Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hasi adik adik yang sedang menghadapi UTS atau ulangan tengah semester, pada kesempatan yang baik ini admin ingin membuatkan lagi soal UTS untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas XI SMA/MA, admin sudah menyiapkan sekitar 35 soal yang bisa dijadikan baha latihan sebelum menghadapi Ulangan Tengah Semester. Oiya  Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 dengan pembelajaran berbasis teks bertujuan semoga sanggup membawa akseptor didik sesuai perkembangan mentalnya, dan menuntaskan masalah kehidupan kasatmata dengan berpikir kritis. Dalam penerapannya, pembelajaran Bahasa Indonesia mempunyai prinsip, yaitu sebagai berikut.
  1. Bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan.
  2. Penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna.
  3. Bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan bahasa yang tidak pernah sanggup dipisahkan dari konteks, lantaran bentuk bahasa yang dipakai mmencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi pemakai/penggunanya.
  4. Bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia.

 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas    Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Dengan prinsip di atas, maka pembelajaran bahasa berbasis teks membawa implikasi metodologis pada pembelajaran yang bertahap. Hal ini diawali dari kegiatan guru membangun konteks, dilanjutkan dengan kegiatan pemodelan, membangun teks secara bersama-sama, hingga pada membangun teks secara mandiri. Kegiatan ini dilakukan lantaran teks merupakan satuan bahasa yang mengandung pikiran dengan struktur yang lengkap. Guru harus benar-benar meyakini bahwa pada risikonya akseptor didik bisa menyajikan teks secara mandiri. Secara rinci tahapan tersebut sebagai berikut.


a. Membangun konteks

Membangun kontek, yaitu melalui kegiatan mengamati teks dalam konteksnya dan menanya ihwal banyak sekali hal yang berkaitan dengan teks yang diamatinya. Pada langkah membangun konteks akseptor didik sanggup didorong untuk memahami  nilai spiritual, nilai budaya, tujuan yang melatari berdiri teks. Dalam proses ini akseptor didik mengeksplorasi kandungan teks serta nilai-nilai yang tersirat di dalamnya. Di samping itu, akseptor didik sanggup mengungkap laporan hasil pengamatan untuk materi tindak lanjut dalam kegiatan belajar.


b. Membentuk model (Pemodelan)

Pemeodelan, yaitu melalui kegiatan mencoba dan menalar merumuskan model strukur fonologi, gramatikal, leksikal, dan makna teks dibacanya. Dalam langkah ini akseptor didik didorong untuk meningkatkan rasa ingin tahu dengan memperhatikan (1)  simbol, (2) suara (3) tata bahasa dan (4) makna. Melalui analisis fakta dan data pada teks yang dipelajarinya akseptor didik memperoleh model imbuhan, struktur imkata, frase, klausa, kalimat, maupun paragraf. Semua kegiatan tersebut akseptor didik pelajari pada konteks pemakaiannya. Pada tahapan ini akseptor didik sanggup mengeksplorasi jenis teks yang dipelajarinya serta mengenali ciri-cirinya. Proses acara pengenalan bukan sebagai tujuan selesai pembelajaran, melainkan sebagai awal kegiatan untuk mengembangkan daya cipta.


c. Membangun teks bersama-sama

Membangun teks bersama/berkelompok, yaitu menyusun teks bersama masih dalam kegiatan mencoba, menalar, dan mencipta secara kolaboratif yang dilanjutkan dengan menyaji. Peserta memakai hasil mengeksplorasi model-model teks  untuk membangun teks dengan cara berkolaborasi dalam kelompok. Melalui kegiatan ini dibutuhkan semua akseptor didik   dapat memperoleh pengalaman mencipta teks sebagai dasar untuk mengembangkan kompetensi individu.


d. Mengembangkan teks secara mandiri

Mengembangkan teks secara mandiri, yaitu dengan titik tekan pada akseptor didik sanggup memperlihatkan kompetensinya secara individual dalam mencipta. Oleh lantaran itu, dimensi kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia wajib memenuhi empat langkah dasar, enam langkah mengembangkan keterampilan beraktivitas secara saintifik, dua model  kegiatan koloboratif dan individual, dan berdimesi beraktivitas dan berkarya.

Untuk implemetasi dalam pembelajaran, guru sanggup memakai model pembelajaran, antara lain model inkuiri based learning, discovery based learning, problem based learning, dan project based learning. Model-model tersebut masing-masing mempunyai langkah kerja yang sistematis dalam penerapannya. Dalam penerapan model tidak ada satu model yang unggul dari model lain, namun guru perlu mencocokkan dengan lingkup materi dan taktik pembelajaran yang digunakan.


Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan tanggapan yang benar !


Untuk soal nomor 1 hingga dengan nomor 4, perhatikan bacaan berikut!

 Dr. Ilham Patu, ketua informasi dan Surveilans KLB di RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, menuturkan, Riska masuk RS Islam Cempaka Putih, pada hari Kamis, 8 September silam lantaran menderita “morbili” atau campak. Riska diizinkan pulang sesudah dirawat selama empat hari. Namun, gres tiga hari dirumah, Riska kembali masuk rumah sakit. Kali ini pasien menderita demam, batuk, dan sesak nafas.
 “Setelah dilakukan investigasi dengan foto thorax di  RS Islam, hasilnya ditemukan dugaan adanya sebaran vius. Jumat, 16 September, sampel darah Riska diperiksa di laboratorium. Hasilnya terjadi penurunan leukosit (sel darah putih), normalnya 21.500 turun hingga 2.700. pada investigasi limposit sudah berkurang dari 25 menjadi 13. Dengan hasil investigasi itu, Riska diduga mengidap abses flu burung,” papar Ilham.
 Meski korban flu burung terus bertambah, para mahir termasuk dr. Ilham Patu, menganjurkan semoga warga tidak perlu panik. Masyarakat pun masih sanggup mengonsumsi daging ayam.

1. Langkah para mahir dalam mendeteksi pasien yang terinfeksi flu burung ialah ....
a. dokter melaksanakan investigasi dengan foto thorak
b. mereka menyelidiki teladan darah pasien
c. dia menyelidiki tekanan darah pasien
d. mereka menyelidiki suhu tubuh pasien
e. petugas mengisolasi pasien yang sudah parah
Jawaban: b

2. Gagasan utama paragraf kedua teks tersebut ialah ....
a. diduga mengidap abses flu burung
b. penurunan limposit pada tubuh riska
c. hasil investigasi dengan foto thorax
d. leukosit yang normal pada tubuh insan ialah 21.500
e. para mahir menganjurkan semoga warga tidak perlu panik
Jawaban: a

3. Makna kata virus dalam paragraf kedua teks tersebut ialah ....
a. mikroorganisme yang mengakibatkan penyakit berbahaya
b. mikroorganisme yang mengakibatkan timbulnya penyakit
c. mikroorganisme yang mengakibatkan dan menularkan penyakit
d. mikroorganisme yang mengakibatkan penyakit dan pembusukan
e. mikroorganisme yang sanggup mengakibatkan selesai hayat penderita
Jawaban: c

4. Fakta yang terdapat dalam paragraf kedua teks tersebut ialah ....
a. dugaan adanya sebaran virus di tubuh
b. Riska diduga mengidap abses flu burung
c. Terjasinya penurunan leukosit pada tubuh Riska
d. warga tidak perlu panik atau takut
e. Masyarakat pun masih sanggup mengonsumsi daging ayam
Jawaban: c

5. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan seksama!
(1) Periksalah ke dokter apabila suhu badannya tetap panas detelah dikompres dan diberi obat.
(2) Langkah pertama kompres dengan air es secara teratur.
(3) Lakukan perawatan di rumah sakit, sebagai tindak terakhir.
(4) Di samping dikompres, penderita berilah minum yang banyak
(5) Tidak hanya dikompres, berilah obat penurun panas secara teratur pula.
Urutan kalimat yang sempurna untuk menjelaskan pencegahan demam berdarah ialah ....
a. (4),(2),(5),(3), dan (1)
b. (4),(3),(5),(1), dan (2)
c. (1),(2),(3),(4), dan (5)
d. (2),(4),(5),(1), dan (3)
e. (5),(3),(1),(4), dan (2)
Jawaban: d

6. Judul makalah: Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
Penulisan judul makalah yang sempurna untuk memperbaiki judul tersebut ialah ....
a. Upaya Penghijauan di Sekitar Lingkungan
c. Upaya penghijauan di sekitar lingkungan
d. Upaya PENGHIJAUAN di sekitar lingkungan
d. Upaya PENGHIJAUAN di Sekitar Lingkungan
e. UPAYA PENGHIJAUAN di SEKITAR LINGKUNGAN
Jawaban: a

7. Bacalah penggalan obrolan berikut dengan seksama!
Jane : Marno, Sayang.
Marno : Ya, Jane.
Jane : Bagaimana Alaska sekarang?
Marmo : Alaska?....
Jane : Maksudku ya, hawanya pada ketika ini.
Marno : Oh, saya kira tidak sedingin biasanya.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi obrolan Marno tersebut ialah ....
a. Aku sudah usang tidak ke sana.
b. Bagaimana kau tahu ihwal Alaska?
c. Tahu dari mana, kamu?
d. Hawanya yang kau maksudkan?
e. Tentu udaranya sangat dingin.
Jawaban: d

8. Dalam suatu seminar, seorang akseptor menabggapi pembicaraan.
“Jika memerhatikan status OSIS dan KOPSIS, saya menyimpulkan bahwa KOPSIS mempunyai dasar aturan yang lebih berpengaruh daripada OSIS. Bagaimana berdasarkan pendapat Anda?”
Kalimat tanggapan yang sempurna untuk tanggapan akseptor di atas ialah ....
a. Pernyataan Saudara tidak perlu dijawab lantaran semuanya sudah jelas.
b. Rupanya Saudara kurang bisa memahami klarifikasi saya.
c. Pertanyaan Saudara saya tampung dulu, apabila ada waktu akan saya jawab.
d. Maaf, tolong pertajam pemahaman Saudara terhadap pemaparan saya ihwal OSIS dan KOPSIS.
e. Analisis Saudara ihwal status OSIS dan KOPSIS tempaknya sejalan dengan saya.
Jawaban: e

Untuk soal nomor 9 dan 10, perhatikan tajuk rencana berikut!

 Kalau kita angkat masalah ini, lantaran memang ada yang pantas kita prihatinkan. Betapa segala sesuatu kini ini selalu diselesaikan dengan kekerasan1). Padahal selama ini kita selalu bisa menuntaskan segala macam masalah dengan cara yang elegan, dengan cara yang damai2). Kita mempunyai cara yang terbukti efektif untuk meraih terbosan yang menciptakan setiap orang merasa menag dan tidak kehilangan muka, yakni musyawarah untuk mencapai mufakat3). Cara melaksanakan musyawarah itu sendiri tidak selalu sama4). Setiap wilayah, setiap daerah mempunyai cara yang sesuai dengan kearifan lokal, yang memang dikenal dan biasa dilakukan masyarakat di tempat itu5).  Pertanyaannya, mengapa kearifan lokal yang menjadi kekuatan warga bangsa ini seakan sirna?6). Sekarang ini begitu gampang orang untuk marah, sampai-sampai polisi yang mencoba menenangkan keadaan sering kali malah menjadi korban kemarahan7)
9. Isi tajuk rencana di atas ialah ....
a. hilangnya kearifan lokal
b. banyaknya kekerasan di daerah
c. cara menuntaskan masalah dengan cara damai
d. musyawarah dan mufakat dalam menangani kasus
e. kekerasan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa
Jawaban: c

10. Kalimat yang merupakan opini terdapat pada nomor ....
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
Jawaban: a

11. Selain tempat rekreasi, melepas ketegangan dan kepenatan rutinitas sehari-hari, Dunia Fantasi bisa dijadikan arena berguru anak-anak, lantaran tempat ini akan dikembangkan sebagai laboratorium fisika raksasa. Kalau jeli, bergotong-royong hampir semua wahana yang ada di Dunia Fantasi merupakan sebuah konsep fisik terapan. Teori ayun sanggup dilihat pada permainan kora-kora. Halilintar pada percepatan, gravitasi, dan ketinggian. Untang-anting ialah gaya sentrifugal. Di Dunia Fantasi kita juga akan menemukan bahwa fisika itu gampang dan menarik. Fisika tidak menjadi momok yang menakutkan, tetapi sebuah fantasi yang mengasikkan, yang sama serunya berada di Lorong Sesat atau duduk-duduk di Istana Boneka.
Gagasan utama paragraf di atas ialah ....
a. Dunia Fantasi arena rekreasi dan berguru anak-anak.
b. Dunia Fantasi sebuah fantasi yang mengasyikkan.
c. Fisika itu mudah, menarik, dan perlu dikembangkan.
d. Di tempat Dunia Fantasi akan dikembangkan laboratorium fisika.
e. Wahana yang ada di Dunia Fantasi merupakan konsep fisika terapan.
Jawaban: a

12. (1) Setelah Indonesia membatalkan pembelian pesawat tempur F-16 dari AS, pesawat Mirage 200 dari Prancis, dan Mig-19//Fulcrum pemerintah tetapkan untuk membeli Sukhoi-30 dari Rusia. (2) Menurut Habibie, pesawat tempur Sukhoi-30 mempunyai keunggulan, terutama dalam aerodinamika. (3) Selanjutnya, dia mengemukakan bahwa kewenangan untuk menentukan pesawat tempur yang akan dibeli berada pada TNI. (4) Untuk menentukan pilihan pesawat tempur yang akan dibeli, kita harus mempertimbangkan harganya. (5) Akan tetapi, berdasarkan ketua Bappenas, pilihan jenis pesawat tempur pengganti F-16 akan diumumkan pekan depan.
Kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut ialah nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a

13. Sumi : Biarlah semua tahu, keadaan yang memojokkan saya untuk bercerita. Kebenaran harus dibela, risiko apa pun kuhadapi.
Ibu : Jadi! Bilang keladinya justru, Mam. Pantas!
Dialog di atas memperlihatkan drama telah hingga pada pecahan ....
a. Pengenalan
b. komplikasi
c. klimaks
d. antiklimaks
e. ending
Jawaban: c

14. Seni drama yang ditampilkan dalam bentuk tarian dikenal dengan istilah ....
a. opera
b. pantomim
c. sendratari
d. drama komedi
e. drama tragedi
Jawaban: c

15. Improvisasi atau tindakan impulsif pemain di atas panggung bertujuan untuk beberapa hal berikut, kecuali ....
a. mengalihkan perhatian penonton
b. menetralisasi suasana panggung
c. menarik kesempatan pemain lain untuk mengingat obrolan yang terlupa
d. menarik perhatian penonton
e. menjaga suasana penonton semoga tetap tenang
Jawaban: e

16. Berikut teladan dramawan Indonesia ialah ....
a. Taufik Ismail
b. Y.B. Mangn Wijaya
c. Umar Kayam
d. Chairil Anwar
e. Putu Wijaya
Jawaban: e

17. Berikut hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang sutradara, kecuali ....
a. bisa berorganisasi
b. berbakat, kreatif, dan artistik
c. disiplin dalam bekerja
d. menguasai seluk-beluk drama
e. pintar mengatur pembiayaan
Jawaban: c

18. Berikut ini ialah hal-hal yang perlu dilakukan pada ketika menonton drama, kecuali ....
a. mengidentifikasi alur
b. menilai akting para tokoh
c. menganalisis pelaku dan perwatakannya
d. menginterprestasi tema dan amanat
e. menyusun laporan hasil menonton drama
Jawaban: e

19. Tujuan utama mengapresiasi drama ialah untuk ....
a. menawarkan sarana untuk penulis
b. menceritakan kembali isi dongeng secara runtut kepada orang lain
c. memperoleh pengalaman berharga ihwal kehidupan
d. mempunyai keterampilan menulis cerita
e. membandingkan isi dongeng dengan dongeng lain
Jawaban: c

20. Melisankan drama dilarang overacting dan bloking. Maksud kata overacting dan bloking ialah ....
a. sesuai dengan kiprah dan menutupi sesama pelaku
b. berlebihan dan manis sikapnya
c. masuk akal dan tidak menutupi sesama pelaku
d. berlebihan dan posisi saling menutupi sesama pelaku
e. bertindak berlebihan dan sebaris letaknya
Jawaban: d

21. Pendapat yang kita sampaikan dalam diskusi harus berdasarkan ....
Jawaban: fakta

22. Kalimat yang kita ucapkan dalam beropini harus komunikatif. Arti komunikatif ialah ....
Jawaban: gampang dipahami

23. Orang mencatat inti pembicaraan dalam diskusi disebut ....
Jawaban: notulis

24. Editorial umumnya memuat ....
Jawaban: berita

25. Penulisan editorial harus memiiki kepekaan .... dan ....
Jawaban: sosial dan imajinasi

26. Mendeskripsikan sikap insan dalam bentuk drama berarti ....
Jawaban: mementaskan naskah drama

27. Tulisan yang berisi narasi umumnya menonjolkan urutan ....
Jawaban: peristiwa

28. Bagian dongeng yang terdiri atas beberapa adegan disebut ....
Jawaban: babak

29. Drama yang dialognya berupa nyayian disebut ....
Jawaban: opera

30. Pemain yang menentang tokoh utama diistilahkan ....
Jawaban: tokoh antagonis

31. Sebutkan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang moderator!
Jawaban: sifat-sifat yang harus dimiliki oeh seorang moderator ialah berjiwa seorang pemimpin, tegas adil, bijaksana, dan dewasa

32. Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang akseptor ketika mengikuti diskusi?
Jawaban: hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang akseptor ketika mengikuti diskusi ialah aktif mendengarkan dan meyimak, kemudian memberikan usulan, pendapat, atau tanggapan apabila diberikan kesempatan.

33. Buatlah kalimat fakta dan opini yang berisi masalah lingkungan, masing-masing dua kalimat!
Jawaban:
a. Opini
1) Pencemaran udara ketika ini, banyak disebabkan oleh limbah industri.
2) Banyaknya asap knalpot dari sepeda motor roda dua mengakibatkan pencemaran udara yang cukup parah.

b. Fakta
1) Di Indonesia kini ini kurang lebih 70% pencemaran udara disebabkan emisi kendaraan bermotor yagn mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dampak menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan insan maupun terhadap lingkungan, menyerupai timbal/timah hitam (Pb).
2) Data mengungkapkan bahwa 60% pencemaran udara di Jakarta disebabkan lantaran benda bergerak atau transportasi umum yang berbahan bakar solar terutama berasal dari angkutan umum.

34. Berilah tiga teladan drama tradisional!
Jawaban: wayang, lenong, ketoprak, randai

35. Jelaskan pengertian drama kolosal!
Jawaban: drama kolosal ialah drama yang dibentuk secara besar-besaran.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas    Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 38Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser