7 Hal Yang Tidak Anda Ketahui Ihwal Skizofrenia

7 Hal Yang Tidak Anda Ketahui Ihwal Skizofrenia

7 Hal Yang Tidak Anda Ketahui Ihwal Skizofrenia

Skizofrenia ialah penyakit jiwa parah yang mengakibatkan orang tersebut kehilangan kontak dengan kenyataan. Hal ini ditandai dengan halusinasi (melihat atau mendengar hal-hal yang tidak benar-benar ada), ilusi (keyakinan salah dan paranoid seseorang yang mengendalikannya, atau mencoba membunuh mereka), pidato yang tidak terorganisir (beralih di antara topik yang tidak mempunyai korelasi) dan penarikan diri Tidak ada motivasi atau partisipasi dalam acara sehari-hari) gejala. Skizofrenia memang disebut mimpi jelek bagi mereka yang menderita kondisi ini.



Bahkan di ranah penyakit jiwa, skizofrenia terus menjadi tabu dan tidak banyak dibicarakan. Ada kemungkinan lebih banyak orang yang tidak mengetahuinya sama sekali, atau mereka yang mempunyai kesalahpahaman wacana kelainan ini: bagaimana seseorang dengan skizofrenia gila dan berangasan dan menyakiti orang-orang di sekitar mereka. Seringkali, penderita skizofrenia tidak tiba untuk meminta pertolongan alasannya ialah mereka merasa aib dengan penyakit mereka, terutama ketika mereka harus menghadapi pertanyaan menyerupai "Apakah Anda akan menyakiti saya?" atau ketika mereka harus berurusan dengan orang-orang yang menjauh dari mereka alasannya ialah penyakit mereka alasannya ialah mereka takut pada mereka dan berpikir bahwa penderita skizofrenia "gila". Tapi tidak satu pun dari gagasan yang terbentuk sebelumnya wacana kelainan ini, menggambarkan bagaimana rasanya hidup dengan penyakit atau orang yang menderita penyakit itu. Di sini kita telah mengumpulkan daftar 7 hal yang setiap orang harus tahu wacana skizofrenia.

1. Skizofrenia tidak kekerasan

Skizofrenia lebih cenderung menjadi korban kekerasan daripada menjadi kekerasan sendiri. Ketika dalam episode psikotik (ketika indera mereka meningkat dan ilusi dan halusinasi mereka menjadi ekstrem), penderita skizofrenia lebih cenderung menyakiti dirinya daripada orang-orang di sekitarnya. Padahal, ketika menderita episode, mereka bisa membahayakan lingkungan sekitar, membuang benda-benda di ruangan sekitar, meninju dinding dan alhasil menyakiti diri sendiri. Tapi intervensi orang lain benar-benar sanggup membantu penderita skizofrenia untuk damai dan keluar dari episode mereka; itu bisa menciptakan mereka mendapatkan kembali kesadaran akan apa yang nyata. Skizofrenia ialah penyakit seumur hidup yang hanya bisa dilakukan dengan gampang oleh cinta dan santunan dari kekasih mereka satu kali. Kaprikornus kalau Anda mempunyai seseorang yang menderita skizofrenia dan mengalami episode, cobalah untuk mendukung mereka melewatinya dan ingatkan mereka bahwa itu tidak nyata. Ini benar-benar bisa membantu.

2. Orang dengan skizofrenia tidak cacat untuk melaksanakan kiprah sehari-hari.

Karena beratnya penyakit, sering dipercaya bahwa penderita skizofrenia tidak sanggup melaksanakan kiprah sehari-hari dan harus terus diawasi di institusi mental. Ini sama salahnya dengan yang didapatnya. Ya, penderita skizofrenia mungkin merasa sulit melaksanakan pekerjaan setiap hari, tapi dengan pengobatan dan pengobatan yang tepat, mereka sanggup melaksanakan kiprah sehari-hari dan mempunyai kaliber untuk mengungguli orang juga.

3. Orang dengan skizofrenia sangat kreatif

John Nash ialah seorang matematikawan pemenang Hadiah Nobel yang menderita skizofrenia. Film, A Beautiful Mind, menggambarkan perjalanannya melalui skizofrenia sampai kebesaran. Orang dengan skizofrenia mengalami masa-masa sulit dengan kehidupan sehari-hari dan sanggup berkapasitas dalam fase aktif dari gangguan ini, namun hal ini tidak menciptakan mereka kurang kreatif atau menonaktifkan kemampuan mereka. Padahal, terbukti ada kesamaan dalam proses berpikir orang dengan kreativitas dan skizofrenia yang ekstrem. Skizofrenia memperlihatkan hasil tes kreativitas yang lebih tinggi daripada rata-rata penonton. Bahkan Nijinsky, yang dianggap legenda dalam koreografi menderita skizofrenia.

4. Skizofrenia bukan hanya genetik

Kemungkinan pengembangan skizofrenia umumnya meningkat ketika kita mempunyai kerabat dengan gangguan ini dan kemungkinan memperolehnya meningkat sebanyak 65% ketika salah satu si kembar didiagnosis menderita gangguan ini namun skizofrenia tidak hanya bersifat genetik. Ada banyak faktor lingkungan yang menyebabkannya juga. Penyebab utama timbulnya skizofrenia masih belum diketahui namun penyalahgunaan zat bisa memicunya.

5. Skizofrenia tidak bisa diobati

Ya, skizofrenia tidak bisa disembuhkan namun bisa diobati mempunyai efek minimal dalam kehidupan seseorang. Meski begitu, menyerupai penyakit jiwa lainnya, selalu ada di belakang kepala penderitanya. Dengan demikian, pengobatan ialah suatu keharusan dalam skizofrenia dan untuk menjalani kehidupan yang sehat dan sejahtera.

6. Skizofrenia tidak "gila"

Khayalan bahwa penderita skizofrenia menderita dari mana beliau yakin orang berkomplot melawannya, atau mencoba membunuhnya atau seseorang yang mengendalikannya bisa terlihat agak asing di mata orang biasa. Selama fase aktif gangguan ini, penderita skizofrenia bahkan sanggup menolak untuk mendapatkan bukti adanya sesuatu yang terjadi daripada apa yang mereka pikirkan. Penderitaan dari indera pendengaran (mendengar bunyi orang lain tidak sanggup mendengar, menyuruh mereka untuk menyakiti diri sendiri), visual (melihat hal-hal yang tidak ada, yang mencoba menyakiti mereka), sentuhan (merasakan laba-laba merangkak naik ke kulit atau merasa bug) Halusinasi sanggup menciptakan sangat sulit bagi penderita skizofrenia untuk membedakan antara apa yang konkret dan mana yang tidak. Dengan skizofrenia, Anda tidak tahu musuh Anda atau apa yang akan Anda rasakan atau lihat. Dengan demikian, pelabelan penderita skizofrenia dengan "gila" sebetulnya bukan hal yang baik, mengingat kondisinya. Sebenarnya, seseorang yang melewati tanda-tanda ini sering meminimalkan reaksi mereka kalau mereka berada di depan umum atau dengan seseorang. Sering kali, Anda bahkan tidak akan tahu apakah seseorang menderita halusinasi.

7. Skizofrenia tidak gampang terlihat

Jika Anda orang luar terhadap gangguan ini dan tidak mempunyai orang yang telah secara aktif keluar kepada Anda wacana penyakit ini, kemungkinan Anda mungkin bahkan tidak tahu apakah teman Anda menderita skizofrenia atau tidak. Di depan umum, penderita skizofrenia telah menguasai seni untuk tidak memperlihatkan reaksi terhadap halusinasi mereka dan secara aktif mengabaikannya. Padahal, tanda-tanda sikap lainnya bisa memperlihatkan skizofrenia. Skizofrenia sering mempunyai pidato yang lambat dan menyeret. Mereka sering mengulangi kalimat dan kata-kata mereka dan mempunyai pidato yang tidak terorganisir dimana mereka meneruskan topik dari topik tanpa masuk akal. Bila dalam fase aktif, mereka bisa menarik diri dari orang-orang sepenuhnya alasannya ialah mungkin paranoid orang meracuni mereka.

Sebaiknya jangan takut terhadap penyakit alasannya ialah skizofrenia sama sekali tidak membahayakan Anda sama sekali. Sedikit perawatan dan perawatan mungkin tidak hanya membantu tapi memperbaiki masalah mereka dan bahkan mereka bisa menjalani kehidupan yang senang dan normal. Penting untuk mendukung penderita skizofrenia melalui penyakit mereka dan dengan sedikit cinta, semuanya sanggup dikalahkan!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser