Aplikasi Kkm Sd K13 Edisi Revisi 2017

Aplikasi Kkm Sd K13 Edisi Revisi 2017

Aplikasi KKM SD K13 Edisi Revisi 2017 - Pada postingan ini saya akan share aplikasi guru terbaru yakni Aplikasi KKM SD K13 Revisi Tahun 2017 yang bisa Anda download secara gratis.

Aplikasi KKM SD K13 Revisi Tahun 2017 yang coba saya bagikan ini sudah dilengkapi dengan pemetaan KD pengetahun kurikulum 2013 PERSUBTEMA, selain itu juga aplikasi KKM SD revisi 2017 ini juga dibentuk dengan memakai format excel yang sanggup bapak/ibu guru opersikan dengan mudah.

Kerikteria Ketuntasan Minimal (KKM) SD Revisi 2017 ini ditentukan dengan mempertimbangkan kemampuan penerima didik di setiap sekolah yang bapak dan ibu guru ampu.

Bapak/ibu guru sahabat ilmupendidikan88 dimanapun anda berada, KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan penerima didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun anutan oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau lembaga MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Adapun Fungsi KKM sebagai berikut;

  1. Sebagai contoh bagi seorang guru untuk menilai kompetensi penerima didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
  2. Sebagai contoh bagi penerima didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
  3. Sebagai sasaran pencapaian penguasaan bahan sesuai dengan SK/KD – nya
  4. Sebagai salah satu instrumen dalam melaksanakan penilaian pembelajaran
  5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, penerima didik dan masyarakat (khususnya orang bau tanah dan wali murid)

Penetapan KKM dilakukan oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran. Adapun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:

  • Guru atau kelompok guru memutuskan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake penerima didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK sampai KKM mata pelajaran.
  • Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian
  • KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu penerima didik, orang tua, dan dinas pendidikan
  • KKM dicantumkan dalam laporan hasi mencar ilmu atau rapor pada dikala hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik

Bisa kita tarik kesimpulan, pertimbangan dalam memilih KKM ialah kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung mencakup kelengkapan mengajar menyerupai buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan pikiran sehat dan daya pikir penerima didik.

Kembali ketopik utama yakni Aplikasi KKM SD K13 Revisi 2017, bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 bisa mendownloadnya pada link yang saya sajikan dibawah ini;

Aplikasi KKM SD K13 Revisi 2017 Format xlsx, Download

Demikian Aplikasi KKM SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang sanggup saya bagikan, agar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser