Pendidikan menjadi hal yang sangat mendasar bagi kehidupan seseorang, dengan pendidikan yang baik maka akan baik pula pola pikir dan perilaku seseorang. Pendidikan yang baik terbentuk dari pola dan sistem pendidikan yang baik pula. Pola dan sistem pendidikan yang baik terwujud dengan kurikulum yang baik.
Kurikulum yang gres yaitu kurikulum 2013 sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, dalam penerapannya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Saya menulis ulang beberapa poin wacana kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dari buku yang ditulis oleh Imas Kurniasih dan Berlin Sani berjudul Implemetasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Semoga yang saya tulis ulang ini bermanfaat bagi para pendidik terutama dalam hal kurikulum sebagai bidang studi yang tujuannya yaitu membuatkan ilmu wacana kurikulum dan sistem kurikulum, yang mesti difahami juga oleh para pendidik.
Perkembangan kurikulum diperlukan sanggup menjadi penentu masa depan anak bangsa, oleh lantaran itu, kurikulum yang baik akan sangat diperlukan sanggup dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun pemikiran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang eksklusif berhadapan dengan kurikulum itu sendiri.
Terdapat beberapah hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu keunggulan dan kekurangan yang terdapat disana-sini.
Terkait Buku Siswa dan Buku Guru pegangan Kurikulum 2013 memang telah mengalami beberapa perbaikan dan revisi. Buku ini pertama kali dicetak pada 2014 dan mengalami revisi pada tahun 2017. Buku Kurikulum 2013 yang dipakai dikala ini tentunya yaitu buku edisi revisi terbaru, 2017.
Baca juga ya - 19 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional 2018Lengkap - Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk Kelas 8 SMP/MTs |
Kurikulum yang gres yaitu kurikulum 2013 sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, dalam penerapannya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Saya menulis ulang beberapa poin wacana kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dari buku yang ditulis oleh Imas Kurniasih dan Berlin Sani berjudul Implemetasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Semoga yang saya tulis ulang ini bermanfaat bagi para pendidik terutama dalam hal kurikulum sebagai bidang studi yang tujuannya yaitu membuatkan ilmu wacana kurikulum dan sistem kurikulum, yang mesti difahami juga oleh para pendidik.
Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013
Menurut beberapa andal pendidikan, perubahan kurikulum dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di negara lain, disebabkan lantaran kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang selalu berubah tanpa sanggup dicegah.Perkembangan kurikulum diperlukan sanggup menjadi penentu masa depan anak bangsa, oleh lantaran itu, kurikulum yang baik akan sangat diperlukan sanggup dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun pemikiran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang eksklusif berhadapan dengan kurikulum itu sendiri.
Terdapat beberapah hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu keunggulan dan kekurangan yang terdapat disana-sini.
Keunggulan kurikulum 2013
- Siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah.
- Adanya evaluasi dari semua aspek. Penentuan nilai bagi siswa bukan hanya didapat dari nilai ujian saja tetapi juga didapat dari nilai kesopanan, religi, praktek, perilaku dan lain-lain.
- Munculnya pendidikan abjad dan pendidikan kecerdikan pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua kegiatan studi.
- Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
- Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, ketrampilan, dan pengetahuan.
- Banyak kompetensi yang dibutuhkan sesuai perkembangan menyerupai pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan.
- Hal yang paling menarik dari kurikulum 2013 ini yaitu sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Hal ini mulai dari perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.
- Standar evaluasi mengarahkan kepada evaluasi berbasis kompetensi menyerupai sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara proporsional.
- Mengharuskan adanya remediasi secara berkala.
- Sifat pembelajaran sangat kontekstual.
- Meningkatkan motivasi mengajar dengan meningkatkan kompetensi profesi, pedagogi, sosial dan personal.
- Ada rambu-rambu yang terperinci bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran (buku induk)
- Guru berperan sebagai fasilitator
- Diharapkan kreatifitas guru akan semakin meningkat
- Efisiensi dalam administrasi sekolah misalnya dalam pengadaan buku, dimana buku sudah disiapkan dari pusat
- Sekolah sanggup memperoleh pendampingan dari sentra dan memperoleh koordinasi dan supervise dari daerah
- Pembelajaran berpusat pada siswa dan kontekstual dengan metode pembelajaran yang lebih bervariasi
- Penilaian mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik sesuai proporsi
- Ekstrakurikuler wajib Pramuka meningkatkan abjad siswa terutama dalam kedisiplinan, kerjasama, saling menghargai, cinta tanah air dan lain-lain.
Kelemahan kurikulum 2013
- Guru banyak salah kaprah, lantaran beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada klarifikasi dari guru.
- Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013 ini, lantaran kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif, pada kenyataannya sangat sedikit para guru yang menyerupai itu, sehingga membutuhkan waktu yang panjang semoga sanggup membuka cakrawala berfikir guru, dan salah satunya dengan pelatihan-pelatihan dan pendidikan semoga merubah paradigm guru sebagai pemberi materi menjadi guru yang sanggup memotivasi siswa semoga kreatif.
- Kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan scientific
- Kurangnya ketrampilan guru merancang RPP
- Guru tidak banyak yang menguasai evaluasi autentik
- Tugas menganalisis SKL, KI, KD buku siswa dan buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, dan banyaknya guru yang hanya menjadi plagiat dalam kasus ini.
- Tidak pernahnya guru dilibatkan eksklusif dalam proses pengembangan kurikulum 2013, lantaran pemerintah cenderung melihat guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama.
- Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013 lantaran UN masih menjadi factor penghambat.
- Terlalu banyak materi yang harus dikuasai siswa sehingga tidak setiap materi sanggup tersampaikan dengan baik, belum lagi problem guru yang kurang berdedikasi terhadap mata pelajaran yang beliau ampu.
- Beban mencar ilmu siswa dan guru terlalu berat, sehingga waktu mencar ilmu di sekolah terlalu lama.
- Timbulnya kecemasan khususnya guru mata pelajaran yang dihapus yaitu KPPI, IPA dan Kewirausahaan dan terancam sertifikasiya dicabut.
- Sebagian besar guru masih terbiasa memakai cara konvensional
- Penguasaan teknologi dan isu untuk pembelajaran masih terbatas.
- Guru tidak tiap dengan perubahan
- Kurangnya kekmampaun guru dalam proses evaluasi sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara holistic.
- Kreatifitas dalam pengembangan silabus berkurang
- Otonomi sekolah dalam pengembangan kurikulum berkurang
- Sekolah tidak berdikari dalam menyikapi kurikulum
- Tingkat keaktifan siswa belum merata
- KBM umumnya dikala ini mash konvensional
- Belum semua guru memahami sistem evaluasi perilaku dan ketrampilan.
- Menambah beban kerja guru.
- Citra sekolah dan guru akan menurun bila tidak berhasil menjalankan kurikulum 2013
- Pramuka menjadi beban bagi siswa yang tidak menyukai Pramuka, sehingga ada unsur keterpaksaan.
Terkait Buku Siswa dan Buku Guru pegangan Kurikulum 2013 memang telah mengalami beberapa perbaikan dan revisi. Buku ini pertama kali dicetak pada 2014 dan mengalami revisi pada tahun 2017. Buku Kurikulum 2013 yang dipakai dikala ini tentunya yaitu buku edisi revisi terbaru, 2017.
Berikut Lengkap - Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk Kelas 8 SMP/MTs
Buku Untuk Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas VIII SMP/MTs
Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian
1 | Unduh Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Unduh Guru Bahasa Inggris Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku IPA Kelas VIII Revisi Semester 1 2017 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku IPA Kelas VIII Revisi Semester 2 2017 | Aktif | Unduh |
5 | Unduh Buku IPS Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
6 | Unduh Buku Matematika Kelas VIII Semester 1 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
7 | Unduh Buku Matematika Kelas VIII Semester 2 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
8 | Unduh Buku PAI Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
9 | Unduh Buku PJOK Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
10 | Unduh Buku BPPKn Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
11 | Unduh Buku Prakarya Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
12 | Unduh Buku Seni Budaya Kelas VIII Revisi 2017 | Tidak Aktif | Unduh |
Buku Untuk Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas VIII SMP/MTs
1 | Unduh Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Unduh Guru Bahasa Inggris Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku IPA Kelas VIII Semester 1 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku IPA Kelas VIII Semester 2 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
5 | Unduh Buku IPS Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
6 | Unduh Buku Matematika Kelas VIII Semester 1 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
7 | Unduh Buku Matematika Kelas VIII Semester 2 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
8 | Unduh Buku PAI Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
9 | Unduh Buku PJOK Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
10 | Unduh Buku BPPKn Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
11 | Unduh Buku Prakarya Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
12 | Unduh Buku Seni Budaya Kelas VIII Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
Berikut Lengkap - Latihan Soal UKK Untuk SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 (Genap)
Lengkap - Latihan Soal UKK Untuk SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 (Genap)
Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian
1 | Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
2 | Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
3 | Soal UKK IPA Kelas 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
4 | Soal UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
5 | Soal UKK Matematika Kelas 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
6 | Soal UKK Penjas Kelas 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
7 | Soal UKK Penjas PKn 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
8 | Soal UKK Penjas TIK 8 SMP/MTs | Aktif | Unduh |
Pencarian yang Sama :
- buku kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
- download buku kurikulum 2013 kelas 8 revisi 2017
- download buku kurikulum 2013 kelas 8 revisi 2016
- buku siswa kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
- buku ipa kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
- buku pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
- buku prakarya kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
- buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Sumber : ayomadrasah.blogspot.co.id, ahmadbinhanbal.wordpress.com