakup hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya
Pembahasan:
Tidak sanggup dibagi, artinya semua orang berhak mendapat semua hak, mencakup hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya.
21. Dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia, semua konstitusi yang pernah berlaku menganut prinsip….
a. sentralisasi
b. pemaksaan
c. demokrasi
d. diktator
e. monopoli
Jawaban: c. demokrasi
22. Demokrasi Pancasila mengandung beberapa nilai moral yang bersumber dari ….
a. Pancasila
b. masyarakat
c. pemerintah
d. Undang-Undang Dasar 195
e. Bhinneka Tunggal Ika
Jawaban: a. Pancasila
23. Pengambilan keputusan dengan cara musyawarah mufakat merupakan salah satu nilai moral demokrasi Pancasila yang bersumber dari ….
a. Tuhan
b. Pancasila
c. Rakyat
d. Pimpinan
e. Pemerintah
Jawaban: b. Pancasila
24. Gerakan massa yang dimotori oleh mahasiswa turun ke jalan menuntut Presiden Soeharto lengser dari jabatan nya terjadi pada periode ….
a. sebelum 1945
b. 1945-1949
c. 199-1959
d. 1959-1965
e. Orde Baru
Jawaban: e. Orde Baru
25. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar merupakan suara dari ….
a. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 1
b. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 2
c. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 3
d. Wapres No. X
e. Undang-Undang No. 7 Tahun 1953
Jawaban: b. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 2
26. Keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan merupakan harapan ….
a. ketuhanan
b. kerakyatan
c. permusyawaratan
d. hikmat kebijaksanaan
e. keadilan
Jawaban: d. hikmat kebijaksanaan
Pembahasan:
Cita-cita hikmat kebijaksanaan, yaitu keinginan bangsa Indonesia bahwa demokrasi yang diterapkan di Indonesia merupakan demokrasi yang didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan, peri kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan.
27. Dilaksanakannya kebebasan yang dipertanggung-jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan orang lain merupakan salah satu ciri demokrasi ….
a. Pancasila
b. Liberal
c. Terpimpin
d. Komunis
e. Otoriter
Jawaban: a. Pancasila
28. Pada tanggal 14 November 1945, Soekarno sebagai kepala pemerintahan republic diganti oleh ….
a. Habibie
b. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Walikota
e. Gubernur
Jawaban: c. Sutan Syahrir
29. Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sepenuhnya tanpa syarat dan tidak sanggup dicabut kembali kepada RIS selambat-lambatnyapada tanggal 30 Desember 1949 merupakan salah satu keputusan pokok ….
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. KMB
d. Perjanjian Roem Royen
e. Proklamasi Kemerdekaan
Jawaban: c. KMB
30. Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965 yakni ….
a. Konstitusi RIS memilih bentuk negara serikat yang terbagi dalam 16 negara bagian, yaitu 7 negara belahan dan 9 buah satuan kenegaraan
b. kekuasaan direktur yang semula dijalankan oleh presiden beralih ke tangan menteri sebagai konsekuensi dari dibentuknya sistem pemerintah parlementer.
c. perubahan sistem pemerintahan dari presidensial menjadi parlementer
d. Mukadimah Konstitusi RIS telah menghapuskan sama sekali jiwa atau semangat Pembukaan Undang-Undang Dasar proklamasi sebagai klarifikasi resmi Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.
e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
Jawaban: e. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
Pembahasan: Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.
31. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat disebut ….
a. oligarki
b. otokrasi
c. tirani
d. liberal
e. demokrasi
Jawaban: e. demokrasi
Pembahasan: Demokrasi ialah pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
32. Salah satu nilai dari demokrasi berdasarkan Hendry B. Mayo, yaitu ….
a. menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
b. menuntaskan perselisihan dengan cepat
c. menjamin terselenggaranya perubahan secara rusuh
d. menolong dan mencegah tumbuhnya pemerintah oleh kaum otokrat yang kejam dan licik
e. menjamin kebebasan pribadi yang lebih luas bagi warga negaranya daripada alternatif lain yang memungkinkan.
Jawaban: a. menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
Pembahasan: Hendry B. Mayo mengemukan nilai-nilai dalam demokrasi, antara lain sebagai berikut:
1. Menyelesaikan perselisihan dengan tenang dan secara melembaga
2. Menjamin terselenggaranya perubahan secara tenang dalam suatu masyarakat yang sedang berubah
3. Menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur
33. Suatu pemerintahan dikatakan demokratis apabila dalam prosedur pemerintahannya diwujudkan …. Demokrasi
a. asas-asas
b. bentuk-bentuk
c. kendala-kendala
d. tujuan-tujuan
e. prinsip-prinsip
Jawaban: e. prinsip-prinsip
Pembahasan: suatu pemerintah dikatakan demokratis apabila dalam prosedur pemerintahannya diwujudkan prinsip-prinsip demokrasi.
34. Dasar pengembangan dan pelaksanaan demokrasi yang berjalan di Indonesia, yaitu ….
a. Pancasila
b. Tap MPR
c. Keputusan Presiden
d. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
e. Batang Tubuh Undang-Undang Dasar 1945
Jawaban: a. Pancasila
Pembahasan: Pancasila merupakan dasar pengembangan dari pelaksanaan demokrasi yang berjalan di Indonesia
35. Sistem politik yang sesuai dengan situasi dan kondisi negara Indonesia yakni sistem politik demokrasi ….
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
b. menjunjung tinggi persamaan
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. membudayakan sikap baik dan adil
e. mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional
Jawaban:
36. Yang bukan termasuk sikap demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari yakni ….
a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
b. menjunjung tinggi persamaan
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. membudayakan sikap baik dan adil
e. mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional
Jawaban: a. memaksakan pendapat dalam pengambilan keputusan
37. Sebuah negara sanggup disebut sebagai negara yang demokratis apabila di dalam pemerintahan terjadi hal-hal berikut, kecuali ….
a. tidak terjadi distribusi pendapatan yang adil
b. rakyat mempunyai persamaan di depan hukum
c. rakyat berkesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan
d. rakyat memperoleh pendapatan yang layak
e. rakyat mempunyai kebebasan yang bertanggung jawab
Jawaban: a. tidak terjadi distribusi pendapatan yang adil
Pembahasan: sebuah negara sanggup disebut sebagai negara yang demokratis apabila didalam pemerintahan tersebut rakyat mempunyai persamaan di depan hukum, mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan dan memperoleh pendapatan yang layak sebab terjadi distribusi pendapatan yang adil, serta mempunyai kebebasan yang bertanggung jawab.
38. Dalam negara demokrasi, ada empat kebebasan yang sangat penting, yaitu kebebasan …
a. mengeluarkan pendapat, bertindak, beribadah dan berkumpul
b. berperang, pers, mengeluarkan pendapat dan berkumpul
c. berperang, pers, beribadah dan berkumpul
d. beragama. Pers, mengeluarkan pendapat dan berperang
e. beragama, pers, mengeluarkan pendapat, dan berkumpul
Jawaban: e. beragama, pers, mengeluarkan pendapat, dan berkumpul
Pembahasan: Dalam negara demokrasi, ada empat kebebasan yang sangat penting, yaitu kebebasan beragama, kebebasan pers, kebebasan mengeluarkan pendapat, dan kebebasan berkumpul.
39. Kemampuan insan yang berupa sikap dan aktivitas menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan merupakan pengertian dari ….
a. keragaman budaya
b. budaya politik
c. budaya demokrasi
d. sengketa politik
e. problem politik
Jawaban: c. budaya demokrasi
Pembahasan: pengertian budaya demokrasi yakni kemampuan insan yang berupa sikap dan aktivitas menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan
40. Berikut yang bukan merupakan upaya untuk menjalankan kehidupan yang demokratis yakni ….
a. mengadakan perubahan secara damai
b. menunjukkan kritik yang bersifat membangun
c. menuntaskan segala permasalahan dengan musyawarah
d. bertindak sesuai aturan yang berlaku
e. memaksakan kehendak kepada orang lain
Jawaban: e. memaksakan kehendak kepada orang lain
Pembahasan:
Berikut beberapa upaya untuk menjalankan kehidupan yang demokratis
1. Bertindak sesuai aturan yang berlaku
2. Memberikan kritik yang bersifat membangun
3. Menyesuaikan segala permasalahan dengan musyawarah
4. Mengadakan perubahan secara damai
Demikianlah isu yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA Semester Ganjil Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal PG PKN Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 36Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- contoh soal pkn kelas 11 semester 2 dan jawaban
- soal pkn kelas xi semester 2 kurikulum 2013
- soal pkn kelas 11 semester 1 beserta jawabannya kurikulum 2013
- soal uas pkn kelas xi semester 2 beserta jawaban
- soal pkn kelas xi semester 2 beserta kunci jawaban
- soal pkn kelas 11 semester 2 beserta jawabannya kurikulum 2013
- soal dan tanggapan essay pkn kelas xi semester 2
- soal essay pkn kelas 11 semester 2 beserta jawabannya 2018/2019/2020/2021