Full Text - Skripsi Akuntansi Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran

Full Text - Skripsi Akuntansi Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran

Full Text - Skripsi Akuntansi Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran

Hai sahabat Student-Society.com, Pada kesempatan kali ini admin Student-Society, ingin membuatkan perihal Skripsi, Hari yang kemudian admin sudah membagikan skripsi perihal Administrasi Niaga nah kini admin ingin membuatkan skripsi perihal Akuntasi. Yang berjudul "PEMBANGUNAN APLIKASI  PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH TINGKAT II (KABUPATEN/KOTA) " Skripsi kali ini terdiri dari Cover, Daftar isi, daftar table, daftar gambar,  lampiran, kepingan i, kepingan ii, kepingan iii, kepingan iv, kepingan v, kepingan vi, penutup, daftar pustaka, source code. Semoga bermanfaat dan silah di unduh yaa..

 Pada kesempatan kali ini admin Student-Society Full Text - Skripsi Akuntansi PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN
Full Text - Skripsi Akuntansi "PEMBANGUNAN APLIKASI  PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN"



PEMBANGUNAN APLIKASI  PERANGKAT LUNAK
AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN
PEMERINTAH DAERAH TINGKAT II (KABUPATEN/KOTA) 


ABSTRAK


Aplikasi Perangkat Lunak Realisasi Anggaran Pemerintah Daerah tingkat II merupakan aplikasi yang dipakai untuk mengelola data keuangan yang meliputi data transaksi penerimaan kas dan penggeluaran kas sampai menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Dan prinsip yang dipakai dalam pencatatan realisasi anggaran yaitu dengan mengunakan basis kas. Artinya transaksi diakui dan dicatat sesudah uang/kas diterima atau dikeluarkan oleh bendahara penerimaan atau bendahara pengeluaran daerah.

Dalam proses pengelolaan data keuangan aplikasi Perangkat Lunak pemerintah tempat tingkat II ini sanggup menghasilkan jurnal penerimaan dan pengeluaran kas, buku besar, laporan realisasi anggaran dan Laporan Arus Kas (Cash Flow). 

Perancangan aplikasi realisasi anggaran secara garis besar dijelaskan dalam tiga tahap yaitu a).Tahap analisis meliputi Proses Bisnis, analisa kebutuhan sistem, Analisa kebutuhan perangkat lunak, data flow diagram, kamus data, proses spesifikasi  dan Entity Relationship Diagram b).Tahap perancangan prosedure, perangkat lunak, perangkat keras, basis data, dan perancangan antar muka aktivitas c).Tahap implementasi yaitu tahap penerapan sistem yang telah dibuat sehingga sanggup dioperasikan dan dipakai secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam pembangunan aplikasi perangkat lunak realisasi anggaran ini, penulis memakai database Microsoft SQL Server 2000. sedangkan untuk aplikasinya penulis meggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Crystal Report 8.5.

Kata Kunci : Realisasi Anggaran, Pemerintah Daerah Tingkat II

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Teknologi Informasi ketika ini mempunyai peranan yang sangat penting disegala bidang dan aspek kehidupan, baik dalam dunia bisnis, politik sampai perekonomian. Hal ini disebabkan lantaran pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi sanggup terpenuhi dengan adanya kiprah serta teknologi informasi.
         Dengan perkembangan teknologi informasi yang ada ketika ini kita sanggup melaksanakan pengolahan data dengan mudah, sanggup menghasilkan suatu informasi yang kita butuhkan dengan akurat dan mengefektifkan waktu, serta dengan biaya yang kita keluarkan lebih efisien. Keunggulan inilah yang mengakibatkan teknologi informasi ketika ini banyak berperan serta dalam segala bidang dan aspek kehidupan yang ada, dan berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
         Demikian halnya dalam pengelolaan data keuangan, teknologi informasi menjadi hal penting perusahaan dalam pengelolaan data keuangan lantaran sudah dipercaya sanggup membantu kepingan keuangan atau akuntansi dalam menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat, dan mengefektifkan waktu dalam penyusunannya. Tentunya teknologi informasi yang dipakai untuk pengelolaan data keuangan tersebut bukan hanya sanggup mempermudah pihak yang terkait dalam perusahaan dalam menghasilkan laporan keuangan akan tetapi juga harus sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku.
         Dalam pengelolaan keuangan suatu instansi Pemerintahan, pemerintah telah melaksanakan reformasi pengelolaan keuangan negara baik pada pemerintah sentra maupun pada pemerintah tempat terutama dengan ditetapkannya Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2003 perihal Keuangan Negara. Pada Undang – Undang Nomor 17 tahun 2003 tersebut khususnya pada pasal 30, 31 dan pasal 32 disebutkan bahwa Presiden/Gubernur/Bupati/Walikota memberikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBN/APBD kepada DPR/DPRD berupa laporan keuangan. Laporan yang dimaksud setidak–tidaknya meliputi laporan Realisasi Anggaran APBN/APBD, Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Laporan keuangan tersebut disusun dan disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).
         Dan sesudah pemerintah menyusun strandar akuntansi pemerintahan yang berlaku baik pada pemerintah sentra ataupun pada pemerintah tempat dengan dibentuknya Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) pada tanggal 13 Juni 2005 Pemerintah Republik Indonesia memutuskan Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2005 perihal Standar Akuntansi Pemerintahan. Pada SAP tersebut menyatakan bahwa laporan keuangan pokok terdiri dari : a). Laporan Realisasi Anggaran, b). Neraca, c). Laporan Arus Kas dan d). Catatan Atas Laporan Keuangan.
         Dengan adanya Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) ini diperlukan oleh Pemerintah untuk sanggup menurunkan tingkat penyimpangan dan bias anggaran yang tidak perlukan, serta akan diadanya transparansi laporan keuangan dalam pengelolaan keuangan di setiap tempat yang ada, sehingga sanggup memperkecil kemungkinan terjadinya tindak korupsi yang merugikan masyarakat.
         Dengan adanya ketentuan tersebut maka suatu Pemerintah tempat diwajibkan untuk melaporkan perencanaan dan penggunaan anggaran di wilayahnya setiap satu tahun sekali dan dilaporkan kepada DPRD, masyarakat, dan stakeholder sebagai lampiran dalam pertanggungjawaban tahunan, laporan ini juga akan dimuat di surat kabat setempat. Dan dengan demikian berdasarkan Pengamat Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta , Indra Bastian, Akt., M.B.A. bahwa “Dengan laporan keuangan menyerupai ini, pemerintah akan lebih gampang mengkomunikasikan anggarannya. Pemerintah Daerah juga tidak perlu menunggu SK Depdagri, lantaran sistem SAP sanggup diminta kapan saja kepada Komite Standar Akuntansi Pemerintahan yang berada di bawah Depkeu”.
         Dengan adanya reformasi keuangan pada wacana diatas Pemerintah Daerah khususnya harus sanggup mengelola keuangan dengan baik, serta mampu  menyajikan laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pemerintahan Daerah sanggup memakai perkembangan teknologi informasi  yang ada ketika ini.
         Dari pemikiran diatas,  penulis bermaksud menciptakan laporan Tugas Akhir ini dengan membangun suatu perangkat lunak pengolahan data keuangan khususnya dalam penggunaan  anggaran  Pemerintahan Daerah  tingkat II sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang akan diberi judul  “Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan Daerah Tingkat II ”.

1.1.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka identifikasi duduk kasus dari permasalahan diatas yakni sebagai berikut :
  1. Bagaimana  proses pengelolaan akuntansi realisasi anggaran  Pemerintahan Daerah tingkat II .
  2. Bagaimana membangun Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan Daerah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

1.3. Maksud dan Tujuan Tugas Akhir
Maksud dari penyusunan Tugas Akhir ini yakni untuk membangun perangkat lunak untuk aplikasi pengelolaan realisasi anggaran untuk Pemerintahan Daerah.
Adapun tujuan dari kiprah tamat ini yaitu :
1.      Untuk mengetahui proses pengelolaan akuntansi realisasi anggaran Pemerintahan Daerah tingkat II.
2.      Untuk membangun aplikasi perangkat lunak akuntansi realisasi anggaran Pemerintahan Daerah Tingkat II sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).
           
1.4. Batasan Masalah
Batasan duduk kasus mempunyai kegunaan biar pembahasan dan analisis yang dilakukan penulis sanggup terarah sesuai dengan tujuan penulisan, maka penulis membatasi duduk kasus sebagai berikut :
  1. Sebagai dasar dari pembangunan aplikasi perangkat lunak untuk pengolahan data akuntansi keuangan untuk realisasi anggaran ini  berdasarkan Peraturan Pemerintah yang ditetapkan dalam PP Nomor 24 tahun 2005.
  2. Untuk pengolahan data akuntansi realisasi anggaran Pemerintahan Daerah ini hanya kepingan realisasi atau penggunaan anggaran yaitu penerimaan kas dan pengeluaran kas.
  3. Pengolahan data akuntansi keuangan realisasi anggaran sanggup mencetak laporan keuangan yang berkaitan dengan penerimaan kas dan penggeluaran kas meliputi laporan realisasi pendapatan dan belanja,  laporan Cash Flow  atau anutan kas, jurnal realisasi serta buku besar realisasi. 

1.5.  Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan dari hasil kiprah tamat yang diperlukan yakni sebagai berikut :
  1. Bagi Penulis
Untuk memperluas cara berpikir secara ilmiah sebagai materi pembanding antara teori yang diperoleh dibangku kuliah dengan aplikasi secara positif dan sebagai rujukan untuk mengaplikasikan teori tersebut dalam penelitian.
  1. Bagi Lembaga
Sebagai materi masukan dalam upaya membangun suatu aplikasi yang sanggup mempermudah dan mempercepat dalam pengolahan, pengontrolan, sampai pelaporan dari data yang diinginkan dan sanggup diperoleh secara  cepat, sempurna dan akurat.
  1. Bagi pihak – pihak lain

Sebagai suatu materi suplemen ilmu pengetahuan dan materi rujukan yang bermanfaat bagi penelitian sejenis sehingga sanggup dikembangkan untuk penelitian selanjutnya, khususnya mengenai aplikasi perangkat lunak.

Untuk lebih lengkapnya bisa di unduh dibawah ini


Berikut Bagian Skrips yang bisa anda Unduh, dengan mengklik unduh yang diinginkan.

Skirpsi Administrasi Negara "ANALISIS KINERJA BIROKRASI PEMERINTAH" Full Text

1PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - COVERAktifUnduh
2PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - ABSTRAKAktifUnduh
3PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - DAFTAR ISIAktifUnduh
5PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - DAFTAR GAMBARAktifUnduh
6PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - DAFTAR TABLEAktifUnduh
7PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - LAMPIRANAktifUnduh
8PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB IAktifUnduh
9PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB IIAktifUnduh
10PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB IIIAktifUnduh
11PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB IVAktifUnduh
7PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB VAktifUnduh
8PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB V 02AktifUnduh
9PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - BAB VIAktifUnduh
10PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - DAFTAR PUSTAKAAktifUnduh
11PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN - SOURCE CODEAktifUnduh

Mohon maaf bila adanya kekurangan dari goresan pena ini. Semoga Skripsi Administrasi Negara "PEMBANGUNAN APLIKASI  PERANGKAT LUNAK AKUNTANSI REALISASI ANGGARAN" mempunyai kegunaan bagi kita semuanya dan sanggup mengerjakan Skripsi nantinya dengan hening tanpa ada hambatan sedikitpun. Silahkan membuatkan kepada teman-teman anda dan infokan bahwa Skripsi tersebut sudah tersedia di Student-Society. Jika ada pertanyaan dan atau link unduhnya ternyata error bisa pribadi hubungi saya dibawah ini. Terima kasih.

Pencarian yang paling banyak dicari
  • contoh skripsi akuntansi pdf
  • skripsi akuntansi download gratis
  • contoh skripsi akuntansi keuangan
  • contoh skripsi akuntansi keuangan pdf
  • download skripsi akuntansi keuangan gratis
  • skripsi akuntansi lengkap
  • download skripsi akuntansi pdf
  • judul skripsi akuntansi yang gampang dipahami

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser