Panduan Penulisan Soal Us Dan Usbn Sd Versi 2017 Pas Dan Pat

Panduan Penulisan Soal Us Dan Usbn Sd Versi 2017 Pas Dan Pat

Panduan Penulisan Soal Us Dan Usbn Sd Versi 2017 Pas Dan Pat

Penilaian terhadap hasil berguru penerima didik merupakan salah satu acara rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil berguru dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan penerima didik, memonitor perkembangan berguru penerima didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai penerima didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup digunakan banyak sekali bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang mayoritas digunakan dalam menilai hasil berguru penerima didik.

Panduan Penulisan Soal US dan USBN SD Versi 2017 PAS dan PAT

Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari tanggapan yang disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), penerima didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik alasannya dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, kalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh alasannya penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan dibutuhkan sanggup memperlihatkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup digunakan untuk menilai hasil berguru penerima didik dan memberi informasi yang valid. Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya itu bentuk evaluasi lain menyerupai portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.

Dalam pendahuluan Panduan Penulisan Soal SD ini ditetapkan penulisan soal yaitu proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Buku Panduan Penulisan Soal SD veris 2017 ini yaitu upaya untuk menolong pengarang soal menghasilkan soal yang berkualitas, tergolong soal yang mengukur beranggapan tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diserahkan diinginkan bisa menyerahkan ilustrasi bagaimana kedua format tes baik tes dengan opsi dan tes tanpa pilihan itu sanggup digunakan untuk menilai hasil berguru penerima didik dan memberi informasi yang valid.


Video Tutorial  PenulisanKisi-kisi Soal


Video Tutorial  PenulisanSoal Pilihan Ganda (1)


Video Tutorial  PenulisanSoal Pilihan Ganda (2)


Video Penulisan Soal Pilihan Ganda (3)


Video Tutorial  PenulisanSoal Uraian


Video Tutorial  PenulisanSoal Isian


Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Tingkat KognitifHOTS


Video Tutorial  Penulisan Soal HOTS – Kareateristik Soal HOTS


Video Tutorial Penulisan Soal HOTS – Soal HOTS







Bagaimana adik-adik? biar sukses ya. Jangan lupa komentar dan saran dibawah ini. Jika ingin menghubungi saya bisa lewat Sosial media dan konta pesan email dan klik unduh untuk menguduh file pdf diatas



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser