Soal Uts Biologi Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uts Biologi Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Uts Biologi Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Hai sahabat Student-Society yang baik hati, pada kesempatan kali ini admin ingin mengembangkan lagi soal tetang mata pelajaran Biologi, Soal ini sudah admin kumpulkan sebanyak 45 Soal, jadi adik adik sanggup mempelajarinya ya. Soal ini dikhususkan untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya.  Oiya Sahabat, apakah di antara kau ada yang menyukai mata pelajaran Biologi? Tahukah kau bahwa ternyata ilmu Biologi mempunyai cakupan yang sangat luas, lho! Begitu luasnya cakupan ilmu tersebut, menciptakan ilmu biologi ini dibagi menjadi aneka macam macam cabang yang diklasifikasikan menurut objek kajian dari masing-masing cabang ilmu tersebut. Mau tahu apa saja sih cabang-cabang ilmu biologi itu, yuk simak artikelnya di bawah ini!
 pada kesempatan kali ini admin ingin mengembangkan lagi soal tetang mata pelajaran Biologi   Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Cabang-Cabang Ilmu Biologi


1. Genetika

Pada cabang ilmu biologi ini, kau akan mempelajari wacana gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya serta persilangan gen. Pernah nggak sih kau bertanya-tanya kenapa warna kulitmu sanggup sama dengan warna kulit ibumu? Hmm, dengan mempelajari ilmu ini, kau sanggup menemukan jawabannya, lho.


2. Sitologi

Pada ilmu sitologi, kau sanggup mempelajari unit penyusun seluruh makhluk hidup. Apakah itu? Yup! Itu yaitu sel. Mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, hingga janjkematian sel semua dibahas dalam ilmu ini. Gimana, seru kan?


3. Histologi

Histologi yaitu ilmu yang mempelajari wacana jaringan pada makhluk hidup, ibarat jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Nah, bagi kau yang ingin masuk jurusan kedokteran, ilmu ini sangat bermanfaat untuk dipelajari lho, Squad.


4. Anatomi

Selain histologi, anatomi juga penting untuk dipelajari dalam dunia kedokteran. Pada ilmu ini, kau sanggup mempelajari wacana struktur badan dalam dari makhluk hidup. Squad, bila kau memperhatikan struktur pengecap kalian, niscaya kau akan melihat tonjolan-tonjolan halus yang ada di permukaan lidahmu yang disebut papila. Lalu, apa sih fungsi papila? Seperti apa struktur pengecap kita sebenarnya? Nah, semua itu akan dikupas tuntas dalam ilmu ini.


5. Morfologi

Berlawanan dengan anatomi, kalau dalam morfologi kau akan mempelajari wacana struktur badan luar dari makhluk hidup. Kamu ingin tau nggak sih kenapa di telapak kaki kucing terdapat alas yang berwarna pink? atau apa sih yang menjadikan paruh dan kaki burung mempunyai bentuk yang berbeda-beda? Tenang Squad, Morfologi sanggup menjawab semua rasa ingin tau kalian, kok.


6. Fisiologi

Pada ilmu Fisiologi, kau akan mempelajari wacana fungsi badan baik secara anatomi maupun morfologi Squad. Pernahkah kalian mendengar wacana fisioterapi? Fisioterapi juga serpihan dari Fisiologi, lho! Hayo, ada yang tahu kalau fisioterapi itu buat ngobatin apa?


7. Ekologi

Pada ilmu ini, kau akan mempelajari wacana interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya maupun interaksi antar sesama makhluk hidup di muka bumi lho, Squad. Gambar di bawah ini merupakan salah satu bentuk interaksi yang saling menguntungkan antara anemon bahari dengan ikan badut.


8. Taksonomi

Pada ilmu Taksonomi, kau akan mempelajari wacana pengklasifikasian atau penggolongan makhluk hidup. Penggolongan ini tidak dilakukan secara sembarangan lho, melainkan didasarkan pada hierarki atau tingkatan tertentu.

Beliau lah yang pertama kali memperkenalkan ketujuh hierarki tersebut lho, Squad. Masih ingatkah kau dengan urutan dari ketujuh hierarki itu?


9. Evolusi

Mendengar kata evolusi, apakah kau teringat dengan Bapak Teori Evolusi yaitu Charles Darwin? Ternyata, Evolusi termasuk kedalam cabang ilmu biologi juga, lho. Pastinya, ilmu ini menjadi salah satu materi yang paling menarik untuk dipelajari lantaran membahas wacana perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.


10. Mikrobiologi

Mikrobiologi yaitu cabang ilmu Biologi yang mempelajari wacana mikroorganisme, ibarat bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan archaea. Dalam mempelajari ilmu ini, kau akan memakai mikroskop lantaran objek yang diamati berukuran sangat kecil. Hayo, ada yang sudah pernah pakai mikroskop?


11. Zoologi

Jika dalam ilmu Sosial kalian berguru mengenai sikap manusia, maka di cabang ilmu biologi ini kau sanggup mempelajari wacana pembagian terstruktur mengenai serta sikap hewan, lho.

Tahukah kau kalau bayi penyu yang gres lahir sanggup menemukan jalannya sendiri untuk kembali ke bahari tanpa pertolongan dari orang renta mereka? Kamu sanggup temukan jawabannya pada ilmu ini nih, Squad. Bagaimana, menarik bukan?


12. Botani

Botani merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari wacana tanaman mencakup jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya. Ilmu ini sangat mempunyai kegunaan dalam dunia pertanian lho lantaran kita sanggup mengetahui karakteristik dari aneka macam macam jenis tumbuhan.


13. Virologi

Apa yang kau pikirkan saat mendengar kata virus? Mungkin di antara kau banyak yang memikirkan wacana penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus ya. Salah satu cabang ilmu Biologi yang membahas wacana virus mencakup struktur, reproduksi, dan peranannya yaitu virologi.


14. Bakteriologi

Ternyata tidak semua basil bersifat patogen (merugikan inangnya) lho, Squad. Bakteri juga sanggup bermanfaat bagi kehidupan insan salah satunya dalam hal fermentasi. Salah satu cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari wacana basil yaitu bakteriologi. Pada ilmu ini, kau sanggup mempelajari wacana struktur, reproduksi, hingga peranan basil tersebut.


15. Mikologi

Squad, tentunya kau pernah melihat adanya jamur pada masakan yang telah kadaluarsa, beberapa jamur yang tumbuh di pohon, bahkan ada juga jamur yang sanggup kalian makan, kan? Ternyata, jamur-jamur tersebut berasal dari jenis yang berbeda, lho. Di dalam cabang ilmu biologi ini kau sanggup mempelajari wacana aneka macam macam jenis jamur mencakup struktur, reproduksi, serta peranannya nih.


16. Ornitologi

Cabang ilmu biologi yang satu ini khusus mempelajari wacana burung. Pada ilmu ornitologi, kau tidak hanya mempelajari wacana pengklasifikasian jenis burung saja, melainkan kau juga sanggup mengetahui sikap burung tersebut. Di sini, siapa yang di rumahnya memelihara burung?


17. Entomologi

Tahukah kau kalau serangga merupakan organisme dengan jumlah populasi paling banyak dan bermacam-macam di bumi? Keberagaman inilah yang menjadikan serangga menjadi obyek yang menarik untuk dibahas lho, Squad. Dalam cabang ilmu biologi, terdapat ilmu yang khusus mempelajari wacana serangga yaitu entomologi. Di sini, kau sanggup mengetahui wacana jenis, klasifikasi, perilaku, bahkan persebaran seluruh serangga yang hidup di bumi.


18. Mamologi

Sementara itu, mamologi mempelajari wacana mamalia yang ada di bumi. Ilmu ini menarik banget untuk kau pelajari lho lantaran sanggup menambah ilmu pengetahuan kau wacana segala jenis, klasifikasi, perilaku, bahkan persebaran binatang menyusui tersebut.



Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA



Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Contoh binatang yang terdapat di serpihan timur garis wallace yaitu ....
a. gajah, warak bercula satu, dan burung kasuari
b. burung cenderawasih, burung kasuari, dan warak bercula satu
c. gajah, warak bercula satu, dan burung cenderawasih
d. kangguru, harimau, dan gajah
e. kangguru, burung cenderawasih, dan burung kasuari
Jawaban: e

2. Proses pertumbuhan larva menjadi binatang cukup umur disebut ....
a. ontogenesis
b. pedogenesis
c. metamorfosis
d. metameri
e. morfogenesis
Jawaban: c

3. Faktor yang memilih keanekaragaman hayati tingkat genetik yaitu ....
a. evolusi dan adaptasi
b. genotipe dan lingkungan
c. seleksi alam dan adaptasi
d. pembiasaan dan genotipe
e. evolusi
Jawaban: b

4. Hewan yang mempunyai rangka dari zat silikat atau zat kersik yaitu ....
a. Acropora sp.
b. Spongila sp.
c. Scypha sp.
d. Pherenema sp.
e. Obelia sp.
Jawaban: b

5. Suatu tanaman kecil, berklorofil, berbatang, dan berdaun, hidup di kerikil dengan rizoid, kemungkinan tanaman tersebut yaitu ....
a. Bryophyta
b. Pteridophyta
c. Gymnospermae
d. Monocotyledonae
e. Dicotyledonae
Jawaban: a

6. Pada tanaman paku tertentu sanggup mengasilkan mikrospora, yaitu spora yang ....
a. berasal dari pertumbuhan zigot
b. dihasilkan pada pangkal batang
c. berukuran sangat kecil dan berkelamin jantan
d. dilengkapi dengan flagel
e. berukuran besar dan berkelamin betina
Jawaban: c

7. Varanus Komodoensis merupakan binatang khas yang ditemukan di Indonesia. Hewan ini endemik di daerah ....
a. kepulauan Maluku
b. tempat peralihan Indonesia
c. sekitar garis khatulistiwa
d. tempat barat Indonesia
e. tempat timur Indonesia
Jawaban: b

8. Tingkat takson binatang yang tertinggi yaitu ....
a. filum
b. divisi
c. genus
d. kelas
e. ordo
Jawaban: a

9. Contoh tanaman Malesiana antara lain ....
a. meranti, durian, matoa, dan salak
b. jati, durian, mangga, dan konifer
c. meranti, salak, lumut kerak, dan rumput
d. lumut kerak, jati, meranti, dan konifer
e. durian, jati, lumut kerak, dan salak
Jawaban: a

10. Keunikan biodiversitas Indonesia selain mempunyai jenis binatang dan tanaman endemik yaitu ....
a. terletak di garis khatulistiwa
b. terdiri dari kepulauan
c. mempunyai hutan tropis
d. banyak mempunyai jenis ikan
e. mempunyai tanaman bertipe Malesiana
Jawaban: e

11. Tumbuhan paku yang mempunyai strobilus pada ujung batang atau cabang yaitu ....
a. Pteris sp.
b. Equisetum sp.
c. Nephrolepis sp.
d. Adiantum sp.
e. Platycerium sp.
Jawaban: b

12. Di antara ciri-ciri berikut yang membedakan tanaman dikotil dengan monokotil yaitu ....
a. warna bunga dan bentuk daun
b. ukuran  bunga dan bentuk tulang daun
c. jumlah keping biji dan bentuk akar
d. jumlah serpihan bunga dan bentuk batang
e. bentuk daun dan bentuk batang
Jawaban: c

13. Pencernaan masakan pada Porifera dilakukan oleh ....
a. usus halus
b. sel koanosit
c. rongga spongosol
d. ostium
e. sel amoebosit
Jawaban: b

14. Berdasarkan ukuran sporanya, selaginella sp. termasuk jenis paku ....
a. heterospora
b. homospora
c. isospora
d. zoospora
e. konidiospora
Jawaban: a

15. Citrus nobilis yaitu nama ilmiah untuk jeruk keprok. Kata Citrus memperlihatkan takson ....
a. filum
b. genus
c. spesies
d. famili
e. ordo
Jawaban: b

16. Buah pace merupakan salah satu sumber materi ....
a. sandang
b. pangan
c. kosmetik
d. papan
e. obat
Jawaban: e

17. Marchantia sp. merupakan tanaman lumut yang sering dimanfaatkan untuk ....
a. mengobati penyakit hepatitis
b. mambuat kasur
c. sayuran
d. mengobati penyakin gula
e. obat kuat
Jawaban: a

18. Bangunan yang berupa keping berlubang sebagai tempat masuknya air ke dalam sistem ambulakral yaitu ....
a. medreporit
b. ampula
c. podia
d. kanalis radialis
e. kanalis sirkumoralis
Jawaban: a

19. Persamaan antara cacing dengan Coelenterata yaitu ....
a. triploblastik
b. sistem pencernaan gastrovaskuler
c. sistem ekskresi dengan solenosit
d. umumnya sebagai parasit
e. mempunyai sistem sentra saraf
Jawaban: b

20. Babi menjadi hospes dari cacing pita, yaitu dalam bentuk ....
a. strobila
b. heksakan
c. skoleks
d. sistiserkus
e. proglotid
Jawaban: b

21. Berikut ini yaitu serpihan penyusun sistem ambulakral pada Echinodermata.
1) saluran batu
2) saluran cincin
3) saluran lateral
4) ampula
5) podium (kaki taung)
6) madreporit
Urutan jalannya air pada sistem pembuluh air (ambulakral) yaitu ....
a. 2 - 1 - 3 - 4 - 5 - 6
b. 5 - 1- 2 - 4 - 5 - 3
c. 5 - 2- 1 - 4 - 5– 3
d. 6 - 1 - 2- 3- 4– 5
e. 6 - 2- 1- 3- 4– 5
Jawaban: d

22. Di antara cacing berikut yang yummy dimakan yaitu ....
a. Hirudo sp.
b. Moniligaster sp.
c. Lysidice sp.
d. Lumbricus sp.
e. Hirudinaria sp.
Jawaban: c

23. Gajah, elang, dan harimau merupakan binatang khas yang banyak ditemukan di daerah ....
a. tempat peralihan Indonesia
b. Ujung Kulon, Jawa Barat
c. tempat timur Indonesia
d. tempat barat Indonesia
e. hutan di Lampung
Jawaban: d

24. Pada badan Coelenterata terdapat rongga besar yang disebut ....
a. usus
b. coelenteron
c. coelom
d. spongosol
e. oskulum
Jawaban: a

25. Ikan mempunyai kulit yang tipis, transparan dan banyak mengandung kelenjar lendir. Kelenjar tersebut ada hubungannya dengan ....
a. pencegah terhadap kekeringan
b. sistem ekskresi
c. sistem pernapasan
d. tekanan hidrolik
e. fungsi pergerakan
Jawaban: e

26. Hewan yang tergolong dalam Gastropoda gampang dikenal, alasannya yaitu ....
a. berkaki pipih
b. berkaki dengan perut
c. berinsang berlapis
d. berkaki di kepala
e. bercangkang sepasang
Jawaban: b

27. Wuchereria brancrofti mengingatkan kepada kita untuk melaksanakan tindakan ....
a. peningkatan kesejahteraan pada sandang
b. peningkatan pada bidang sandang
c.  peningkatan bidang bioteknologi
d. tidak dalam kelambu yang benar dan sehat
e. pemakaian alas kaki yang tepat
Jawaban: d

28. Keanekaragaman hayati merupakan  keseluruhan penampakan tipis spesies. Hal ini didasarkan oleh ....
a. faktor genetik
b. faktor interaksi dengan lingkungan
c. faktor lingkungan
d. faktor habitat
e. Faktor genetik dan interaksi dengan lingkungan
Jawaban: e

29. Hewan yang umumnya mengapung di bahari dan bila dipegang menjadikan rasa gatal. Hewan tersebut kedalam filum ....
a. Porifera
b. Coelenterata
c. Athropoda
d. Mollusca
e. Echinodermata
Jawaban: b

30. Jenis mamalia primitif yang berkembang biak dengan telur yaitu ....
a. oktopus
b. platipus
c. pesut
d. dugong
e. dolpin
Jawaban: b

31. Keanekaragaman gen dalam satu jenis sanggup memunculkan ....
Jawaban: variasi

32. Kawasan timur Indonesia dihuni oleh burung yang mempunyai warna ....
Jawaban: menarik

33. Pulau di Indonesia yang paling kaya akan jenis simpanse yaitu ....
Jawaban: Kalimantan

34. Terjadinya pembuahan pada tanaman Spermatophyta didahului dengan insiden ....
Jawaban: penyerbukan

35. Fase hidup pada tanaman lumut yang lebih usang yaitu fase ....
Jawaban: gametofit

36. Cacing yang dimanfaatkan untuk indikator pencemaran air yaitu ....
Jawaban: tubifex sp.

37. Rongga badan porifera disebut ....
Jawaban: spngosol

38. Pada binatang kalajengking, di sekitar lisan terdapat alat ibarat penjepit besar untuk menangkap mangsa dan sebagai alat peraba disebut ....
Jawaban: kalisera

39. Jenis karang yang mempunyai cangkang dua buah dimasukkan ke dalam kelas ....
Jawaban: bivalvia

40. Beberapa jenis Reptilia mengalami pergantian kulit. Pergantian kulit disebut dengan istilah ....
Jawaban: ekskuifikasi

41. Bagaimana cara Coelenterata mendapat makanan?
Jawaban: coelenterata mendapat masakan berupa jentik-jentik dengan memakai tentakel. Makanan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mulut, kemudian masuk ke kerongkongan dan rongga usus (kantong tubuh) untuk dicerna. Pencernaan Coelenterata dilakukan secara ekstraseluler. Setelah masakan tamat dicerna, sisa-sisa masakan dimuntahkan melalui mulutnya lantaran binatang tersebut tidak mempunyai anus.

42. Sebutkan keunikan biodiversitas Indonesia!
Jawaban: mempunyai tanaman bertipe Malesiana dan mempunyai tanaman dan fauna endemik

43. Mengapa tanaman paku termasuk ke dalam kormofita?
Jawaban: alasannya yaitu sudah mempunyai akar, batang, dan daun yang sesungguhnya.

44. Jelaskan daur hidup Aurelia aurita (ubur-ubur)!
Jawaban: daur hidup Aurelia Aurita
Medusa bersifat diosesius (berkelamin terpisah/berumah dua). Masing-masing akan menghasilkan sel kelamin. Fertilisasi terjadi di dalam air, termasuk zigot hingga larva planula (bersila) dan bila menemukan tempat sesuai, silia ditanggalkan dan berubah menjadi polip baru. Polip tersebut akan memebntuk tunas yang saling bertumpuk berbentuk ibarat cawan disebut skifistoma. Jika sudah cukup umur maka cawan (efira) akan lepas menjadi medusa.

45. Deskripsikan peranan Insekta bagi kehidpuan manusia!
Jawaban:
a. Menguntungkan:
- lebah madu, menghasilkan madu;
- ulat sutera, menghasilkan benang sutra;
- serangga, membantu penyerbukan;
- serangga predator, memangsa hama tumbuhan; dan
- lalat dan kumbang menghancurkan sampah.

b. Merugikan:
- merusak pertanian (kumbang kelapa, dan walang sangit);
- menularkan penyakit (nyamuk, lalat, dan kecoak);
- mengisap darah (kutu busuk); dan
- merusak tepung (kumbang tepung).


Demikianlah isu yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan kali ini admin ingin mengembangkan lagi soal tetang mata pelajaran Biologi   Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UTS Biologi Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc Siza 197kb.
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal Biologi kelas 10 kurikulum 2013
    • soal dan balasan Biologi kelas 10 serpihan 2
    • soal pilihan ganda Biologi kelas 10 semester 2
    • soal dan balasan Biologi kelas 10 semester 1
    • soal Biologi pilihan ganda beserta jawabannya
    • soal dan balasan Biologi kelas 10 semester 1 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda Biologi kelas 10 semester 1
    • soal Biologi dan kunci balasan 2018, 2019,2020,2021


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser