Obesitas Dan Kesehatan Anda: Lima Hal Yang Perlu Diketahui

Obesitas Dan Kesehatan Anda: Lima Hal Yang Perlu Diketahui

Obesitas Dan Kesehatan Anda: Lima Hal Yang Perlu Diketahui

Obesitas ialah kondisi fisik jaringan lemak berlebih yang disebabkan oleh interaksi kompleks kebiasaan makan, faktor lingkungan dan faktor genetik. Dalam istilah yang lebih sederhana, orang gemuk mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang mereka keluarkan.

Obesitas dan kesehatan Anda: Lima hal yang perlu diketahui

Satu dari 10 orang di seluruh dunia mengalami obesitas, menjadikannya dilema besar sebagai kelaparan.

Sementara obesitas itu sendiri bukanlah penyakit, obesitas sanggup mengakibatkan dilema kesehatan kalau tidak dikelola. Berikut ialah lima hal yang perlu diketahui ihwal obesitas:

1. Alam dan pengasuhan

Faktor genetik secara signifikan terlibat dalam obesitas dalam hal bagaimana energi disimpan sebagai jaringan lemak atau ramping. Faktor genetik ekstra yang mensugesti kebiasaan individu dalam hal makan dan acara fisik juga berperan dalam obesitas. Hal ini dibuktikan dengan prevalensi obesitas yang terkait dengan faktor lingkungan, ibarat pemasaran makanan cepat saji dan soda yang agresif, porsi makanan yang sangat besar, kurangnya jalan masuk terhadap makanan sehat, kurangnya trotoar dan acara kerja di lingkungan sekitar.

Sejumlah faktor fisiologis dan lingkungan sanggup membantu menjelaskan kebiasaan makan kita. Makan mungkin didasarkan pada waktu makan, program khusus atau liburan. Kita sanggup makan lebih banyak atau makan lebih sedikit menurut mood kita: bahagia, sedih, bosan atau stress. Kita mungkin dipicu oleh faktor lingkungan ibarat penawaran makanan gratis, kampanye iklan atau program bisnis. Selain itu, penyebab obesitas yang tidak disengaja ialah kesenjangan warta mengenai nilai gizi dan kalori pilihan makanan kita.

2. Dampak Terhadap gangguan makan

Beberapa orang gemuk mungkin mempunyai gangguan makan, ibarat pesta makan, bulimia nervosa atau sindrom makan malam (NES).

Pesta makan didefinisikan sebagai konsumsi sering dalam jumlah besar makanan setidaknya sekali seminggu untuk jangka waktu 3 bulan. Kelainan ini sanggup terjadi pada 50 persen penderita obesitas berat. Bulimia nervosa ialah kelainan makan yang ditandai dengan makan berlebihan kompulsif diikuti oleh muntah yang disebabkan sendiri atau penyalahgunaan obat pencahar atau diuretik, dan sering disertai dengan perasaan bersalah dan depresi. Itu terjadi pada sekitar 1 persen orang dewasa, kebanyakan wanita.

Sementara itu, sindrom makan malam ialah dikala setidaknya 25 persen konsumsi makanan sehari-hari seseorang terjadi sehabis mengkonsumsi makanan malam hari dan sering dikaitkan dengan gangguan tidur. Misalnya, seseorang dengan NES mungkin memerlukan pemanis asupan makanan untuk kembali tidur sehabis terbangun berulang, namun jumlah makanan yang dikonsumsi tidak harus berlebihan.

3. Lemak

Sel-sel lemak melepaskan zat-zat yang meningkatkan peradangan, meningkatkan resistensi insulin dan berkontribusi pada aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Inilah sebabnya mengapa obesitas ialah penyebab utama penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan janjkematian terkait. Hal ini terutama terjadi pada orang-orang yang mempunyai banyak lemak viseral, jenis lemak yang terakumulasi jauh di dalam perut Anda di sekitar organ internal Anda.

Lemak viseral jauh lebih berbahaya daripada lemak subkutan, atau lemak yang terakumulasi sempurna di bawah kulit. Lemak visceral bertindak sebagai kelenjar aktif yang memproduksi hormon dan sitokin pro-inflamasi, yang pada gilirannya mempunyai efek eksklusif pada sensitivitas insulin dan peningkatan risiko diabetes tipe 2, pembengkakan dan penyakit kardiovaskular. .

4. Mengukur risiko

Metode yang paling banyak dipakai untuk mengukur obesitas ialah Body Mass Index (BMI), namun perlu diingat bahwa BMI belum tentu menjadi parameter terbaik. Orang yang mempunyai banyak massa otot, misalnya, mungkin mempunyai BMI lebih dari 25, bahkan kalau mereka mempunyai persentase lemak tubuh rendah. Di sisi lain, orang yang kurus namun mempunyai banyak lemak viseral mungkin mempunyai BMI di bawah 25, meski secara teknis berisiko tinggi.

Menurut Harvard Medical School dan sumber hebat lainnya, cara termudah untuk mendapat citra ihwal jumlah lemak viseral yang Anda miliki, serta risiko kesehatan Anda untuk penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan dislipidemia (lipid / kolesterol tinggi ), ialah mengukur lingkar pinggang Anda. Lingkar pinggang lebih dari 40 inci (102 cm) untuk laki-laki dan lebih dari 35 inci (88 cm) untuk perempuan menunjukkan adanya lemak perut yang tinggi.

5. Bisakah Anda bugar, sehat dan kelebihan berat badan?

Akan lebih anggun lagi kalau Anda sanggup kelebihan berat tubuh tanpa kondisi yang mensugesti kesehatan Anda, tapi orang ibarat itu jarang terjadi. Sebuah artikel baru-baru ini di Journal of American College of Cardiology, menurut sebuah studi yang luas di University of Birmingham, menyimpulkan bahwa bahkan dikala individu yang kelebihan berat tubuh atau obesitas terbebas dari komplikasi kesehatan, mereka masih cenderung membuatkan penyakit jantung daripada rekan mereka yang tidak kelebihan berat badan

Studi ini dilakukan dengan meninjau catatan kesehatan elektronik 3,5 juta pasien Inggris dari tahun 1995 hingga 2015.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser