Pendidikan menjadi hal yang sangat mendasar bagi kehidupan seseorang, dengan pendidikan yang baik maka akan baik pula pola pikir dan perilaku seseorang. Pendidikan yang baik terbentuk dari pola dan sistem pendidikan yang baik pula. Pola dan sistem pendidikan yang baik terwujud dengan kurikulum yang baik.
Kurikulum yang gres yaitu kurikulum 2013 sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, dalam penerapannya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Saya menulis ulang beberapa poin ihwal kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dari buku yang ditulis oleh Imas Kurniasih dan Berlin Sani berjudul Implemetasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Semoga yang saya tulis ulang ini bermanfaat bagi para pendidik terutama dalam hal kurikulum sebagai bidang studi yang tujuannya yakni menyebarkan ilmu ihwal kurikulum dan sistem kurikulum, yang mesti difahami juga oleh para pendidik.
Perkembangan kurikulum dibutuhkan sanggup menjadi penentu masa depan anak bangsa, oleh lantaran itu, kurikulum yang baik akan sangat dibutuhkan sanggup dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun pedoman 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang eksklusif berhadapan dengan kurikulum itu sendiri.
Terdapat beberapah hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu keunggulan dan kekurangan yang terdapat disana-sini.
Pada semester dua ini, di kelas lima Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, mata pelajaran Tematik Umum terdiri atas empat tema. Keempatnya yakni Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), dan Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita). Seperti biasa, masing-masing tema terdiri atas dua buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa.
Baca juga ya - 19 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional 2018Lengkap - Buku K13 Kelas 5 Semester 2 Untuk SD/MI Revisi 2017 Terbaru |
Kurikulum yang gres yaitu kurikulum 2013 sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, dalam penerapannya tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Saya menulis ulang beberapa poin ihwal kelebihan dan kekurangan kurikulum 2013 dari buku yang ditulis oleh Imas Kurniasih dan Berlin Sani berjudul Implemetasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Semoga yang saya tulis ulang ini bermanfaat bagi para pendidik terutama dalam hal kurikulum sebagai bidang studi yang tujuannya yakni menyebarkan ilmu ihwal kurikulum dan sistem kurikulum, yang mesti difahami juga oleh para pendidik.
Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013
Menurut beberapa hebat pendidikan, perubahan kurikulum dari masa ke masa, baik di Indonesia maupun di negara lain, disebabkan lantaran kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang selalu berubah tanpa sanggup dicegah.Perkembangan kurikulum dibutuhkan sanggup menjadi penentu masa depan anak bangsa, oleh lantaran itu, kurikulum yang baik akan sangat dibutuhkan sanggup dilaksanakan di Indonesia sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara.
Kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan pada tahun pedoman 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih premature, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang eksklusif berhadapan dengan kurikulum itu sendiri.
Terdapat beberapah hal penting dari perubahan atau penyempurnaan kurikulum tersebut yaitu keunggulan dan kekurangan yang terdapat disana-sini.
Keunggulan kurikulum 2013
- Siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan kasus yang mereka hadapi di sekolah.
- Adanya evaluasi dari semua aspek. Penentuan nilai bagi siswa bukan hanya didapat dari nilai ujian saja tetapi juga didapat dari nilai kesopanan, religi, praktek, perilaku dan lain-lain.
- Munculnya pendidikan huruf dan pendidikan kebijaksanaan pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua agenda studi.
- Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
- Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, ketrampilan, dan pengetahuan.
- Banyak kompetensi yang dibutuhkan sesuai perkembangan menyerupai pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan.
- Hal yang paling menarik dari kurikulum 2013 ini yakni sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Hal ini mulai dari perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.
- Standar evaluasi mengarahkan kepada evaluasi berbasis kompetensi menyerupai sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara proporsional.
- Mengharuskan adanya remediasi secara berkala.
- Sifat pembelajaran sangat kontekstual.
- Meningkatkan motivasi mengajar dengan meningkatkan kompetensi profesi, pedagogi, sosial dan personal.
- Ada rambu-rambu yang terperinci bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran (buku induk)
- Guru berperan sebagai fasilitator
- Diharapkan kreatifitas guru akan semakin meningkat
- Efisiensi dalam administrasi sekolah misalnya dalam pengadaan buku, dimana buku sudah disiapkan dari pusat
- Sekolah sanggup memperoleh pendampingan dari sentra dan memperoleh koordinasi dan supervise dari daerah
- Pembelajaran berpusat pada siswa dan kontekstual dengan metode pembelajaran yang lebih bervariasi
- Penilaian mencakup aspek kognitif, afektif, psikomotorik sesuai proporsi
- Ekstrakurikuler wajib Pramuka meningkatkan huruf siswa terutama dalam kedisiplinan, kerjasama, saling menghargai, cinta tanah air dan lain-lain.
Kelemahan kurikulum 2013
- Guru banyak salah kaprah, lantaran beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada klarifikasi dari guru.
- Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013 ini, lantaran kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif, pada kenyataannya sangat sedikit para guru yang menyerupai itu, sehingga membutuhkan waktu yang panjang biar sanggup membuka cakrawala berfikir guru, dan salah satunya dengan pelatihan-pelatihan dan pendidikan biar merubah paradigm guru sebagai pemberi materi menjadi guru yang sanggup memotivasi siswa biar kreatif.
- Kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan scientific
- Kurangnya ketrampilan guru merancang RPP
- Guru tidak banyak yang menguasai evaluasi autentik
- Tugas menganalisis SKL, KI, KD buku siswa dan buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, dan banyaknya guru yang hanya menjadi plagiat dalam kasus ini.
- Tidak pernahnya guru dilibatkan eksklusif dalam proses pengembangan kurikulum 2013, lantaran pemerintah cenderung melihat guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama.
- Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013 lantaran UN masih menjadi factor penghambat.
- Terlalu banyak materi yang harus dikuasai siswa sehingga tidak setiap materi sanggup tersampaikan dengan baik, belum lagi kasus guru yang kurang berdedikasi terhadap mata pelajaran yang beliau ampu.
- Beban mencar ilmu siswa dan guru terlalu berat, sehingga waktu mencar ilmu di sekolah terlalu lama.
- Timbulnya kecemasan khususnya guru mata pelajaran yang dihapus yaitu KPPI, IPA dan Kewirausahaan dan terancam sertifikasiya dicabut.
- Sebagian besar guru masih terbiasa memakai cara konvensional
- Penguasaan teknologi dan isu untuk pembelajaran masih terbatas.
- Guru tidak tiap dengan perubahan
- Kurangnya kekmampaun guru dalam proses evaluasi sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara holistic.
- Kreatifitas dalam pengembangan silabus berkurang
- Otonomi sekolah dalam pengembangan kurikulum berkurang
- Sekolah tidak berdikari dalam menyikapi kurikulum
- Tingkat keaktifan siswa belum merata
- KBM umumnya ketika ini mash konvensional
- Belum semua guru memahami sistem evaluasi perilaku dan ketrampilan.
- Menambah beban kerja guru.
- Citra sekolah dan guru akan menurun bila tidak berhasil menjalankan kurikulum 2013
- Pramuka menjadi beban bagi siswa yang tidak menyukai Pramuka, sehingga ada unsur keterpaksaan.
Pada semester dua ini, di kelas lima Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, mata pelajaran Tematik Umum terdiri atas empat tema. Keempatnya yakni Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), dan Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita). Seperti biasa, masing-masing tema terdiri atas dua buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa.
Berikut Lengkap - Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk Kelas 8 SMP/MTs
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
Tekan Ctrl+F Untuk mempercepat pencarian
1 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Unduh Tematik Kelas 5, Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita) | Aktif | Unduh |
Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
1 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 6 (Panas dan Perpindahannya) | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Siswa Tematik Kelas 5, Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Tematik Kelas 5, Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita | Aktif | Unduh |
Berikut Lengkap - Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kurikulum 2013 Terbaru
Buku Guru PAI Kurikulum 2013 Revisi 2017
1 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Guru PAI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
Buku Siswa PAI Kurikulum 2013 Revisi 2017
1 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Siswa PAI Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 | Aktif | Unduh |
Lengkap - Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kurikulum 2013 Terbaru
1 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
2 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
3 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
4 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
5 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
6 | Unduh Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 | Aktif | Unduh |
Pencarian yang Sama :
- buku k13 kelas 5 revisi 2017 semester 2
- buku matematika kelas 5 revisi 2017
- buku matematika kelas 5 sd k13
- buku matematika kelas 5 kurikulum 2013 pdf
- buku kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2
- download buku matematika kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017
- buku tema 6 kelas 5 revisi 2017
- buku tema 7 kelas 5
Sumber : ayomadrasah.blogspot.co.id