Soal Essay Pkn Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Essay Pkn Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Essay Pkn Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Hai Sahabat Student-Society dimana saja berada pada kesempatan kali ini admin ingin menyebarkan sosla Essay sebanyak 70 Soal untuk mata pelajaran PKN bagi adik adik yang dikala ini sedang duduk dibangku kelas xi SMA/MA sekaligus dengan kunci jawabnnya dalam pembahasan kurikulum 2013. Adik adik yang baik hati silahkan download soalnya pada link dibawah, Sehingga bisa dipelajari dirumah.  Oiya Pada Kurikulum tahun 1975 istilah Pendidikan Kewargaan Negara diubah menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang berisikan materi Pancasila sebagaimana diuraikan dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau P4. Perubahan ini sejalan dengan missi pendidikan yang diamanatkan oleh Tap. MPR II/MPR/1973. Mata pelajaran PMP ini merupakan mata pelajaran wajib untuk SD, SMP, SMA, SPG dan Sekolah Kejuruan. Mata pelajaran PMP ini terus dipertahankan baik istilah maupun isinya hingga dengan berlakunya Kurikulum 1984 yang pada dasarnya merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 1975 (Depdikbud: 1975 a, b, c dan 1976). Pendidikan Moral Pancasila (PMP) pada masa itu berorientasi pada value inculcation dengan muatan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (Winataputra dan Budimansyah, 2007:97)

 Hai Sahabat Student-Society dimana saja berada pada kesempatan kali ini admin ingin menyebarkan sosl   Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru


Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Tujuan PKn ialah untuk membentuk tabiat atau karakteristik warga negara yang baik. Sedangkan tujuan pembelajaran mata pelajaran PKn, berdasarkan Mulysa (2007) ialah untuk menjadikan siswa :
  1. mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi duduk kasus hidup maupun info kewarganegaraan di negaranya.
  2. mau berpartisipasi dalam segala bidang kegiatan, secara aktif dan bertanggung jawab, sehingga bisa bertindak secara cerdas dalam semua kegiatan, dan
  3. bisa berkembang secara positif dan demokratis, sehingga bisa hidup bersam dengan bangsa lain di dunia dan bisa berinteraksi, serta bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik.

Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

Berdasarkan tujuan tersebut diatas, maka materi dalam pembelajaran PKn perlu diperjelas. Oleh lantaran itu, ruang lingkup PKn secara umum mencakup aspek-aspek sebagai berikut. (1) Pesatuan dan Kesatuan, (2) Norma Hukum dan Peraturan, (3) HAM, (4) Kebutuhan warga Negara, (5) Konstitusi Negara, (6) Kekuasaan Politik, (7) Kedudukan Pancasila, dan (8) Globalisasi.

Pengertian Konsep dalam Materi PKn

Pengertian dan Makna Konsep dalam Pembelajaran PKn
Konsep ialah suatu pernyataan yang masih bersifat abstrak/pemikiran untuk mengelompokan ide-ide atau insiden yang masih dalam angan-angan seseorang. Meski belum diimplementasikan, konsep yang bersifat positif mempunyai makna yang baik. Begitu pula sebaliknya, kalau konsep itu bersifat negatif maka juga akan mempunyai makna negatif pula. Contoh konsep : HAM, demokrasi, globalisasi, dan masih banyak lagi. Menurut Bruner, setiap konsep mengandung nama, ciri/atribut, dan aturan.

Perhatikan pola pemikiran Bruner dikaitkan dengan HAM menyerupai di bawah ini !
Contoh : Konsep Hak Asasi Manusia (HAM) di rumah dan sekolah
Nama konsep : Hak asasi insan terhadap anak
Contoh positif :Adanya kesadaran dari orang tua, guru, masyarakat, pemerintah terhadap hak-hak anak yang harus diberikan. Misal anak diberi waktu belajar, bermain, mengutarakan pendapatnya baik di rumah, disekolah maupun didalam masyarakat.
Contoh negatif : Orang renta yang merampas hak anak dengan memaksanya berjualan camilan manis atau koran, sehingga ia tidak sempat berguru atau menuntaskan sekolahnya.
Contoh lain dari guru : Yang diskriminasi terhadap sesama siswa, (misal lantaran Amin anak kepala sekolah, maka Amin diberi perhatian yang lebih oleh guru), sedangkan siswa yang lain tidak mendapat perhatikan secara wajar, bahkan anak yang tidak pintar juga kurang mendapat perhatian dari guru.

Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA



Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memperlihatkan Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Hak asasi semua umat insan yang sudah ada semenjak lahir. Oleh lantaran itu, hak asasi insan bersifat ….
Jawaban: hakiki

2. Hak asasi insan tidak sanggup dihilangkan atau diserahkan. Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri khusus HAM, yaitu ….
Jawaban: tidak sanggup dicabut

3. Kasus Semanggi I dan II diawali insiden meninggalnya empat orang mahasiswa yang sedang berunjuk rasa menentang pelaksanaan Sidang spesial MPR tahun ….
Jawaban: 1998

4. Komnas HAM berkedudukan di kota ….
Jawaban: Jakarta

5. Piagam ratifikasi hak asasi insan sedunia yang merupakan hasil sidang PBB di Paris adalah….
Jawaban: the universal Declaration of Human Rights

6. Hak asasi insan untuk mendapat perlakuan yang sama dalam aturan dan pemerintahan sering disebut ….
Jawaban: rights of legal quality

7. Negara menjamin, melindungi, dan mengakui hak-hak asasi insan berdasarkan atas ….
Jawaban: persamaan dan keadilan

8. Suatu perbuatan yang dilakukan sebagai potongan dari serangan yang ditujukan secara pribadi terhadap penduduk sipil disebut ….
Jawaban: kejahatan manusia

9. Diskriminasi ialah ….
Jawaban: 1994

10. Penyimpangan atau peniadaan hak asasi insan dan kebebasan dasar dalam kehidupan, baik secara individual maupun kolktif dalam semua aspek kehidupan termasuk salah satu bentuk pelanggaran HAM, yaitu ….
Jawaban: Diskriminasi

11. …. Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya
Jawaban:   UUD 1945 Pasal 28A

12. ….  Lembaga yang dibuat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993
Jawaban: Komnas HAM

13. …. Penjabaran dari nilai-nilai dasar Pancasila
Jawaban: Nilai instrumental

14.…. Pelaksana investigasi kasus pelanggaran HAM di Pengadilan Tinggi
Jawaban: Majelis hakim

15. …. Lembaga yang dibuat berdasarkan Undang-undang RI Nomor 26 Tahun 2000
Jawaban:  Pengadilan Ham

16. ….  Suatu tindakan pelanggaran, dalam cakupan aturan internasional, terhadap aturan perang oleh satu atau beberapa orang, baik militer maupun sipil
Jawaban: Kejahatan perang

17. ….  Aktivis HAM yang meninggal pada tanggal 7 September 2004
Jawaban: Munir Said Thalib

18. …. Isi Ketetapan MPR No. XVII/ MPR/ 1998
Jawaban: Hak Asasi Manusia

19. ….  Terjadinya peristiwa Trisakti
Jawaban: 12 Mei 1998

20. …. Kasus yang terjadi pada tanggal 12 September 1984
Jawaban: Tanjung Priok

21. Apakah yang dimaksud pelanggaran hak asasi manusia?
Jawaban:
pelanggaran hak asasi insan merupakan pelanggaran atau pelalaian terhadap kewajiban asasi yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang kepada orang lain.

22. Bagaimanakah pengelompokan bentuk pelanggaran HAM berdasarkan sifatnya?
Jawaban:
Berdasarkan sifatnya, pelanggaran HAM sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu pelanggaran HAM berat dan pelanggaran HAM ringan.

23. Sebutkan beberapa pola pelanggaran HAM berat!
Jawaban: Contoh pelanggaran HAM berat, yaitu pembunuhan, penganiayaan, perampokan, perbudakan, penyanderaan, dan sebagainya.

24. Tuliskan dua bentuk pelanggaran HAM yang sering muncul di dalam masyarakat!
Jawaban:
Bentuk pelanggaran HAM yang sering muncul umumnya terjadi dalam dua bentuk, yaitu sebagai berikut.
a. Diskriminasi
b. Perbudakan

25. Tuliskan empat faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM!
Jawaban:
Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM.
a. Terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.
b. Kurang tegasnya pegawanegeri penegak hukum.
c. Terjadinya penyalahgunaan teknologi.
d. Terjadinya kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.

26. Apakah yang dimaksud pelanggaran HAM dalam konteks negara Indonesia?
Jawaban:
Dalam konteks negara Indonesia, pelanggaran HAM merupakan tindakan pelanggaran kemanusiaan, baik dilakukan oleh individu maupun institusi negara atau institusi lainnya terhadap hak asasi manusia.

27. Bagaimanakah tindakan pencegahan yang sanggup dilakukan untuk mengatasi banyak sekali kasus pelanggaran HAM?
Jawaban:
Berikut tindakan pencegahan yang sanggup dilakukan untuk mengatasi banyak sekali kasus pelanggaran HAM.
a. Penegakan supremasi aturan dan demokrasi
b. Peningkatan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya banyak sekali bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah.
c. Peningkatan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan oleh pemerintah.
d. Penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) maupun non-formal (kegiatan-kegiatan keagamaan dan kursus-kursus)

28. Jelaskan isi Pasal 28 I Ayat (1) Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945!
Jawaban:
Dalam Pasal 28 I Ayat (1) Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran, dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar aturan yang berlaku surut ialah hak asasi insan yang tidak sanggup dikurangi dalam keadaan apapun.

29. Sebutkan ciri-ciri khusus hak asasi manusia!
Jawaban: Hak asasi insan mempunyai ciri-ciri khusus kalau dibandingkan dengan hak-hak yang lain, yaitu sebagai berikut:
a. Tidak sanggup dicabut
b. Tidak sanggup dibagi
c. Bersifat hakiki
d. Bersifat universal

30. Sebutkan pelanggaran HAM berat yang terjadi dalam kasus Tanjung Priok!
Jawaban:
Dalam kasus Tanjung Priok terjadi pelanggaran HAM berat berupa pembunuhan secara kilat, penangkapan dan penahanan sewenang-wenang, penyiksaan, dan penghilangan orang secara paksa.

31. Ceritakan secara singkat wacana kasus Marsinah!
Jawaban:
Marsinah merupakan karyawanti PT CPS pada tanggal 9 Mei 1993. Dia meninggal secara mengenaskan dan diduga menjadi korban pelanggaran HAM berupa penculikan, penganiayaan, dan pembunuhan jawaban ketertibannya dalam demonstrasi buruh di PT CPS yang terjadi pada tanggal 3 dan 4 Mei 1993. Dalam pembunuhan marsinah, tim Terpadu menangkap, menilik dan mengajukan 10orang yang diduga terlibat. Persidangan berlangsung semenjak persidangan tingkat pertama, banding, dan kasasi. Semua terdakwa ternyata dibebaskan dari segala dakwaan dalam persidangan kasasi di Mahkamah Agung. Keputusan tersebut menjadikan ketidakpuasan meluas di kalangan masyarakat.

32. Jelaskan yang anda ketahui wacana Lembaga Bantuan Hukum (LBH)!
Jawaban:
LBH merupakan organisasi independen yang memberi sumbangan dan pelayanan aturan kepada masyarakat, membantu para korban kehjahatan Hak Asasi Manusia atau pihak-pihak lain yang tertindas oleh ketidakadilan.

33. Apakah yang dimaksud hak asasi insan berdasarkan pasal 1 angka 1 UU Nomor 39 Tahun 1999?
Jawaban:
Menurut pasal 1 angka 1 UU No. 39 tahun 1999 wacana Hak Asasi Manusia, yang dimaksud hak asasi insan itu ialah seperangkat hak yang menempel pada hakekat dan keberadaan insan sebagai makhluk Tuhan yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib digormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintahan dan setiap orang demi kehormatan serta proteksi harkat dan martabat manusia.

34. Tuliskan penggolongan hak asasi insan dalam bidang politik!
Jawaban:
Hak Asasi politik (political rights), menyerupai berikut:
a. Hukum untuk menentukan dan dipilih dalam pemilihan umum.
b. Hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan.
c. Hak membuat dan mendirikan partai politik dan organisasi politik lainnya.
d. Hak untuk membuat dan mengajukan suatu tawaran atau petisi.

35. Jelaskan hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam hal berikut!
a. Pembelaan negara
b. Pertahanan dan keamanan negara
Jawaban:
Hak dan kewajiban WNI.
a. Pembelaan Negara
berdasarkan pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa setiap warga negara wajib dan berhak dalam perjuangan pertahanan dan keamanan negara.
b. Pertahanan dan Keamanan Negara
1) Menurut pasal 30 ayat ayat 1 disebutkan bahwa tiap warga negara wajib dan berhak dalam perjuangan pertahanan dan keamanan negara
2) Sedangkan berdasarkan pasal 30 ayat 2 menyatakan bahwa sistem pertahanan dan keamanan negara oleh TNI, POLRI, dan rakyat semesta Tentara Nasional Indonesia dan POLRI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

36. Hasil pemilihan umum untuk Presiden dan Wapres tahun 2004 terpilih pasangan ….
Jawaban: Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla

37. Presiden Soekarno mengeluarkan Surat Perintah ditujukan kepada Men/Pangad Letjen ….
Jawaban: Supersemar

38. Pelaksanaan demokrasi Pancasila pada pada dasarnya dilandasi sila Pancasila khususnya sila ke ….
Jawaban: 4

39. Memilih ketua OSIS merupakan salah satu pola berperilaku demokratis di lingkungan ….
Jawaban: sekolah

40. Demokratis Pancasila harus bersendikan aturan sebagaimana dijelaskan di dalam Penjelasan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu negara aturan yang berprinsip ….
Jawaban: demokratis

41. Istilah demokrasi berasal dari dua kata dalam bahasa yunani, yaitu demos dan kratos. Kratos/ Cratein yang berarti ….
Jawaban: Pemerintahan

42. Pelaksanaan demokrasi liberal di Indonesia ditandai dengan berlakunya ….
Jawaban: UUDS 1950

43. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia demokrasi merupakan istilah politik yang artinya ….
Jawaban: pemerintahan rakyat

44. Presiden Soeharto menyatakan berhenti sebagai presiden pada tanggal ….
Jawaban: 21 Mei 1998

45. Pada waktu berlakunya Konstitusi RIS 1949 bentuk pemerintahannya ialah ….
Jawaban: republik dengan sistem kabinet parlementer

46. …. Rakyat secara pribadi mengemukakan kehendaknya.
Jawaban: demokrasi langsung

47.  …. Gabungan antara demokrasi pribadi dan demokrasi perwakilan
Jawaban: referendum

48. …. Lembaga yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan yudikatif
Jawaban: pengadilan

49. …. Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945
Jawaban: sistem parlementer

50. …. Demokrasi yang dilaksanakan berdasarkan atas kebebasan individu
Jawaban: demokrasi liberal

51. ….  Demokrasi yang menggabungkan kebaikan serta membuang keburukan demokrasi formal dan demokrasi material.
Jawaban: demokrasi gabungan

52. …. Suatu bentuk pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi ditangan rakyat.
Jawaban: demokrasi

53.…. Lembaga yang merupakan wakil rakyat.
Jawaban: MPR

54. …. Demokrasi berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 ditunjukan untuk membangun negara kemakmuran (welfare state) oleh dan untuk sebesar-besarnya rakyat Indonesia.
Jawaban: demokrasi dengan kemakmuran

55. …. Karakter utama Demokrasi pancasila
Jawaban: kerakyatan

56. Dalam negara demokrasi, rakyat mempunyai kebebasan untuk melaksanakan semua acara kehidupan termasuk acara politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Mengapa demikian?
Jawaban:
Rakyat mempunyai kebebasan untuk melaksanakan semua acara kehidupan termasuk acara politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun, Karena pada hakikatnya yang berkuasa ialah rakyat untuk kepentingan bersama.

57. Apakah yang dimaksud keinginan kerakyatan dalam demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Cita-cita kerakyatan, yaitu bentuk penghormatan kepada rakyat Indonesia dengan memberi kesempatan kepada rakyat Indonesia untuk berperan atau terlibat dalam proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah.

58. Sebutkan dua asas demokrasi Pancasila dalam sistem demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Dalam sistem demokrasi pancasila, terdapat dua asas antara lain sebagai berikut:
a. Asas kerakyatan: Pengertian asas kerakyatan ialah asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat, manunggal dengan nasib dan keinginan rakyat, serta mempunyai jiwa kerakyatan atau menghayati kesadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat.
b. Asas nusyawarah: Pengertian asas musyawarah ialah asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui lembaga permusyawaratan untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepakatan bersama atas kasih sayang, pengorbanan untuk kebahagiaan bersama.

59. Bagaimanakah sebuah negara sanggup disebut sebagai negara yang demokratis?
Jawaban:
Sebuah negara sanggup disebut sebagai negara yang demokratis apabila di dalam pemerintahan tersebut rakyat menentukan persamaan di depan hukum, mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan keputusan, dan memperoleh pendapatan yang layak lantaran terjadi distribusi pendapatan yang adil, serta mempunyai kebebasan yang bertanggung jawab

60. Sebutkan dua pola sikap positif warga negara dalam demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Sikap positif warga negara dalam Demokrasi Pancasila antara lain sebagai berikut.
a. Turut mendukung dan berpartisipasi dalam perjuangan penataan kehidupan politik yang diarahkan pada menumbuhkembangkan tatanan politik berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
b. ikut meningkatkan kesadaran dan tugas serta politik masyarakat, termasuk upaya pemantapan keyakinan rakyat terhadap Pancasila sebagai asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

61. Bagaimanakah demokrasi yang dikehendaki oleh Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945?
Jawaban:
Demokrasi berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 menghendaki diberlakukannya sistem pengadilan yang merdeka (independen) yang memberi peluang seluas-luasnya kepada semua pihak yang berkepentingan untuk mencaridan menemukan aturan yang seadil-adilnya.

62. Jelaskan pengertian demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Demokrasi pancasila merupakan suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangs Indonesia yang digali dari kepribadian bangs Indonesia sendiri, yaitu pancasila.

 63. Sebutkan isi dan Dekrit Presiden 5 Juli 1959!
Jawaban:
a. pembubaran konstituante
b. Pemberlakuan kembali Undang-Undang Dasar 1945 dan tidak berlakunya UUDS 1950
c. pembentukan MPRS dan DPAS dalam waktu yang sesingkat-singkatnya

64. Apakah maksud demokrasi Pancasila merupakan pelembagaan dari kebebasan?
Jawaban:
Demokrasi ialah pelembagaan dari kebebasan maksudnya kebebasan yang dimiliki rakyat diatur dan diarahkan oleh sebuah lembaga kekuasaan yang sumber kekuasaannya berasal dari rakyat dan dijalankan sendiri oleh rakyat, sehingga kebebasan yang mereka miliki sanggup dilaksanakan secara bertanggung jawab dan tidak melanggar kebebasan yang dimiliki orang lain.

65. Tulislah definisi demokrasi Pancasila berdasarkan Prof. Dr. Drs. Notonegoro!
Jawaban:
Menurut Prof. Drs. Notonegoro, S.H., Demokrasi pancasila ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan/ perwakilanyang berketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

66. Sebutkan beberapa prinsip dalam demokrasi berdasarkan Lyman Tower Sargent!
Jawaban:
Lyman Tower Sargent beropini ada beberapa prinsip secara umum dianggap penting dalam demokrasi, yaitu sebagai berikut.
a. ketertiban warga negara dalam pembuatan keputusan politik
b. tingkat persamaan tertentu di antara warga negara
c. tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan digunakan oleh warga negara
d. suatu sistem perwakilan
e. suatu sistem pemilihan kekuasaan mayoritas

67. Tuliskan tiga hambatan dalam membuat kehidupan demokrasi di Indonesia!
Jawaban:
Pelaksanaan demokrasi pancasila tidak berjalan mulus, tetapi harus menghadapi banyak sekali hambatan antara lain sebagai berikut:
a. masih kurangnya pengembangan demokrasi politik, demokrasi ekonomi.
b. ada tanda-tanda demokrasi mengarah kepada demokrasi liberal, bahkan demokrasi terbukti sering terjadinya demonstrasi yang brutal, asnarkhis, dan tiranis.
c. ciri kemajemukan masyarakat bangsa Indonesia memberi peluang luas terhadap terjadinya disintegrasi (perpecahan). Oleh lantaran itu, jiwa semangat kesatuan dan persatuan harus terus menerus dibina dan diperjuangkan.
d. hambatan budaya feodalistik yang menyulitkan diberlakukannya prinsip negara hukum. Persamaan warga negara dalam aturan dan pengadilan masih sulit diwujudkan. Di samping itu budaya feodalistik melahirkan budaya ewuh pakewuh, bapakisme, patrimonialisme, kharismatik, asal bapak senang, yes men, sehingga sering control sosial politik masyarakat tidak jalan.

68. Apakah yang dimaksud keinginan permusyawaratan dalam Demokrasi Pancasila?
Jawaban:
Cita-cita permusyawaratan, yaitu keinginan untuk mewujudkan negara persatuan yang sanggup mengatasi paham perseorangan atau golongan.

69. Sebutkan dua pola pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965!
Jawaban:
Berikut pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965.
a. Ir. Soekarno sebagai presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yang dinamakan kabinet kerja
b. pembentukan MPR sementara dengan penetapan presiden No. 2 Tahun 1959, yang berisi keanggotaan MPRS terdiri dari 583 anggota dewan perwakilan rakyat ditambah dengan utusan-utusan kawasan dan 200 wakil-wakil golongan.

70. Berikan pola penerapan sikap demokratis dalam keluarga!
Jawaban:
Contoh penerapan sikap demokratis dalam keluarga ialah sebagai berikut:
a. saling menghargai pendapat satu sama lain.
b. saling menghormati dan mengasihi satu sama lain.
c. mendiskusikan permasalahan yang terjadi dalam keluarga.
d. saling menyebarkan tugas dalam keluarga.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Hai Sahabat Student-Society dimana saja berada pada kesempatan kali ini admin ingin menyebarkan sosl   Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay PKN Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 36Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal Essay pkn kelas 11 semester 1 beserta jawabannya
    • soal Essay pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013
    • soal pkn kelas 11 semester 1 beserta jawabannya kurikulum 2013
    • soal Essay pkn kelas 11 semester 1 kurikulum 2013
    • soal dan jawaban uts pkn kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda pkn kelas 11 semester 2 beserta jawabannya kurikulum 2013
    • kisi kisi uts pkn kelas 11 2018/2019/2020/2021
    • soal pkn kelas 11 semester 2 kurikulum 2013


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser