Soal Usbn Geografi Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Usbn Geografi Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Usbn Geografi Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Halo sobat Student-Society dimana saja berada, pada kesempatan yang berbahagia ini, admin Student-Society ingin membuatkan soal USBN GEOGRAFI untuk adik adik yang sedang menempuh Ujian Nasioan pada jenjang SMA/MA. untuk itu adik adik jangan kawatir ya ihwal soal yang akan dipersiapkan admin, lantaran admin sendiri sudah menyiapkan file link download. sehingga adik adik bisa mendownloadnya ya.  Oiya Pengertian Geografi – Apa itu geografi? Banyak yang kurang paham dan hanya tahu bahwa geografi ialah cabang ilmu pengetahuan ihwal bumi. Tentu pengertian dan definisi geografi lebih dari itu lantaran meliputi prinsip geografi, ruang lingkup geografi serta aspek-aspek geografi lain dalam hubungannya dengan kehidupan manusia. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai pengertian geografi berdasarkan para hebat beserta definisi, klarifikasi dan teladan konsepnya lengkap.

Secara umum, geografi sanggup diartikan sebagai ilmu yang mempelajari ihwal lokasi serta persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan insan di atas permukaan bumi. Kata geografi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang berarti Bumi dan graphein yang berarti goresan pena atau menjelaskan. Ilmu geografi pun diajarkan sebagai pengetahuan di sekolah dan jenjang pendidikan lainnya.

 Halo sobat Student-Society dimana saja berada   Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pengertian Geografi

Apa pengertian geografi? Terdapat banyak tafsir dan pendapat mengenai pengertian geografi. Beberapa klarifikasi pengertian geografi memang hampir sama dan identik, meski ada juga pendapat yang berbeda dan tidak selaras. Kali ini akan dijelaskan pengertian geografi beserta definisi dan penjelasannya lengkap.

Definisi Geografi

Apa bekerjsama definisi geografi? Untuk menjawabnya bisa dilihat dari pengertian geografi berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan KBBI, definisi geografi ialah ilmu ihwal permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian geografi berdasarkan para hebat termasuk berdasarkan Ikatan Geografi Indonesia (IGI) dan para hebat lain, baik hebat dari Indonesia atau hebat dari luar negeri dari banyak sekali era.

Eratosthenes
Menurut Eratosthenes yang beropini pada kurun ke-1, istilah geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

Claudius Ptolomaeus
Pengertian geografi berdasarkan Claudius Ptolomaeus ialah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Preston E. James
Pengertian geografi berdasarkan Preston E. James sanggup diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini lantaran bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

Karl Rither
Geografi merupakan suatu telaah ihwal bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geografi sanggup meliputi banyak sekali macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk acara insan itu sendiri juga dibahas.

Lobeck
Pendapat Lobeck ihwal pengertian geografi ini dikemukakan pada tahun 1939. Geografi merupakan suatu studi yang membahas ihwal hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

Frank Debenham
Di tahun 1950, Frank Debenham beropini bahwa geografi ialah ilmu yang mempunyai kiprah untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan korelasi di antara kehidupan insan dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara insan dan alam.

Ullman
Pengertian geografi berdasarkan Ullman ialah interaksi antar ruang. Pendapat mengenai definisi geografi dari Ullman ini dikemukakan di tahun 1954.

Alexander
Menurut Alexander pada tahun 1958, geografi merupakan sebuah studi mengenai imbas lingkungan alam terhadap banyak sekali acara manusia. Dalam pandangannya inilah mulai dibahas mengenai korelasi timbal balik yang terjadi antara acara insan serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

Hartshorne
Menurut Hartshorne pada tahun 1960, geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memperlihatkan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

Strabo
Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan korelasi antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat dari Strabo di tahun 1970 ini kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place.

Ekblaw dan Mulkerne 
Geografi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi, dan kehidupannnya, menghipnotis pandangan hidup kita, masakan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan sehari-hari, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

Paul Vidal de La Blance
Berdasarkan Paul Vidal de La Blance, geografi ialah studi ihwal kualitas negara-negara, di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana insan mengelola alam ini.

Bintarto
Prof. Bintarto beropini di tahun 1981 bahwa geografi mempelajari korelasi kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.



Soal USBN Geografi SMA/MA 



Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal USBN Geografi SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal USBN Geografi SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal USBN Geografi SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Kota-kota di sekitar Jakarta mengalami perkembangan wilayah sangat cepat sementara perkembangan wilayah Tasikmalaya yang jauh dari Jakarta perkembangannya relatif lambat dibandingkan kota di sekitar Jakarta.

Konsep geografi yang berkaitan dengan uraian tersebut ialah ....
A. konsep aglomerasi
B. konsep diferensiasi area
C. konsep interdependensi
D. konsep lokasi relatif
E. konsep morfologi
Jawaban: D

2. Keterbatasan daerah resapan air di wilayah perkotaan merupakan salah satu penyebab terjadi banjir pada demam isu penghujan serta terusan got kurang lancar menimbulkan banjir atau genangan air.

Pendekatan geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut ialah ....
A. pendekatan keruangan
B. pendekatan kelingkungan
C. pendekatan regional
D. pendekatan ekologi
E. pendekatan kompleks wilayah
Jawaban: A

3. Pernyataan :
(1) hujan orografis;
(2) gempa bumi;
(3) transmigrasi;
(4) urbanisasi;
(5) slum area;
(6) tanah longsor;

Berikut ini yang termasuk aspek sosial dalam kajian geografi ialah nomor ….
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (2), dan (6)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
Jawaban: D

4. Ilmu yang mempelajari relief permukaan bumi, dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk yang ada di atasnya ialah ....
A. geomorfologi
B. geologi
C. geodesi
D. klimatologi
E. kartografi
Jawaban: A

5. Akibat dari letak astronomis Filipina, maka tahun ini angin kencang tropis yang melanda negara tersebut diprediksi akan berdampak terhadap 3,5 juta jiwa penduduknya. Prinsip geografi yang berkaitan dengan pernyataan tersebut ialah .…
A. prinsip korologi
B. prinsip kronologi
C. prinsip interelasi
D. prinsip deskripsi
E. prinsip distribusi
Jawaban: C
6. Perhatikan jenis peta berikut !
1) Peta geologi
2) Peta topografi
3) Peta pedologi
4) Peta hidrologi

Informasi dari peta –peta tersebut sangat diharapkan dalam kegiatan ....
A. pembangunan perkantoran
B. agrowisata tumbuhan hortikultura
C. seni administrasi pemerataan penduduk
D. ekspansi daerah industri
E. pembangunan terminal
Jawaban: B

7. Titik Y sesuai gambaran gambar terletak di ketinggian ... dan dimanfaatkan untuk ....



A. 100 m, pertanian padi
B. 125 m, perkebunan jagung
C. 150 m, tumbuhan kina
D. 175 m, tumbuhan kelapa sawit
E. 200 m, perkebunan tembakau
Jawaban: B

8. Untuk mengenali obyek berdasarkan tingkat kegelapan dan kecerahan obyek pada citra, maka menggunakan unsur . . . .
A. Rona
B. Ukuran
C. Pola
D. Situs
E. Assosiasi
Jawaban: A

9. Ciri hasil Inderaja:
– tampak bentuk persegi panjang;
– bisa juga tampak bujur sangkar;
– berbentuk kotak-kotak kecil.

Benda sesuai ciri tersebut sanggup diinterpretasikan sebagai ....
A. gedung
B. sekolah
C. taman
D. mobil
E. atap rumah
Jawaban: E

10. Manfaat Sistem Informasi Geografis (SIG):
(1) memprediksi dampak gunung api;
(2) memprediksi tingkat kekeringan lahan;
(3) pendataan dan pengembangan jaringan transportasi;
(4) data kepadatan dan persebaran penduduk;
(5) mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian.

Pemanfaatan SIG dalam bidang sosial terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E


11. Daratan besar yang akan menjadi Amerika Selatan pada gambar ialah angka ....



A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: E

12. Gerak transfom (sesar mendatar) ibarat gambar menghasilkan bentuk permukaan Bumi berupa....



A. fleksur
B. dekstral
C. slenk
D. graben
E. horst
Jawaban: C

13. Proses pembentukan tata surya:
(1) massa gas bentuk cerutu pecah dengan ukuran berbeda;
(2) cuilan tengah lama-kelamaan menjadi gumpalam gas yang kemudian menjadi matahari;
(3) terjadi ledakan besar,  kemudian mengembang dengan sangat cepat menjauhi pusat ledakan;
(4) dua bintang kembar bergerak menuju pusat gravitasi;
(5) galaksi bergerak saling menjauh.

Pernyataan yang sesuai dengan teori pembentukan tatasurya ialah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: B

14. Ciri-ciri planet:
(1) dikenal sebagai bintang merah;
(2) mempunyai jarak dengan matahari sekitar 226 juta km;
(3) mempunyai satelit Deimis dan Phobos.

Planet yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut ialah ….
A. Venus
B. Mars
C. Merkurius
D. Saturnus
E. Uranus
Jawaban: B

15. Gambar lapisan atmosfer:



 Dari gambar lapisan–lapisan atmosfer tersebut, yang berfungsi sebagai penyaring sinar ultra violet ialah ....
A. troposfer
B. stratosfer
C. mesosfer
D. thermosfer
E. eksosfer
Jawaban: B

16. Skema siklus hidrologi:



Siklus air yang ditunjukkan oleh angka 1 pada  gambar merupakan ….
A. evaporasi
B. perkolasi
C. kondensasi
D. presipitasi
E. infiltrasi
Jawaban: A

17. Kerusakan tanah yang disebabkan oleh kombinasi air hujan dan pedoman air permukaan secara merata, sehingga partikel-partikel tanah hilang dengan ketebalan lapisan yang sama, disebut dengan…
A. pengikisan percikan (splash erosion)
B. pengikisan lembar (sheet erosion)
C. pengikisan alur (riil erosion)
D. pengikisan parit (gully erosion)
E. pengikisan jeram (water fall erosion)
Jawaban: B

18. Jenis-jenis batuan:
(1) ruby;
(2) topaz;
(3) turmalin;
(4) konglomerat;
(5) gypsum.

Batuan yang bernilai ekonomi tinggi terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A

19. Di Indonesia banyak kota yang berada di atas pegunungan patahan aktif, ibarat kota Bandung yang berada bersahabat dengan patahan  Lembang. Kota Banda Aceh, Kuta Cane dan Bukit Tinggi berada di atas patahan Semangko. Kota Palu dibangun di atas patahan Palu- Karo. Semua kota tersebut sangat rawan terhadap gempa bumi yang besar akhir bergeraknya patahan-patahan tersebut. Tindakan yang paling sempurna bagi masyarakat yang sudah terlanjur tinggal di kota-kota tersebut adalah....
A. menciptakan bangunan berbentuk panggung
B. tidak membangun gedung -gedung bertingkat
C. menciptakan semua bangunan yang berkonstruksi tahan getaran
D. menciptakan pemetaan daerah-daerah yang dilalui jalur patahan aktif dan menghindarinya
E. melaksanakan sosialisasi mitigasi peristiwa secara terus menerus dan berkala
Jawaban: B

20. Ciri-ciri hutan:
1) jenis tumbuhan beragam;
2) daunnya selalu hijau dan membentuk kanopi;
3) kelembapan daerah sangat tinggi dan suhu relatif tetap.

Jenis hutan sesuai ciri-ciri tersebut ialah hutan ….
A. taiga
B. stepa
C. musim
D. sabana
E. hujan tropis
Jawaban: E


21. Bentang alam yang menjadi pemisah antara zona fauna Paleartik dengan zona fauna Ethopian adalah….
A. Pegunungan Himalaya
B. Gurun Sahara
C. Samudera pasifik
D. Pegunungan Rocky
E. Laut Merah
Jawaban: E

22. Tabel sumber data penduduk:


NO.
Sensus
Survei
1.
Dilaksanakan setiap 10 tahun
Dilaksanakan secara periodik
2.
Hanya sebagian penduduk yang dihitung (sampel)
Seluruh penduduk dicacah
3.
Dilaksanakan oleh catatan sipil
Dilaksanakan serentak oleh masyarakat
4.
Seluruh penduduk dicacah
Hanya sebagian penduduk yang dihitung  (sampel)
5.
Penduduk mendatangi petugas
Petugas mendatangi penduduk

Perbedaan antara sensus dan survey dilihat dari sumber datanya ialah nomor .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Jawaban: E

23. Dampak yang terjadi kalau rasio ketergantungan di suatu negara besar ialah .…
A. masyarakatnya  bisa menabung
B. pendapatan perkapita rendah
C. pertumbuhan ekonomi stabil
D. mortalitas rendah
E. natalitas tinggi
Jawaban: B

24. Jumlah penduduk di Kecamatan Curug pada tahun 2016 sebanyak 10.000 jiwa. Jika pertumbuhan penduduk  2,0 % maka jumlah penduduk Kecamatan Curug akan menjadi dua kali lipat pada tahun…
A. 2050
B. 2051
C. 2052
D. 2053
E. 2054
Jawaban: B

25. Bahan galian yang mempunyai formula satu unsur, yaitu unsur karbon (C), terbentuk bersamaan dengan pembentukan batuan ultrabasa, kristalisasi materi ini terbentuk pada kedalaman 95 km dibawah permukaan bumi dengan temperatur antara 1500 – 2000 derajat C, ialah ... .
A. minyak bumi
B. belerang
C. tembaga
D. timah putih
E. intan
Jawaban: E

26. Pernyataan:
1) reklamasi
2) regionalisasi
3) revegetasi
4) optimalisasi
5) rehabilitasi

Dari pernyataan tersebut, upaya untuk memperbaiki lahan akhir penambangan materi galian adalah…
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3) dan (5)
E. (2), (4), dan (5)
Jawaban: C

27. Berdasarkan pembentukan, Sumber Daya Alam (SDA) penjabaran menjadi SDA sanggup di perbarui dan SDA tidak sanggup di perbarui.
Contoh- teladan SDA yang tidak sanggup di perbaharui ialah ….
A. kesuburan tanah, binatang dan hutan.
B. hutan,batubara dan tanah.
C. mineral,minyakbumi dan batubara.
D. minyak bumi, hutan dan hewan
E. air,udara dan minyak bumi.
Jawaban: A

28. Pemanfaatan lingkungan hidup yang tidak bertentangan dengan pembangunan berkelanjutan ialah .…
A. menimbulkan hutan sebagai areal penggembalaan ternak
B. menanami lereng gunung dengan tumbuhan buah
C. menimbun rawa tidak produktif untuk pemukiman
D. mereklamasi pantai untuk daerah industri
E. memanfaatkan lahan kritis untuk real estate
Jawaban: E

29. Pernyataan:
(1)  prinsip pemanfaatan;
(2)  pemakaian sumberdaya alam yang berlebihan;
(3)  melaksanakan daur ulang semoga sanggup dimanfaatkan untuk fungsi lain;
(4)  menggunakan sumberdaya alam yang mempunyai nilai guna;
(5)  memperbanyak penggunaan pupuk buatan.

Pelaksanaan pembanggunan berkelanjutan terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (4), dan (5)
Jawaban: B

30. Ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas bagi pemerintah. Oleh lantaran itu sektor pangan sangat berkontribusi besar terhadap sektor pertanian. Penyelesaian problem dalam pembangunan pertanian pada masa sekarang, ialah .…
A. meningkatkan kemandirian petani, dengan cara mendistribusikan hasil pertanian melalui tengkulak.
B. peningkatan kualitas petani, semoga sanggup bekerja diluar sektor pertanian.
C. memperlihatkan kesempatan bekerja di kota bagi  anggota keluarga petani.
D. alih fungsi lahan pertanian untuk permukiman dan industri
E. intensifikasi pertanian pada lahan yang sempit
Jawaban: E


31 Industri garmen sesuai grafis tataguna lahan cocok di daerah ....



A. 1, bersahabat dengan materi baku
B. 2, bersahabat pembuangan limbah
C. 3, gampang sarana transportasi
D. 4, bersahabat dengan konsumen
E. 5, gampang mencapai pemasaran
Jawaban: E

32. Pernyataan:
(1) masyarakat menjadi konsumtif.
(2) meminimalisir biaya angkut yang tinggi.
(3) meningkatkan pemberian luar negeri.
(4) adanya keterkaitan dalam hal produksi.
(5) terkonsentrasinya beberapa faktor produksi pada suatu lokasi.
(6) kebutuhan akan sarana dan prasarana yang lengkap

Alasan aglomerasi industri ialah ....
A. (1), (2), (5), dan (6)
B. (1), (3), (5), dan (6)
C. (2), (3), (5), dan (6)
D. (2), (4), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)
Jawaban: D

33.Potensi geotermal di Indonesia mempunyai prospek yang sangat baik. Hal ini disebabkan lantaran .…
A. iklim tropis dan mempunyai keanekaragaman hayati
B. banyak terdapat acara vulkanik dan curah hujan tinggi
C. curah hujan tinggi dan permeabilitas rendah
D. pertemuan dua jalur pegunungan muda, sirkum pasifik dan sirkum mediterania
E. terletak di antara dua samudra dan dua benua
Jawaban: B

34. Desa yang berada pada daerah yang bertopografi pegunungan kapur pada umumnya pola pesebaran pemukimannya bersifat ….
A. tersebar (scaterred)
B. cincin (mengelilingi pusat)
C. linier (memanjang)
D. radial (melingkar)
E. mengelompok
Jawaban: A

35. Skema tata guna lahan kota berdasarkan Harris dan Ullman



Angka yang memperlihatkan zona pusat kegiatan atau loop  adalah....
A. 1
B. 3
C. 6
D. 7
E. 8
Jawaban: A

36. Berdasarkan tingkat perkembangan negara Indonesia, kota yang mayoritas sebagai ciri agraris dan tingkat kemacetan serta krimitalitas tinggi ialah ….
A. agropolis dan metropolis
B. polis dan tryanopolis
C. eopolis dan polis
D. mengapolis dan metropolis
E. nekropolis dan metropolis
Jawaban: B

37. Seorang pengusaha ingin membangun pusat perbelanjaan di jalan antara kota “P” dengan kota “R”. Jarak kedua kota 12 km, dengan jumlah penduduk kota “P” 6.000.000 jiwa dan penduduk kota “R” 24.000.000 jiwa.
Berdasarkan data tersebut pusat perbelanjaan sangat cocok dibangun pada ....
A. 8 km dari P ke R
B. 5 km dari R ke P
C. 5 km dari P ke R
D. 4 km dari P ke R
E. 4 km dari R ke P
Jawaban: D

38. Pernyataan:
(1) hutan mangrove
(2) terumbu karang
(3) pertambangan
(4) transportasi laut
(5) keindahan pantai

Potensi maritim yang mempunyai manfaat ekologis dan sosial ekonomi ditunjukkan oleh angka ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (3) dan (5)
Jawaban: A

39. Arah pembangunan wilayah ibarat gambar lebih pesat berkembang ke arah ....



A. I, acara utama penduduk di sektor pertanian
B. II, wilayah padat penduduk hingga gampang tenaga kerja
C. III, sebagian penduduk bekerja di sektor industri
D. IV, merupakan daerah rawa hingga gampang dikembangkan
E. V, merupakan pusat pertumbuhan yang telah berkembang
Jawaban: C

40. Pernyataan:
(1) angka final hidup tinggi
(2) angka cita-cita hidup tinggi
(3) pertumbuhan penduduk tinggi
(4) pendapatan per kapita tinggi
(5) angka pengangguran tinggi

Pernyataan yang memperlihatkan indikator negara berkembang ialah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (2), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: B

41.Gambar siklus batuan.



Sebutkan jenis batuan  pada angka  1, 2, 3, 4a, 4b dan 5 pada gambar  tersebut!
Jawaban:
1. magma
2. batuan beku
3. batuan sedimen klastis
4a. batuan sedimen kimiawi
4b. batuan sedimen organis
5. batuan metamorf


42. Jelaskan mengapa wilayah nomor 1 disebut sebagai wilayah persebaran binatang khas Asiatis dan berikan 3 teladan jenis binatang di wilayah tersebut!



Jawaban: Fauna wilayah ini mempunyai kesamaan dengan tipe asia (asiatis). Fauna Indonesia cuilan barat disebut juga fauna dangkalan sunda yang pernah menyatu dengan daratan Asia. Jenis fauna Indonesia cuilan barat, yaitu :
a. Mamalia, meliputi : gajah, rino bercula batu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, harimau, bajing, kijang, kelelawar, dan babi hutan.
b. Reptil, meliputi : buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, biawak, bunglon, dan trenggiling.
c. Burung, meliputi : burung hantu, elang, jalak, kutilang, dan merak
d. Serangga, contohnya : kumbang badak
e. Ikan air tawar, ibarat : ikan pesut

43. Suatu wilayah kota mengalami pertumbuhan penduduk tinggi, penduduk mengelompok di pusat kota, dan tingkat pendidikan rendah. Uraikan upaya mengatasi dan dampak permasalahan tersebut!
Jawaban: untuk mengatasi problem ini, bisa dengan cara meningkatkan pembangunan di daerah semoga terjadi pemerataan pembangunan, sehingga penduduk tidak lagi mengelompok di pusat kota.

44. Tabel Data penduduk daerah X

Umur (tahun)
Jumlah (jiwa)
0-14
30.000
15-64
100.000
65 ke atas
20.000
Jumlah
150.000


Berdasarkan data di atas, berapa angka ketergantungan daerah X dan berikan penjelasannya!
Jawaban:

Angka ketergantungan
 
= (𝑈𝑠𝑖𝑎 𝑁𝑜𝑛 𝑃𝑟𝑜𝑑𝑢𝑘𝑡𝑖𝑓/𝑈𝑠𝑖𝑎 𝑃𝑟𝑜𝑑𝑢𝑘𝑡𝑖𝑓) 𝑥 100%

=20100 𝑥 100%

=50/100 𝑥 100%

=50


45. Kota A berpenduduk 25.000 jiwa, kota B berpenduduk 10.000 jiwa. Jika jarak A-B 50 km. Berapa kekuatan interaksi kota A ke B?
Jawaban:



Demikianlah gosip yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 45+ Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Halo sobat Student-Society dimana saja berada   Soal USBN Geografi SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal USBN Geografi SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc Siza 347kb.
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • download soal usbn geografi
    • soal usbn geografi dan pembahasannya
    • soal usbn geografi sma 2018
    • soal usbn geografi sma 2016
    • soal usbn geografi 2018
    • soal usbn geografi 2017 pdf
    • materi usbn geografi sma
    • usbn sma geografi 2018, 2019,2020,2021


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser