8 Tanda Bahwa Seseorang Mempunyai Harga Diri Yang Rendah

8 Tanda Bahwa Seseorang Mempunyai Harga Diri Yang Rendah

8 Tanda Bahwa Seseorang Mempunyai Harga Diri Yang Rendah

Orang yang kebanyakan membisu dalam pertemuan sosial, atau biasanya merasa nyaman sendirian ialah orang yang mempunyai harga diri rendah. Sepertinya mereka kurang percaya diri. Harga diri yang rendah jauh lebih berakar dari pada rendahnya iman diri. Seseorang dengan harga diri yang rendah mengalami inferioritas yang kompleks dan merasa tidak berharga di hampir semua aspek hidupnya. Mereka mengalah pada argumen dengan sangat cepat dan meminta maaf terlalu sering. Anda mengkritik mereka sedikit dan mereka akan mengalami depresi. Inilah beberapa tanda klasik seseorang yang mempunyai harga diri rendah.

Orang yang kebanyakan membisu dalam pertemuan sosial 8 Tanda Bahwa Seseorang Memiliki Harga Diri yang Rendah
8 Tanda Bahwa Seseorang Memiliki Harga Diri yang Rendah

meningkatkan harga diri AndaMembuat harga diri Anda dengan percaya bahwa ada lebih banyak kehidupan daripada mencela diri sendiri

Berikut ialah beberapa tanda peringatan seseorang dengan harga diri rendah:

1. Meminta Maaf terlalu sering

Meminta maaf ialah kebiasaan umum lainnya di antara orang-orang yang mempunyai harga diri rendah. Mereka niscaya percaya bahwa apapun yang salah terjadi, itulah alasan di baliknya. Nilai diri mereka yang rendah ialah mengapa mereka merasa menyerupai ini.

Jika meminta maaf tidak perlu merupakan kecenderungan umum dalam diri Anda, cobalah katakan pada diri sendiri bahwa itu bukan salah Anda.

2. Mereka terlalu kritis terhadap orang lain

Orang dengan harga diri rendah biasanya akan terlihat terlalu kritis terhadap orang lain dan mencoba mengendalikan rekan mereka. Tidak hanya mereka terus menyampaikan hal-hal yang mencela diri sendiri, mereka juga akan terlalu protektif, cemburu dan tidak aman.

3. Mereka mencoba mengalah pada argumen

Orang yang rendah diri akan mencoba menghindari pertengkaran dan konflik apapun. Untuk menghindari pertengkaran, mereka juga bisa menyetujui hal-hal yang tidak mereka yakini. Hal ini mengakibatkan ketidakmampuan mereka untuk mengekspresikan diri sepenuhnya. Jadi, orang dengan harga diri rendah tidak mempunyai teman akrab alasannya tidak ada yang tahu menyerupai apa mereka sebenarnya.

Mereka harus berusaha meyakinkan bahwa pendapat mereka sangat berharga.

4. Mereka menghindari tantangan dan terlalu peka

Orang dengan harga diri rendah akan terlihat menghindari tantangan atau apapun yang baru. Mereka mendapat banyak perubahan suasana hati dan cukup sensitif perihal apa yang dipikirkan orang lain perihal mereka.

5. Mereka tidak bisa menghadapi kritik

Orang dengan harga diri rendah biasanya tidak sanggup menghadapi kritik. Setiap kali atasan atau orang renta mereka menunjukkan kritik konstruktif, mereka bahkan sering menangis. Inilah salah satu tanda klasik seseorang dengan harga diri rendah.

Anda mungkin bisa mencoba berpikir rasional sebelum bereaksi terhadap kritik semacam itu di masa depan.

6. Mereka bergantung pada orang lain untuk mengambil keputusan

Orang dengan harga diri rendah akan selalu mempunyai kecenderungan untuk mengambil keputusan menurut kepemimpinan orang lain. Karena takut konflik atau pertengkaran, mereka tidak sanggup menyampaikan tidak atau menolak apapun yang menghalangi jalan mereka.

7. Mereka menemukan kebahagiaan dalam materialisme

Orang dengan harga diri rendah biasanya akan menemukan kebahagiaan dalam berbelanja. Barang-barang yang bersifat materialistik membantu mereka dalam berurusan dengan harga diri mereka yang rendah. Mereka percaya bahwa hal-hal ini bisa menciptakan mereka merasa bahagia.

Oleh alasannya itu, jikalau Anda juga menemukan kebahagiaan dalam kepemilikan materi, cobalah menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai atau keluarga Anda untuk mengetahui nilai hubungan faktual dan lebih bermakna.

8. Mereka gampang tertekan

Depresi ialah salah satu kecenderungan paling umum pada orang yang mempunyai harga diri rendah. Mereka tidak merasa bersosialisasi dan atau mencoba sesuatu yang baru. Mengambil hobi atau melaksanakan hal-hal yang Anda cintai sanggup membantu dalam mencegah depresi.

Jika Anda bekerjasama dengan gejala yang disebutkan di atas, sudah saatnya Anda mulai menilai kembali harga diri Anda. Penting untuk percaya bahwa Anda baik menyerupai Anda dan bahwa ada banyak hal selain hidup mencela diri sendiri dan terlalu peka terhadap aneka macam hal.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser