Pengertian HAM atau hak asasi insan yakni serangkaian hak dasar yang menempel semenjak lahir dalam diri manusia. Hak asasi insan berasal dari Tuhan YME dan tidak sanggup langgar. Hak diartikan sebagai kekuasaan atau kewenangan untuk melaksanakan atau mendapat sesuatu. Sedangkan asasi mempunyai arti utama atau dasar. Tidak ada satu insan pun yang berhak untuk melanggar hak asasi manusia. Bahkan di Indonesia sendiri pengaturan dan tunjangan hak asasi insan sudah diatur secara sistematis dalam wujud Undang-Undang perihal hak asasi manusia. Setiap insan mempunyai hak dan martabat yang sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan. Di hadapan Tuhan insan terlihat sama dan tidak ada satu pun perbedaan yang sanggup membedakannya. Oleh lantaran itu, Tuhan YME menganugerahkan hak asasi insan kepada setiap umat insan tanpa terkecuali.
Hak asasi insan muncul atau berlandaskan dari keyakinan insan itu sendiri. Keyakinan yang dimaksudkan yakni sebenarnya setiap insan sama dan sederajat selaku makhluk ciptaan Tuhan. Ketika dilahirkan setiap insan mempunyai derajat, martabat dan hak yang sama. Hak asasi insan bersifat universal dan tidak dibedakan berdasarkan ras, agama dan suku. Setiap insan mempunyai hak untuk diperlakukan sama. Hak asasi insan mempunyai cakupan yang cukup banyak yaitu mencakup hak dasar perorangan dan hak dasar kelompok. Penegakkan HAM sudah digalakan di banyak sekali belahan dunia semenjak final masa 20. Sudah banyak dokumen yang tersimpan perihal hal tersebut dan terus bertambah setiap waktunya. Khususnya di Indonesia, upaya penegakkan HAM terus menuju ke arah yang positif beberapa dasawarsa terakhir. Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menggembirakan dan patut untuk terus diperjuangkan demi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.
UU No 39 Tahun 1999 perihal hak asasi insan juga mempunyai definisi HAM tersendiri. Menurut UU No 39 Tahun 1999 hak asasi insan merupakan seperangkat hak yang menempel dalam diri insan sebagai insan ciptaan Tuhan. Dimana seperangkat hak tersebut wajib untuk dilindungi dan dihargai guna melindungi harkat dan martabatnya sebagai manusia. UU ini memang dibuat sebagai instrumen khusus untuk mengatur pelaksanaan tunjangan HAM di Indonsia. UU No. 39 Tahun 1999 merupakan sebuah bukti dari komitmen yang dibuat pemerintah Indonesia untuk menjaga dan melindungi hak asasi insan seluruh warga negara Indonesia.
Pada pada dasarnya keseluruhan pengertian HAM mengacu pada pengertian hak dasar yang dimiliki setiap insan semenjak lahir sebagai belahan dari anugerah Tuhan YME dan dilarang dilanggar oleh siapapun. Tidak ada satu hal pun yang sanggup membedakan hak asasi insan yang menempel pada diri manusia, baik suku, ras, agama maupun jenis kelamin tidak sanggup membedakan hak asasi insan yang dimiliki. Dari suku manapun beliau berasal atau keyakinan apapun yang diyakininya serta jenis kelamin yang dimilikinya, setiap orang akan tetap mempunyai hak asasi insan yang sama baik di hadapan aturan maupun di hadapan Tuhan YME.
Doktrin dari hak asasi insan telah sangat besar lengan berkuasa dalam aturan internasional, lembaga-lembaga global dan regional. Tindakan oleh negara-negara dan organisasi-organisasi non-pemerintah membentuk dasar dari kebijakan publik di seluruh dunia. Ide HAM memperlihatkan bahwa "jika wacana publik dari masyarakat global mengenai perdamaian sanggup dikatakan mempunyai bahasa moral yang umum, itu merujuk ke hak asasi manusia." Klaim yang kuat yang dibuat oleh kepercayaan hak asasi insan terus memprovokasi skeptisisme yang cukup besar dan perdebatan perihal isi, sifat dan pembenaran hak asasi insan hingga hari ini. Arti yang sempurna dari hak asasi memicu kontroversial dan merupakan subyek perdebatan filosofis yang berkelanjutan; sementara ada konsensus bahwa hak asasi insan mencakup banyak sekali hak menyerupai hak untuk mendapat pengadilan yang adil, tunjangan terhadap perbudakan, larangan genosida, kebebasan berbicara, atau hak atas pendidikan, ada ketidaksetujuan perihal mana yang hak tertentu harus dimasukkan dalam kerangka umum hak asasi manusia; beberapa pemikir memperlihatkan bahwa hak asasi insan harus menjadi persyaratan minimum untuk menghindari pelanggaran terburuk, sementara yang lain melihatnya sebagai standar yang lebih tinggi.
Banyak ide-ide dasar yang menggambarkan gerakan hak asasi insan yang dikembangkan pada masa sesudah Perang Dunia Kedua dan kekejaman dari Holocaust,[6] berpuncak pada adopsi dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia di Paris oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1948. Masyarakat kuno tidak mempunyai konsepsi modern yang sama dari hak asasi insan universal. Pelopor sebenarnya dari wacana hak asasi insan yakni konsep hak alami yang muncul sebagai belahan dari tradisi aturan alam masa pertengahan yang menjadi menonjol selama Abad Pencerahan dengan filsuf menyerupai John Locke, Francis Hutcheson, dan Jean-Jacques Burlamaqui, dan yang menonjol dalam wacana politik Revolusi Amerika dan Revolusi Perancis.Dari dasar ini, argumen hak asasi insan modern muncul selama paruh kedua masa kedua puluh,] mungkin sebagai reaksi terhadap perbudakan, penyiksaan, genosida, dan kejahatan perang,[ sebagai realisasi kerentanan insan yang menempel dan sebagai prasyarat untuk kemungkinan membuat masyarakat yang adil.
Hak asasi aturan merupakan hak yang harus didapatkan oleh setiap insan di hadapan aturan atau ketika melaksanakan sesuatu yang berafiliasi pribadi dengan hukum. Hak asasi aturan mencakup hak untuk mendapat perlakuan yang setara atau sama di hadapan aturan dan pemerintahan, hak untuk menjadi PNS dan hak untuk mendapat tunjangan dan pelayanan hukum. HAM mempunyai tugas penting sebagai hak yang bersifat konkrit untuk melaksanakan setiap hal dalam sendi-sendi kehidupan. Fungsi HAM yakni untuk menjamin kelangsungan hak hidup, kemerdekaan dan hak untuk berkembang yang telah dirampas atau dilanggar oleh siapapun.
Di Indonesia sendiri tunjangan hak asasi insan sudah ditegakkan semenjak lama. Namun langkah yang sangat positif gres dimulai semenjak tahun 90-an. Pada ketika pemerintahan orde gres banyak sekali pelanggaran hak asasi insan yang dilanggar. Bahkan untuk sekedar memberikan pendapat pun pada ketika itu masyarakat harus sangat berhati-hati. Kebebasan pers dibatasi demi kepentingan politik. Setelah pemerintahan orde gres lengser, barulah langkah penegakkan HAM di Indonesia menemui titik terang. Pemerintah memperlihatkan sebuah kepastian aturan kepada seluruh warga negara Indonesia dengan diterbitkannya Undang-Undang No 39 Tahun 1999 perihal Hak Asasi manusia. Hingga kini UU tersebut dipakai sebagai pedoman dalam upaya penegakkan dan tunjangan HAM. Meskipun demikian UU No 39 Tahun 1999 tidak bangun sendiri melainkan dilengkapi dengan instrumen aturan lainnya berkenaan dengan hak asasi manusia.
Hak asasi insan yang menempel pada diri insan tetap mempunyai batas yaitu hak yang dimiliki oleh insan lainnya. Oleh lantaran itu, ketika memakai hak asasi kita dilarang semena-mena sehingga sanggup mengakibatkan terlanggarnya hak orang lain. Asas yang berlaku masih sama dimana setiap hak niscaya diimbangi dengan kewajiban yang telah lebih dahulu dilakukan sebelumnya.
Macam Hak Asasi Manusia berdasarkan pengertian HAM,ciri pokok dari hakikat HAM yakni :
Perumusan ciri-ciri Negara Hukum yang dilakukan oleh F.J. Stahl, yang kemudian ditinjau ulang oleh International Commision of Jurist pada Konferensi yang diselenggarakan di Bangkok tahun 1965, yang memperlihatkan ciri-ciri sebagai berikut:
Kenyataan memperlihatkan bahwa masalah HAM di indonesia selalu menjadi sorotan tajam dan materi perbincangan terus-menerus, baik lantaran konsep dasarnya yang bersumber dari Undang-Undang Dasar 1945 maupun dalam realita praktisnya di lapangan ditengarai penuh dengan pelanggaran-pelanggaran. Sebab-sebab pelanggaran HAM antara lain adanya arogansi kewenangan dan kekuasaan yang dimiliki seorang pejabat yang berkuasa, yang menjadikan sulit mengendalikan dirinya sendiri sehingga terjadi pelanggaran terhadap hak-hak orang lain.
Pemerintah wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, Dan memajukan Hak asasi insan melalui langkah implementasi yang efektif dalam bidang hukum, politik, social, budaya, pertahanan dan keamanan Negara, dan bidang lainnya.
Program pemerintah dalam penegakan Hukum dan HAM (PP Nomor 7 tahun 2005) yaitu mencakup pemberantasan korupsi, anti terorisme, dan pembasmian penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya. Oleh alasannya itu, penegakan aturan dan HAM harus selalu ditegakkan secara tegas, tidak diskriminatif dan konsisten.
Partisipasi masyarakat sanggup pula berpartisipasi dalam perlindungan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia. Masyarakat disini mencakup antara lain : setiap orang, kelompok, organisasi politik, organisasi masyarakat, forum swadaya masyarakat atau forum kemasyarakatan lainnya menyerupai Perguruan Tinggi, forum studi
Partisipasi masyarakat ini sanggup berupa :
Hak asasi pribadi ini yakni hak yang berkaitan dengan dengan kehidupan pribadi kita.
Contoh Hak Asasi Pribadi :
Hak asasi ekonomi yakni hak yang berkaitan dengan kehidupan perekonomian menyerupai Hak dalam membeli mempunyai serta menjual dan dalam memanfaatkan sesuatu.
Baca Juga: Belajar Membuat Puisi Tema Islam dan Tema Pendidikan Terbaik
Contoh Hak Asasi Ekonom
Hak asasi politik yakni hak asasi yang berkaitan dengan problem politik menyerupai hak ikut serta didalam pemerintahan, hak untuk dipilih contohnya mencalonkan diri menjadi Presiden , serta menentukan dalam pemilu pola menentukan presiden dan wakli Presiden, hak untuk mendirikan partai politik, dan lain lain.
Contoh Hak Asasi Politik
Hak asasi peradilan yakni hak seseorang untuk mendapat perlakuan yang sama dan adil dalam pengadilan.
Contoh Hak Asasi Peradilan
Hak asasi sosial budaya yakni hak asasi yang berafiliasi dengan kehidupan di masyrakat menyerupai untuk menentukan pendidikan, hak untuk membuatkan kebudayaan dan lain lain.
Contoh Hak Asasi Sosial dan Budaya
Hak asasi aturan yakni hak setiap orang di dalam kehidupan pemerintahan dan hukum.
Contoh Hak Asasi Hukum
Hak HanKam
Pasal 30 menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam perjuangan pembelaan negara”. Arti pesannya : bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam perjuangan pembelaan negara.
Pencarian yang paling dicari
Pengertian HAM, Isitlah, fungsi, tujuan dan sejarah perkembangannya Serta Contoh |
Hak asasi insan muncul atau berlandaskan dari keyakinan insan itu sendiri. Keyakinan yang dimaksudkan yakni sebenarnya setiap insan sama dan sederajat selaku makhluk ciptaan Tuhan. Ketika dilahirkan setiap insan mempunyai derajat, martabat dan hak yang sama. Hak asasi insan bersifat universal dan tidak dibedakan berdasarkan ras, agama dan suku. Setiap insan mempunyai hak untuk diperlakukan sama. Hak asasi insan mempunyai cakupan yang cukup banyak yaitu mencakup hak dasar perorangan dan hak dasar kelompok. Penegakkan HAM sudah digalakan di banyak sekali belahan dunia semenjak final masa 20. Sudah banyak dokumen yang tersimpan perihal hal tersebut dan terus bertambah setiap waktunya. Khususnya di Indonesia, upaya penegakkan HAM terus menuju ke arah yang positif beberapa dasawarsa terakhir. Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menggembirakan dan patut untuk terus diperjuangkan demi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.
Pengertian HAM berdasarkan para ahli
Miriam budiarjo mengerucutkan pengertian HAM sebagai hak yang dibawa oleh setiap insan semenjak lahir dan mempunyai sifat universal. Tidak ada satu hal pun yang sanggup membuat hak asasi yang menempel pada diri insan menjadi berbeda. Baik suku, ras, agama dan jenis kelamin tidak sanggup membuat perbedaan hak asasi insan yang dimiliki setiap orang. Oemar seno adji mendefinisikan HAM sebagai hak yang menempel pada setiap insan yang merupakan insan ciptaan Tuhan YME dan dilarang dilanggar oleh siapapun. Pengertian HAM berdasarkan David Beetham dan Kevin Boyle yakni hak-hak individual yang berasal dari banyak sekali kebutuhan dan kapasitas masing-masing manusia. G.J Wolhos mengemukakan pendapatnya perihal pengertian hak asasi insan yaitu sebagai sebuah hak yang sudah mengakar atau menempel dalam diri insan dan merupakan belahan dari hak-hak yang dilarang dihilangkan. Menghilangkan hak asasi insan orang lain sama saja dengan menghilangkan martabat dan derajatnya sebagai manusia.UU No 39 Tahun 1999 perihal hak asasi insan juga mempunyai definisi HAM tersendiri. Menurut UU No 39 Tahun 1999 hak asasi insan merupakan seperangkat hak yang menempel dalam diri insan sebagai insan ciptaan Tuhan. Dimana seperangkat hak tersebut wajib untuk dilindungi dan dihargai guna melindungi harkat dan martabatnya sebagai manusia. UU ini memang dibuat sebagai instrumen khusus untuk mengatur pelaksanaan tunjangan HAM di Indonsia. UU No. 39 Tahun 1999 merupakan sebuah bukti dari komitmen yang dibuat pemerintah Indonesia untuk menjaga dan melindungi hak asasi insan seluruh warga negara Indonesia.
Pada pada dasarnya keseluruhan pengertian HAM mengacu pada pengertian hak dasar yang dimiliki setiap insan semenjak lahir sebagai belahan dari anugerah Tuhan YME dan dilarang dilanggar oleh siapapun. Tidak ada satu hal pun yang sanggup membedakan hak asasi insan yang menempel pada diri manusia, baik suku, ras, agama maupun jenis kelamin tidak sanggup membedakan hak asasi insan yang dimiliki. Dari suku manapun beliau berasal atau keyakinan apapun yang diyakininya serta jenis kelamin yang dimilikinya, setiap orang akan tetap mempunyai hak asasi insan yang sama baik di hadapan aturan maupun di hadapan Tuhan YME.
Menurut wikipedia
Hak Asasi Manusia(HAM) yakni prinsip-prinsip moral atau norma-norma, yang menggambarkan standar tertentu dari sikap manusia, dan dilindungi secara teratur sebagai hak-hak aturan dalam aturan kota dan internasional. Mereka umumnya dipahami sebagai hal yang mutlaksebagai hak-hak dasar "yang seseorang secara inheren berhak lantaran beliau yakni manusia" , dan yang "melekat pada semua manusia" terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya. Ini berlaku di mana-mana dan pada setiap kali dalam arti yang universal, dan ini egaliter dalam arti yang sama bagi setiap orang. HAM membutuhkan tenggang rasa dan aturan hukumdan memaksakan kewajiban pada orang untuk menghormati hak asasi insan dari orang lain.Mereka tidak harus diambil kecuali sebagai hasil dari proses aturan berdasarkan keadaan tertentu misalnya, hak asasi insan mungkin termasuk kebebasan dari penjara melanggar aturan , penyiksaan, dan eksekusi.Doktrin dari hak asasi insan telah sangat besar lengan berkuasa dalam aturan internasional, lembaga-lembaga global dan regional. Tindakan oleh negara-negara dan organisasi-organisasi non-pemerintah membentuk dasar dari kebijakan publik di seluruh dunia. Ide HAM memperlihatkan bahwa "jika wacana publik dari masyarakat global mengenai perdamaian sanggup dikatakan mempunyai bahasa moral yang umum, itu merujuk ke hak asasi manusia." Klaim yang kuat yang dibuat oleh kepercayaan hak asasi insan terus memprovokasi skeptisisme yang cukup besar dan perdebatan perihal isi, sifat dan pembenaran hak asasi insan hingga hari ini. Arti yang sempurna dari hak asasi memicu kontroversial dan merupakan subyek perdebatan filosofis yang berkelanjutan; sementara ada konsensus bahwa hak asasi insan mencakup banyak sekali hak menyerupai hak untuk mendapat pengadilan yang adil, tunjangan terhadap perbudakan, larangan genosida, kebebasan berbicara, atau hak atas pendidikan, ada ketidaksetujuan perihal mana yang hak tertentu harus dimasukkan dalam kerangka umum hak asasi manusia; beberapa pemikir memperlihatkan bahwa hak asasi insan harus menjadi persyaratan minimum untuk menghindari pelanggaran terburuk, sementara yang lain melihatnya sebagai standar yang lebih tinggi.
Banyak ide-ide dasar yang menggambarkan gerakan hak asasi insan yang dikembangkan pada masa sesudah Perang Dunia Kedua dan kekejaman dari Holocaust,[6] berpuncak pada adopsi dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia di Paris oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1948. Masyarakat kuno tidak mempunyai konsepsi modern yang sama dari hak asasi insan universal. Pelopor sebenarnya dari wacana hak asasi insan yakni konsep hak alami yang muncul sebagai belahan dari tradisi aturan alam masa pertengahan yang menjadi menonjol selama Abad Pencerahan dengan filsuf menyerupai John Locke, Francis Hutcheson, dan Jean-Jacques Burlamaqui, dan yang menonjol dalam wacana politik Revolusi Amerika dan Revolusi Perancis.Dari dasar ini, argumen hak asasi insan modern muncul selama paruh kedua masa kedua puluh,] mungkin sebagai reaksi terhadap perbudakan, penyiksaan, genosida, dan kejahatan perang,[ sebagai realisasi kerentanan insan yang menempel dan sebagai prasyarat untuk kemungkinan membuat masyarakat yang adil.
Fungsi dan macam-macam hak asasi manusia
Hak asasi insan terdiri dari hak asasi pribadi, hak asasi politik, hak asasi hukum, hak asasi ekonomi, hak asasi peradilan, dan hak asasi sosial budaya. Hak asasi pribadi merupakan seperangkat hak yang ruang lingkupnya yakni diri sendiri. Dampak positif maupun dampak negatif dari hak tersebut akan dirasakan oleh diri sendiri bukan orang lain. diantara belahan dari hak asasi pribadi yakni hak untuk mengeluarkan pendapat, hak untuk menentukan atau aktif di organisasi dan perkumpulan manapun, hak untuk menentukan memeluk dan meyakini kepercayaan sesuai dengan kepercayaan agama yang dianut. Hak asasi politik atau political right merupakan hak asasi yang dimiliki untuk mengikuti perpolitikan di suatu negara tanpa membedakan ras, agama maupun suku. Diantara hak politik yang menempel pada diri insan yakni hak untuk menentukan ataupun dipilih dalam suatu pemilu, hak untuk ikut serta dalam kegiatan pemerintahan, hak untuk mendirikan partai politik atau jenis organisasi politik lainnya dan hak untuk membuat/ mengajukan sebuah usulan atau petisi politik.Hak asasi aturan merupakan hak yang harus didapatkan oleh setiap insan di hadapan aturan atau ketika melaksanakan sesuatu yang berafiliasi pribadi dengan hukum. Hak asasi aturan mencakup hak untuk mendapat perlakuan yang setara atau sama di hadapan aturan dan pemerintahan, hak untuk menjadi PNS dan hak untuk mendapat tunjangan dan pelayanan hukum. HAM mempunyai tugas penting sebagai hak yang bersifat konkrit untuk melaksanakan setiap hal dalam sendi-sendi kehidupan. Fungsi HAM yakni untuk menjamin kelangsungan hak hidup, kemerdekaan dan hak untuk berkembang yang telah dirampas atau dilanggar oleh siapapun.
Di Indonesia sendiri tunjangan hak asasi insan sudah ditegakkan semenjak lama. Namun langkah yang sangat positif gres dimulai semenjak tahun 90-an. Pada ketika pemerintahan orde gres banyak sekali pelanggaran hak asasi insan yang dilanggar. Bahkan untuk sekedar memberikan pendapat pun pada ketika itu masyarakat harus sangat berhati-hati. Kebebasan pers dibatasi demi kepentingan politik. Setelah pemerintahan orde gres lengser, barulah langkah penegakkan HAM di Indonesia menemui titik terang. Pemerintah memperlihatkan sebuah kepastian aturan kepada seluruh warga negara Indonesia dengan diterbitkannya Undang-Undang No 39 Tahun 1999 perihal Hak Asasi manusia. Hingga kini UU tersebut dipakai sebagai pedoman dalam upaya penegakkan dan tunjangan HAM. Meskipun demikian UU No 39 Tahun 1999 tidak bangun sendiri melainkan dilengkapi dengan instrumen aturan lainnya berkenaan dengan hak asasi manusia.
Hak asasi insan yang menempel pada diri insan tetap mempunyai batas yaitu hak yang dimiliki oleh insan lainnya. Oleh lantaran itu, ketika memakai hak asasi kita dilarang semena-mena sehingga sanggup mengakibatkan terlanggarnya hak orang lain. Asas yang berlaku masih sama dimana setiap hak niscaya diimbangi dengan kewajiban yang telah lebih dahulu dilakukan sebelumnya.
Macam Hak Asasi Manusia berdasarkan pengertian HAM,ciri pokok dari hakikat HAM yakni :
- HAM tidak perlu diberikan ,dibeli,ataupun diwarisi.
- HAM berlaku bagi semua orang
- HAM dilarang dilanggar
- Hak asasi pribadi (personal rights)
- Hak asasi politik (political rights)
- Hak asasi ekonomi (property rights)
- Hak asasi social dan kebudayaan (social and cultural rights)
- Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam aturan dan pemerintahan (rights of legal equality)
- Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam tatacara peradilan dan tunjangan ( procedural rights)
Hubungan Negara Hukum dan Hak Asasi Manusia
Negara Hukum haruslah mempunyai ciri atau syarat mutlak bahwa negara itu melindungi dan menjamin Hak Asasi Manusia setiap warganya. Dengan demikian terperinci sudah keterkaitan antara Negara aturan dan Hak Asasi Manusia, dimana Negara Hukum wajib menjamin dan melindungi Hak Asasi Manusia setiap warganya.Perumusan ciri-ciri Negara Hukum yang dilakukan oleh F.J. Stahl, yang kemudian ditinjau ulang oleh International Commision of Jurist pada Konferensi yang diselenggarakan di Bangkok tahun 1965, yang memperlihatkan ciri-ciri sebagai berikut:
- Perlindungan konstitusional, artinya selain menjamin hak-hak individu konstitusi harus pula menentukan cara procedural untuk memperoleh tunjangan atas hak-hak yang dijamin;
- Badan Kehakiman yang bebas dan tidak memihak;
- Pemilihan Umum yang bebas;
- Kebebasan menyatakan pendapat;
- Kebebasan berserikat/berorganisasi dan beroposisi;
- Pendidikan Kewarganegaraan.
Dasar Hukum Hak Asasi Manusia di Indonesia
Berbagai instrumen hak asasi insan yang dimiliki Negara Republik Indonesia,yakni:- Undang – Undang Dasar 1945
- Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998 perihal Hak Asasi Manusia
- Ketetapan MPR RI yang diperlukan memuat secara adanya HAM itu sanggup diwujudkan dalam masa Orde Reformasi, yaitu selama Sidang spesial MPR yang berlangsung dari tanggal 10 hingga dengan 13 November 1988. Dalam rapat paripurna ke-4 tanggal 13 November 1988, telah diputuskan lahirnya Ketetapan MPR RI No. XVII/MPR/1988 perihal Hak Asasi Manusia.
- Undang – Undang Nomor 39 Tahun 1999 perihal Hak Asasi Manusia. Adapun hak-hak yang ada dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 199 tersebut antara lain sebagai berikut :
- Hak untuk hidup (Pasal 4)
- Hak untuk berkeluarga (Pasal 10)
- Hak untuk membuatkan diri (Pasal 11, 12, 13, 14, 15, 16)
- Hak untuk memperoleh keadilan (Pasal 17, 18, 19)
- Hak atas kebebasan pribadi (Pasal 20-27)
- Hak atas rasa kondusif (Pasal 28-35)
- Hak atas kesejahteraan (Pasal 36-42)
- Hak turut serta dalam pemerintahan (Pasal 43-44)
- Hak perempuan (Pasal 45-51)
- Hak anak (Pasal 52-66)
Pelaksanaan dan penegakan HAM di Indonesia
Tegaknya HAM selalu mempunyai hubungan korelasional positif dengan tegaknya negara hukum. Sehingga dengan dibentuknya KOMNAS HAM dan Pengadilan HAM, regulasi aturan HAM dengan ditetapkannya UU No. 39 Tahun 1999 dan UU No. 26 Tahun 2000 serta dipilihnya para hakim ad hoc, akan lebih menyegarkan iklim penegakkan aturan yang sehat. Artinya kebenaran aturan dan keadilan harus sanggup dinikmati oleh setiap warganegara secara egaliter.Kenyataan memperlihatkan bahwa masalah HAM di indonesia selalu menjadi sorotan tajam dan materi perbincangan terus-menerus, baik lantaran konsep dasarnya yang bersumber dari Undang-Undang Dasar 1945 maupun dalam realita praktisnya di lapangan ditengarai penuh dengan pelanggaran-pelanggaran. Sebab-sebab pelanggaran HAM antara lain adanya arogansi kewenangan dan kekuasaan yang dimiliki seorang pejabat yang berkuasa, yang menjadikan sulit mengendalikan dirinya sendiri sehingga terjadi pelanggaran terhadap hak-hak orang lain.
Permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam penegakan HAM di Indonesia
Berbagai permasalahan yang dihadapi pemerintah Indonesia dalam rangka penghormatan, pengakuan, penegakan aturan dan HAM antara lain :- Penegakan Hukum di Indonesia belum dirasakan optimal oleh masyarakat. Hal itu antara lain, ditunjukan oleh masih rendahnya kinerja forum peradilan. Penegakan aturan sejumlah masalah pelanggaran HAM berat yang sudah selesai tahap penyelidikannya pada tahun 2002, 2003, dan 2004, hingga kini belum di tindak lanjuti tahap penyelidikannya.
- Masih ada peraturan perundang-undangan yang belum berwawasan gender dan belum memperlihatkan tunjangan HAM. Hal itu terjadi antara lain, lantaran adanya pegawanegeri hukum, baik pegawanegeri pelaksana peraturan perundang-undangan, maupun pegawanegeri penyusun peraturan perundang-undangan yang belum mempunyai pemahaman yang cukup atas prinsip-prinsip tunjangan hak asasi manusia.
- Belum membaiknya kondisi kehidupan ekonomi bangsa sebagai dampak krisis ekonomi yang terjadi telah mengakibatkan sebagian besar rakyat tidak sanggup menikmati hak-hak dasarnya baik itu hak ekonominya menyerupai belum terpenuhinya hak atas pekerjaan yang layak dan juga hak atas pendidikan
- Sepanjang tahun 2004 telah terjadi beberapa konflik dalam masyarakat, menyerupai Aceh, Ambon, dan Papua yang tidak hanya melibatkan pegawanegeri Negara tetapi juga dengan kelompok bersenjata yang mengakibatkan tidak terpenuhinya hak untuk hidup secara kondusif dan hak untuk ikut serta dalam pemerintahan
- Adanya agresi terorisme yang ditujukan kepada sarana public yang mnyebabkan rasa tidak kondusif bagi masyarakat
- Dengan adanya globalisasi, intensitas hubungan masyarakat antara satu Negara dengan Negara lainnya manjdi makin tinggi. Dengan demikian kecenderungan munculnya kejahatan yang bersifat transnasional menjadi makin sering terjadi. Kejahatan-kejahatan tersebut antara lain, terkait dengan masalah narkotika, pembersihan uang dan terorisme. Salah satu permasalahan yang sering timbul yakni adanya peredaran dokumen palsu. Yang membuat orang-orang luar bebas tiba ke Indonesia
Beberapa masalah Hak Asasi di Indonesia yaitu:
- Perlindungan Perempuan : Keadilan dan kesetaraan gender. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27 menjamin persamaan Hak perempuan dan Laki-laki ; dan Bahwa perempuan yakni belahan dari HAM yang tercantum dalam UU No. 7/198-4 perihal anti diskriminasi dan UU No. 39/1999 perihal HAK. Ada pun hak-hak politik perempuan tercantum dalam UU No. 68/1958
- Rencana Aksi Nasional (RAN) Penghapusan perdagangan perempuan dan Anak Indonesia telah mempunyai rencana agresi nasional peniadaan trafficking perempuan dan anak 2003-2007. RAN tersebut merupakan implementasi dari konvensi PBB menentang kejahatan Terorganisir antar Negara
- Perlindungan Hak Anak, Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah legislative dan administrative untuk lebih memperbaiki tunjangan hak-hak anak dan perempuan. Langkah-langkah legislative tersebut antara lain dengan keluarnya UU No. 32 tahun 2002 perihal tunjangan anak dan UU No. 20 tahun 2003 dengan system pendidikan nasional. Sedangkan langkah administrative dalam menetukan rencana agresi dan penentuan penjuru untuk pemajuan dan tunjangan HAM antara lain, melalui kepres No. 59 tahun 2002 perihal rencana agresi nasional peniadaan Bentuk-bentuk pekerjaan terburuk anak. Dan juga pembentukan komisi tunjangan anak Indonesia di bentuk pada tahun 2003 melalui keppres No. 77 tahun 2003.
Upaya Pemerintah dalam hal penghormatan, legalisasi , dan penegakan Hukum dan HAM
Untuk mewujudkan dan menegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia tidaklah semudah menuliskan serta mengucapkannya. Hal ini disebabkan banyak hambatan dan tantangan yang tidak lagi sebatas terorika, melainkan sudah menjadi realita yang tidak sanggup dihindari apalagi ditunda-tunda. Dalam penegakan HAM melalui sistem aturan pidana yang telah berlaku di Indonesia terdapat kendala-kendala atau hambatan yang bersifat prinsipil substansil dan klasik.Pemerintah wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, Dan memajukan Hak asasi insan melalui langkah implementasi yang efektif dalam bidang hukum, politik, social, budaya, pertahanan dan keamanan Negara, dan bidang lainnya.
Program pemerintah dalam penegakan Hukum dan HAM (PP Nomor 7 tahun 2005) yaitu mencakup pemberantasan korupsi, anti terorisme, dan pembasmian penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya. Oleh alasannya itu, penegakan aturan dan HAM harus selalu ditegakkan secara tegas, tidak diskriminatif dan konsisten.
Partisipasi masyarakat sanggup pula berpartisipasi dalam perlindungan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia. Masyarakat disini mencakup antara lain : setiap orang, kelompok, organisasi politik, organisasi masyarakat, forum swadaya masyarakat atau forum kemasyarakatan lainnya menyerupai Perguruan Tinggi, forum studi
Partisipasi masyarakat ini sanggup berupa :
- Pengajuan usulan mengenai perumusan dan kebajikan yang berkaitan dengan hak asasi manusia
- Melakukan penelitian
- Melakukan pendidikan
- Melakukan penyebarluasan warta mengenai hak asasi manusia.
Macam-Macam Hak Asasi Manusia HAM
Hak Asasi Pribadi (Perseonal Rights)Hak asasi pribadi ini yakni hak yang berkaitan dengan dengan kehidupan pribadi kita.
Contoh Hak Asasi Pribadi :
- Hak Kebebasan untuk memberikan pendapat.
- Hak Kebebasan untuk menjalankan peribadatan serta dalam memeluk agama.
- Hak Kebebasan untuk berpergian.
- Hak Kebebasan untuk menentukan serta aktif di dalam suatu organisasi.
Hak asasi ekonomi yakni hak yang berkaitan dengan kehidupan perekonomian menyerupai Hak dalam membeli mempunyai serta menjual dan dalam memanfaatkan sesuatu.
Baca Juga: Belajar Membuat Puisi Tema Islam dan Tema Pendidikan Terbaik
Contoh Hak Asasi Ekonom
- Hak untuk jual beli.
- Hak melaksanakan kontrak /perjanjian.
- Hak untuk sewa menyewa.
- Hak untuk mempunyai sesuatu.
- Hak mendapat pekerjaan.
Hak asasi politik yakni hak asasi yang berkaitan dengan problem politik menyerupai hak ikut serta didalam pemerintahan, hak untuk dipilih contohnya mencalonkan diri menjadi Presiden , serta menentukan dalam pemilu pola menentukan presiden dan wakli Presiden, hak untuk mendirikan partai politik, dan lain lain.
Contoh Hak Asasi Politik
- Kebebasan untuk menentukan dan dipilih dalam demokrasi.
- Kebebasan untuk mendirikan partai.
- Hak untuk mengajukan dan membuat petisi.
Hak asasi peradilan yakni hak seseorang untuk mendapat perlakuan yang sama dan adil dalam pengadilan.
Contoh Hak Asasi Peradilan
- Hak memperoleh perlakukan yg adil dlm hukum.
- Hak memperoleh pembelaan dalam hukum.
- Hak untuk memperoleh hal yang sama di berlangsungnya sebuah proses aturan baik itu penyelidikan, penggeledahan, penangkapan, ataupun penahanan.
Hak asasi sosial budaya yakni hak asasi yang berafiliasi dengan kehidupan di masyrakat menyerupai untuk menentukan pendidikan, hak untuk membuatkan kebudayaan dan lain lain.
Contoh Hak Asasi Sosial dan Budaya
- Hak untuk memperoleh pendidikan yang layak.
- Hak untuk memperoleh pelajaran.
- Hak untuk menentukan serta menentukan pendidikan.
- Hak membuatkan talenta serta minat.
Hak asasi aturan yakni hak setiap orang di dalam kehidupan pemerintahan dan hukum.
Contoh Hak Asasi Hukum
- Hak untuk memperoleh layanan serta tunjangan hukum.
- Hak untuk memperoleh serta mempunyai pembelaan aturan diperadilan.
Hak HanKam
Pasal 30 menyatakan, bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam perjuangan pembelaan negara”. Arti pesannya : bahwa setiap warga negara berhak dan wajib dalam perjuangan pembelaan negara.
Pencarian yang paling dicari
- pengertian ham secara umum
- materi ham
- sejarah ham
- ham di indonesia
- contoh ham
- pelanggaran ham
- macam macam ham
- makalah ham