Soal Pg Pkn Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Pg Pkn Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Pg Pkn Kelas 12 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru -  Hai Sahabat Student-Society yang baik hati, pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan soal PG untuk mata pelajaran PKN bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas XII SMA/MA Beserta dengan kunci jawabannya. Soal ini sudah masuk kepembahasan kurikulum 2013 yang mana kurikulum gres dalam sebuah sekolah. Admin juga telah menyediakan soal tersebut dalam bentuk file word yang bisa adik adik download dan dipelajari dirumah tanpa mengakses internet lagi.  Oiya Menurut Branson (1999:7) tujuan civic education yaitu partisipasi yang bermutu dan bertanggung jawab dalam kehidupan politik dan masyarakat baik tingkat lokal, negara bagian, dan nasional. Tujuan pembelajaran PKn dalam Depdiknas (2006:49) yaitu untuk menawarkan kompetensi sebagai berikut:
  1. Berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu Kewarganegaraan.
  2. Berpartisipasi secara cerdas dan tanggung jawab, serta bertindak secara sadar     dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat di Indonesia biar sanggup hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain.
  4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam peraturan dunia secara eksklusif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan soal PG untuk mata pelajaran PKN bagi adi   Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Dalam PKN, banyak sekali objek perilaku yang menjadi isi dalam standar isi baik distandar kompetensi maupun kompetensi dasar.

Berkaitan dengan pembelajaran PKN yang bercirikan evaluasi kepribadian, tampak bahwa teknik evaluasi yang bersahabat dengan karakteristik ini yaitu teknik evaluasi sikap. Hal demikian dirasakan tepat oleh lantaran sejalan dengan wangsit pokok PKN yang ingin membentuk huruf warga Negara ideal ( BSNP, 2006 ). Meskipun demikian pengembangan perilaku tidak bisa dipisahkan dari dimensi pengetahuan. Dimensi kognitif, afektif, psikomotorik dlam PKN dinyatakan dengan pengetahuan kewarganegaraan, sikap/watak kewarganegaraan dan keterampilan kewarganegaraan ( Branson, 1998 ; 1999 ). Untuk mengukur aspek kognitif siswa, maka sanggup dilakukan dengan aneka macam ulangan dan penugasan.

Sebagaimana telah dikemukakan, penyusunan instrument evaluasi didasarkan atas indikator. Indikator pencapaian tujuan hasil mencar ilmu dibentuk sendiri oleh guru. Setelah indikator dirumuskan maka sanggup ditentukan pula instrument penilaiannya. Penentuan instrument evaluasi diadaptasi dengan karakteristik dimensi baik dalam kompetensi dasar maupun indicator. Jika kompetensi dasarnya menekankan pada ranah pengetahuan kewarganegaraan maka instrument penilaiannya yaitu yang bisa mengukur pengetahuan kewarganegaraan penerima didik. Jika kompetensi dasarnya menekankan pada ranah perilaku kewarganegaraan maka instrument penilaiannya bisa mengukur perilaku kewarganegaraan penerima didik. Sedangkan bila kompetensi dasarnya menekankan pada ranah kecakapan kewarganegaraan maka instrument penilaiannya yaitu mengukur kecakapan kewarganegaraan penerima didik.

Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA



Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sobat Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada Pengawas/Guru

A. Jawablah soal dibahwah ini dengan benar!

1. Salah satu ciri negara demokrasi adalah.....
a. adanya kebebasan untuk berekspresi
b. adanya kebebasan untuk bekerja
c. adanya peradilan yang modern
d. pemerintahan yang berwibawa
e. perekonomian yang mapan
Jawaban: a

2. Berikut ini yang sanggup menjadi sarana atau lembaga komunikasi masyarakat adalah....
a. pertemuan antarpejabat daerah
b. pertemuan dalam rapat bisnis
c. musyawarah anggota DPR
d. petemuan hari besar keagamaan
e. antrean pembelian tiket kereta api di stasiun
Jawaban: c

3. Pada masa kolonilaisme, pers berperan berbagi tentang....
a. gagasan memajukan masyarakat
b. membina kolaborasi sesama penulis
c. gagasan kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia
d. menghindari dan menjauhi penindasan penjajahan
e. menjadi media promosi bagi produsen
Jawaban: c

4. Pers tertua bahasa Melayu Indonesia adalah....
a. Djuramartini
b. Bromartani
c. Darmo Kondo
d. Pewarga Deli
e. Djurumartani
Jawaban: b

5. Menurut UU No. 40 Tahun 1999 ihwal Pers menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan pers adalah....
a. lembaga sosial  dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik
b. alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar
c. surat kabar dan majalah yang berisi berita
d. segala acara yang mengulas berita-berita
e. segala barang yang dikerjakan dengan mesin cetak
Jawaban: a

6. Pada negara yang menganut paham kebebasan beropini dan demokrasi, pers merupakan.....
a. alat perekat pemerintah yang berkuasa
b. pilar demokrasi keempat
c. salah satu pendukung liberalisme
d. pendukung oposisi bagi pemerintah
e. pendukung kekuasaan pemerintah
Jawaban: b

7. Selaku warga negara Indonesia, kita mempunyai hak bicara dan memberikan pendapat yang....
a. dilakukan secara bebas tanpa batas
b. disertai perizinan dari petugas keamanan
c. disampaikan dengan cara sopan dan menghormati
d. mementingkan kepentingan semua pihak
e. disertai dengan tanggung jawab sosial
Jawaban: e

8. Pers sanggup memengaruhi pada masyarakat, lantaran pers mempunyai fungsi sebagai....
a. kritik sosial
b. komunikator massa
c. lembaga bisnis
d. ajang kreatif dan seni
e. lembaga pendidikan
Jawaban: b

9. Sesuai dengan fungsi dan tradisinya, pers harus menjadi....
a. penyambung pengecap masyarakat
b. kontrol kepentingan pemerintah
c. alat seleksi kebijakan pemerintah
d. penjaga kepentingan publik
e. pembela dan alat propaganda pemerintah
Jawaban: a

10. Setelah berperan serta dalam upaya mengembangkan kesadaran nasional untuk memperjuangkan kemerdekaan massa sebelumnya, pers nasional memperlihatkan tanggung jawab sosialnya sebagai belahan dari negara gres yang berdaulat, tidak mengherankan bila pers pada masa itu disebut....
a. sebagai pers modern
b. pers pemberani
c. sebagai pers pejuang
d. pers pers dalam alam kemerdekaan
e. pers Pancasila
Jawaban: c

11. Bagi kita, semua bentuk kemajuan teknologi termasuk teknologi komunikasi dan informasi, kita sikapi....
a. dengan bahagia sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan hidup
b. biasa, lantaran yang meamjukan teknologi bukan bangsa Indonesia
c. dengan bangga, lantaran semua kemajuan itu dicapai atas nama kemanusiaan
d. rasa syukur dan kita manfaatkan untuk kemajuan dan kesejahteraan hidup
e. dengan duka dan kecewa, lantaran tidak dikembangkan oleh bangsa kita
Jawaban: a

12. Selepas Orde Baru, kebebasan pers tampak lebih bebas dan merdeka, karena....
a. adanya pencabutan undang-undang pers
b. pers tidak perlu diatur dalam undang-undang
c. bermunculan media massa gres yang lebih segar
d. presiden membubarkan departemen penerangan
e. kebijakan mengenai pers diperlonggar pemerintah
Jawaban: e

13. Pers Indonesia dalam arti pers yang orientasi, sikap, dan tingkah lakunya berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 disebut....
a. harpaan pers Indonesia
b. pengertian pers Pancasila
e. hakikat pers Pancasila
d. tujuan pers Pancasila
e. keinginan pers Pancasila
Jawaban: b

14. Sikap dan perbuatan kita terhadap pers yang keras dan tajam mengkritik pemerintah negara kita adalah....
a. secara kritis mencermati semua yang disampaikan pers tersebut
b. membenci pers, lantaran merupakan sumber perpecahan bangsa
c. mendukung upaya tersebut sebagai kontrol positif pada negara
d. kritis mencermati kritik tersebut dan mendukung secara proporsional
e. bahagia terhadap pers yang beraliran keras meskipun kritiknya kurang tepat
Jawaban: c

15. Bagi bangsa Indonesia, memakai alat komunikasi yang manapun tidak masalah, alasannya yaitu yang penting adalah....
a. tetap mempertahankan nilai luhur bangsa
b. seoptimal mungkin meskipun dengan segala cara
c. nilai-nilai kesopanan pada diri kita
d. kita tetap gembira walaupun bangsa lain lebih maju
e. kita tidak perlu mengembangkan ilmu pengetahuan
Jawaban: a

16. Berita atau informasi yang lebih cepat dan sangat diutamakan walaupun sedikit mengabaikan tata krama, tetapi sanggup diterima masyarakat adalah....
a. gosip ihwal kematian seseorang
b. gosip permintaan perkawinan
c. informasi ihwal keadaan cuaca
d. siaran gosip radio dan televisi
e. informasi melalui surat kabar
Jawaban: c

17. Apabila suatu media massa sering menciptakan kekeliruan berita, yang terjadi dalam masyarakat adalah....
a. pimpinan redaksinya akan dijatuhi eksekusi yang berat
b. media massa tersebut dinyatakan terlarang untuk terbit
c. dinilai secara moral tidak layak terbit dalam beberapa bulan
d. cepat mengakibatkan problem dan konflik dalam kehidupan masyarakat
e. kehilangan pamor dan kepercayaan publik sehingga ditinggalkan pembacanya
Jawaban: d

18. Hal yang layak dilakukan oleh penulis gosip media massa adalah....
a. pemberitaan yang menuliskan lengkap nama selebritis dengan identitasnya
b. penyampaian informasi dengan menulis gosip sesuai fakta dan data secara proporsional
c. pemilihan gosip yang menguntungkan misi pemerintah
d. mencari dan mengumpulkan gosip konflik dari sumber yang tidak seimbang
e. memakai gaya bahasa yang dilakukan oleh penulis gosip lain
Jawaban: b

19. Di Indonesia yang menawarkan kebebasan kepada pers sehingga jurnalis mempunyai keleluasaan untuk mengekspresikan informasinya terdapat pada era...
a. pergerakan nasional
b. Orde Lama
c. reformasi
d. Orde Baru
e. revolusi
Jawaban: c

20. Media massa yang melaksanakan pemeriksaan untuk membongkar kecurangan dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden berarti....
a. memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui
b. menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, demokrasi mendorong terwujudnya supremasi aturan dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan
c. mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan benar
d. melaksanakan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.
e. memperlihatkan keadilan dan kebeneran
Jawaban: d

21. Prinsip dasar pandangannya yaitu bahwa kemerdekaan pers harus disertai dengan kewajiban-kewajiban, yaitu....
a. bertanggung jawab kepada keluarganya
b. bertanggung jawab kepada masyarakat
c. bertanggung jawab kepada pemerintah
d. bertanggung jawab kepada masyarakat atau bangsa
e. bertanggung jawab kepada agama
Jawaban: d

22. Pembatasan terhadap kemerdekaan mutlak pers itu justru perlu diadakan dengan alasan sebagai berikut, kecuali....
a. untuk melindungi kehormatan dan nama baik individu maupun kelompok
b. melindungi nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat
c. meningkatkan bahaya subversi maupun agresi
d. melindungi ketertiban keamanan, baik yang tiba dari dalam mapun tiba dari luar
e. melindungi keamanan, baik yang tiba dari dalam maupun tiba dari luar
Jawaban: c

23. Di bawah ini merupakan ciri dari sistem pers, kecuali....
a. integrasi
b. keutuhan
c. kesempurnaan
d. keterhubungan
e. ketergantungan
Jawaban: c

24. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri kebebasan pers di Indonesia adalah....
a. pers yang bebas dan bertanggung jawab
b. pers yang sehat
c. pers melaksanakan kontrol yang objektif
d. pers penyebar informasi yang objektif
e. pers penyebar informasi yang subjektif
Jawaban: b

25. Di bawah ini yang bukan merupakan undang-undang yang berkaitan dengan pers yaitu UU No. 40 Tahun 1999....
a. pasal 18
b. pasal 134
c. pasal 154
d. pasal 281
e. pasal 283
Jawaban: b

26. Pers sebagai lembaga sosial yang bergerak di bidang pengumpulan dan penyebaran informasi mempunyai misi....
a. ikut memajukan masyarakat
b. melaksanakan pembangunan
c. ikut mencerdaskan masyarakat
d. memberantas pengangguran
e. mendukung jadwal pemerintah
Jawaban: a

27. Berikut ini ciri-ciri dari isyarat etik, kecuali....
a. hukuman isyarat etik bersifat moral
b. hukuman isyarat etik bersifat mengikat
c. daya jangkau isyarat etik terbatas
d. isyarat etik dibentuk oleh lembaga profesi
e. hukuman isyarat etik bersifat aturan undang-undang
Jawaban: e

28. Pers sebagai salah satu modal bangsa memakai aturan main berdasarkan landasan yuridis, yaitu....
a. Kode Etik Jurnalistik
b. Undang-Undang Pers
c. Undang-Undang Dasar 1945
d. Pancasila
e. tata nilai yang berlaku dalam masyarakat
Jawaban: e

29. Oemar Seno Adji dalam bukunya “Hukum Kebebasan Pers” yang mengutip J.C.T. Simorangkir, telah menyimpulkan mengenai kebebasan pers Indonesia, kecuali....
a. pers yang bebas dan bertanggung jawab
b. pers sebagai penyebar informasi yang subjektif
c. pers sebagai penyalur aspirasi rakyat dan meluaskan komunikasi serta partisipasi masyarakat
d. pers yang melaksanakan kontrol sesuai yang konstruktif
e. pers yang sehat
Jawaban: a

30. Salah satu dampak negatif penyalahgunaan kebebasan berbicara dan memberikan pendapat yaitu berupa....
a. terjadinya konflik antaranggota masyarakat
b. masyarakat umum semakin kritis daya nalarnya
c. tumbuhnya semangat demokrasi yang diikuti tanggung jawab
d. hak-hak bersuara melalui saluran informasi semakin dihargai
e. kebebasan yang dilaksanakan masih kerangka Pancasila
Jawaban: b

31. Inti permasalahan dalam sistem kebebasan pers adalah....
a. kebebasan yang tanpa batas
b. kebebasan yang mengarah kepada anarkisme
c. sistem kebebasan untuk mengeluarkan pendapat
d. sumber daya insan yang terbatas
e. sumber daya insan yang tidak terbatas
Jawaban: a

32. Dampak negatif penyalahgunaan kebebasan pers bagi masyarakat adalah....
a. mempercepat kerusakan budbahasa dan moral bangsa
b. mengakibatkan pemborosan dan sifat konsumtif
c. menghambat kegiatan masyarakat sehari-hari
d. mengganggu ekonomi rakyat
e. merugikan investor yang bergerak dalam bidan media massa
Jawaban: a

33. Pers sanggup memberitakan ihwal jadwal pemerintah. Di sisi lain pers juga sanggup memberitakan demonstrasi yang dilakukan masyakarat. Hal ini mencerminkan pers yang memberitakan fungsi sebagai....
a. menawarkan pendidikan yang bermutu kepada masyarakat
b. melaksanakan kontrol sosial atas segala kebijakan pemerintah
c. sebagai penghubung antara pemerintah dengan rakyat
d. memberi hiburan kepada masyarakat
e. memberi informasi kepada masyarakat
Jawaban: c

34. Di bawah ini yang merupakan pengawas media, kecuali....
a. media pers
b. masyarakat
c. asosiasi profesi karyawan
d. pemerintah
e. organisasi pers
Jawaban: d

35. Untuk menjamin tegaknya kebebasan pers dan terpenuhinya hak masyarakat, maka diperlukan....
a. pembenahan
b. budbahasa profesi
c. masyarakat
d. pengawasan pemerintah
e. pengurangan media
Jawaban: b

36. Berikut ini merupakan bentuk penyalahgunaan penyampaian informasi melalui media massa adalah, kecuali....
a. penyiaran gosip atau informasi yang menyalahi isyarat etik jurnalistik
b. membentuk opini yang menyesatkan masyarakat
c. pelanggaran terhadap undang-undang aturan pidana
d. menyiarakn goresan pena yang bersifat provokatif
e. menawarkan informasi yang sesungguhnya
Jawaban: e

37. Di bawah ini yang bukan merupakan teladan penyalahgunaan kebebasan pers adalah....
a. dipakai sebagai alat politik oleh oknum tertentu untuk mencapai tujuan tertentu
b. sebagai sarana untuk memberikan pendapat seseorang secara bebas, bahkan mengabaikan budbahasa yang berlaku
c. menyalahkan jadwal yang tidak mendidik bahkan berbenturan dengan norma-norma yang berlaku
d. dipakai untuk memeras pejabat tertentu yang diduga telah melaksanakan pelanggaran hukum
e. melaksanakan koneksi apakah pemerintah dalam menempatkan pejabat-pejabat berdasarkan aspirasi rakyat dan berkualitas
Jawaban: e

38. Pers Indonesia mempunyai kebebasan yang luas sesuai tuntutuan pada era reformasi menurut....
a. UU No. 38 tahun 1999
b. UU No. 50 tahun 1999
c. UU No. 40 tahun 1999
d. UU No. 30 tahun 1999
e. UU No. 41 tahun 1999
Jawaban: c

39. Beriku ini merupakan pelanggaran terhadap ketentuan undang-undang aturan pidana, kecuali....
a. isi gosip bersifat menipu
b. isi gosip menghina agama tertentu
c. isi gosip mencemarkan nama baik seseorang
d. mengandung pornografi
e. gosip yang berbagi perdamaian
Jawaban: e

40. UU Pers dan UU Penyiaraan haruslha mencerminkan sinkronisasi, yaitu....
a. tuntutan masyarakat
b. tuntutan kemajuan teknologi komunikasi
c. tuntutan perubahan zaman
d. tuntutan kebebasan yang diputarbalikkan
e. tuntunan kekuasaan bangsa lain
Jawaban: b

41. Pengertian media berdasarkan Boran Hedebro (1986) adalah....
a. media alat penyebar berita
b. media yaitu pembentuk aspek sosial
c. media yaitu pembentuk kesadaran sosial
d. media yaitu pembentuk opini publik
e. media yaitu pembentuk perilaku sosial
Jawaban: c

42. Akibat yang timbul dari penyalahgunaan kebebasan pers, kecuali....
a. pers yang tanpa batas akan cenderung mengakibatkan suatu imperialisme dan kolonialisme
b. pers yang disalahgunakan oleh pihak tertentu bisa saja mengakibatkan perpecahan
c. pemberitahuan yang tidak bertanggung jawab bisa mengakibatkan hancurnya gambaran baik sekelompok orang, golongan, bahkan suatu bangsa
d. pers yang yang terlalu bebas akan sanggup mengakibatkan kesimpangsiuran informasi
e. pers yang terlalu bebas sanggup mengakibatkan kebersamaan dan persatuan golongan
Jawaban: e

43. Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari adalah....
a. mudahnya dalam mendapatkan informsi
b. sanggup menjangkau informasi ke seluruh belahan dunia
c. bila ada gejolak politik gampang mendapatkan informasi
d. masyarakat sanggup bersifat kritis
e. banyaknya perkara kejahatan
Jawaban: a

44. Pers harus berperan sebagai gent of reform, yaitu....
a. biro pengubah negara
b. biro pengubah realitas
c. biro pengubah kebijakan
d. biro pengubah kepercayaan
e. biro pengubah kehidupan sosial
Jawaban: b

45. Pers yang tanpa batas cenderung menimbulkan.... pada pilar, opini, danpandangan hidup yang berlebihan.
a. chauvinisme
b. komunisme
c. nasionalisme
d. imperialisme
e. fanatisme
Jawaban: e

46. Berikut ini yang bukan pelaku utama dan sekaligus merupakan motor aktivis globalisasi adalah....
a. negara
b. perusahaan transnasional
c. bank transnasional
d. lembaga keuangan multilateral
e. birokrasi perdagangan global
Jawaban: a

47. Globalisasi, ini muncul bersamaan dengan kebangkitan kembali kaum....
a. neoimprealisme
b. neokapitalisme
c. liberalisme
d. neoliberalisme
e. kapitalisme
Jawaban: d

48. Pada kurun XXI memasuki era globalisasi ditandai dengan fenomena menyerupai di bawah ini, kecuali...
a. menguatkan ruang pribadi
b. merupakan era kompetisi
c. mengabaikan aspek kelokalan
d. deterirotialisasi dan transnasionalisme
e. naiknya intensitas hubungan antarbangsa
Jawaban: a

49. Proses globalisasi didahului oleh lahirnya era kolonialisasi pada kurun XV. Salah satu hal yang menandai era kolonialisme adalah....
a. adanya penitikberatan pada pertumbuhan ekonomi global
b. adanya perluasan secara fisik negara penjajah
c. diterapkannya prinsip persamaan
d. adanya kolaborasi saling menguntungkan
e. diterapkannya prinsip persamaan derajat antarwarga
Jawaban: b

50. Lembaga dunia yang beropini bahwa globalisasi yaitu kebebasan, kemampuan individu, dan perusahaan untuk sanggup memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara lain adalah...
a. A.G. Mc. Grew
b. Bank Dunia
c. Wikipedia Encyclopedia
d. IMF
e. Antohny Giddens
Jawaban: d

51. Menurut Anthony Giddens, ada sejumlah efek politik yang menjadi aktivis globalisasi yaitu runtuhnya...
a. fasisme di Jepang
b. kapitalis Barat
c. perekonomian dunia
d. kekuasaan Amerika
e. komunisme Soviet
Jawaban: e

52. Tiga organisasi perekonomian dunia yang sangat berkuasa dalam globalisasi ekonomi adalah....
a. Bank Dunia, GATT, dan IMF
b. Bank Dunia, WTO, dan IMF
c. Bank Dunia, IMF, dan GATT
d. WTO, GATS, dan GATT
e. WRO, IMF, dan WTO
Jawaban:  b

53. Menurut kaum hiperglobalis, globalisasi didefinisikan sebagai....
a. dunia tanpa batas
b. sejarah baku kehidupan manusia
c. nation states
d. regionalisasi perekonomian dunia
e. transformationalis
Jawaban: b

54. Ide globalisasi di bidang tertentu, contohnya hak asasi insan sudah ada sejak...
a. awal kurun ke-20 hingga pecahnya Perang Dunia II
b. semenjak Perang Dunia II hingga terbentuknya PBB
c. awal kurun ke-20 dan awal kurun ke-21
d. Nabi Musa membebaskan umatnya dari perbudakan Mesir Kuno
e. awal kurun ke-21 saat meningkatnya tindakan kekerasan
Jawaban: d

55. Globalisasi berkaitan erat dengan konsep interdependensi, integritas, dan saling ketergantungan antarberbagai bidang yang tercakup dalam negara, menurunya kiprah negara dan....
a. proses satu arah sebagaimana diklaim sebagian orang
b. semakin menguatnya kekuatan-kekuatan pendukung globalisasi
c. penyebaran efek budaya
d. media dan dan telekomunikasi
e. aneka macam kecenderungan yang sering kali beroperasi
Jawaban: b

56. Perubahan-perubahan yang menjadi tanda datangnya sebuah “abad global” adalah...
a. perubahan kiprah negara bangsa
b. aneka macam kecenderungan yagn sering kali beroperasi
c. proses satu arah sebagaimana diklaim sebagian orang
d. efek dan kiprah pemerintahan nasional semakin merosot
e. penyebaran pengaruh-pengaruh budaya
Jawaban: a

57. Kebangkitan neoliberalisme atau yang sering dikenal sebagai kelompok Kanan Baru terjadi di...
a. Jepang dan Cina
b. Jerman dan Eropa
c. Eropa dan Jepang
d. Amerika Serikat dan Jepang
e. Amerika Serikat dan Eropa
Jawaban: e

58. David Held membedakan tiga kelompok dalam melihat globalisasi, yakni kelompk hiperglobalis, kelompok skeptis, dan....
a. kelompok transfromatif
b. nation states
c. kaum skeptis
d. transmission belt
e. dunia tanpa batas negara
Jawaban: e

59. Dalam pandangan kaum hiperbolis, globalisasi ekonomi membawa serta gejala-gejala “de nasionalisasi” ekonomi melalui....
a. pemberian kredit jangka panjang kepada negara nasional
b. pendirian jaringan-jaringan produksi transnasional
c. pemberian bantuan-bantuan yang tidak mengikat
d. pertolongan mesin-mesin esensial yang dibutuhkan
e. menawarkan pertolongan tenaga hebat pada negara
Jawaban: b

60. Konsep-konsep globalisasi yang menyangkut integrasi, interdependensi, dan interlink muncul karena....
a. perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi
b. media dan komunikasi berkontribusi terhadap penyebaran efek budaya
c. kelompok etnis dan budaya bersinggungan dan berdampingan
d. pemerintah sedang dipaksa untuk mengadopsi perilaku yang lebih aktif dan terbuka
e. revolusi di bidang teknologi komunikasi
Jawaban: b

61. Sikap yang paling tepat untuk menghadapi era globalisasi dalam bidang sosial budaya adalah....
a. menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa
b. menggandakan budaya yang berasal dari negara lain
c. mempersiapkan diri untuk mendapatkan semua budaya abnormal yang akan datang
d. menolak dan menutup diri dari efek budaya asing
e. mempelajari bahasa abnormal biar sanggup berkomunikasi dengan bangsa lain
Jawaban: a

62. Pada era keterbukaan, semua budaya dari negara-negara maju yang masuk ke negara Indonesia sebaiknya....
a. diseleksi dan diadaptasi dengan kepribadian
b. semua budaya abnormal harus kita tolak
c. kebudayaan dari negara-negara maju semua bersifat pasif
d. masuknya kebudayaan abnormal hanya merusak kebudayaan asli
e. kebudayaan dari negara-negara maju semua bersifat negatif
Jawaban: a

63. Memasuki milenium ketiga, dunia berubah dengan sangat cepat, sehingga sanggup mengakibatkan implikasi yang sangat kompleks, kecuali....
a. munculnya keadilan yang merata
b. munculnya saling ketergantungan (interdependence)
c. ketimpangan si kaya dan si miskin
d. semakin lebarnya perbedaan negara maju dan negara berkembang
e. habisnya sumber daya alam dan rusaknya lingkungan
Jawaban: a

64. Menurut negara-negara yang tidak oke diberlakukannya globalisasi beralasan bahwa globalisasi ekonomi akan dapat....
a. melahirkan orang-orang kaya gres di negara-negara berkembang
b. melahirkan kesenjangan ekonomi yang tajam antara negara kaya dan miskin
c. mengurangi masuknya investasi ke negara-negara miskin
d. memperkecil campur tangan abnormal kepada negara sedang berkembang
e. melahirkan masyarakat dunia yang tanpa kelas
Jawaban: b

65. Dengan berkembangnya era perdagangan bebas, negara yang paling diuntungkan adalah....
a. negara-negara yang kaya sumber daya alamnya
b. negara-negara yang sumber daya manusianya sudah maju
c. negara-negara yang ekonominya sudah kuat
d. negara-negara berkembang
e. negara-negara Eropa
Jawaban: c

66. Negara industri maju menikmati kemajuan dan kesejahteraan ekonomi dengan standar hidup masyarakatnya di atas rata-rata. Negara-negara tersebut, diantaranya....
a. Eropa, Jerman, dan Inggris
b. Eropa dan Amerika Serikat
c. Eropa, Jepang, dan Cina
d. Jepang, Cina, dan Jerman
e. Amerika Serikat, Kuba, dan Jepang
Jawaban: b

67. Manfaat globalisasi dalam bidang ekonomi bagi negara berkembang adalah...
a. terjadinya persaingan bebas dalam perdagangan dunia
b. terjadinya peningkatan produktivitas tenaga kerja
c. terjadinya kemajuan di segala bidang
d. semakin luasnya pemasaran hasil produksi
e. semakin makmurnya bangsa-bangsa
Jawaban: c

68. Berkat globalisasi, seseorang sanggup berbelanja barang-barang kebutuhan sehari-hari secara eksklusif dari rumah ke rumah melalui internet, keadaan ini merupakan efek globalisasi dalam bidang....
a. teknologi informasi dan komunikasi
b. ekonomi
c. politik
d. perdagangan
e. sosial budaya
Jawaban: a

69. Berikut ini dampak globalisasi bagi negara miskin, kecuali....
a. kekuatan tawar-menawar melemah
b. adanya intensif pajak (keringanan pajak)
c. terjadinya banyak sogokan
d. jam kerja sangat tinggi dengan upah yang sangat rendah
e. banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru
Jawaban: e

70. Dalam bidang sosial budaya, globalisasi mempunyai pengaruh....
a. meningkatnya kerja sama
b. meningkatnya individualisme
c. meningkatnya budaya tradisional
d. meningkatnya hubungan yang baik antarmasyarakat
e. meningkatnya perekonomian
Jawaban: b

71. Di bawah ini yang merupakan dampak globalisasi dalam bidang hankam, kecuali....
a. kejahatan melalui internet (cyber crime)
b. kegiatan pembersihan uang
c. pembunuhan oleh teroris
d. berbagi konflik
e. melaksanakan bunuh diri
Jawaban: e

72. Ciri-ciri kapitalisme, yaitu....
a. sebagian property dimiliki pemerintah
b. modal diinvestasikan ke dalam satu perjuangan saja
c. barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas
d. penawaran barang dan jasa berdasarkan sistem lelang
e. investasi ke satu tempat
Jawaban: c

73. Seorang filsuf (philosopher) dan hebat ekonomi dari Skotlandia, Adam Smith, mengemukakan tentang....
a. pasar tutup
b. kebebasan beragama
c. pasar bebas
d. pasar tradisional
e. kebebasan berpendapat
Jawaban: c

74. Dampak globalisasi bagi negara maju adalah....
a. negara-negara maju menghadapi persaingan dari negara-negara yang gres berkembang
b. negara maju kehilangan reputasinya
c. negara maju kehilangan konsumen
d. negara maju banyak yang bangkrut
e. adanya penurunan nilai mata uang di negara maju
Jawaban: a

75. Contoh efek globalisasi dalam bidang ekonomi, yaitu....
a. banyaknya pengangguran
b. banyaknya kejahatan
c. kegiatan pencaloan di segala bidang
d. banyaknya premanisme
e. tumbuhnya pasar tradisional
Jawaban: a

76. Dampak negatif perkembangan globalisasi dalam bidang politik adalah...
a. semakin menipisnya kedaulatan suatu negara
b. berkembangnya pelaksanaan hak asasi manusia
c. timbulnya masyarakat madani
d. semakin membanjirnya barang-barang dari luar negeri
e. banyaknya tenaga abnormal yang masuk ke Indonesia
Jawaban: a

77. Kita mustahil menghindar dari proses globalisasi kini ini. Hal yang paling penting adalah....
a. meningkatnya daya saing di segala bidang
b. menjaga kelestarian lingkungan
c. menjaga sumber daya alam aar tidak habis
d. memajukan perdagangan luar negeri
e. siap mendapatkan segala risiko, baik negatif maupun positif
Jawaban: a

78. Selain efek negatif, globalisasi membawa efek positif, seperti....
a. terjadinya perdagangan bebas antarnegara
b. masuknya investasi abnormal ke negara Indonesia
c. kemajuan teknologi dalam bidang persenjataan
d. terjadinya persaingan yang tidak seimbang antara negara berkembang dengan negara maju
e. meningkatkan pelaksanaan hak asasi manusia
Jawaban: b

79. Di bawah ini yang bukan merupkan dampak negatif globalisasi dalam bidang sosial budaya bagi Indonesia adalah....
a. terjadinya dekadensi moral
b. menurunnya jiwa nasionalisme
c. terkurasnya sumber daya alam
d. berkembangnya pergaulan bebas
e. semakin menipisnya jati diri bangsa
Jawaban: c

80. Dalam memasuki era perdagangan bebas, kita harus waspada terhadap agenda-agenda negara kapitalis yagn berusaha memaksakan terjadinya persaingan yang tidak sehat, misalnya.....
a. menolak sama sekali sistem perdagangan bebas
b. mendapatkan perdagangan bebas selama tidak merugikan kepentingan nasional
c. memudahkan masuknya penemuan dari luar
d. membatasi kolaborasi ekonomi dengan negara lain
e. meningkatkan kemampuan militer untuk menangkal musuh
Jawaban: b

81. Di bawah ini hal-hal yang sanggup merusak kepribadian bangsa, kecuali....
a. sekulerisme
b. individualisme
c. hedonisme
d. ekstremisme
e. nasionalisme
Jawaban: e

82. Di bawah ini yang bukan makna positif globalisasi bagi kemajuan kehidupan insan adalah.....
a. menawarkan fasilitas dan kepercayaan komunikasi
b. memberi peluang konsumen untuk memakai produk-produk global
c. meningkatkan kesadaran perlunya iptek
d. meningkatkan daya saing dalam mencari konsumen
e. meningkatkan kebutuhan masyarakat
Jawaban: d

83. Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif berkembangnya era globalisasi adalah....
a. terjadinya kesenjangan ekonomi antara negara kaya dan negara miskin
b. negara yang berpengaruh ekonominya akan bersekongkol untuk mengeruk laba sebesar-besarnya dari negara yang lemah
c. semakin menurunnya sumber daya alam yang vital
d. timbulnya fanatisme rasial etnis dan agama
e. tercapainya kemakmuran yang merata
Jawaban: e

84. Dalam lingkungan ekonomi yang tanpa batas, pemerintahan nasional tidak lebih dari sekadar....
a. sebagai regulasi dalam pengaturan ekonomi
b. regional yang sudah tumbuh
c. transmission belts bagi kapital global
d. menawarkan pertolongan tenaga hebat pada negara lain
e. mendukung dalam mewujudkan ambisi mereka
Jawaban: a

85. Paham yagn melihat bahwa kesenangan atau kenikmatan menjadi tujuan hidup dan tindakan insan merupakan paham....
a. hedonisme
b. individualisme
c. sekularisme
d. materialisme
e. elitisme
Jawaban: a

86. Berikut ini yaitu tantangan yagn dihadapi dalam era globalisasi kurun ke-21 dalam bidang sosial budaya, kecuali....
a. perilaku individualisme
b. terjadinya keseragaman budaya
c. adanya perubahan dalam pola kerja
d. imprealisme budaya
e. keterbukaan yang lebih tinggi
Jawaban: c

87. Sisi negatif globalisasi bidang politik bagi pemerintah internal suatu negara adalah....
a. melemahkan kekuasaan suatu negara
b. hancurnya suatu negara
c. tuntutan demokrasi
d. tuntutan internasional ihwal HAM
e. tuntutan penegakan hukum
Jawaban: d

88. Terjadinya kesenjangan ekonomi sebagai tanggapan kekalahan kompetisi dalam penguasaan teknologi merupakan....
a. dampak positif globalisasi
b. dampak negatif globalisasi
c. efek globalisasi
d. dampak kekalahan dalam berkompetisi
e. dampak kekurangan modal
Jawaban: b

89. Berikut ini yang bukan dampak globalisasi dalam bidang politik adalah....
a. semakin lunturnya nilai-nilai politik yang berdasarkan kekeluargaan
b. bertambahnya partai politik yang menjadi sponsor kepentingan tertentu
c. transparansi dan akuntabilitas pemerintahan menerima sorotan tajam
d. pemerintah hanya sebagai regulasi dalam pengaturan ekonomi
e. penyebaran nilai politik barat
Jawaban: d

90. Di bawah ini merupakan perilaku terhadap globalisasi, kecuali....
a. memperkuat akar kebangsaan/patriotisme
b. menyeleksi globalisasi
c. mengelola globalisasi
d. mengikuti globalisasi tanpa adanya filter
e. memilih posisi terhadap implikasi globalisasi
Jawaban: d

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan soal PG untuk mata pelajaran PKN bagi adi   Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal PG PKN Kelas 12 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal pkn kelas 12 semester 2
    • soal pkn kelas 12 semester 1 kurikulum 2013
    • soal pkn kelas xii semester 1 beserta kunci jawaban
    • soal essay pkn kelas 12 semester 2
    • soal uas pkn kelas 12 semester 1
    • soal pilihan ganda dan jawaban pkn kelas xii semester 1
    • soal uas pkn kelas 12 dan kunci jawaban
    • soal uas pkn kelas 12 semester 2 2018/2019/2020/2021


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser