Pengertian, Istilah, Sejarah Dan Fungsi Http Beserta Dengan Cara Kerjanya

Pengertian, Istilah, Sejarah Dan Fungsi Http Beserta Dengan Cara Kerjanya

Pengertian, Istilah, Sejarah Dan Fungsi Http Beserta Dengan Cara Kerjanya

Meskipun orang-orang yang memakai internet tidak terhitung, banyak dari mereka yang masih belum mengerti ihwal pengertian http. Padahal untuk mengunjungi sebuah situs, istilah http sangat sering digunakan. Http berasal dari abreviasi kata-kata Hypertext Transfer Protocol. Istilah http ini diterapkan pada salah satu protokol di Internet.  Sederhananya, http ialah suatu fasilitas berbasis www yang memungkinkan Anda untuk mengakses info apapun dari suatu situs yang memakai bahasa HTML. Sekedar pengetahuan, info yang diperoleh dari http ini berasal dari fasilitas berupa gambar, text, film, bunyi dan lain sebagainya.

orang yang memakai internet tidak terhitung Pengertian, Istilah, Sejarah dan Fungsi HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya
Pengertian, Istilah, Sejara dan Fungsi HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa http berkomunikasi dengan memakai TCP / IP. Klien http akan terhubung pada server http melalui TCP. Http berfungsi untuk mengirimkan undangan ke web server dari klien web atau browser, kemudian dikembalikan ke halaman web melalui server ke klien. Walaupun http ialah salah satu protokol TCP/IP yang paling terkenal di internet, intinya http tidak terbatas hanya untuk pemakaian dengan TCP/IP.

Beberapa Pengertian HTTP
Sebenarnya, ada banyak sekali pengertian http yang sanggup Anda ketahui. Beberapa hebat di bidang ini menyampaikan bahwa http atau HyperText Transfer Protocol ialah suatu protokol yang mempunyai kegunaan untuk menjawab dan meminta antara pihak klien dan server. Klien http contohnya web browser akan memulai undangan sederhana dengan menciptakan hubungan antara TCP/IP pada port  tertentu. Sementara server http yang mendapatkan undangan tersebut akan mendengarkan di port dan menunggu klien mengirimkan request kode. Dimana instruksi tersebut akan meminta halaman yang sebelumnya sudah ditentukan. Halaman tersebut akan dibarengi dengan pesan MIME yang mengandung beberapa info dan menjelaskan aspek penting dari undangan tersebut.

Pengertian Domain berdasarkan wikipedia :
Nama domain (domain name) ialah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer mirip web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada ketika melaksanakan susukan ke server, selain juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web mirip contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang kala disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya sanggup dituliskan dengan ke-26 huruf Latin, namun ketika ini telah dimungkinkan untuk memakai huruf gila dengan Internasionalisasi nama domain.

Sistem nama domain (DNS) ialah hukum yang digunakan dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Pengertian Hosting :
Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) ialah penyewaan kawasan untuk menampung data-data yang diharapkan oleh sebuah website dan sehingga sanggup diakses lewat Internet. Data disini sanggup berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting sanggup diibaratkan sebagai referensi berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall.

Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya biar orang-orang sanggup membuka usaha. Setiap kios pengelolanya sanggup berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum ialah besarnya gedung Mall tersebut.

Pengertian WWW :
Www atau World Wide Web maupun Web saja ialah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi bermacam-macam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan info multimedia lainnya dan sanggup diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

Pengertian FTP :
(singkatan dari File Transfer Protocol) ialah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

Pengertian Hypertext Transfer Protocol (HTTP) :
ialah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem info terdistribusi, kolaboratif, dan memakai hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks

Pengertian HTML :
HTML atau HyperText Markup Language ialah jadwal mark-up yang digunakan untuk menciptakan sebuah halaman web, menampilkan banyak sekali info di dalam sebuah Penjelajahan web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII biar sanggup menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Pengertian URL :
(Uniform Resource Locator) ialah rangkaian karakter berdasarkan suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menawarkan alamat suatu sumber mirip dokumen dan gambar di Internet

Sejarah HTTP

Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada ketika tersebut yang digunakan ialah protokol HTTP versi 0.9. Versi 0.9 ini ialah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya ialah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen. Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen. Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

Metode permintaan

HTTP menetapkan sembilan metode (kadang disebut "verbs") yang menawarkan tindakan yang ingin dilakukan terhadap sumber teridentifikasi. Hal yang diwakili sumber ini, berupa data yang sudah ada atau data yang diciptakan secara dinamis, bergantung pada implementasi peladen. Biasanya sumber ini berkaitan dengan berkas atau keluaran dari berkas pelaksana yang menetap di peladen.

HEAD
Meminta balasan yang identik dengan balasan yang sesuai dengan undangan GET, namun tanpa tubuh tanggapan. Ini berkhasiat untuk mengakses info meta yang tertulis dalam kepala balasan tanpa perlu mengangkut seluruh konten.

GET
Meminta representasi sumber tertentu. Permintaan memakai GET (dan beberapa metode HTTP lain) "tidak boleh mempunyai kepentingan melaksanakan tindakan selain pengaksesan". W3C telah menerbitkan prinsip panduan mengenai perbedaan ini dengan menyatakan, "desain aplikasi web harus mematuhi prinsip di atas, serta batasan sejenis."[3]

POST
Mengirimkan data untuk diproses (misalnya dari bentuk HTML) ke sumber teridentifikasi. Data dimasukkan dalam tubuh permintaan. Ini sanggup menghasilkan pembentukan sumber gres atau pemutakhiran sumber yang sudah ada atau keduanya.

PUT
Mengunggah representasi sumber tertentu.

DELETE
Menghapus sumber tertentu.

TRACE
Menggaungkan kembali undangan yang diterima, sehingga klien sanggup melihat perubahan atau komplemen yang dilakukan oleh peladen perantara.

OPTIONS
Mengembalikan metode HTTP yang didukung peladen untuk URL tertentu. Ini sanggup digunakan untuk mengusut fungsionalitas peladen web dengan meminta '*' daripada fungsionalitas sumber tertentu.

CONNECT
Menukarkan koneksi undangan dengan terowongan TCP/IP transparan, biasanya untuk memfasilitasi komunikasi terenkripsi SSL (HTTPS) melalui proksi HTTP tak terenkripsi.[4]

PATCH
Menerapkan modifikasi parsial terhadap sumber.[5]
Peladen HTTP diminta untuk mengimplementasikan sedikitnya metode GET dan HEAD[6] dan jikalau mungkin, metode OPTIONS.[butuh rujukan]

Sesi HTTP
Sebuah sesi HTTP ialah urutan transaksi undangan dan respons jaringan dengan memakai protokol HTTP. Sebuah klien HTTP akan memulai sebuah permintaan. Klien tersebut akan membuka sebuah koneksi Transmission Control Protocol|Transmission Control Protocol (TCP) ke sebuah port tertentu yang terdapat dalam sebuah host (umumnya port 80 atau 8080). Server yang mendengarkan pada port 80 tersebut akan menunggu pesan undangan klien. Saat mendapatkan permintaan, server akan mengirimkan kembali baris status, mirip "HTTP/1.1 200 OK", dan pesan yang hendak diminta, pesan kesalahan atau info lainnya.

Berikut ini ialah referensi transaksi yang dilakukan oleh server dan klien S = Server C = Client

  • C : (Inisialisasi koneksi)
  • C : GET /index.htm HTTP/1.1
  • C : Host: www.wikipedia.org
  • S : 300 OK
  • S : Mime-type: text/html
  • S :
  • S : -- data dokumen --
  • S : (close connection)

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan utama yang terdapat pada HTTP dan HTTPS ialah terhadap penggunaan port. Pada HTTP, port yang digunakan ialah port 80. Sedangkan untuk HTTPS, port yang digunakan ialah 443. Dengan memakai HTTPS, info akan lebih kondusif alasannya ialah dilakukan enkripsi pada pengiriman informasi. Informasi yang dikirim pun hanya akan sanggup diakses oleh client dan server akhir.

Fungsi & Kegunaan HTTP

Pengertian HTTP dibangun dari abreviasi Hypertext Transfer Protocol. HTTP sanggup diimplementasikan ke salah satu protokol Internet. Namun memakai suite protocol TCP / IP yang paling populer. Sebuah klien HTTP membentuk koneksi TCP dengan host. Port 80 ialah port default yang digunakan untuk membentuk hubungan antara klien dan server yang memakai HTTP untuk Menerima undangan kemudian server menjawab dengan baris status dan pesan

Pengertian HTTP Menurut Kamus Besar
Pengertian HTTP (menurut Wikipedie.org) HTTP ialah protokol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem info hypermedia HTTP ialah dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web.

Definition of Hypertext Transfer Protocol (HTTP) is a networking protocol for distributed, collaborative, hypermedia information systems.HTTP is the foundation of data communication for the World Wide Web.

Pengertian HTTP (menurut Webopedia.com) HTTP ialah Singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang mendasari oleh World Wide Web. Dalam pengertian HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan apa tindakan dari Web server dan browser sebagai respon pada banyak sekali perintah.

Short for HyperText Transfer Protocol, the underlying protocol used by the World Wide Web. HTTP defines how messages are formatted and transmitted, and what actions Web servers and browsers should take in response to various commands.

Kesimpulan Pengertian HTTP

Pengertian HTTP ialah komunikasi protokol yang memfasilitasi transfer info ke Internet. HTTP ialah protokol request-response (permintaan dan tanggapan) antara klien dan server. Klien ialah web pengguna atau web browser, sedangkan server ialah pemberi balasan dengan menyimpan atau mengambil sumber daya yang diminta dengan menghubungkan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, selanjutnya membentuk World Wide Web.

Fungsi dan Cara kerja HTTP

HTTP, Muncul di awal setiap alamat halaman web, HTTP menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat-aplikasi pesan antara perangkat di web. Semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. HTTPS ialah variasi bab dari HTTP, dimana browser menambahkan lapisan enkripsi

World Wide Web Consortium dan Internet Engineering Task Force, bekerja untuk pengembangan HTTP. Protokol ini digunakan untuk pengambilan interlink dokumen teks dilayanni oleh web dan untuk mengakses sumber daya melalui web dengan memakai uniform resource Locator (URL).

Cara Kerja Protokol menetapkan bagaimana komputer berkomunikasi satu sama lainnya. Protokol ialah seperangkat hukum dan mekanisme yang harus diikuti oleh komputer untuk mendapatkan dan mengirimkan pesan. Protokol yang paling umum digunakan ketika ini ialah HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dll

Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon banyak sekali perintah. Pengertian HTTP dan fungsi, cara kerjanya Kegunaannya di link: Hypertext Transfer Protocol | Pengertian & Cara Kerja HTTP

Pengertian HTTPS Menurut Kamus Besar
HTTPS meliputi hal auntentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data. Autentikasi server memungkinkan pengguna mempunyai kepercayaan sedang berkomunikasi dengan server yang dituju. Data yang tersandi menciptakan data yang dikirimkan atau diterima akan menjadi sangat rahasia. Integritas data ini terkait penyerang jaringan yang tidak sanggup merusak atau mengubah komunikasi data antara client dan server alasannya ialah divalidasi oleh MAC (Message Authentication Code).

HTTPS bukanlah protokol yang terpisah, tetapi HTTPS mengacu pada kombinasi dari interaksi HTTP normal melalui Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS). Hal ini menjamin keamanan dari para penyadap informasi.

SSL ialah sebuah teknologi enkripsi untuk mengamankan HTTP sehingga terjaga pengiriman data antara server dengan client. Penggunaan SSL biasanya sanggup dilihat padaaddress kafetaria browser yang digunakan. Web yang sudah terpasang SSL akan menjadihttps://namadomain.com. Kemanan mirip ini biasanya digunakan oleh web yang melaksanakan transaksi keuangan mirip PayPal, Intenet Banking, dan lainnya.

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-serveradalah HTTP. Sementara untuk sanggup memakai protokol HTTPS, kita diharuskan mempunyai akta SSL. Secure Socket Layers (SSL) ialah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melaksanakan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk sanggup mengirim info penting, mirip nomor kartu kredit danlogin credential, dengan aman.

Dalam hal ini, ada dua jenis umum lapisan enkripsi diantaranya Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL). TLS ialah protokol pada jaringan komputer yang sanggup menjaga kerahasiaan data yang dikirim oleh client ke server ataupun sebaliknya. Dengan itu, pihak ketiga tidak sanggup menyadap data yang dikirim ke server atau ke client.

Menggunakan HTTPS akan menciptakan kemanan pengiriman data jauh lebih baik. Sebagai ilustrasi, ketika kita mengakses halaman web yang memakai HTTPS, halaman yang dikirim kepada kita telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protokol HTTPS sehingga identitas mirip nama, alamat, bahkan nomor pin akan dienkripsi sehingga tidak ada yang sanggup mencuri data-data ketika proses transaksi berlangsung. Dengan hal ini, transaksi akan lebih aman.


Pencarian yang paling banyak dicari
  • fungsi https
  • contoh http
  • cara kerja http
  • fungsi ftp
  • pengertian http
  • fungsi www
  • pengertian https
  • fungsi html
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser