Panduan Penulisan Soal Us Dan Usbn Smp Versi 2017 Pas Dan Pat

Panduan Penulisan Soal Us Dan Usbn Smp Versi 2017 Pas Dan Pat

Panduan Penulisan Soal Us Dan Usbn Smp Versi 2017 Pas Dan Pat

Penilaian terhadap hasil mencar ilmu akseptor didik merupakan salah satu aktivitas rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil mencar ilmu dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan akseptor didik, memonitor perkembangan mencar ilmu akseptor didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai akseptor didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup dipakai aneka macam bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang secara umum dikuasai dipakai dalam menilai hasil mencar ilmu akseptor didik.

Panduan Penulisan Soal US dan USBN Sekolah Menengah Pertama Versi 2017 PAS dan PAT

Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), akseptor didik hanya menentukan dari tanggapan yang Disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), akseptor didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik sebab dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, jikalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya
mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh sebab penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diperlukan sanggup menawarkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil mencar ilmu akseptor didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini yakni penulisan soal tes tertuliskhususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh sebab itu bentuk evaluasi lain ibarat portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.

Di dalam buku Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama veris 2017 di jelaskan secara detail perihal Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Pilihan Ganda, Panduan atau Pedoman Penulisan Soal Uraian / Isian, dan Pedoman Penulisan Soal HOTS. Berikut ini Tampilan buku Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama veris 2017 yang sanggup dijadikan sebagai Panduan/pedoman penulisan soal US dan USBN SMP.

Video Tutorial  PenulisanKisi-kisi Soal


Video Tutorial  PenulisanSoal Pilihan Ganda (1)


Video Tutorial  PenulisanSoal Pilihan Ganda (2)


Video Penulisan Soal Pilihan Ganda (3)


Video Tutorial  PenulisanSoal Uraian


Video Tutorial  PenulisanSoal Isian


Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Tingkat KognitifHOTS


Video Tutorial  Penulisan Soal HOTS – Kareateristik Soal HOTS


Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Soal HOTS







Bagaimana adik-adik? agar sukses ya. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan konta pesan email dan klik unduh untuk menguduh file pdf diatas




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser