Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo Sahabat Student-Society dimana saja berada. Pada kesempatan yang baik ini admin ingin membuatkan Soal yang mungkin bisa dijadikan refrensi untuk menciptakan soal Kelas 11 SMA/MA. Soal kali ini yaitu Soal UAS Bahasa Indonesia untuk yang sedang duduk dibangku Kelas 11 SMA/MA pada semester ganjil atau semester satu. Soal ini sudah admin sediakan dalam format doc. sehingga bisa adik adik print dirumah. Oiya Kurikulum 2013 tercatat sebagai perubahan ketiga selama kurun politik reformasi. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang disebut-sebut mengalami perombakan total dalam Kurikulum 2013 ini, selain Matematika dan Sejarah. Bila dalam Kurikulum 2006 mata pelajaran Bahasa Indonesia lebih mengedepankan pada keterampilan berbahasa (dan bersastra), maka dalam Kurikulum 2013 ini Bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menalar. Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan menalar peserta didik Indonesia masih sangat rendah. Dari studi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2011, hanya lima persen peserta didik Indonesia yang bisa memecahkan dilema yang membutuhkan pemikiran, sedangkan sisanya 95 persen hanya hingga pada level menengah, yaitu memecahkan dilema yang bersifat hapalan.
Dalam implementasinya, pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks sanggup berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran insan yang lengkap yang di dalamnya mempunyai situasi dan konteks. Belajar Bahasa Indonesia tidak sekadar menggunakan bahasa Indonesia untuk memberikan materi belajar. Namun, perlu juga dipelajari soal makna atau bagaimana menentukan kata yang tepat. Selama ini pembelajaran BI tidak dijadikan sarana pembentuk pikiran padahal teks merupakan satuan bahasa yang mempunyai struktur berpikir yang lengkap. Karena itu pembelajaran BI harus berbasis teks. Melalui teks maka kiprah BI sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain sanggup dicapai.
Pembelajaran teks membawa anak sesuai perkembangan mentalnya, menuntaskan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Adalah kenyataan, masalah kehidupan sehari-hari tak terlepas dari kehadiran teks. Untuk menciptakan minuman atau masakan, perlu digunakan teks arahan/ prosedur. Untuk melaporkan hasil observasi terhadap lingkungan sekitar, teks laporan perlu diterapkan. Untuk mencari kompromi antarpihak bermasalah, teks perundingan perlu dibuat. Untuk mengkritik pihak lain pun, teks anekdot perlu dihasilkan. Selain teks sastra non-naratif itu, hadir pula teks kisah naratif dengan fungsi sosial berbeda. Perbedaan fungsi sosial tentu terdapat pada setiap jenis teks, baik genre sastra maupun nonsastra, yaitu genre faktual (teks laporan dan prosedural) dan genre tanggapan (teks transaksional dan ekspositori).
Materi pembelajaran Bahasa Indonesia menciptakan muatan Kurikulum 2013 penuh struktur teks. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks memang baik. Namun, di lapangan peserta didik menjadi jenuh lantaran setiap kali harus berhadapan dengan teks, teks, dan teks. Di samping itu, materi sastra yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan karakter dan akal pekerti peserta didik banyak dihilangkan. Kurikulum 2013 melaksanakan reduksi secara besar-besaran terkait dengan jenis teks sastra. Dari sejumlah kekayaan yang ada dalam khazanah sastra Indonesia, hanya sebagian kecil yang dimasukkan dalam kurikulum. Hal inilah yang juga sempat menciptakan sastrawan Taufik Ismail kecewa (Horison, Juni 2013). Sastra, selain sanggup menggiring anak untuk gemar membaca dan menulis, juga sanggup menjadi wahana penanaman nilai-nilai kehidupan bagi insan yang berbudaya.
Materi Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 kiranya masih perlu banyak dibenahi. Materi wacana jenis-jenis teks masih kabur dan tumpang tindih. Hal ini akan berdampak pada pembelajaran di kelas. Buku teks yang disediakan pemerintah dirasa cukup membantu. Namun, bila konsep wacana teks yang tertulis di dalamnya tidak tepat, guru harus berani bersikap bijak semoga peserta didik tidak dibentuk bingung. Dengan demikian, tujuan pembelajaran sanggup tercapai.#
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Kata “atau” merupakan konjungsi ….
a. tujuan
b. pilihan
c. temporal
d. kesimpulan
e. syarat
Jawaban: b. pilihan
Pembahasan:
Konjungsi merupakan kata hubung dalam sebuah kalimat kata, atau paragraf. Kata “atau” termasuk dalam konjungsi pilihan.
2. Kata “terakhir” merupakan konjungsi
a. tujuan
b. pilihan
c. temporal
d. kesimpulan
e. syarat
Jawaban: c. temporal
Pembahasan:
Konjungsi temporal ialah kata sambung yang mengacu pada waktu.
Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 3-5!
(1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat masuk akal bila bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. (3) gelombang tersebut bisa mencapai 500 hingga 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada ketika mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 hingga 30 kilometer. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa mengakibatkan kerusakan yang parah.
3. Kalimat yeng merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
Jawaban: a. (1) dan (2)
Pembahasan:
Opini atau pendapat ialah perkiraan, pikiran atau tanggapan wacana suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini dalam teks tersebut ialah nomor satu dan dua.
4. Kalimat pada teks eksplanasi tersebut yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) ialah nomor ..
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e. (5)
Pembahasan:
Unsur kausalitas ialah unsur yang mengandung alasannya akibat, unsur yang mengandung alasannya akhir dalam teks eksplanasi tersebut ialah balasan e.
5. Kalimat teks eksplanasi tersebut yang mempunyai konjungsi syarat ialah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a. (1)
Pembahasan:
Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal sanggup terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan tersebut dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan korelasi ini ialah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan, bilamana. Jawaban yang tepat ialah jawaba a, lantaran terdapat kata konjungsi syarat yaitu kata jika.
6. Cermati kutipan berikut!
Bahan; rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya cara membuat; kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. kemudian peras dan disaring. Cara menggunakan kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum.
Kata yang membuktikan urutan acara ialah …
a. kemudian
b. tambahkan
c. secangkir air
d. biar mengendap
e. sebesar ibu jari
Jawaban: b. tambahkan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk teks prosedur, kata yang membuktikan urutan acara ialah kata “tambahkan” yang mempunyai kata perintah.
7. Perhatikan kutipan berikut!
Makanan alami lele terdiri dari plankton, banyak sekali udang kecil, siput, cacing, jentik nyamuk, bahkan sisa sayur-mayur. Jika ele dibudidayakan di kolam, sisa-sisa masakan di dapur, dadak halus sanggup ditambahkan sebagai kuliner tambahan. Oleh lantaran itu, lele disebut pula sebagai omnivore atau pemakan segala.
Konjungsi antarkalimat dalam kutipan tersebut ialah ….
a. maka
b. bahkan
c. sebagai
d. terdiri dari
e. oleh lantaran itu
Jawaban: e. oleh lantaran itu
Pembahasan:
Konjungsi ialah kata hubung, kata hubung yang tepat dalam teks tersebut ialah oleh lantaran itu.
8. Ceramah bertujuan untuk memperlihatkan ….
a. hikmah baik
b. kebencian
c. kemurkaan
d. keburukan
e. kejahatan
Jawaban: a. hikmah baik
Pembahasan:
Ceramah ialah pesan yang bertujuan memperlihatkan nasehat dan petunjuk-petunjuk, sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar. Sedangkan umum untuk siapa saja, khalayak ramai, masyarakat luas, atau lazim.
9. Berikut yang tidak termasuk ungkapan terimakasih ialah ….
a. Terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya
b. Assalamualaikum wr. Wb
c. Dengan adanya benda ini, saya ucapkan terima kasih
d. Ungkapan syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan.
e. saya panjatkan syukur saya kepada Tuhan Yang Maha Esa
Jawaban: b. Assalamualaikum wr. Wb
Pembahasan:
Ucapan terimakasih yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah.
10. Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah ialah ….
a. efektif
b. ambigu
c. rancu
d. bahasa gaul
e. bahasa tidak baku
Jawaban: a. efektif
Pembahasan:
Materi ceramah harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif.
11. Isi dalam epilog penyampaian ceramah berupa ….
a. salam pembuka
b. pengenalan topik, tema, dan judul
c. materi pokok yang dibahas
d. kesimpulan dan ungkapan penutup
e. ucapan terima kasih
Jawaban: d. kesimpulan dan ungkapan penutup
Pembahasan:
Dalam epilog terdapat poin-poin yang mendukung antara lain sebagai berikut:
1. kesimpulan materi yang telah disampaikan
2. ungkapan penutup, contohnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf bila terdapat kesalahan
3. salam penutup.
12. Kalimat salam epilog yang tepat ialah ….
a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf
b. Selesai semua saya mohon maaf
c. Sudah saya akhiri semua ini
d. Demikian saya awali, mohon maaf
e. Terima kasih
Jawaban: a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf
Pembahasan:
Salam epilog harus menggunakan kalimat yang baik, semoga mempunyai kesan yang baik pula.
13. Perhatikan kalimat berikut!
Kesempurnaan milik Tuhan, kesalahan milik saya.
Kalimat tersebut sering terdapat pada cuilan ….
a. pendahuluan
b. isi
c. materi
d. salam pembuka
e. salam penutup
Jawaban: e. salam penutup
Pembahasan:
Kalimat tersebut merupakan akhiran dari sebuah penutupan pidato, ceramah atau khotbah.
14. Faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang menghipnotis penulis dalam menulis cerpen tersebut disebut ….
a. latar belakang masyarakat
b. latar belakang penulis
c. penokohan
d. sudut pandang
e. alur
Jawaban: a. latar belakang masyarakat
Pembahasan:
Latar belakang masyarakat merupakan faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang menghipnotis dalam menulis cerpen tersebut.
15. Nilai yang menjelaskan baik dan jelek seseorang dalam kisah ialah nilai ….
a. agama
b. sosial
c. budaya
d. moral
e. ekonomi
Jawaban: d. moral
Pembahasan:
Di dalam suatu cerpen, nilai moral sanggup menjadi suatu nilai yang baik maupun nilai yang buruk.
16. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Waktu Holil anak Haji Zainuri sunat, saya masih anak kecil. Di kotaku belum ada listrik. Apalagi radio dan bioskop. Hiburan satu-satunya bagi bawah umur kecil di waktu sore hari ialah menonton orang memasang lampu petromaks yang dikerek di setiap perempatan jalan dan memburu-buru gangsir atau laron bilamana musimnya tiba.
Unsur ekstrinsik yang ingin ditonjolkan dan penggalan cerpen tersebut ialah latar belakang ….
a. sosial masyarakat
b. budaya masyarakat
c. sosial pengarang
d. sejarah penciptaan
e. agama pengarang
Jawaban: a. sosial masyarakat
Pembahasan:
Penggalan cerpen tersebut menonjolkan unsur ekstrinsik latar belakang sosial masyarakat. masyarakat yang pada zaman itu belum mempunyai jaringan listrik. Sehingga hiburan bagi bawah umur pun masih sangat terbatas.
17. Salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau kisah mengenai insan beserta seluk-beluknya lewat goresan pena pendek dan singkat disebut ….
a. kisah pendek
b. eksposisi
c. eksplanasi
d. deskripsi
e. prosedur
Jawaban: a. kisah pendek
Pembahasan:
Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau kisah mengenai insan beserta seluk beluk nya lewat goresan pena pendek dan singkat.
18. Bacalah teks berikut!
Hari ini saya bangun pagi terlambat. Ku lihat jam telah membuktikan pukul 7. Tanpa pikir panjang saya pribadi berganti pakaian dan pribadi menuju sekolahku. Di perjalanan sekolah, saya memacu kendaraanku dengan sangat kencang. Namun, tiba-tiba dari arah berlawanan ada seorang pejalan kaki yang melintas.tanpa sempat menghindar lagi, saya pun menumbur dirinya.
Alur dalam penggalan teks tersebut ialah alur ….
a. maju
b. mundur
c. campuran
d. tidak urut
e. flashback
Jawaban: a. maju
Pembahasan:
Pada alur maju atau disebut juga dengan alur progresif. Penulis menyajikan jalan ceritanya secara berurutan dimulai dari tahapan perkenalan ke tahapan penyelesaian secara urut dan tidak acak.
19. Berikut ini yang tidak termasuk ciri cerpen ialah ….
a. jalan ceritanya pendek
b. mempunyai jumlah 10.000 kata
c. berasal dari kehidupan sehari-hari
d. menggambarkan semua kisah pada tokohnya
e. tidak ada permasalahan dalam cerita
Jawaban: e. tidak ada permasalahan dalam cerita
Pembahasan:
Berikut ciri-ciri cerpen.
1. Jalan ceritanya lebih pendek dari novel
2. Sebuah cerpen mempunyai jumlah kata yang tidak lebih dari 10.000 (10 ribu) kata.
3. Biasanya isi kisah cerpen berasal dari kehidupan sehari-hari
4. tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya hal ini lantaran dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja.
5. Tokoh dalam cerpen digambarkan mengalami masalah atau suatu konflik hingga pada tahap penyelesaiannya.
6. Pemakaian kata yang sederhana serta hemat dan gampang dikenal pembaca.
20. Ringkasan atau inti dalam kisah pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian insiden atau bisa juga sebagai citra awal dalam kisah disebut …
a. abstrak
b. orientasi
c. komplikasi
d. evaluasi
e. koda
Jawaban: a. abstrak
Pembahasan:
Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari kisah pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian insiden atau sanggup juga sebagai citra awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional atau dalam artian bahwa setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur abnormal tersebut.
21. Sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan kisah sebuah cerpen disebut ….
a. tema
b. alur
c. setting
d. tokoh
e. penokohan
Jawaban: a. tema
Pembahasan:
Tema ialah sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan kisah sebuah cerpen. Tema biasanya sanggup pribadi terlihat terperinci di dalam kisah atau tersurat dan tidak langsung, dimana si pembaca harus teliti dan sanggup menyimpulkan sendiri atau tersirat.
22. Jalan dari sebuah kisah kisah merupakan karya sastra disebut ….
a. tema
b. penokohan
c. amanat
d. alur
e. setting
Jawaban: d. alur
Pembahasan:
Jalan dari sebuah kisah kisah merupakan karya sastra. Secara garis besar, alur merupakan urutan tahapan jalannya kisah , antara lain perkenalan - muncul konflik atau suatu permasalahan – peningkatan konflik – puncak konflik (klimaks) – penurunan konflik – selesaikan.
23. Berikut yang tidak termasuk setting ialah ….
a. tempat
b. latar
c. suasana
d. waktu
e. tokoh
Jawaban: e. tokoh
Pembahasan:
Setting sangat berkaitan dengan kawasan atau latar, waktu, dan suasana dalam cerpen tersebut.
24. Tokoh baik dalam karya sastra disebut ….
a. protagonis
b. antagonis
c. campuran
d. tritagonis
e. pantonim
Jawaban: a. protagonis
Pembahasan:
Tokoh baik disebut dengan protagonis.
25. Penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada di dalam kisah termasuk tahapan alur….
a. perkenalan
b. pemunculan masalah
c. menuju konflik
d. ketegangan
e. penyelesaian
Jawaban: a. perkenalan
Pembahasan:
Pada cuilan perkenalan, penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada dalam kisah tersebut.
26. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pagi ini cuaca begitu cerah sehingga sanggup mengubah suasana jiwaku yang penat lantaran setumpuk kiprah yang terbengkelai menjadi teringankan. Namun, kini saya harus mulai berdiri dari tidurku dan bergegas untuk mandi lantaran pagi ini saya harus bekerja keras.
Tokoh “aku” dalam kutipan tersebut merupakan sudut pandang ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang ketiga serbatahu
d. orang ketiga pengamat
e. orang kedua
Jawaban: a. orang pertama pelaku utama
Pembahasan:
Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” akan menjadi tingkat perhatian dari kisah cerpen tersebut. Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” digunakan sebagai tokoh utama.
27. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sudah genap 1 bulan beliau menjadi pendatang gres di perumahan ini. Tetapi, beliau juga belum satu kali pun terlihat keluar rumah hanya untuk sekedar beramah-tamah dengan tetangga yang lain.
Kutipan cerpen tersebut mempunyai sudut pandang ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang ketiga serbatahu
d. orang ketiga pengamat
e. orang kedua
Jawaban: c. orang ketiga serbatahu
Pembahasan:
Kisah kisah dari sudut “dia” namun pengarang atau narator sanggup menceritakan apa saja hal-hal dan tindakan yang menyangkut tokoh “dia” tersebut. Pengarang mengetahui segalanya.
28. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Entah apa yang telah terjadi dengannya. Pada ketika datang, ia pribadi marah. Memang kelihatannya ia mempunyai banyak masalah.
Kutipan teks cerpen tersebut mempunyai sudut pandang ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang ketiga serbatahu
d. orang ketiga pengamat
e. orang kedua
Jawaban: d. orang ketiga pengamat
Pembahasan:
Dalam sudut pandang ini berbeda dengan orang ketiga serbatahu. Pengarang hanya melukiskan apa yang dilihat, dialami, dipikir dan dirasakan oleh tokoh tersebut, namun terbatas pada seorang tokoh saja.
29. Bacalah kutipan cerpen tersebut!
Sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarah kisah tersebut kepada pembaca semoga pembaca sanggup bertindak atau melaksanakan sesuatu disebut ….
a. amanat
b. tema
c. sudut pandang
d. setting
e. alur
Jawaban: a. amanat
Pembahasan:
Amanat merupakan sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarang kisah tersebut kepada pembaca semoga pembaca sanggup bertindak atau melaksanakan sesuatu.
30. Berikut yang tidak termasuk unsur intrinsic cerpen ialah ….
a. tema
b. alur
c. setting
d. latar belakang
e. penokohan
Jawaban: d. latar belakang
Pembahasan:
Unsur intrinsik cerpen ialah tema, alur, setting, tokoh, penokohan, sudut pandang dan amanat.
31. Sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu, sehingga mempunyai arti bagi peserta disebut ….
Jawaban: informasi
32. Tujuan teks mekanisme ialah ….
Jawaban: untuk membuktikan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.
33. Setelah alat dan materi dalam teks mekanisme ialah ….
Jawaban: langkah-langkah
34. Struktur teks mekanisme yang pertama ialah …
Jawaban: tujuan
35. Kata kemudian termasuk konjungsi ….
Jawaban: waktu
36. Teks eksplanasi merupakan karangan yang isinya berupa ….
Jawaban: penjelasan-penjelasan
37. Semua fenomena tersebut mempunyai korelasi ….
Jawaban: alasannya akhir dan mempunyai proses
38. Seorang pembicara harus mengetahui bahwa dirinya ialah ….
Jawaban: pembicara
39. Audiens majemuk kelompok insan yang berbeda mulai dari segi ….
Jawaban: intelektualitas, status ekonomi, status sosial, pendidikan, jenis kelamin dan lain-lain.
40. Tema merupakan gagasan pokok yang mendasari suatu ….
Jawaban: permasalahan
41. Tulislah struktur teks mekanisme yang kedua!
Jawaban:
Bagian materi yang menjelaskan alat dan materi dalam melaksanakan sesuatu.
42. Tulislah struktur teks mekanisme cuilan terakhir!
Jawaban:
Bagian langkah-langkah yang menjelskan mengenai cara yang tempuh dalam teks.
43. Apa saja yang dimuat dalam teks eksplanasi?
Jawaban:
Dalam teks eksplanasi dimuat info yang bersifat fakta.
44. Apa yang harus diketahui dalam mengidentifikasi info dalam teks eksplanasi?
Jawaban:
Pengetahuan dan urutan insiden dalam teks eksplanasi.
45. Uraian sifat teks eksplanasi!
Jawaban:
Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
46. Apa yang dimaksud alur mudur!
Jawaban:
Alur mundur ialah proses jalannya kisah secara tidak urut. Biasanya pengarang memberikan ceritanya dimulai dari konflik menuju penyelesaian, kemudian menceritakan kembali latar belakang timbulnya konflik tersebut.
47. Bagaimana ceramah yang baik?
Jawaban:
Ceramah yang baik ialah suatu ceramah sanggup memperlihatkan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan ceramah yang disampaikan tersebut.
48. Sebutkan kriteria ceramah yang tepat!
Jawaban:
Berikan kriteria ceramah yang tepat.
a. isi ceramah yang akan disampaikan mempunyai kesesuaian dengan acara atau program yang berlangsung.
b. isinya bersifat menggugah serta sanggup bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
c. isi ceramahnya tidak menjadikan pertentangan.
d. isinya benar, objektif, dan jelas.
e. Bahasa yang digunakan sanggup dengan gampang dipahami pendengar.
f. Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
49. Terangkan pengertian aliran sastra!
Jawaban:
Aliran sastra merupakan agama bagi seorang penulis dan setiap penulis mempunyai aliran sastra yang berbeda-beda.
50. Jelaskan yang dimaksud latar belakang penulis!
Jawaban:
Latar belakang penulis ialah faktor-faktor dari dalam pengarang itu sendiri yang memengaruhi atau memotivasi penulis dalam menulis sebuah cerpen.
Demikianlah info yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Dalam implementasinya, pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan pendekatan berbasis teks. Teks sanggup berwujud teks tertulis maupun teks lisan. Teks merupakan ungkapan pikiran insan yang lengkap yang di dalamnya mempunyai situasi dan konteks. Belajar Bahasa Indonesia tidak sekadar menggunakan bahasa Indonesia untuk memberikan materi belajar. Namun, perlu juga dipelajari soal makna atau bagaimana menentukan kata yang tepat. Selama ini pembelajaran BI tidak dijadikan sarana pembentuk pikiran padahal teks merupakan satuan bahasa yang mempunyai struktur berpikir yang lengkap. Karena itu pembelajaran BI harus berbasis teks. Melalui teks maka kiprah BI sebagai penghela dan pengintegrasi ilmu lain sanggup dicapai.
Pembelajaran teks membawa anak sesuai perkembangan mentalnya, menuntaskan masalah kehidupan nyata dengan berpikir kritis. Adalah kenyataan, masalah kehidupan sehari-hari tak terlepas dari kehadiran teks. Untuk menciptakan minuman atau masakan, perlu digunakan teks arahan/ prosedur. Untuk melaporkan hasil observasi terhadap lingkungan sekitar, teks laporan perlu diterapkan. Untuk mencari kompromi antarpihak bermasalah, teks perundingan perlu dibuat. Untuk mengkritik pihak lain pun, teks anekdot perlu dihasilkan. Selain teks sastra non-naratif itu, hadir pula teks kisah naratif dengan fungsi sosial berbeda. Perbedaan fungsi sosial tentu terdapat pada setiap jenis teks, baik genre sastra maupun nonsastra, yaitu genre faktual (teks laporan dan prosedural) dan genre tanggapan (teks transaksional dan ekspositori).
Materi pembelajaran Bahasa Indonesia menciptakan muatan Kurikulum 2013 penuh struktur teks. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks memang baik. Namun, di lapangan peserta didik menjadi jenuh lantaran setiap kali harus berhadapan dengan teks, teks, dan teks. Di samping itu, materi sastra yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan karakter dan akal pekerti peserta didik banyak dihilangkan. Kurikulum 2013 melaksanakan reduksi secara besar-besaran terkait dengan jenis teks sastra. Dari sejumlah kekayaan yang ada dalam khazanah sastra Indonesia, hanya sebagian kecil yang dimasukkan dalam kurikulum. Hal inilah yang juga sempat menciptakan sastrawan Taufik Ismail kecewa (Horison, Juni 2013). Sastra, selain sanggup menggiring anak untuk gemar membaca dan menulis, juga sanggup menjadi wahana penanaman nilai-nilai kehidupan bagi insan yang berbudaya.
Materi Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 kiranya masih perlu banyak dibenahi. Materi wacana jenis-jenis teks masih kabur dan tumpang tindih. Hal ini akan berdampak pada pembelajaran di kelas. Buku teks yang disediakan pemerintah dirasa cukup membantu. Namun, bila konsep wacana teks yang tertulis di dalamnya tidak tepat, guru harus berani bersikap bijak semoga peserta didik tidak dibentuk bingung. Dengan demikian, tujuan pembelajaran sanggup tercapai.#
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut Student-Society memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan karakter a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Kata “atau” merupakan konjungsi ….
a. tujuan
b. pilihan
c. temporal
d. kesimpulan
e. syarat
Jawaban: b. pilihan
Pembahasan:
Konjungsi merupakan kata hubung dalam sebuah kalimat kata, atau paragraf. Kata “atau” termasuk dalam konjungsi pilihan.
2. Kata “terakhir” merupakan konjungsi
a. tujuan
b. pilihan
c. temporal
d. kesimpulan
e. syarat
Jawaban: c. temporal
Pembahasan:
Konjungsi temporal ialah kata sambung yang mengacu pada waktu.
Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 3-5!
(1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat masuk akal bila bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. (2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. (3) gelombang tersebut bisa mencapai 500 hingga 1.000 kilometer per jam di lautan. (4) Pada ketika mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 hingga 30 kilometer. (5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa mengakibatkan kerusakan yang parah.
3. Kalimat yeng merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
Jawaban: a. (1) dan (2)
Pembahasan:
Opini atau pendapat ialah perkiraan, pikiran atau tanggapan wacana suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini dalam teks tersebut ialah nomor satu dan dua.
4. Kalimat pada teks eksplanasi tersebut yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) ialah nomor ..
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e. (5)
Pembahasan:
Unsur kausalitas ialah unsur yang mengandung alasannya akibat, unsur yang mengandung alasannya akhir dalam teks eksplanasi tersebut ialah balasan e.
5. Kalimat teks eksplanasi tersebut yang mempunyai konjungsi syarat ialah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a. (1)
Pembahasan:
Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal sanggup terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan tersebut dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan korelasi ini ialah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan, bilamana. Jawaban yang tepat ialah jawaba a, lantaran terdapat kata konjungsi syarat yaitu kata jika.
6. Cermati kutipan berikut!
Bahan; rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya cara membuat; kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. kemudian peras dan disaring. Cara menggunakan kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum.
Kata yang membuktikan urutan acara ialah …
a. kemudian
b. tambahkan
c. secangkir air
d. biar mengendap
e. sebesar ibu jari
Jawaban: b. tambahkan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk teks prosedur, kata yang membuktikan urutan acara ialah kata “tambahkan” yang mempunyai kata perintah.
7. Perhatikan kutipan berikut!
Makanan alami lele terdiri dari plankton, banyak sekali udang kecil, siput, cacing, jentik nyamuk, bahkan sisa sayur-mayur. Jika ele dibudidayakan di kolam, sisa-sisa masakan di dapur, dadak halus sanggup ditambahkan sebagai kuliner tambahan. Oleh lantaran itu, lele disebut pula sebagai omnivore atau pemakan segala.
Konjungsi antarkalimat dalam kutipan tersebut ialah ….
a. maka
b. bahkan
c. sebagai
d. terdiri dari
e. oleh lantaran itu
Jawaban: e. oleh lantaran itu
Pembahasan:
Konjungsi ialah kata hubung, kata hubung yang tepat dalam teks tersebut ialah oleh lantaran itu.
8. Ceramah bertujuan untuk memperlihatkan ….
a. hikmah baik
b. kebencian
c. kemurkaan
d. keburukan
e. kejahatan
Jawaban: a. hikmah baik
Pembahasan:
Ceramah ialah pesan yang bertujuan memperlihatkan nasehat dan petunjuk-petunjuk, sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar. Sedangkan umum untuk siapa saja, khalayak ramai, masyarakat luas, atau lazim.
9. Berikut yang tidak termasuk ungkapan terimakasih ialah ….
a. Terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya
b. Assalamualaikum wr. Wb
c. Dengan adanya benda ini, saya ucapkan terima kasih
d. Ungkapan syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan.
e. saya panjatkan syukur saya kepada Tuhan Yang Maha Esa
Jawaban: b. Assalamualaikum wr. Wb
Pembahasan:
Ucapan terimakasih yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah.
10. Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah ialah ….
a. efektif
b. ambigu
c. rancu
d. bahasa gaul
e. bahasa tidak baku
Jawaban: a. efektif
Pembahasan:
Materi ceramah harus dijelaskan dengan baik dengan menggunakan bahasa yang efektif.
11. Isi dalam epilog penyampaian ceramah berupa ….
a. salam pembuka
b. pengenalan topik, tema, dan judul
c. materi pokok yang dibahas
d. kesimpulan dan ungkapan penutup
e. ucapan terima kasih
Jawaban: d. kesimpulan dan ungkapan penutup
Pembahasan:
Dalam epilog terdapat poin-poin yang mendukung antara lain sebagai berikut:
1. kesimpulan materi yang telah disampaikan
2. ungkapan penutup, contohnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf bila terdapat kesalahan
3. salam penutup.
12. Kalimat salam epilog yang tepat ialah ….
a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf
b. Selesai semua saya mohon maaf
c. Sudah saya akhiri semua ini
d. Demikian saya awali, mohon maaf
e. Terima kasih
Jawaban: a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf
Pembahasan:
Salam epilog harus menggunakan kalimat yang baik, semoga mempunyai kesan yang baik pula.
13. Perhatikan kalimat berikut!
Kesempurnaan milik Tuhan, kesalahan milik saya.
Kalimat tersebut sering terdapat pada cuilan ….
a. pendahuluan
b. isi
c. materi
d. salam pembuka
e. salam penutup
Jawaban: e. salam penutup
Pembahasan:
Kalimat tersebut merupakan akhiran dari sebuah penutupan pidato, ceramah atau khotbah.
14. Faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang menghipnotis penulis dalam menulis cerpen tersebut disebut ….
a. latar belakang masyarakat
b. latar belakang penulis
c. penokohan
d. sudut pandang
e. alur
Jawaban: a. latar belakang masyarakat
Pembahasan:
Latar belakang masyarakat merupakan faktor-faktor di dalam lingkungan masyarakat penulis yang menghipnotis dalam menulis cerpen tersebut.
15. Nilai yang menjelaskan baik dan jelek seseorang dalam kisah ialah nilai ….
a. agama
b. sosial
c. budaya
d. moral
e. ekonomi
Jawaban: d. moral
Pembahasan:
Di dalam suatu cerpen, nilai moral sanggup menjadi suatu nilai yang baik maupun nilai yang buruk.
16. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Waktu Holil anak Haji Zainuri sunat, saya masih anak kecil. Di kotaku belum ada listrik. Apalagi radio dan bioskop. Hiburan satu-satunya bagi bawah umur kecil di waktu sore hari ialah menonton orang memasang lampu petromaks yang dikerek di setiap perempatan jalan dan memburu-buru gangsir atau laron bilamana musimnya tiba.
Unsur ekstrinsik yang ingin ditonjolkan dan penggalan cerpen tersebut ialah latar belakang ….
a. sosial masyarakat
b. budaya masyarakat
c. sosial pengarang
d. sejarah penciptaan
e. agama pengarang
Jawaban: a. sosial masyarakat
Pembahasan:
Penggalan cerpen tersebut menonjolkan unsur ekstrinsik latar belakang sosial masyarakat. masyarakat yang pada zaman itu belum mempunyai jaringan listrik. Sehingga hiburan bagi bawah umur pun masih sangat terbatas.
17. Salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau kisah mengenai insan beserta seluk-beluknya lewat goresan pena pendek dan singkat disebut ….
a. kisah pendek
b. eksposisi
c. eksplanasi
d. deskripsi
e. prosedur
Jawaban: a. kisah pendek
Pembahasan:
Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau kisah mengenai insan beserta seluk beluk nya lewat goresan pena pendek dan singkat.
18. Bacalah teks berikut!
Hari ini saya bangun pagi terlambat. Ku lihat jam telah membuktikan pukul 7. Tanpa pikir panjang saya pribadi berganti pakaian dan pribadi menuju sekolahku. Di perjalanan sekolah, saya memacu kendaraanku dengan sangat kencang. Namun, tiba-tiba dari arah berlawanan ada seorang pejalan kaki yang melintas.tanpa sempat menghindar lagi, saya pun menumbur dirinya.
Alur dalam penggalan teks tersebut ialah alur ….
a. maju
b. mundur
c. campuran
d. tidak urut
e. flashback
Jawaban: a. maju
Pembahasan:
Pada alur maju atau disebut juga dengan alur progresif. Penulis menyajikan jalan ceritanya secara berurutan dimulai dari tahapan perkenalan ke tahapan penyelesaian secara urut dan tidak acak.
19. Berikut ini yang tidak termasuk ciri cerpen ialah ….
a. jalan ceritanya pendek
b. mempunyai jumlah 10.000 kata
c. berasal dari kehidupan sehari-hari
d. menggambarkan semua kisah pada tokohnya
e. tidak ada permasalahan dalam cerita
Jawaban: e. tidak ada permasalahan dalam cerita
Pembahasan:
Berikut ciri-ciri cerpen.
1. Jalan ceritanya lebih pendek dari novel
2. Sebuah cerpen mempunyai jumlah kata yang tidak lebih dari 10.000 (10 ribu) kata.
3. Biasanya isi kisah cerpen berasal dari kehidupan sehari-hari
4. tidak menggambarkan semua kisah para tokohnya hal ini lantaran dalam cerpen yang digambarkan hanyalah inti sarinya saja.
5. Tokoh dalam cerpen digambarkan mengalami masalah atau suatu konflik hingga pada tahap penyelesaiannya.
6. Pemakaian kata yang sederhana serta hemat dan gampang dikenal pembaca.
20. Ringkasan atau inti dalam kisah pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian insiden atau bisa juga sebagai citra awal dalam kisah disebut …
a. abstrak
b. orientasi
c. komplikasi
d. evaluasi
e. koda
Jawaban: a. abstrak
Pembahasan:
Abstrak merupakan ringkasan atau inti dari kisah pendek yang akan dikembangkan menjadi sebuah rangkaian-rangkaian insiden atau sanggup juga sebagai citra awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional atau dalam artian bahwa setiap cerpen boleh tidak terdapat struktur abnormal tersebut.
21. Sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan kisah sebuah cerpen disebut ….
a. tema
b. alur
c. setting
d. tokoh
e. penokohan
Jawaban: a. tema
Pembahasan:
Tema ialah sebuah gagasan pokok yang mendasari dari jalan kisah sebuah cerpen. Tema biasanya sanggup pribadi terlihat terperinci di dalam kisah atau tersurat dan tidak langsung, dimana si pembaca harus teliti dan sanggup menyimpulkan sendiri atau tersirat.
22. Jalan dari sebuah kisah kisah merupakan karya sastra disebut ….
a. tema
b. penokohan
c. amanat
d. alur
e. setting
Jawaban: d. alur
Pembahasan:
Jalan dari sebuah kisah kisah merupakan karya sastra. Secara garis besar, alur merupakan urutan tahapan jalannya kisah , antara lain perkenalan - muncul konflik atau suatu permasalahan – peningkatan konflik – puncak konflik (klimaks) – penurunan konflik – selesaikan.
23. Berikut yang tidak termasuk setting ialah ….
a. tempat
b. latar
c. suasana
d. waktu
e. tokoh
Jawaban: e. tokoh
Pembahasan:
Setting sangat berkaitan dengan kawasan atau latar, waktu, dan suasana dalam cerpen tersebut.
24. Tokoh baik dalam karya sastra disebut ….
a. protagonis
b. antagonis
c. campuran
d. tritagonis
e. pantonim
Jawaban: a. protagonis
Pembahasan:
Tokoh baik disebut dengan protagonis.
25. Penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada di dalam kisah termasuk tahapan alur….
a. perkenalan
b. pemunculan masalah
c. menuju konflik
d. ketegangan
e. penyelesaian
Jawaban: a. perkenalan
Pembahasan:
Pada cuilan perkenalan, penulis mulai memperkenalkan tokoh-tokoh, latar yang ada dalam kisah tersebut.
26. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Pagi ini cuaca begitu cerah sehingga sanggup mengubah suasana jiwaku yang penat lantaran setumpuk kiprah yang terbengkelai menjadi teringankan. Namun, kini saya harus mulai berdiri dari tidurku dan bergegas untuk mandi lantaran pagi ini saya harus bekerja keras.
Tokoh “aku” dalam kutipan tersebut merupakan sudut pandang ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang ketiga serbatahu
d. orang ketiga pengamat
e. orang kedua
Jawaban: a. orang pertama pelaku utama
Pembahasan:
Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” akan menjadi tingkat perhatian dari kisah cerpen tersebut. Dalam sudut pandang ini, tokoh “aku” digunakan sebagai tokoh utama.
27. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Sudah genap 1 bulan beliau menjadi pendatang gres di perumahan ini. Tetapi, beliau juga belum satu kali pun terlihat keluar rumah hanya untuk sekedar beramah-tamah dengan tetangga yang lain.
Kutipan cerpen tersebut mempunyai sudut pandang ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang ketiga serbatahu
d. orang ketiga pengamat
e. orang kedua
Jawaban: c. orang ketiga serbatahu
Pembahasan:
Kisah kisah dari sudut “dia” namun pengarang atau narator sanggup menceritakan apa saja hal-hal dan tindakan yang menyangkut tokoh “dia” tersebut. Pengarang mengetahui segalanya.
28. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Entah apa yang telah terjadi dengannya. Pada ketika datang, ia pribadi marah. Memang kelihatannya ia mempunyai banyak masalah.
Kutipan teks cerpen tersebut mempunyai sudut pandang ….
a. orang pertama pelaku utama
b. orang pertama pelaku sampingan
c. orang ketiga serbatahu
d. orang ketiga pengamat
e. orang kedua
Jawaban: d. orang ketiga pengamat
Pembahasan:
Dalam sudut pandang ini berbeda dengan orang ketiga serbatahu. Pengarang hanya melukiskan apa yang dilihat, dialami, dipikir dan dirasakan oleh tokoh tersebut, namun terbatas pada seorang tokoh saja.
29. Bacalah kutipan cerpen tersebut!
Sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarah kisah tersebut kepada pembaca semoga pembaca sanggup bertindak atau melaksanakan sesuatu disebut ….
a. amanat
b. tema
c. sudut pandang
d. setting
e. alur
Jawaban: a. amanat
Pembahasan:
Amanat merupakan sebuah pesan dari seorang penulis atau pengarang kisah tersebut kepada pembaca semoga pembaca sanggup bertindak atau melaksanakan sesuatu.
30. Berikut yang tidak termasuk unsur intrinsic cerpen ialah ….
a. tema
b. alur
c. setting
d. latar belakang
e. penokohan
Jawaban: d. latar belakang
Pembahasan:
Unsur intrinsik cerpen ialah tema, alur, setting, tokoh, penokohan, sudut pandang dan amanat.
31. Sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu, sehingga mempunyai arti bagi peserta disebut ….
Jawaban: informasi
32. Tujuan teks mekanisme ialah ….
Jawaban: untuk membuktikan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.
33. Setelah alat dan materi dalam teks mekanisme ialah ….
Jawaban: langkah-langkah
34. Struktur teks mekanisme yang pertama ialah …
Jawaban: tujuan
35. Kata kemudian termasuk konjungsi ….
Jawaban: waktu
36. Teks eksplanasi merupakan karangan yang isinya berupa ….
Jawaban: penjelasan-penjelasan
37. Semua fenomena tersebut mempunyai korelasi ….
Jawaban: alasannya akhir dan mempunyai proses
38. Seorang pembicara harus mengetahui bahwa dirinya ialah ….
Jawaban: pembicara
39. Audiens majemuk kelompok insan yang berbeda mulai dari segi ….
Jawaban: intelektualitas, status ekonomi, status sosial, pendidikan, jenis kelamin dan lain-lain.
40. Tema merupakan gagasan pokok yang mendasari suatu ….
Jawaban: permasalahan
41. Tulislah struktur teks mekanisme yang kedua!
Jawaban:
Bagian materi yang menjelaskan alat dan materi dalam melaksanakan sesuatu.
42. Tulislah struktur teks mekanisme cuilan terakhir!
Jawaban:
Bagian langkah-langkah yang menjelskan mengenai cara yang tempuh dalam teks.
43. Apa saja yang dimuat dalam teks eksplanasi?
Jawaban:
Dalam teks eksplanasi dimuat info yang bersifat fakta.
44. Apa yang harus diketahui dalam mengidentifikasi info dalam teks eksplanasi?
Jawaban:
Pengetahuan dan urutan insiden dalam teks eksplanasi.
45. Uraian sifat teks eksplanasi!
Jawaban:
Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
46. Apa yang dimaksud alur mudur!
Jawaban:
Alur mundur ialah proses jalannya kisah secara tidak urut. Biasanya pengarang memberikan ceritanya dimulai dari konflik menuju penyelesaian, kemudian menceritakan kembali latar belakang timbulnya konflik tersebut.
47. Bagaimana ceramah yang baik?
Jawaban:
Ceramah yang baik ialah suatu ceramah sanggup memperlihatkan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan ceramah yang disampaikan tersebut.
48. Sebutkan kriteria ceramah yang tepat!
Jawaban:
Berikan kriteria ceramah yang tepat.
a. isi ceramah yang akan disampaikan mempunyai kesesuaian dengan acara atau program yang berlangsung.
b. isinya bersifat menggugah serta sanggup bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
c. isi ceramahnya tidak menjadikan pertentangan.
d. isinya benar, objektif, dan jelas.
e. Bahasa yang digunakan sanggup dengan gampang dipahami pendengar.
f. Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
49. Terangkan pengertian aliran sastra!
Jawaban:
Aliran sastra merupakan agama bagi seorang penulis dan setiap penulis mempunyai aliran sastra yang berbeda-beda.
50. Jelaskan yang dimaksud latar belakang penulis!
Jawaban:
Latar belakang penulis ialah faktor-faktor dari dalam pengarang itu sendiri yang memengaruhi atau memotivasi penulis dalam menulis sebuah cerpen.
Demikianlah info yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 37Kb
Diupload oleh Student-Society
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
- soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
- soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
- soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
- soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
- contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
- soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
- soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta balasan 2018,2019,2020,2021,2022