Soal Pg Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Pg Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal Pg Bahasa Indonesia Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat Student-Society dimana saja berada, pada kesempatan kali ini admin ingin menyebarkan pola soal untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 11 SMA/MA, Soal ini merupakan soal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari 80 Soal pilihan ganda. Oiya  Kehadiran kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya, yakni Kurikulum 2006 atau KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) telah membawa perubahan yang fundamental dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada Kurikulum 2006, mata pelajaran Bahasa Indonesia lebih mengedepankan pada keterampilan berbahasa (dan bersastra), sedangkan dalam Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia dipakai sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan menalar. Perubahan ini terjadi dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan menalar peserta didik Indonesia masih sangat rendah. Hal ini diketahui dari studi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2011, hanya lima persen peserta didik Indonesia yang bisa memecahkan kasus yang membutuhkan pemikiran, sedangkan sisanya 95 persen hanya hingga pada level menengah, yaitu memecahkan kasus yang bersifat hapalan. Ini membuktikan, bahwa pendidikan Indonesia gres berada pada tatanan konseptual. Untuk itu, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu solusi, yaitu dengan menjadikan bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan dan pembelajaran berbasis teks.

 pada kesempatan kali ini admin ingin menyebarkan pola soal untuk adik adik yang sedang dudu   Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013

Pembelajaran bahasa indonesia disuguhakan pada peserta didik bertjuan untuk melatih peserta didik terampil berbahasa dengan menuangkan ide dan gagasanya secara kreatif dan kritis. Namun kenyataannya banyak guru terjebak dalam tatanan konsep sehingga pembelajaran cenderung membahasa teori-teori bahasa. Sebagaimana yang dikemukakan Slamet (2007: 6), bahwa pengajaran bahasa Indonesia ialah pengajaran keterampilan berbahasa bukan pengajaran wacana kebahasaan. Teori-teori bahasa hanya sebagai pendukung atau penjelas dalam konteks, yaitu yang berkaitan dengan keterampilan tertentu yang tengah diajarkan.


Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA



Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi teman Student-Society dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di Student-Society dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut Student-Society memberikan Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA


PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan aksara a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Bacalah pernyataan berikut!
(1) Memiliki tempat persemaian
(2) Membuat bedeng persemaian
(3) Memberi atap tempat persemaian
(4) Menyemai benih
(5) Pemeliharaan benih
Bagian inti dari langkah pembibitan tumbuhan ialah ….
a. (1),(2),(5)
b. (1),(4),(5)
c. (2),(4),(5)
d. (2),(3),(5)
e. (2),(3),(5)
Jawaban: a. (1),(2),(5)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk teks prosedur, inti dari teks mekanisme ialah jawaban a.

2. Perhatikan kutipan teks mekanisme kompleks berikut!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak mempunyai lahan Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan praktis diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamanya berupa tong atau pot da nisi dengan tanah yang telat dicampur oleh kompos ….
Jika teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk dijadikan latar ialah ….
a. kelas
b. kantin
c. kebun
d. pasar
e. laboratorium
Jawaban: c. kebun
Pembahasan:
Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukan dalam prosa/narasi ialah latar. Latar ialah pendeskripsian keadaan tempat, waktu dan suasana. Latar tempat ialah di mana insiden terjadi. Jika teks mekanisme tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.

3. Perhatikan drama pendek berikut!
Bimo : “San, kau jadi ikut acara magister di UI?”
Sandi : “Jadi, kenapa memangnya?”
Bimo : “Saya udah daftar tapi galau bayarnya ….”
Sandi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.”
Bimo : “ Oh bisa ya?”
Sandi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke hidangan Transaksi      Lainnya, kemudian pilih hidangan Pembayaran, pilih hidangan Pendidikan, setelah itu kau masukan nomor pelanggan.”
Bimo : “Nomor pelanggan maksudnya?”
Sandi : “Masukan aba-aba institusi dan nomor registrasi. Contohnya, aba-aba UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor pendaftaran kau …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … praktis kan?”
Judul teks mekanisme kompleks yang tepat menurut obrolan drama tersebut ialah ….
a. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI
b. Prosedur Registrasi Ujian UI
c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
d. Tata Cara Membuka Rekening di Bank
e. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI
Jawaban: c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
Pembahasan:
Judul teks procedural kompleks sanggup dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan mekanisme kompleks pada drama tersebut muncul pada obrolan tuturan ketiga sandi, yaitu mudahnya melaksanakan pembayaran pendaftaran acara magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat ialah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM.

4. Berikut pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks mekanisme kompleks menjadi bentuk drama, kecuali ….
a. Menyiapkan tokoh-tokoh yang akan berperan dalam drama menurut jumlah partisipan
b. Menyusun diaog secara sistematis menurut sifat teks mekanisme kompleks
c. Mengemas kalimat obrolan biar bernuansa satire dan menghibur
d. Menentukan latar yang sesuai dengan tema dan tujuan teks mekanisme kompleks
e. Menciptakan lakuan-lakuan yang diadaptasi dengan langkah-langkah pada teks mekanisme kompleks
Jawaban: c. Mengemas kalimat obrolan biar bernuansa satire dan menghibur
Pembahasan:
Untuk membuat drama menurut teks mekanisme kompleks, hal pertama yang kita perlukan ialah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada mekanisme kompleks. Hal kedua ialah membuat obrolan yang sistematis. Kemudian, kita buat lakukan yang kita ambil menurut langkah di dalam teks mekanisme kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai.

5. Dalam mengabstraksi teks mekanisme kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan ialah ….
a. mempertahankan bahasa yang digunakan
b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan
c. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur
d. mempertahankan judul teks
e. mempertahankan efektivitas bahasa teks
Jawaban: b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan.
Pembahasan:
Mengabstraksikan bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksikan, hal yang tetap harus diperhatikan ialah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus diperhatikan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks mekanisme kompleks.

6. Perhatikan paragraph berikut!
Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap dierhatikan, isi status seseorang gotong royong menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik ketika ini ialah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media umum sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga sanggup mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh lantaran itu, semenjak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!.
Kutipan tersebut menginformasikan wacana ….
a. manfaat status di media sosial
b. status ialah citra pribadi pemiliknya
c. status ialah riwayat hidup pemiliknya
d. cara menjaga status di media umum biar berkualitas
e. status harus meningkatkan kualitas pemiliknya
Jawaban: a. manfaat status di media sosial
Pembahasan:
Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi si akseptor maksudnya yaitu sanggup memperlihatkan keterangan atau pengetahuan. Informasi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut ialah jawaban a.

Cermatilah teks mekanisme berikut untuk menjawab nomor 7 dan 8!
Proses pembuatan nata de coco
1. Saringlah air kelapa memakai saringan halus! Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.
2. Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit!
3. Selama pemanasan berlangsung, masukan materi komplemen lainnya!
4. Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai PH tertentu!
5. Pemanasan harus berhenti jikalau sudah mencapai pH yang dimaksud!

7. Kelompok kata kerja imperatif ialah ….
a. saringan, pemanasan, berhenti
b. tambahkan, panaskan, ,masukkan
c. mencapai, berlangsung, menghilangkan
d. saringan, berlangsung, mencapai
e. pemanasan, masukkan, mencapai
Jawaban: b. tambahkan, panaskan, masukkan
Pembahasan:
Imperatif ialah kata yang mempunyai makna memerintah, dalam teks tersebut sanggup diketahui dengan imbuhan partikel-kan.

8. Urutan langkah-langkah yang benar pembuatan nata de coco dari air kelapa ialah ….
a. pendidikan, pewadahan, penyaringan, pendinginan, penutupan
b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
c. penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan, pewadahan
d. pewadahan, penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan
e. pendinginan, pewadahaan, penyaringan, pendidihan, penutupan
Jawaban: b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk teks mekanisme yaitu cara pembuatan nata de coco. Nata de coco yang sesuai dengan urutan ialah jawaban b.

9. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!
(1) Perendaman.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(4) Penggorengan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
Urutan langkah yang tepat ialah ….
a. (1), (2), (3), (5), (4)
b. (2), (1), (3), (4), (5)
c. (2), (3), (5), (1), (4)
d. (5), (1), (2), (3), (4)
e. (2), (3), (1), (4), (5)
Jawaban: c. (2), (3), (5), (1), (4)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut yang benar ialah sebagai berikut.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
(1) Perendaman.
(4) Penggorengan.

10. Perhatikan kutipan drama dibawah ini!
A. Sato : “Eh, Budi, ada apa Bud?
    Tumben sore-sore kemari?”
B. Budi : “To, ada waktu ga? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak di atas kanvas        dengan cat minyak dong!”
C. Sato  : “Melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang dipakai untuk melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan walau dibutuhkan keberaniaan dalam aplikasi warna tertentu.”
D. Budi : “Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Kaprikornus tambah ingin tau nih .. saya sudah siapkan semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak … udah semua kan? Atau ada yang kurang?”
E. Sato : “Udah semua kok. Nah, pertama kau coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau denah sudah jadi, coba, kau mulai lakukan adonan warna. Ada teknik dalam mencampur warna ….”
Bagian yang memperlihatkan tujuan mekanisme kompleks ada pada ….
a. a
b.b
c. c
d. d
e.e
Jawaban: c. c
Pembahasan:
Tujuan ialah hasil simpulan yang akan dicapai setelah kita melaksanakan urutan langkah-langkah dalam teks mekanisme kompleks. Berdasarkan drama tersebut , tujuan teks mekanisme kompleks ialah bisa membuat lukisan di atas kanvas dengan memakai cat minyak.tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada pecahan C.

11. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks mekanisme ialah kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
Pembahasan:
Kalimat imperatif ialah kalimat yang mengandung unsur perintah..

12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik hingga hampir roboh. Tandanya pisang jangan hingga membentur tanah biar tidak trusak. Sebelum tandan akrab ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan pecahan dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. gejala buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai materi keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
Pembahasan:
Teks diatas termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.

13. Bacalah teks mekanisme berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, kemudian siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat biar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut ialah pecahan isi yang menjelaskan wacana ….
a. pemilihan materi pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat hemat pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau.

14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air higienis secukupnya hingga mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut  beberapa ketika biar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah ialah ,…
a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi
d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar
e. selembar, pandan, peraslah, beberapa
Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
Pembahasan:
Kalimat perintah biasanya memakai partikel -lah dalam teks tersebut yang memakai partikel      -lah adalah  rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah.

15. Cermatilah teks berikut!
Siapkan ember yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang gres dipetik, masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
a. kemudian, sehingga, dan
b. siapkan, masukkan, campurkan
c. kemudian, siapkan, disaring
d. setelah, campurkan, ditampung
e. campurkan, dan, disiapkan
Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan
Pembahasan:
Kata hubung sanggup disebut dengan kata hubung, kata yang hubung yang tepat dalam teks tersebut kemudian, sehingga, dan.

16. Teks mekanisme kompleks mempunyai struktur, yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
Pembahasan:
Teks mekanisme berisi wacana langkah membuat atau melaksanakan sesuat. Struktur teks mekanisme ialah judul-tujuan-langkah langkah.

17. Dalam teks mekanisme kompleks, hasil simpulan yang akan dicapai terdapat dalam pecahan ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
Pembahasan:
Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks, jikalau tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut sanggup dikatakan teks tanpa penyelesaian.

18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks mekanisme kompleks ialah ….
a. mempunyai struktur “tujuan langkah-langkah
b. memakai verbal material
c. lucu dan menarik
d. memakai kalimat imperative
e. memakai kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
Pembahasan:
Berikut ciri kebahasaan teks mekanisme ialah mempunyai “struktur tujuan langkah-langkah, memakai verba material, memakai kalimat imperative memakai kalimat partisipan manusia.

19. Di dalam teks mekanisme kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif  dan kopulatif
e. verbal tingkah laris dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
Pembahasan:
Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laris ialah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada gotong royong tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada ketika menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas ialah tahap kegiatan yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
Pemasaran:
Teks diatas teks prosedur, teks mekanisme berisi wacana langkah-langkah pernyataan tersebut ialah tahap kegiatan ialah penyimpanan.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab nomor 21-22!

Musim kemarau atau isu terkini kering ialah isu terkini di tempat tropis yang dipenuhi oleh system muson. Untuk sanggup disebut isu terkini kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berurut-turut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Australia pecahan timur laut, Afrika dan sebagian Amerika Selatan mengalami isu terkini ini. Musim kemarau ialah pasangan dari isu terkini penghujan dalam wilayah dwimusim. Musim kemarau panjang ialah isu terkini kemarau yang sangat panas dalam jangka waktu yang panjang. Gejala ENSO dikenal sanggup memperpanjang durasi isu terkini ini sehingga menimbulkan kekeringan berkepanjangan.

21. Paragraf  tersebut merupakan pecahan dari struktur teks eksplanasi yang merupakan pecahan ….
a. pernyataan umum
b. deretan penjelas
c. interpretasi
d. tesis
e. orientasi
Jawaban: a. pernyataan umum
Pembahasan: dalam paragraf tersebut termasuk dalam teks eksplanasi yaitu pada pecahan penyataan umum.

22. Wilayah yang tidak mengalami isu terkini kemarau ialah ….
a. Asia Tenggara
b. Asia Selatan
c. Afrika
d. Amerika Utara
e. Indonesia
Jawaban: d. Amerika Utara
Pembahasan: dalam paragraf tersebut wilyah yang tidak mengalami isu terkini kemarau ialah amerika utara.

23. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat ialah ….
a. deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi
b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
c. pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas
d. interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum
e. pernyataan umum, interpretasi, koda
Jawaban: b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
Pembahasan:
Pada sebuah teks eksplanasi akan kelihatan adanya keterkaitan yang tidak terlepaskan antara satu insiden dengan insiden lain sebelum dan sesudahnya. Secara umum teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas tiga pecahan yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi.

24. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!
(1) Proses terjadinya gempa bumi
(2)  Penyebab terjadinya gempa bumi
(3) Definisi gempa bumi
(4) Akibat gempa bumi
(5) Simpulan gempa bumi
Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat ialah ….
a. (3), (1), (2), (4), (5)
b. (!), (2), (3), (4), (5)
c. (3), (4), (1), (5), (2)
d. (2), (4), (5), (1), (3)
Jawaban: a. (3), (1), (2), (4), (5)
Pembahasan:
Teks eksplanasi ialah teks yang memaparkan suatu insiden yang sedang terjadi urutan yang tepat ialah jawaban a.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 25-27!
(1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajib kita bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah.
(2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan.
(3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 hingga 30 kilometer per jam dilautan.
(4) Pada ketika mencapai bibir pantai, kecepatannya tersebut sudah bisa menimbulkan kerusakan yang parah.

25. Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
Jawaban: a. (1) dan (2)
Pembahasan:
Opini atau pendapat ialah perkiraan, pikiran, atau tanggapan wacana suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat yang ada dalam teks tersebut ialah jawaban a

26. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) ialah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e. (5)
Pembahasan:
Unsur kausatif ialah bentuk verba yang menyatakan. Sebab atau menjadikan unsur kausatif dalam teks tersebut ialah jawaban e.

27. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai konjungsi syarat ialah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a. (1)
Pembahasan:
Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal sanggup terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan itu dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan hubunagn ini ialah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan bilamana.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 28-30!
Akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang. Sepanjang kala 20 dan 2, gempa telah menimbulkan banyak janjkematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh lantaran itu, sanggup dikatakan bahwa tak pernah ada insiden alam lain dalam sejarah yang besar lengan berkuasa eksklusif pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi insiden yang sangat ditakuti.

28. Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan pecahan ….
a. kronologis (urutan peristiwa)
b. penyebab maupun akibat
c. pengenalan objek
d. asal usul peristiwa
e. kesimpulan
Jawaban: c. pengenalan objek
Pembahasan:
Teks eksplanasi ialah teks yang menjelaskan mengenai suatu fenomena yang ada di dunia. Fenomena tersebut sanggup berupa fenomena alam dan fenomena sosial.

29. Kata penunjuk waktu pada teks eksplanasi di atas ialah ….
a. oleh lantaran itu
b. akhir-akhir ini
c. mengakibatkan
d. peristiwa
e. dalam sejarah
Jawaban: b. akhir-akhir ini
Pembahasan:  kata penunjuk waktu merupakan kata yang berkaitan dengan waktu.

30. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas ialah ….
a. Gempa bumi ialah insiden alam yang besar lengan berkuasa eksklusif pada manusia
b. Gempa bumi di dasar maritim bisa menimbulkan tsunami
c. Bencana gempa bumi telah menjadi insiden yang sangat ditakuti
d. Sepanjang kala 20 dan 21, gempa telah menimbulkan banyak kematian
e. akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang
Jawaban: b. Gempa bumi di dasar maritim bisa menimbulkan tsunami
Pembahasan: pernyataan yang ada dalamteks tersebut ialah jawaban a, c, d, e

31. (1) Agar selalu terhindar dari musibah gempa bumi
    (2) Penduduk akrab gunung berapi harus selalu waspada
    (3) Gempa bumi sering terjadi di tempat gunung yang berapi
    (4) Gempa bumi ialah getaran yang terjadi lantaran pergerakan lapisan bumi
Urutan kalimat tersebut yang tepat ialah ….
a. (4), (3), (2), (1)
b. (3), (2), (4), (1)
c. (1), (3), (2), (4)
d. (1), (2), (3), (4)
e. (2), (1), (3), (4)
Jawaban: a. (4), (3), (2), (1)
Pembahasan:
Urutan yang benar pada kalimat-kalimat tersebut ialah 4, 3, 2, 1

32. Kata material di atas bermakna ….
a. gedung-gedung
b. materi bangunan
c. rumah
d. harta benda
e. kerusakan tanah
Jawaban: d. harta benda
Pembahasan:
Kata kerja material ialah kata kerja (verba) yang mengambarkan aktifitas fisik yang sanggup dilihat secara nyata.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 33-35!

Bioteknologi berasal dari istilah latin bio (hidup), teknos (teknologi, pencapaian), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untukmenghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, ibarat biokimia, komputer, biologi, molekuler, mikrobiologis, genetika, kimia, matematika, dan lainnya.

33. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah ….
a. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi
b. Bioteknologi bertujuan untuk mencari keuntungan
c. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
d. Perkembangan bioteknologi selalu didasari oleh insiden biologis
e. Bioteknologi bukan ilmu murni
Jawaban: c. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
Pembahasan: sebuah pernyataan dalam sebuah teks harus sesuai dengan isi dalam teks tersebut

34. Tanggapan yang sesuai dengan teks di atas ialah ….
a. Istilah bioteknologi berasal dari bahasa Latin
b. Perkembangan bioteknologi seiring dengan perkembangan teknologi komputer
c. Teknologi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ilmu
d. Bioteknologi hanya bisa diterapkan pada tumbuhan dan hewan
e. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
Jawaban: e. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
Pembahasan: Tanggapan ialah pendapat atau reaksi seseorang setelah melihat, mendengar ataupun mencicipi sesuatu. Tanggapan sanggup berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan dengan sopan.

35. Paragraf diatas memakai pola pengembangan ….
a. definisi
b. contoh
c. proses
d. klasifikasi
e. kronologis
Jawaban: a. definisi
Pembahasan: kalimat definisi ialah suatu kalimat yang memperlihatkan klarifikasi umum wacana suatu benda hal, aktivitas, dan lain lain.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 36-37!
(1) Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan menimbulkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat.
(2) Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.

36. Teks eksplanasi di atas ialah ….
a. penyebab gempa
b. penyebab terjadiya tsunami
c. akhir tsunami
d. akhir gempa
e. proses terjadinya laut
Jawaban: b. penyebab terjadiya tsunami
Pembahasan: teks eksplanasi ialah teks yang berisi wacana paparan suatu fenomena alam. Teks eksplanasi di atas menjelaskan mengenai penyebab terjadinya tsunami.

37. Maksud kata Hal ini pada kalimat (2) ialah ….
a. naik dan turunnya dasar laut
b. tekanan ke arah vertikal dalam perut bumi
c. gempa
d. tsunami
e. gelombang besar yang bergerak
Jawaban: a. naik dan turunnya dasar laut
Pembahasan: Hal ini merupakan kata hubung yang naik dan turunnya dasar laut.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 18-20!
Pembagian tumbuhan dan fauna di Indonesia didasarkan pada faktor geologi. Secara geologis, pulau-pulau di Indonesia pecahan barat pernah menyatu dengan benua Asia. Sedangkan pulau-pulau di Indonesia pecahan timur pernah menyatu dengan benua Australia.

38. Kalimat yang tepat untuk ditempatkan sebagai kelanjutan teks tersebut adalah
a. Indonesia mempunyai keragaman tumbuhan dan fauna melebihi wilayah manapun di dunia
b. kedua wilayah tersebut mempunyai tumbuhan dan fauna yang sangat berbeda
c. Oleh lantaran itu, Indonesia mempunyai dua kelompok tumbuhan dan fauna yang jauh berbeda
d. Penyatuan kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi lagi pada abad-abad mendatang
e. Perlu ada perhatian serius untuk melindungi tumbuhan dan fauna di kedua wilayah itu
Jawaban: b. kedua wilayah tersebut mempunyai tumbuhan dan fauna yang sangat berbeda
Pembahasan: kalimat yang baik yang sanggup dihubungkan dengan teks tesebut harus mempunyai kesinambungan dengan teks sebelumnya.

39. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut ialah ….
a. Apakah faktor geologis memengaruhi jenis tumbuhan dan fauna?
b. Mengapa pulau-pulau di Indonesia pecahan barat pernah menyatu dengan benua Asia?
c. Mengapa pulau-pulau di Indonesia pecahan timur pernah menyatu dengan benua Australia?
d. Apakah benua Australia dan Asia pernah menyatu?
e. Apa pengertian tumbuhan dan fauna?
Jawaban: a. Apakah faktor geologis memengaruhi jenis tumbuhan dan fauna?
Pembahasan: pernyataan yang sesuai dengan teks di atas harus sesuai dengan isi dalam teks tersebut.

40. Aspek yang sanggup dinilai terhadap laporan hasil analisis teks eksplanasi ialah kecuali ….
a. kelengkapan bagian-bagian laporan
b. ketetapan isi pembahasan
c. kebakuan kata
d. kebakuan ejaan/ tanda baca
e. jumlah halaman
Jawaban: e. jumlah halaman
Pembahasan: teks eksplanasi ialah teks yang memaparkan suatu fenomena.

Lanjut ke soal evaluasi tengah semester => Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Bacalah teks berikut untuk menjawab nomor soal 41-45!

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yang kami hormati bapak dan ibu serta para hadirirn sekalian yang berbahagia.
Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, lantaran dengan limpahan dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini. Salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw, lantaran dia menyiarkan agama yang haq, yakni agama islam, agama yang diridai oleh Allah swt. Semoga kita sekalian termasuk ke dalam umat-Nya yang diberkahi. Amin ya rabbal alamin.

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Dirasa amat penting sekali jiwa sosial untuk diterapkan di lingkungan keluarga, sanak saudara, bahkan juga di masyarakat luas. Karena dengan jiwa sosial, maka terjalinlah di antara kita saling tolong-menolong, dan kasih sayang. Sehngga orang-orang yang butuh akan dukungan kita, akan mendapatkan haq-Nya.

41. Teks tersebut termasuk teks ….
a. ceramah
b. eksplanasi
c. eksposisi
d. prosedur
e. deskripsi
Jawaban: a. ceramah
Pembahasan:
Teks ceramah berisi wacana nasehat-nasehat atau petunjuk dan memakai bahasa yang santun.

42. Salam pembuka di tandai dengan kalimat ….
a. Assalamu’alaikum Wr. Wb
b. Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt.
c. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw.
d. Dirasa amat penting sekali jiwa social untuk diterapkan dilingkungan keluarga.
e. Karena dengan jiwa sosial
Jawaban: a. Assalamu’alaikum Wr. Wb
Pembahasan:
Salam pembuka yaitu salam yang dipakai untuk membuka pidato, contohnya assalamualaikum, salam sejahtera, dan selamat pagi.

43. Perhatikan kalimat berikut!
Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah swt, lantaran dengan limpahan karuniaNya kita bisa berkumpul di sini.
Kalimat tersebut termasuk ….
a. salam pembuka
b. ucapan terima kasih
c. pengenalan topik
d. tema
e. judul
Jawaban: b. ucapan terima kasih
Pembahasan:
Ucapan terima kasih, yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah. Misalnya ungkapan syukur kepada ilahi dan ucapan terimakasih kepada juri atau tamu undangan.

44. Tema kutipan teks tersebut ialah ….
a. jiwa sosial
b. orang tua
c. kasih sayang
d. keadilan
e. keburukan
Jawaban: a. jiwa sosial
Pembahasan: tema ialah gagasan pokok dalam sebuah dongeng atau teks.

45. Kutipan teks tersebut termasuk struktur pecahan ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. interpretasi
e. orientasi
Jawaban: a. pendahuluan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam struktur teks ceramah yaitu pendahuluan yang berisi salam pembuka, ucapan terimakasih, pengenalan topic, tema atau judul.

46. Perhatikan kalimat berikut!
Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya cintai.
Kalimat tersebut termasuk pada struktur pecahan ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. orientasi
e. abstrak
Jawaban: a. pendahuluan
Pembahasan:
Struktur teks ceramah ialah pendahuluan, isi dan penutup. Struktur teks ceramah tersebut ialah pecahan pendahuluan.

47. Bacalah teks berikut!
Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar ialah nikmat kepercayaan dan islam. Salawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad saw.
Teks di atas termasuk pendahuluan yang berupa ….
a. salam pembuka
b. ungkapan terimakasih
c. judul
d. tema
e. pengenalan topik
Jawaban: b. ungkapan terimakasih
Pembahasan:
Ucapan terimakasih yaitu kalimat yang menyatakan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dengan berlangsungnya ceramah. Misalnya ungkapan syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada juri atau tamu undangan.

48. Sesuatu yang tidak perlu disebutkan dalam ceramah ialah ….
a. topik
b. tema
c. judul
d. materi
e. opini
Jawaban: e. opini
Pembahasan:
Pengenalan topic, tema atau judul pada pecahan pendahuluan, topik, tema, atau judul ceramah perlu disebutkan sebelum masuk ke dalam materi pokok.

49. Poin yang harus ada dalam penutup, kecuali ….
a. kesimpulan
b. ungkapan penutup
c. ungkapan terima kasih
d. ungkapan pembuka
e. salam penutup
Jawaban: d. ungkapan pembuka
Pembahasan:
Dalam epilog terdapat poin-poin yang mendukung, antara lain:
a. Kesimpulan materi yang telah disampaikan
b. Ungkapan penutup, contohnya ungkapan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan permohonan maaf jikalau terdapat kesalahan.
c. salam penutup.

50. Berikut ungkapan epilog yang tepat ialah ….
a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya.
b. Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang yang beriman bahwa Allah akan selalu beserta mereka yang menjadikan tabah dan shalat sebagai penolong.
c. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
d. Selamat pagi, audiens yang saya hormati dan saya cintai.
e. Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua.
Jawaban: a. Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya.

Bacalah teks ceramah berikut untukmenjawab nomor 51-52!

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit wacana “sabar”  Sabar berasal dari kata “sobaro-yasbiru” yang artinya menahan. Menurut istilah, tabah ialah menahan diri dati kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga verbal dari celaan, dan menahan anggota tubuh dari perbuatan dosa. Sabar ialah pilar kebahagian seorang hamba, lantaran dengan kesabaran seseorang akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi banyak sekali macam cobaan. Sabar merupakan anutan yang banyak sekali disinggung dalam Al-Qur’an maupun hadis, sehingga insan senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam kehidupannya. Kesabaran yang gotong royong ialah kemampuan dalam mengendalikan sikap, sehingga bisa dengan tulus dan rela hati mendapatkan kondisi yang sedang dihadapinya demi menerima jawaban yang baik di akhirat.

51. Teks tersebut termasuk struktur pecahan ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. interpretasi
e. orientasi
Jawaban: b. isi
Pembahasan:
Bagian isi memuat materi pokok yang dibahas dalam ceramah, materi harus dijelaskan dengan baik dengan memakai bahasa yang efektif. Untuk menguatkan pendapat dalam materi yang disampaikan, dibutuhkan rujukan atau materi bacaan komplemen lainnya.

52. Inti dari teks ceramah tersebut ialah ….
a. pentingnya sabar
b. tabah sebagai ajaran
c. tabah ada di dalam al quran
d. tulus dan rela hati
e. jawaban yang baik diakhirat
Jawaban: a. pentingnya sabar
Pembahasan:
Intisari merupakan pokok atau tema yang ada dalam teks, dalam teks tersebut pada dasarnya ialah pentingnya mempunyai sifat sabar.

53. Berikut sifat ceramah, kecuali ….
a. informatif
b. pemberi informasi
c. menerangkan
d. menjelaskan
e. membohongi
Jawaban: e. membohongi
Pembahasan:
Ceramah bersifat informatif, pemberi informasi, menerangkan, menjelaskan, penerangan tersebut berupa edukatif dan stimulatif.

54. Salah satu jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca disebut ….
a. informatif
b. argumentatif
c. persuasive
d. rekreatif
e. konjungsi
Jawaban: b. argumentatif
Pembahasan:
Argumentatif merupakan salah satu jenis paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca.

55. Persuasif artinya ….
a. mengajak
b. memberitahu
c. manfaat
d. perilaku
e. kehidupan
Jawaban: a. mengajak
Pembahasan:
Kalimat persuasif ialah kalimat yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, membujuk pendengar sehingga pendengar diharapkan sanggup terpengaruh untuk mengikuti cita-cita penulisan.

56. Perhatikan teks berikut!
Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, waridho wal inayahm wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Teks tersebut termasuk struktur pecahan ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. orientasi
e. abstrak
Jawaban: c. penutup
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk struktur pecahan epilog dengan ditandai kata demikian saya akhiri.

57. Berikut yang bukan konjungsi ialah ….
a. dan
b. karena
c. maupun
d. sehingga
e. bagaimana
Jawaban: e. bagaimana
Pembahasan: konjungsi ialah kata hubung yang ada dalam sebuah teks.

58. Naik turunnya lagu kalimat dalam penyampaian ceramah disebut ….
a. artikulasi
b. intonasi
c. volume
d. irama
e. nada
Jawaban: b. intonasi
Pembahasan: Intonasi merupakan naik turunnya lagu kalimat.

59. Kuat lemahnya dalam mengucapkan suatu kata-kata atau kalimat disebut ….
a. artikulasi
b. intonasi
c. volume
d. irama
e. nada
Jawaban: c. volume
Pembahasan: Volume yaitu kuat lemahnya dalam mengucapkan sesuatu kata-kata atau kalimat.

60. Berikut yang bukan fungsi ceramah ialah ….
a. mempermudah komunikasi
b. memperlihatkan informasi
c. memperlihatkan nasehat
d. memberikan petunjuk baik
e. membujuk ke hal yang buruk
Jawaban: e. membujuk ke hal yang buruk
Pembahasan:
Berikut fungsi ceramah antara lain sebagai berikut
a. mempermudah komunikasi
b. memperlihatkan informasi
c. memperlihatkan nasehat
d. memberikan petunjuk baik

61. Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen dalah ….
a. budaya
b. sosial
c. pendidikan
d. moral
e. amanat
Jawaban: e. amanat
Pembahasan:
Nilai kehidupan dalam cerpen ialah nilai moral, pendidikan, agama, budaya dan sosial.

62. Membaca cerpen tidak hanya menerima hiburan semata, tetapi juga ada nila-nilai kehidupan yang sanggup kita ambil dari cerpen tersebut. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen ialah nilai agama (relegius) ialah ….
a. nilai yang berkaitan dengan korelasi antara insan dengan tuhan
b. nilai yang menyangkut atura-aturan yang terkait dengan korelasi antar insan dengan Tuhan
c. nilai yang menyangkut kasus baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia
d. menyangkut kasus adab istiadat, kebiasaan, dan bahasa, dalam kehidupan sosialnya
e. nilai yang menyangkut korelasi antara insan dengan orang lain dalam kehidupan
Jawaban: b. nilai yang menyangkut atura-aturan yang terkait dengan korelasi antar insan dengan Tuhan
Pembahasan:
Nilai agama ialah nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan korelasi antar insan dengan tuhan

63. Bacalah teks cerpen berikut!
(1) Teman teman fajar bersorak gembira, (2) Daffa terkulai lemas lantaran layang-layang putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika terdengar bunyi azan, bawah umur mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas daffa makin menambah keyakinan bawah umur desa itu bahwa layang-layang milik fajarmemang sakti. (6) Fajar menjadi makin tinggi hati.
Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: d. (4)
Pembahasan:
Nilai agama ialah nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan korelasi antar insan dengan tuhan. Nilai agama dalam cerpen tersebut ditandai dengan kata bunyi azan.

64. Nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut kasus baik buruk, sopan santun, dan etika antar insan ialah nilai….
a. sosial
b. budaya
c. agama
d. politik
e. moral
Jawaban: e. moral
Pembahasan:
Nilai moral ialah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut kasus baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia

65. Perhatikan kalimat berikut!
Akhirnya Badu mengakui kekalahannya, kalimat tersebut termasuk pada nilai ….
a. moral
b. sosial
c. budaya
d. agama
e. pendidikan
Jawaban: a. moral
Pembahasan:
Nilai moral ialah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut kasus baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia.

66. Bacalah teks berikut
“Hanafi, mudah-mudahan Tuhan mengampuni dosamu. Sebagai ibu yang engkau durhakai dengan lillaahitaala sudh rela mengampuni akan dikau.” Hanafi tergeletak tertawa seolah mencemooh pula,” Hai ibu, mengucap ibu dengan tulusnya barangkali ibu akan mendapatkan ilham, kemudian sanggup berkata dengan benar. Pada hematku ibulah juga yang banyak bersalah atas diriku.”
Nilai moral yang sesuai teks tersebut ialah ….
a. anak durhaka yang tidak perlu dicontoh
b. anak baik dan sopan santun
c. ibu yang durhaka
d. anak jelek hati
e. anak yang pamer
Jawaban: a. anak durhaka yang tidak perlu dicontoh
Pembahasan:
Nilai moral ialah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut kasus baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia.

67. Nilai yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari ialah ….
a. Seorang ibu banyak berbuat salah pada anaknya
b. Seorang ibu mengampuni kesalahan aanaknya
c. Seorang ibu selalui didurhakai anaknya
d. Seorang ibu selalu membimbing anaknya
e. Seorang ibu selalu mencintai anaknya
Jawaban: c. Seorang ibu selalui didurhakai anaknya
Pembahasan:
Nilai kehidupan yang ada dalam teks cerpen tersebut ialah seorang ibu selalu didurhakai anaknya.

68. Nilai yang terkandung dalam cerpen yang berisi kasus adab istiadat, kebiasaan, dan bahasa dalam kehidupan sosial disebut nilai ….
a. sosial
b. budaya
c. agama
d. pendidikan
e. moral
Jawaban: b. budaya
Pembahasan:
Nilai budaya ialah nilai yang terkandung dalam cerpen yang berisi kasus adab istiadat, kebiasaan dan bahasa dalam kehidupan sosial.

69. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen ialah nilai sosial. Nilai sosial ialah …
a. nilai yang berkaitan dengan korelasi antara insan dengan tuhan
b. nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan korelasi antara insan dengan tuhan
c. nilai tang menyangkut masalahbaik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia
d. menyangkut kasus adab istiadat, kebiasaan, dan bahasa dalam kehidupan sosialnya
e. nilai yang menyangkut korelasi antar insan dengan orang lain dalam kehidupan
Jawaban: e. nilai yang menyangkut korelasi antar insan dengan orang lain dalam kehidupan
Pembahasan:
Nilai sosial ialah nilai yang menyangkut korelasi antar insan dengan orang lain dalam kehidupan.

70. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Astaga, siapa orang-orang ini? Tampang mereka ibarat orang-orang criminal. Namun, hak mereka sama dengan semua penumpang yang masuk taksiku. Aku tak perlu tahu urusan mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu. Meskipun banyak juga yang saya tahu sebagai supir taksi.
Nilai moral yang terdapat dalam kutipan novel tersebut ialah ….
a. kehati-hatian seseorang terhadap keadaan sekelilingnya.
b. ketakutan yang timbul akhir pengalaman masa lalu.
c. jangan berprasangka jelek hanya lantaran melihat penampilannya
d. ketidakpercayaan terhadap orang-orang di sekitarya
e. ketakutan melihat orang jahat
Jawaban: a. kehati-hatian seseorang terhadap keadaan sekelilingnya.
Pembahasan:
Nilai moral ialah nilai yang terdapat dalam cerpen yang menyangkut kasus baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia. Kaprikornus jawabannya ialah a.

71. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Aku tak bisa diam, setengah tahun saya ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK saya ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara penanganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa. Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak mendapatkan penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.
Tema dalam cerpen tersebut ialah ….
a. kehidupan seorang guru BK di sekolah
b. kesedihan seorang guru BK melihat kondisi siswanya
c. cita-cita seorang guru BK untuk melaksanakan tuganya dengan baik
d. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi kasus siswanya
e. memerlukan penanganan khusus
Jawaban: d. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi kasus siswanya
Pembahasan:
Tema ialah inti dalam sebuah cerita. Inti dalam dongeng tersebut ialah jawaban d.

72. Berdasarkan kutipan tersebut, tema cerpen termasuk kasus ialah ….
a. kemanusiaan
b. kasus pendidikan
c. kehidupan sosial
d. permasalahan ekonomi
e. kemiskinan
Jawaban: b. kasus pendidikan
Pembahasan:
Dalam sebuah teks cerpen, tentu mempunyai tema atau permasalahan mengenai suatu keadaan, tema dalam teks cerpen tersebut ialah mengenai kasus pendidikan.

73. Cara pengarang penyampaian tema cerpen ialah ….
a. melalui kisah hidup tokoh
b. narasi eksklusif oleh pengarang
c. melalui dialog
d. pendapat tokoh dalam cerita
e. melalui prolog
Jawaban: a. melalui kisah hidup tokoh
Pembahasan:
Dalam sebuah cerpen biasanya pengarang memberikan sebuah ide dongeng dalam sebuah cerpen, pengarang memberikan tema cerpen melalui kisah hidup tokoh.

74. Tema yang terdapat dalam cerpen termasuk jenis tema ….
a. mayor
b. minor
c. sampingan
d. tunggal
e. ganda
Jawaban: d. tunggal
Pembahasan:
Tema dalam cerpen termasuk tema tunggal, lantaran tema tersebut hanya ada satu dalam dongeng pendek.

75. salah satu ciri alur cerpen yang baik ialah ….
a. memuat banyak konflik
b. berkembang sesuai dengan cerita
c. alur mengalir secara dramatik memuat kasus yang dibahas dari awal hingga simpulan dongeng secara konsisten
d. harus memuat kasus kemanusiaan
e. memuat kehidupan masa lampau
Jawaban: c. alur mengalir secara dramatik memuat kasus yang dibahas dari awal hingga simpulan dongeng secara konsisten
Pembahasan:
Alur atau plot ialah rangkaian jalannya dongeng dari awal hingga dengan akhir.

76. Pada tahapan yang penulis mulai memperkenalkan kasus yang akan dihadapi oleh tokoh utamanya disebut alur dalam tahapan ….
a. perkenalan
b. pemunculan masalah
c. menuju konflik
d. ketegangan
e. penyelesaian
Jawaban: b. pemunculan masalah
Pembahasan:
Tahapan pemunculan kasus dalam unsur alur artinya penulis mulai memperkenalkan kasus yang akan dihadapi oleh tokoh utamanya.

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab  nomor 77-80!

Setibanya Pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, Larasati segera memulai pembicaraan. “Sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan mengapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah lantaran saya ingin bicarakan ialah kasus yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaa, bukan kedinasan” “Maksud ibu apa? Saya khawatir, cita-cita bapak untuk menghabisi Diah itu lantaran kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatian terhadap Diah. Dia anak yang lemah Pak, sudah mengalami banyak sekali cobaan hidup, sering murung lantaran mendapatkan beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.

77. Sifat tokoh Larasati menurut kutipan di atas ialah …
a. tabah dan penyayang
b. besar kepala dan disiplin
c. tegas dan pemberani
d. penuh perhatiaan dan tegas
e. besar kepala dan pemberani
Jawaban: d. penuh perhatiaan dan tegas
Pembahasan:
Sifat merupakan salah satu tabiat yang ada dalam sebuah cerita. Watak tokoh Larasati ialah jawaban d.

78. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen tersebut mempunyai sifat ….
a. pendendam
b. keras kepala dan praktis marah
c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
d. ingin menang sendiri
e. pemurah
Jawaban: c. tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
Pembahasan:
Sifat merupakan salah satu tabiat yang ada dalam sebuah cerita. Watak tokoh pak Usman ialah tidak sanggup membedakan urusan dinas dan pribadi.

79. Gambaran karakter tokoh Diah dalam cerpen tersebut ialah …
a. kuat mendapatkan cobaan
b. praktis putus asa
c. lemah dan penuh penderitaan
d. stress berat dalam menjalani kehidupan
e. sedih dan terharu
Jawaban: c. lemah dan penuh penderitaan
Pembahasan: karakter ialah perwatakan tokoh-tokoh dalam cerita.

80. Kedudukan tokoh pak Usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas ialah ….
a. tokoh antagonis, tokoh penengah
b. tokoh protagonis, tokoh penengah
c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. tokoh protagonis, tokoh protagonis
e. tokoh antagonis, tokoh antagonis
Jawaban: c. tokoh antagonis, tokoh protagonis
Pembahasan:
Tokoh antagonis ialah tokoh yang jahat, tokoh protagonist ialah tokoh

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya  Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 pada kesempatan kali ini admin ingin menyebarkan pola soal untuk adik adik yang sedang dudu   Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal PG Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 48Kb
Diupload oleh Student-Society

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal bahasa indonesia kelas xi kurikulum 2013 dan jawabannya
    • soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2 kurikulum 2013
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 semester 1
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 11 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawaban 2018,2019,2020,2021,2022


    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser