Silabus Dan Rpp Untuk Kelas 10,11,12 Sma Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019

Silabus Dan Rpp Untuk Kelas 10,11,12 Sma Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019

Silabus Dan Rpp Untuk Kelas 10,11,12 Sma Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019

Download Silabus dan RPP Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 - Hai sobat Student-Society.com, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Pada kesempatan yang baik ini, admin Student-Society.com ingin membagikan Beberapa RPP untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama yang pembahasannya pada kurikulum 2013 edisi revisi 2018. RPP yang disediakan Student-Society sudah berformat pdf. Sehingga sobat bisa mendownloadnya dan mengaksesnya melalui smartphone. RPP merupakan salah satu bukti perencanaaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran. Adapun yang dimaksud perencanaan pembelajaran yakni kegiatan memproyeksikan tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu proses berguru mengajar  yaitu dengan mengkoordinasikan komponen-komponen pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, cara penyampaian kegiatan (metode, model dan teknik), serta bagaimana mengukurnya menjadi terang dan sistematis, sehingga nantinya proses berguru mengajar menjadi efektif dan efisien.

com ingin membagikan Beberapa RPP untuk Kelas  Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019

Perencanaan termasuk di dalam RPP selalu memiliki arah yang hendak dicapai yaitu tujuan yang harus dirumuskan dalam bentuk sasaran yang terang dan terukur. Strategi untuk mencapai tujuan berkaitan dengan penetapan keputusan yang harus dilakukan oleh seorang perencana. Penetapan sumber daya yang sanggup mendukung diharapkan untuk mencapai tujuan meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Implementasi yakni pelaksanaan dari taktik dan penetapan sumber daya.


RPP disebut juga Perangkat Pembelajaran. RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yakni perangkat pembelajaran bagi guru SD / MI pada kelas yang bersangkutan. Adapun yang dimaksud Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBBI (2007: 17), perangkat yakni alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran yakni proses atau cara menyebabkan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran yakni alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan akseptor didik melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bab dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Lalu apa tujuan dan fungsi RPP. Tujuan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yakni untuk : 1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses berguru mengajar; 2) dengan menyusun planning pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi agenda pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

Sedangkan, fungsi RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yakni sebagai pola bagi guru untuk melaksanakan kegiatan berguru mengajar ( kegiatan pembelajaran ) biar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain planning pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh alasannya yakni itu, planning pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes ( fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya. Makara tujuan RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yakni sebagian pola bagi guru SD Kelas 1 dalam melaksanakan kegiatan berguru mengajar.

Bagimana cara menyusun RPP atau lebih khususnya cara menyusun RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ? Penyusunan RPP harus mengacu pada Komponen  dan  sistematika  RPP yang berlaku. Komponen  dan  sistematika  RPP  berikut  mengacu  pada Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah  dan  Permendikbud  Nomor  103  Tahun  2014  Tentang  Pembelajaran  Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Adapun Komponen RPP SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018 mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 yakni sebagai berikut
  • identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  • kelas/semester;
  • materi pokok;
  • alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  • tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  • kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  • materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  • metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran biar akseptor didik mencapai KD yang diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;
  • media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran;
  • sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan;
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  • enilaian hasil pembelajaran.
Apakah saja, prinsip yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP termasuk RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ? Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan RPP yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP, yakni sebagai berikut:

1.  Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik

RPP  disusun  dengan  memperhatikan  perbedaan  kemampuan  awal,  tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau  lingkungan  peserta  didik.  Sebagai  contoh  guru  menggunakan  secara bergantian penayangan video klip, poster, acara fisik, dramatisasi atau bermain tugas sebagai teknik pembelajaran  alasannya yakni gaya berguru setiap siswa berbeda-beda.

2.  Berpusat pada akseptor didik

Guru  yang  menerapkan  pembelajaran  yang  berpusat  pada  peserta  didik  pertama-tama  memperlakukan  siswa  sebagai  subyek  didik  atau  pembelajar. Dilihat  dari udut pandang akseptor didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang, komandan, atau  birokrat.  Guru  bertindak  sebagai  pembimbing,  pendamping,  fasilitator, sahabat, atau  abang/kakak bagi  peserta  didik  terutama    dalam  mencapai  tujuan pembelajaran  yakni  kompetensi  peserta  didik.    Oleh  karena  itu  guru  seyogyanya merancang  proses  pembelajaran  yang  mampu  mendorong,  memotivasi, menumbuhkan  minat  dan kreativitas  peserta  didik. Hak  ini  dapat  berjalan  jikalau seorang guru mengenal secara eksklusif siapa (saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan sebagainya.

3.  Berbasis konteks

Pembelajaran  berbasis  konteks  dapat  terwujud  apabila  guru  bisa mengidentifikasi dan memanfaatkan aneka macam sumber berguru lokal (setempat), guru mengenal  situasi  dan  kondisi  sosial  ekonomi  peserta  didik,  mengenal  dan mengedepankan budaya  atau  nilai-nilai  kearifan  lokal, tanpa  kehilangan  wawasan global.  Sebagai  contoh  nilai  gotong  royong  di  Jawa  atau  pela  gandong  di  Maluku dapat  dijadikan    inspirasi  mengembangkan  proses dan  kegiatan  pembelajaran.  Pembelajaran juga  sanggup dimulai  dari  apa  yang  sudah  diketahui  oleh  peserta  didik sesuai dengan konteksnya dan gres pada konteks yang lebih luas.

4.  Berorientasi kekinian

Ini  adalah  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  perkembangan ilmu  pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan masa kini.Guru  yang berorientasi kekinian yakni guru yang “gaul”, tidak “gaptek”, “melek informasi”, bahkan  sebaiknya well  informed,    selalu  meng-update dan  meng-up  grade ilmu  pengetahuan  yang menjadi  bidangnya,  termasuk  teori-teori  dan  praktik  baik  di  bidang pendidikan/pembelajaran.  Dengan  demikian  rancangan  pembelajaran  yang dikembangkan  guru  dapat  menjadi  inspirasi  bagi  siswa  dana  abagi  guru-uru  yang lain.

5.  Mengembangkan kemandirian belajar

Guru yang berbagi kemandirian berguru (siswa) selalu akan berusaha biar pada risikonya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk memilih tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui, memanfaatkan aneka macam sumber belajar, dan bisa menjalin kerja sama, berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam planning kegiatan pembelajaran siswa.

6.  Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran

RPP  memuat  rancangan  program  pemberian  umpan  balik  positif,  penguatan, pengayaan, dan remedi.

7.  Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan

RPP  disusun  dengan  memperhatikan  keterkaitan  dan  keterpaduan  antara  KI,  KD, indikator  pencapaian  kompetensi,  tujuan  pembelajaran,  materi  pembelajaran, kegiatan  pembelajaran,  penilaian,  dan  sumber  belajar  dalam  satu  keutuhan pengalaman  belajar.RPP disusun  dengan  mengakomodasi pembelajaran  tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

8.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

Kegiatan  pembelajaran  dalam RPP  disusun  dengan  mempertimbangkan  penerapan teknologi  informasi  dan  komunikasi  secara  terintegrasi,  sistematis,  dan  efektif sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi. Sebagai  contoh  ketika  guru  menugasi  siswa mengeksplorasi  sumber-sumber  pengetahuan  lewat  internet,  guru  harus  bisa menunjukkan  kepada  siswa  alamat  situs-situs  web  atau  tautan  (link)  yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.

Sudahkan Bapak/Ibu guru 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 . Jika belum berikut ini kumpulan Link download 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019 . Silahkan dimanfaatkan sebagai dokumen awal untuk Bapak/Ibu sesuaikan dengan keterampilan Bapak/Ibu, Kondisi sekolah Bapak/Ibu dan lainnya.



 Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama


Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019

1Silabus PPKn Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 SMA Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
2Contoh RPP PPKn Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
3Silabus Pend. Agama dan Budi Pekerti Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
4Contoh RPP Pend Agama dan Budi Pekerti Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
5Silabus Matematika Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
6Contoh RPP Matematika Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
7Silabus SBK Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
8Contoh RPP SBK Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
9Silabus Prakraya Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
10Contoh RPP Prakarya Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
11Silabus Penjas Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
12Contoh RPP Penjas Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
13Silabus Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
14RPP Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
15Silabus Bahaasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
16RPP Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
17Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh
18RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013  Revisi 2016,2017,2018,2019AktifUnduh

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Silabus dan RPP Untuk Kelas 10,11,12 Sekolah Menengan Atas Mapel Utama Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019 ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • silabus biologi sma kelas xi kurikulum 2013 pdf
    • silabus kurikulum 2013 sma revisi 2017
    • silabus sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
    • rpp kurikulum 2013 sma bahasa indonesia
    • silabus biologi sma kurikulum 2013 pdf
    • rpp sma kurikulum 2013 revisi 2017
    • silabus biologi sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
    • silabus bahasa indonesia sma kurikulum 2013 revisi 2017 pdf


    Sumber : guroe.blogspot.com 

    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar

    No comments

    Advertiser