Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan Integritas, Manfaat Dan  Perilaku Integritas

Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan Integritas, Manfaat Dan Perilaku Integritas

Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan Integritas, Manfaat Dan Perilaku Integritas

Jika mendengar kata integritas, hal yang pertama kali terngiang di benak penulis yaitu permasalahan kepemimpinan. Masalah kepemimpinan memang sering kali dikait – kaitkan dengan istilah yang satu ini. Ada banyak andal administrasi yang menyampaikan bahwa setiap pemimpin yang berhasil, selalu dilandasi dengan integritas yang tinggi. Menurut mereka, tanpa integritas yang tinggi, kepemimpinan yang dilaksanakannya tidak akan sukses atau pun berhasil.

 hal yang pertama kali terngiang di benak penulis yaitu permasalahan kepemimpinan Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan Integritas, Manfaat dan  Sikap Integritas
Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan Integritas, Manfaat dan Contoh Sikap Integritas
Lantas, apa sih bahwasanya arti kata integritas? Kata integritas intinya berasal dari bahasa Latin yaitu dari Kata Integer yang artinya lengkap atau pun utuh. Jika diartikan dari asal katanya, maka kata integritas sanggup diartikan sebagai sebuah perjuangan yang utuh dan lengkap yang didasari dengan kualitas, kejujuran, serta konsistensi aksara seseorang.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pengertian kata integritas yang sudah coba diutarakan oleh para andal :

Henry Cloud
Menurut Henry Cloud, ketika berbicara mengenai integritas, maka tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu di setiap serpihan diri yang berlainan, yang bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya. Integritas sangat terkait dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusia.

KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian integritas yaitu mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga mempunyai potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Ippho Santoso
Menurut Ippho Santoso, integiras sering diartikan sebagai menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan untuk melahirkan reputasi dan kepercayaan. Jika merujuk dari asal katanya, kata integritas mempunyai makna berbicara secara utuh dan lengkap / sepenuh – penuhnya.

Andreas Harefa
Menurut Andreas Harefa, integritas merupakan tiga kunci yang bisa diamati, yakni menyampaikan kejujuran, memenuhi komitmen, dan mengerjakan sesuatu dengan konsisten.

Integritas Nasional

Selain dikait – kaitkan dengan kepemimpinan, istilah integritas juga sering dikait – kaitkan dengan kata nasional. Lantas apa sih arti dari integritas nasional? Jika diartikan secara sederhana integritas nasional merupakan integritas yang dijalankan dalam menjalankan negara. Sedangkan jikalau diartikan secara lebih luas, maka integritas nasional merupakan hasrad atau pun kesadaran yang timbul secara berkelanjutan dari setiap orang yang mengelola, tinggal, dan menetap di suatu negara untuk bisa membuatkan dan menarik negara yang ditinggalinya menjadi lebih baik dan lebih maju.

Di Indonesia sendiri, integritas nasional pernah terjadi secara serempak pada Tanggal 28 Oktober 1928, yaitu pada hari Sumpah Pemuda. Pada waktu itu, seluruh cowok di Indonesia secara serempak bekerja sama untuk melawan penjajah dan memperjuangkan kerdekaan Indonesia.

Fungsi Integritas

Adapun fungsi Integritas yang diantaranya yaitu:
  1. Cognitive functions of integrity yang meliputi kecerdasan moral dan self insight. Sedangkan self insight itu sendiri meliputi self knowledge dan self reflection. Berarti, integritas berfungsi memalihara moral atau adat seseorang yang kemudian mendorong beliau untuk mempunyai pengetahuan yang luas.
  2. Affective functions of integrity yang meliputi conscience dan self regard. Dalam kontek ini integritas berfungsi memelihara nurani seseorang semoga tetap hanif sebagai seorang hamba semoga terperinci perbedaan diantara dirinya dengan hewan. Sebab secara biologis insan dan hewan, sama-sama mempunyai hepar “hati”, tetapi binatang tidak mempunyai qalb, sesuatu yang ada di diri setiap manusia.

Tujuan Integritas

Adapun tujuan integritas yaitu:
  1. Integritas merupakan salah satu kunci untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan.
  2. Integritas menciptakan insan bisa untuk memimpin dan dipimpin.
  3. Integritas melahirkan kepercayaan.
  4. Integritas sanggup melahirkan prestasi.

Manfaat Integritas

Adapun manfaat integritas yaitu:

Manfaat secara fisik
Diri kita akan merasa fit, sehat dan bugar. Kita selalu siap melaksanakan acara atau pekerjaan sehari-hari.

Manfaat secara intelektual
Dengan mental dan pengetahuan kita sanggup mengoptimalkan kemampuan otak kita.

Manfaat secara emosional
Diri menjadi penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi dan sarat kehangatan emosional dalam interaksi kerja.

Manfaat secara spiritual
Menjadikan diri jadi lebih bijaksana dalam memaknai segala sesuatu termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan misalnya keberhasilan, kegagalan dan penderitaan.

Manfaat secara sosial
Kita semakin bisa membuatkan korelasi baik satu sama lain dalam lingkungan masyarakat mau bekerja sama untuk menuntaskan kiprah atau kegiataan yang menuntut kelompakan dan kolaborasi yang baik, mempunyai kepekaan hati dan perasaan untuk selalu memberi kawasan bagi otang lain di dalam hati kita.

Ciri-Ciri Pribadi Yang Memiliki Integritas

Adapun ciri-ciri integritas yang diantaranya yaitu:
  1. Selalu menepati janji,
  2. Taat asa, tidak plin-plam,
  3. Komitmen dipegang tehuh dan bertanggungh jawab,
  4. satu kata, satu perbuatan,
  5. Jujur dan terbuka,
  6. Menghargai waktu,
  7. Menjaga prinsip dan nilai-nilai yang diyakini,
  8. Dan sebagainya.

Intergritas dan Kredibilitas

Sebenarnya kedua istilah ini mempunyai kesamaan yaitu bahwa keduanya menjadi sumber terbentuknya “trust” (kepercayaan) bagi pemimpin. Bedanya kalau dapat dipercaya lebih menyangkut “head” (otak) yaitu kemampuan olah pikir yang meliputi antara lain intelegensia, keterampilan, kompetensi (hard skill). Sedangkan integritas lebih menyangkut “heart” (hati) yaitu kemampuan olah nurani yang meliputi antara lain kejujuran, ketulusan, komitmen dan sebagainya. Kredibilitas terbangun melalui dua unsur yang sangat penting yaitu kapabilitas (kompetensi) dan pengalaman. Akan sulit rasanya jikalau seorang pemimpin tidak mempunyai kompetensi dan pengalaman di bidang yang ia pimpin. Sementara itu integritas dibangun melalui tiga unsur penting yaitu nilai-nilai yang dianut oleh Si Pemimpin (values), konsistensi, dan komitmen. Nilai-nilai merupakan pegangan dari si pemimpin dalam bertindak. Intergritas ini akan semakin kokoh jikalau si pemimpin mempunyai konsistensi antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan (walk the talk) dan mempunyai komitmen terhadapnya. Bila tidak mempunyai integritas, kita akan kehilangan dapat dipercaya alasannya yaitu orang lain akan menjauhi kita untuk menghindari kekecewaan.

Komitmen

Komitmen berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia: yaitu suatu akad pada diri kita sendiri ataupun orang lain yang tercermin dalam tanggungjawab tindakan kita melakukan, menjalankan, memasukkan, mengerjakan. Komitmen dalam keseharian diungkapkan dalam perkataan yang menyatakan sebuah kesanggupan untuk berbuat sesuatu. Komitmen mengandung unsur kontinuitas. Artinya kita bersedia untuk melaksanakan akad kita tidak hanya pada ketika ini, tetapi berkelanjutan dan secara terus menerus hingga selesai. Komitmen itu dimulai dengan kata, dan mewujudkannya dengan menjalankan kata tersebut. Hal ini merupakan tantangan bagi kita yang menciptakan komitmen. Jadilah “walk the talk”, melaksanakan apa yang Anda katakan. Pastikan Anda tidak menjanjikan sesuatu yang Anda sudah tahu niscaya mustahil sanggup tepati. Orang sejati selalu menepati apapun yang diucapkannya. Inilah awal mula munculnya rasa percaya pada diri sendiri dan dari orang lain.

Ini Contoh Sikap Berdasarkan Nilai Integritas

Tak hanya ingin jadi slogan semata, sekarang banyak sekali pihak berusaha mengimplementasikan Revolusi Mental. Revolusi Mental mengajak insan Indonesia untuk mempunyai integritas.

Perwujudan integritas bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan berperilaku jujur, bertanggung jawab dan sanggup dipercaya serta konsisten.Dengan berperilaku jujur, memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran, etika, dan moral, serta berbuat sesuai dengan perkataan maka orang tersebut bisa disebut bertanggung jawab serta mempunyai integritas. Hal tersebut cukup untuk menjadi modal semoga menerima iman dari orang lain.

Tak kalah penting yaitu kekonsistenan dalam menerapkan sikap jujur dan bertanggung jawab, sehingga integritas tidak lagi dipertanyakan.

Pada tataran kolektif, nilai integritas sanggup memandu masyarakat untuk berkomitmen pada tugasnya serta menciptakan masyarakat menjadi langsung yang sanggup dipercaya dan dipercaya.

Sementara di tataran negara, integritas sanggup mendorong aparatur pemerintahan bekerja secara lebih profesional, transparan, jujur, sanggup diandalkan, dan terpercaya.

Oleh alasannya yaitu itu, nilai integritas penyelenggara negara akan sangat kuat terhadap iman publik terhadap kinerja yang dilakukannya.

Pencarian yang paling banyak dicari
  • integritas yaitu dan contohnya
  • contoh integritas
  • makalah integritas
  • contoh integritas diri
  • arti integritas kerja
  • manfaat integritas
  • contoh integritas dalam bekerja
  • contoh integritas di perusahaan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser