Kisi-kisi Soal UN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama serta MTs yang kami bagikan ini merupakan kisi-kisi resmi yang sudah dikeluarkan oleh badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melewati surat edaran Nomor 0075/SDAR/BSNP/XII/2016 mengenai Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun temuan 2017/2018
Kisi-kisi inimencakup tiga tahap koknitive ( Pengetahuan serta Pemahaman/ Aplikasi/ penalaran) serta lima lingkup bahan (Membaca Nonsastra/ Membaca Satra/ Menulis Terbatas/ Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf/ Menyunting Ejaan serta tanda-tanda Baca)
Kami juga menyediakan link download Kisi-kisi Soal UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2018 dalam format PDF. Bagi yang berminat link sanggup ditemukan di simpulan makalah ini
Berikut Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2018
Siswa dapat
b. Membaca Sastra
Siswa dapat:
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
Siswa dapat
b. Membaca Sastra
Siswa dapat
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
Siswa dapat
b. Membaca Sastra
Siswa dapat
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
c. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
Kisi-kisi inimencakup tiga tahap koknitive ( Pengetahuan serta Pemahaman/ Aplikasi/ penalaran) serta lima lingkup bahan (Membaca Nonsastra/ Membaca Satra/ Menulis Terbatas/ Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf/ Menyunting Ejaan serta tanda-tanda Baca)
Kami juga menyediakan link download Kisi-kisi Soal UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2018 dalam format PDF. Bagi yang berminat link sanggup ditemukan di simpulan makalah ini
Berikut Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia buat Sekolah Menengah Pertama serta MTs 2018
A. Aspek Pengetahuan dan Pemahaman (Mengidentifikasi, Menentukan, Memaknai)
a. Membaca Non SastraSiswa dapat
- menentukan makna kata/kalimat pada teks
- menentukan gosip tersurat teks
- menentukan belahan teks
b. Membaca Sastra
Siswa dapat:
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan belahan cerpen dan fable
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
- melengkapi istilah/kata dalam kalimat
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
B. Aspek Aplikasi (Menyimpulkan, Menggunakan konsep/prinsip)
a. Membaca Non SastraSiswa dapat
- menentukan wangsit pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
- meringkas isi teks
b. Membaca Sastra
Siswa dapat
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
- menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
- melengkapi paragraf
- melengkapi belahan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
- menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
- mengisi konjungsi dalam kalimat
e. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
- menggunakan ejaan
- menggunaan tanda baca
C. Aspek Penalaran (Mengevaluasi, Membandingkan contoh (menganalisis), Menanggapi, Memvariasikan)
a. Membaca Non SastraSiswa dapat
- membandingkan penggunaan bahasa dan contoh penyajian beberapa jenis teks Membaca Sastra
- Siswa sanggup menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
- menilai keunggulan/ kelemahan teks
- mengomentari isi teks
b. Membaca Sastra
Siswa dapat
- membandingkan contoh pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
- menunjukkan bukti latar dan watak
- mengomentari unsure intrinsik karya sastra
c. Menulis Terbatas
Siswa dapat
- memvariasikan kata
- memvariasikan kalimat
- menulis dengan ilustrasi tertentu
- mengubah teks ke bentuk lain
d. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Siswa dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidak paduan paragraph
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidak paduan paragraf
c. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Siswa dapat
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
- menentukan bantalan an kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca